Cara Membuat Jumper Saklar Ke Stop Kontak

Ada kalanya kita akan memasang sebuah saklar yang bersatu dengan stop kontak. Ada dua fungsi yang dapat kita gunakan untuk saklar yang bersatu dengan stopkontak tersebut. Yang pertama adalah, saklar tersebut difungsikan untuk menyalakan atau mematikan sebuah lampu, dan Stopkontak tersebut difungsikan untuk pemakaian alat elektronik lainnya.

Yang kedua adalah, saklar tersebut difungsikan untuk menyambungkan dan memutuskan listrik yang mengalir pada stopkontak di dekat/sebelahnya.
Saklar dan Stop Kontak

Fungsi saklar untuk meyalakan dan mematikan lampu

Pada fungsi ini saklar bertugas memutus dan menyambungkan listrik ke lampu, sedangkan listrik pada stopkontak tetap tersambung.
Fungsi saklar untuk meyalakan dan mematikan lampu
Memasang kabel Fitting lampu / kap lampu - Untuk instalasinya, pertama-tama kita pasang dulu Fitting lampu kemudian pasangkan kabelnya. Satu kabel dihubungkan ke kabel negatif dari jalur utama listrik (bila ada gunakan kabel biru). Sedangkan kabel lain dihubungkan ke saklar (bila ada gunakan kabel hitam), kabel hitam ini gunanya untuk mendapatkan listrik positif dari stopkontak.

Membuat jumper dari saklar ke stop kontak - Setelah kabel dari Fitting lampu terhubung ke salah satu terminal kabel saklar, kemudian kita hubungkan terminal saklar lainnya (warna merah) ke salah satu terminal kabel stop kontak, ini disebut juga jumper dalam gambar berwarna kuning.

Memasang kabel Stop kontak - Terminal kabel pada stopkontak yang terhubung dengan saklar selanjutnya kita hubungkan dengan kabel positif dari jalur utama listrik yang terhubung dengan MCB (gunakan kabel hitam). Sedangkan terminal stopkontak lainnyya dihubungkan dengan kabel negatif dari jalur utama listrik (Kabel biru).


Fungsi saklar untuk menyambung dan memutus listrik Stop Kontak

Pada fungsi ini, saklar bertugas untuk memutuskan dan menyambungkan aliran listrik dari jalur utama menuju saklar
Fungsi saklar untuk menyambung dan memutus listrik Stop Kontak

Menyambung kabel positif ke saklar - Untuk pemasangan diperlukan dua buah kabel saja, satu kabel dari jalur utama listrik yang bermuatan positif (strum, warna hitam) dihubungkan ke salah satu terminal kabel saklar.

Membuat jumper dari saklar ke stop kontak - Satu terminal kabel saklar lainnya (tombol kecil warna merah) dihubungkan ke salah satu terminal kabel pada stopkontak, ini disebut juga jumper dalam gambar berwarna kuning.

Terakhir, terminal kabel lainnya pada stop kontak dihubungkan ke kabel negatif jalur utama listrik (warna biru).

Post a Comment for "Cara Membuat Jumper Saklar Ke Stop Kontak"