Trik Pemasangan dan Penyambungan Kabel Yang Belum Banyak Diketahui

Trik Mengupas Kabel
Sudah lama rasanya tidak posting artikel mengenai kelistrikan. Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu seorang pembaca blog ini yang bernama yudhi telah sukarela menawarkan artikel yang ada di Blognya yang bernama My Blog untuk diposting ulang pada blog saya ini.

Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas sumbangan artikel dan gambarnya semoga menjadi amal ibadah dan mendapat balasan, aamiin.

Dalam postingan Pak Yudhi terdapat Syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam pemasangan peralatan listrik yaitu:
  • Setiap sambungan listrik harus kencang/kuat (tidak boleh terdapat sambungan listrik yang longgar karena dapat menyebabkan percikan api yang lama-kelamaan mengakibatkan panas dan terbakar).
  • Pengguna peralatan listrik harus aman dari sengatan arus listrik, oleh karena itu setiap besi yang terekspos (terekspos = dapat disentuh) oleh pengguna tidak boleh dialiri arus listrik. Contohnya besi ground yang terdapat pada stop kontak.
  • Antisipasi kemungkinan terjadinya korsleting (korsleting = kabel bermuatan positif dan negatif saling bersentuhan). Korsleting sangat berbahaya karena menyebabkan panas yang luar biasa dan ledakan di tempat terjadinya korsleting. Solusi untuk menangani bahaya korsleting ialah dengan memasang sekring (contoh sekring : MCB) sebagai pengaman yang akan memutuskan salah satu sambungan kabel (apakah bermuatan positif atau negatif) jika terjadi korsleting sehingga kabel bermuatan positif dan negatif tidak saling bersentuhan dalam waktu yang lama.
Terdapat dua posting yang Pak Yudhi berikan yakni "Teknik-Teknik Pemasangan Kabel" dan "Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak". Namun dua artikel tersebut akan saya pecah menjadi beberapa post agar lebih mudah dimengerti pembaca, diantaranya yaitu:
Silahkan klik beberapa judul artikel tersebut untuk mengetahui penjelasnnya yang lebih rinci.


Sumber: 

2 Responses to "Trik Pemasangan dan Penyambungan Kabel Yang Belum Banyak Diketahui"

  1. pak sy yudhi, pemilik sumber postingan yang bapak rujuk di sini, terima kasih banyak ya atas kerelaan bapak utk posting artikel sy di blog bapak. sy senang sekali dan semoga artikel yg saya posting dapat menambah pengetahuan pembaca dan bermanfaat. terima kasih pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama pak Yudhi, terimakasih sudah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk pembaca blog ini

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.