Kementerian Perdagangan Nyatakan loom band Xing Long mengandung bahan berbahaya

loom band
Ilustrasi Aksesori loom band  yang dipakai di tangan
Loom band adalah karet kecil berwarna-warni yang dapat dirangkai menjadi beragam aksesori seperti gelang dan kalung. Aksesori ini banyak digemari oleh kaum anak-anak dan remaja, Namun ternyata aksesori ini mengandung bahan berbahaya.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Widodo mengatakan produk loom band sebenarnya diklasifikasi sebagai aksesori perhiasan imitasi, namun di lapangan produk ini dianggap sebagai mainan anak karena kemasannya yang berwarna-warni.

Salah satu merek yakni  Xing Long termasuk diantaranya. Kementerian Perdagangan menyatakan aksesori loom band merek Xing Long mengandung bahan berbahaya phthalate dalam kadar di atas batas persyaratan sehingga harus ditarik dari pasaran.

Seperti dilansir dari antaranews.com, Aksesori loom band bermerek Xing Long terbuat dari Phtalate, Phtalate adalah senyawa yang membuat plastik lentur, kadar maksimal 0,1 persen tetapi dalam Xing Long kadarnya 25,3154 persen, melebihi ambang batas. Demikian kata Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo di Jakarta, Jumat.

Bahan Loom band yang mengandung Phtalate yang terpapar ke tubuh manusia berdampak buruk bagi kesehatan, di antaranya dapat mengganggu fungsi dan perkembangan reproduksi, menyebabkan kanker payud4ra, kanker testis, autis dan mengurangi produksi sperma, mengganggu fungsi hati, ginjal, jantung, paru-paru, pembentukan sel darah merah serta fungsi dan perkembangan otak.

Widodo  menagatakan, Kementerian Perdagangan telah meneliti sebelas merek loom band yang terdiri dari aksesori dan karet. Berikut ini sepuluh merek lain yang lolos uji laboratorium Kementerian Perdagangan:
  1. Monstertail, 
  2. Colourfull Loomband,
  3. Colourfull endless flexible
  4. Lollipop, 
  5. Loomband Stroberi, 
  6. Monstertail rainbow loom, 
  7. Rainbow loom endless flexible, 
  8. Rainbow loom, 
  9. Rainbow loom by Choons Designs, 
  10. Satu produk dengan merek dalam huruf China.
Dengan hasil yang diperoleh ini diharapkan para orsng tua lebih selektif terhadap beragam aksesori yang dipakai oleh putra puterinya.

Sebelumnya Ditemukan bahwa aksesori Loom band ternyata pemicu kangker. Hasil tes yang dilakukan oleh British Assay Office untuk melihat kemurnian kandungannya, ditemukan bahwa seluruh produk loom band berisikan zat kimia berbahaya.

0 Response to "Kementerian Perdagangan Nyatakan loom band Xing Long mengandung bahan berbahaya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.