Penyebab Bagian Pengering Mesin Cuci Lambat Sampai Tidak Berputar

Memiliki mesin cuci memanglah menyenangkan, karena dapat mempermudah pekerjaan mencuci yang biasa dikerjakan secara manual dengan tangan. Selain dapat mencuci sendiri, Ternyata pada mesin dua tabung dengan bukaan atas terdapat tabung yang berfungsi untuk memeras pakaian yang sudah dicuci dan dibilas untuk kemudian dijemur.

Bagian mesin ini disebut Spin, pakaian yang dimasukkan ke dalam tabung ini akan berkurang kadar airnya setelah diputar dengan kecepatan ttertentu sehingga mempercepat pengeringan saat pakaian dijemur.

Akibat pemakaian, maka lama kelamaan bagian pegering ini akan berkurang kemampuan daya putarnya. Seperti pada Mesin Cuci Sharp yang saya miliki. Pada awalnya, bagian tabung pengering berputar normal namun lama kelamaan menjadi melambat bahkan berhenti sama sekali.

Untuk memastikan penyebab kerusakan ini, maka Mesin cucipun saya bongkar hingga diketahui penyebabnya. Berikut ini tahap-tahan cara memperbaiki mesin cuci yang rusak bagian tabung pengeringya, silahkan disimak semoga bermanfaat:


1. Membuka Tutup Bagian Belakang Mesin Cuci.
Membuka Tutup Bagian Belakang Mesin Cuci
Membuka Tutup Belakang Mesin Cuci
Pertama-tama longgarkan seluruh baud/mur yang ada di bagian penutup belakang mesin, kemudian lepas penutupnya.


2. Mengecek Kapasitor
Mengukur kapasitor mesin cuci
Mengukur kapasitor
Kapasitor adalah bagian komponen yang berfungsi menentukan kecepatan motor yang menggerakkan tabung Spin. Bila kapasitor lemah atau rusak maka motor pengering akan melambat bahkan tidak berputar sama sekali. Ukurlah kapasitor menggunakan alat ukur Farad yang sesuai, lebih baik lagi bila menggunakan alat ukur digital agar lebih akurat. Ukuran kapasitor harus sesuai dengan yang tertera di bagian bodi kapasitor. Bila kapasitir sudah tidak sesuai lagi ukuran faradnya maka harus diganti dengan yang baru.


3. Mengecek Motor Penggerak Spin
Mengukur kabel motor mesin cuci
Mengukur kabel motor mesin pengering
Dalam sebuah motor penggerak mesin spin Sharp, terdapat dua lilitan yang masing-masing memiliki kabel tersendiri. Lilitan atau Spull ini berfunggi menggerakan motor, ukurlah dengan Ohm meter. Motor dalam keadaan normal bila kedua lilitan tersambung. Namun bila salah satu atau keduanya tidak tersambung / putus berarti lilitan terputus/terbakar. Bila kerusakan terjadi pada bagian ini, maka motor penggerak spin harus diganti baru, dipasaran hatrga motor pengering mesin cuci berkisar di angka 200 ribu hingga 250 ribu saja.

Demikianlah hal hal yang berhubungan dengan "Penyebab Bagian Pengering Mesin Cuci Lambat Sampai Tidak Berputar", semoga dapat berguna bagi pambaca.

Post a Comment for "Penyebab Bagian Pengering Mesin Cuci Lambat Sampai Tidak Berputar"