10 March 2013

CARA MEMAKAI, MENGGUNAKAN HAIR DRYER

Hair dryer atau pengering rambut adalah alat untuk mempercepat proses pengeringan rambut, alat ini biasa digunakan beberapa saat setelah mandi atau keramas, orang biasanya melakukannya pada saat akan menghadapi acara-acara tertentu seperti menghadiri undangan pesta atau pergi ke suatu tempat penting lainnya.

Alat ini bekerja dengan menghembuskan udara dari luar alat oleh kipas kecil agar masuk ke area panas di dalam alat untuk diteruskan ke lubang pengeluaran. Bagi anda yang baru memiliki atau yang ingin tahu cara menggunakan hair dryer silahkan baca uraiannya di bawah ini:

1, Setelah anda membasahi rambut dengan cara keramas atau mandi maka hal yang perlu dilakukan sebelum memakai hair dryer adalah mengurangi kadar air yang terdapat pada kulit kepala dan rambut dengan cara menekan-nekan rambut dengan telapak tangan secara pelan-pelan sampai tidak ada lagi tetesan air dari rambut.

2. Setelah kadar air di rambut dan kulit kepala berkurang maka langkah selanjutnya adalah meluruskan alur rambut dengan menyisirnya menggunakan sisir yang berjari renggang, dengan begitu rambutpun akan lurus mengikuti arah pergerakan sisir tanpa hambatan, penggunaan sisir yang berjari renggang gunanya adalah untuk menghindari putusnya rambut.

3. Siapkan hair dryer anda, lalu masukkan steker penghubung ke stopkontak kemudian nyalakan dengan menekan saklar hair dryer dengan jari telunjuk tempatkan posisi saklar pada  posisi lambat (low).

4. Mulailah mengeringkan rambut dengan cara mendekatkan ujung hair dryer ke rambut dengan jarak minimal 15cm sambil menyibakkan rambut

5. Lakukanlah pengeringan ke seluruh rambut, usahakan tidak terlalu lama memposisikan hair dryer pada satu tempat karena akan berakibat pada kerusakan rambut.

6. Berhentilah menggunakan hair dryer pada saat rambut belum terlalu kering, biarkan rambut mengering secara alami dalam waktu yang tidak terlalu lama. Cara ini dilakukan agar rambut terjaga keindahan dan kesehatannya.

7. Setelah proses pengeringan selesai letakkanlah hair dryer di tempat terlindung karena hair dryer yang baru digunakan masih dalam keadaan panas.

8. pengeringan rambut menggunakan hair dryer sebaiknya tidak terlalu sering karena dikhawatirkan akan membuat rambut cepat rusak, bercabang dan berubah warnanya sehingga akan mengurangi keindahan rambut, sebaiknya biarkanlah rambut anda kering secara alami agar lebih terjaga keindahan, kekuatan, dan kesehatannya.

9. Selain untuk mengeringkan rambut ternyata hair dryer dapat pula digunakan untuk mengeringkan benda lain seperti:
  • Mengeringkan pakaian pada musim hujan, biasanya pada waktu musim penghujan terik matahari tidak terlalu panas sehingga pakaian yang dijemur susah kering dalam waktu cepat tetapi kita dapat mengatasinya yaitu dengan menggunakan hair dryer, caranya adalah dengan menggantung pakaian lalu dipanasi dengan hair dryer, pada proses ini harus diperhatikan bahan pakaian yang dikeringkan tersebut, bila terbuat dari bahan yang tidak tahan panas maka jagalah jarak hair dryer dengan pakaian tersebut atau janganlah melakukannya terlalu lama cukup beberapa saat saja dan biarkan pakaian mengering dengan sendirinya.
  • Mengeringkan hand phone yang terendam air, caranya adalah dengan membuka seluruh sekrupnya kemudian lepaskan tiap-tiap bagiannya dengan hati-hati kemudian keringkanlah satu persatu  setiap bagian dengan menggunakan hair dryer, jarak antara hair dryer dengan komponan yang dekeringkan minimal 20cm, ini demaksudkan untuk mencegah kerusakan komponen yang sensitif terhadap panas. Setelah seluruh bagian mengering pasanglah kembali hand phone seperti semula lalu cobalah untuk menyalakan dan memakainya. Biasangan HP akan berjalan normal kembali bila tidak ada air yang menempel di dalamnya, ini berlaku untuk HP yang saat terendam air langsung dimatikamn atau batrenya langsung dicabut, karena bila air berlama-lama merendam HP yang masih masih dalam keadaan menyala akan mengakibatkan hubungan pendek/konslet komponannya.
  • Mengeringkan uang kertas atau kertas berharga lainnya yang basah akibat terendam bersama air cucian pada saat proes mencuci pakaian. cara mengeringkannya adalah dengan meletakkan uang kertas yang saling menempel di atas meja kemudian hembuskanlah udara panas dari hair dryer ke lapisan teratas uang kertas lalu biarkan lapisan uang yang teratas mengering setelah itu pisahkan uang kertas yang sudah kering ke tempat lain, begitulah seterusnya sampai pada lapisan uang yang terakhir.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.

 

Blog Statistic