Cara Sederhana Menyambung Kabel Serabut Agar Lebih Kuat

Cara Sederhana Menyambung Kabel Serabut Agar Lebih Kuat

Menyambung kabel serabut bagi beberapa orang sangatlah mudah, namun untuk mendapatkan hasil sambungan yang kuat, tahan lama, tidak mudah terlepas, dan aman adalah hal yang jarang diperhatikan.

Berikut ini saya akan berbagi mengenai trik menyambung kabel serabut yang biasa Anda jumpai di rumah untuk mendapatkan hasil sambungan yang lebih baik, berikut ini penjelasannya.... selamat mencoba...

Menyambung Kabel Serabut

  1. Sebelum memulai sebaiknya dipersiapkan dulu perlatannya seperti kabel yang akan disambung, tang pemotong kabel, isolasi, potongan kabel tunggal ukuran panjang 3cm diameter 1,5mm, dan cable ties / ripet, solder+timah (bila ada).
  2. Kupas kedua ujung kabel yang akan disambung sesuai kebutuhan. satukan kedua ujungnya lalu dililitkan/dipuntir.
  3. Bila anda memiliki solder dan timah, patrin kedua ujung kabel yang sudah disatukan. lalu bungkus dengan isolasi.
  4. Terakhir pasang potongan kabel tunggal dan kabel ties seperti gambar. (Sumberhttp://helloyud.blogspot.co.id/2016/08/teknik-teknik-pemasangan-kabel.html)
Read More
Trik Memasang Kabel Listrik Pada Penahan Kabel Stopkontak

Trik Memasang Kabel Listrik Pada Penahan Kabel Stopkontak

Saat membuat stopkontak paralel, mungkin ada beberapa hal yang kita lakukan ternyata dapat mengkakibatkan rusaknya kabel seperti putus atau terlepas dari stopkontak.

Kabel stopkontak
Ada beberapa trik untuk mengakali kerusakan pada kabel ini. berikut ini sajian lengkapnya:

Pasangkan kabel tiest pada kabel untuk mengganjal kabel agar tidak keluar dari casing stop kontak. kulit kabel yang akan dikaitkan dengan cable ties sebaiknya dibungkus atau dilapisi dengan kertas terlebih dahulu sebelum diikatkan dengan cable ties.

Sebagian orang menyebut Cable ties dengan "Ripet" untuk barang yang sama.

Penahan kabel harus dikencangkan dengan kuat, namun tidak terlalu berlebihan karena dapat merusak kulit kabel. jika penahan kable tajam maka tumpulkan terlebih dahulu agar tidak merusak kulit kable pada saat pengencangan.

Sumber: http://helloyud.blogspot.co.id/2016/08/teknik-teknik-pemasangan-kabel.html
Read More
Trik Memasang Isi Kabel Serabut Pada Terminal

Trik Memasang Isi Kabel Serabut Pada Terminal

Mungkin anda pernah atau sering menemukan sambungan kabel pada terminal terputus, hal ini biasanya disebabkan oleh putaran sekrup yang menimpa kabel serabut yang terpasang pada lubang terminal.

Masalah putusnya kabel ini sebenarnya dapat anda atasi dengan menempatkan bantalan berupa kabel tunggal berukuran 1,5mm yangdiletakkan antara kabel serabut dan baut pemutar pada terminal. Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti triknya berikut ini.


Pertama-tama longgarkan baud/sekrup pada terminal, pastikan lubang sudah terbebas dari baut namun baut tetap menempel pada ulir terminal.

Kedua, siapkan kabel tunggal berukuran 1,5mm lalu ukur sepanjang 2cm, lipat/tekuk hingga rapat.

Ambil kabel serabut yang akan dipasang pada terminal, kupas kulitnya hingga terlihat kabel serabutnya. Bila serabut kabel belum terlilit maka puntir satu arah.

Masukkan kabel serabut ke dalam lubang terminal lalu masukkam potongan kabel tunggal ke dalam lubang terminal sehingga posisi potongan kabel tunggal berada antara kabel serabut dan baut.

