13 April 2013

CARA MENGHEMAT LISTRIK

Listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia, hampir seluruh barang atau kegiatan manusia menggunakan listrik untuk dapat bekerja dengan baik, namun semua keuntungan dari listrik yang kita gunakan sehari-hari tidak didapat secara gratis, saetiap bulan kita mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar tagihan listrik yang telah digunakan (ini berlaku untuk KWH jenis lama) atau kita harus membeli terlebih dahulu sejumlah pulsa listrik (token) agar listrik di rumah dapat tetap mengalir ke rumah kita.

Dari pemakaian listrik sehari-hari yang harus kita bayar ternyata tidak semua dapat digunakan secara maksimal, artinya kita mengeluarkan sejumlah uang untuk listrik yang tidak seluruhnya digunakan untuk keperluan, mungkin dari kita ada yang bertanya mengapa demikian? jawabannya adalah: karena beberapa alat elektronik yang kita nyalakan tidak kita gunakan atau manfaatkan secara optimal. Untuk itulah Saya menulis artikel ini untuk sekedar mengingatkan kepada kita agar mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membuat boros pemakaian listrik di rumah, di bawah ini Saya paparkan beberapa peralatan listrik yang tanpa kita sadari telah membuat boros pemakaian listrik di rumah serta bagaimana cara agar menjadi hemat.

Kulkas
Alat elektronik yang satu ini menempati urutan pertama karena hampir setiap waktu selalu terhubung ke listrik, mungkin alat ini akan mati bila terjadi pemadaman listrik atau saat sedang dibersihkan saja. Kulkas di rumah dapat menjadi sumber pemborosan listrik di rumah bila kita kurang memperhatikan beberapa aturan, sebagai contoh tombol pengatur suhu yang selalu dberada pada posisi maksimal, padahal isi di dalam freezer kosong atau hanya sedikit makanan atau minuman di dalamnya.

Sebaiknya tombol pengatur suhu ini jangan didiamkan saja tetapi aturlah sesuai dengan isi di dalamnya, bila tidak sedang membekukan sesuatu atau jumlah makanan atau minuman sedikit maka aturlah tombol pengatur suhu pada posisi minimum, tetapi bila kita sedang membekukan atau memasukkan bahan makanan yang memerlukan suhu sangat dingin maka aturlah tombol pengatur suhu pada posisi maksimal.

Dispenser air mineral
Hampir di setiap rumah terdapat alat elektronik ini yang mempunyai fungsi praktis, bila kita memerlukan air baik dingin ataupun panas tingggal mengambilnya melalui keran yang tersedia. Sekilas alat ini memang oraktis karena akan selalu menyediakan air panas atau dingin selama air di dalam botolnya masih ada, di dalam dispenser terdapat alat pemanas air yang bekerja bila dialiri arus listrik dan sebuah alat otomatis untuk menyalakan dan mematikan alat pemanas tersebut agar suhu air tetap stabil.

Sebaiknya dispenser dimatikan pada saat kita tidak memerlukannya  misalnya saat kita sedang meninggalkan rumah dalam jangka waktu cucup lama atau saat malam hari saat semua anggota keluarga sudah tidur, selanjutnya kita dapat menyalakannya kembali saat kita akan memerlukannya.

Pompa air listrik
Pompa air listrik yang saya maksud adalah pompa air yang menggunakan sakelatr otomatis yang dipasang pada badan mesin, mesin akan bekerja bila keran air kita buka untuk mengeluarkan air dan mesin akan mati bila keran air ditutup kembali.

Penggunaan alat otomatis pompa air ini sekilas memang sangat praktis tetapi tahukah anda saat kita membuka keran lalu mesin menyala maka KWH meter akan berputar lebih cepat beberapa saat lalu berjalan stabil kembali, hal tersebut menyedot listrik agak besar, dapat dibayangkan bila mesin pompa air kita mati dan hidup dengan sering maka tagihan listrik di rumah akan membengkak.

Sebenarnya ada cara lain untuk memasang sakelar otomatis pompa air, yaitu dengan memasaqng saklar pada bak penampungan/toren/tangki air. saklar ini bekerja dengan bantuan pelampung yang dipasang pada tangki air, jadi pompa air akan menyala bila air di dalam tangki sudah kosong dan akan mati secara otomatis bila air di dalam tangki sudah penuh, dengan cara ini maka frekuensi mati dan hidup mesin akan berkurang sehingga pemakain listrik akan berkurang.

Alat penanak nasi listrik
Alat ini sangat populer di kalangan inbu-ibu rumah tangga karena keguannya yang cukup praktis karena dapat memasak nasi sekaligus menghangatkannya, tetapi alat ini juga dapat menjadi penyebab borosnya pemakain listrik di rumah, hindarilah untuk tidak selalu membuat alat ini terhubung  ke listrik, sebaiknya cabutlah kabel penghubung ke listrik pada waktu malam hari di mana semua anggota keluarga sudah tertidur.

Lampu
Matikanlah penerangan yang tidak perlu, misalnya selalu mematikan lampu di ruangan yang tidak kita gunakan, hindari menyalakan lampu pada siang hari dan gunakan penerangan alami dari pantulan sinar matahari dari luar melalui jendela atau glassbox yang dipasang di dinding atau langit-langit rumah.

Televisi
Matikan TV bila tidak ditonton, bila kita menonton pada malam hari atur menu sleep pada TV anda, jadi TV akan mati sendiri pada waktu yang telah ditentukan, hal ini berguna bila kita tertidur saat menonton TV.

Demikianlah tulisan tentang cara menghemat listrik, mungkin masih ada beberapa alat elektronik lain yang dapat membuat membengkaknya pembayaran listrik yang tidak dijelaskan di sini.... mungkin pembaca mau menambahkan?

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.