Terakhir kencangan baud terminal. selesai. (Sumberhttp://helloyud.blogspot.co.id/2016/08/teknik-teknik-pemasangan-kabel.html)
Read More
Cara Mengupas Kulit Kabel Bundar Yang Benar

Cara Mengupas Kulit Kabel Bundar Yang Benar

Kegiatan mengupupas kabel adalah hal yang sering dilakukan pada saat kita akan menyambung kabel dengan kabel atau kable dengan perangkat lain, seperti stopkontak atau saklar.

Kupasan yang bagus akan menghasilkan sambungan yang baik, kuat dan tidak boros kabel. Beberapa dari kita mungkin saja mengupas kabel dengan menggunakan gunting, tang atau pisau. Namun bila belum tau triknya maka hasil kupasan akan terlihat kurang baik.

Perlu diketahui bahwa teknik mengupas kabel ini dapat diaplikasikan pada kabel berjenis serabut ataupun tunggal, misalnya NYM, NYY, aytau NYA. Berikut ini Saya jelaskan cara mengupas kabel yang baik seperti dikutip dari http://helloyud.blogspot.co.id/ 

mengupas kulit kabel
  1. Pertama-tama Letakkan kabel di meja, lalu luruskan.
  2. Siapkan pisau Cutter berukuran besar, lalu letakkan tegak lurus di atas kabel dengan poisisi membujur.
  3. Tekan sedikit pisau, namun jangan terlalu kuat agar ujung pisau tidak menembus bagian dalam kabel.
  4. Setelah sebagian pisau tertancap, tarik pisau ke arah ujung kabel secara perlahan.
  5. Lepaskan kulit kabel lalu potong. Sekarang kulit kabel telah terlepas dengan bagian dalam terlihat siap digunakan.
mengupas kulit kabel
Read More
Trik Pemasangan dan Penyambungan Kabel Yang Belum Banyak Diketahui

Trik Pemasangan dan Penyambungan Kabel Yang Belum Banyak Diketahui

Trik Mengupas Kabel
Sudah lama rasanya tidak posting artikel mengenai kelistrikan. Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu seorang pembaca blog ini yang bernama yudhi telah sukarela menawarkan artikel yang ada di Blognya yang bernama My Blog untuk diposting ulang pada blog saya ini.

Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas sumbangan artikel dan gambarnya semoga menjadi amal ibadah dan mendapat balasan, aamiin.

Dalam postingan Pak Yudhi terdapat Syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam pemasangan peralatan listrik yaitu:
  • Setiap sambungan listrik harus kencang/kuat (tidak boleh terdapat sambungan listrik yang longgar karena dapat menyebabkan percikan api yang lama-kelamaan mengakibatkan panas dan terbakar).
  • Pengguna peralatan listrik harus aman dari sengatan arus listrik, oleh karena itu setiap besi yang terekspos (terekspos = dapat disentuh) oleh pengguna tidak boleh dialiri arus listrik. Contohnya besi ground yang terdapat pada stop kontak.
  • Antisipasi kemungkinan terjadinya korsleting (korsleting = kabel bermuatan positif dan negatif saling bersentuhan). Korsleting sangat berbahaya karena menyebabkan panas yang luar biasa dan ledakan di tempat terjadinya korsleting. Solusi untuk menangani bahaya korsleting ialah dengan memasang sekring (contoh sekring : MCB) sebagai pengaman yang akan memutuskan salah satu sambungan kabel (apakah bermuatan positif atau negatif) jika terjadi korsleting sehingga kabel bermuatan positif dan negatif tidak saling bersentuhan dalam waktu yang lama.
Terdapat dua posting yang Pak Yudhi berikan yakni "Teknik-Teknik Pemasangan Kabel" dan "Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak". Namun dua artikel tersebut akan saya pecah menjadi beberapa post agar lebih mudah dimengerti pembaca, diantaranya yaitu:
Silahkan klik beberapa judul artikel tersebut untuk mengetahui penjelasnnya yang lebih rinci.


Sumber: 
Read More