26 February 2013

CARA MENGGUNAKAN OVEN MICROWAVE

OVEN MICROWAVE  LG
Saran untuk dibaca: "Cara Mengoperasikan Oven Microwave LG Otomatis"

Oven Microwave adalah salah satu alat dapur yang dirancang dengan teknologi tinggi dan modern, alat ini menggunakan listrik sebagai sumber dayanya agar dapat menghidupkan rangkaian elektronik sehingga menghasilkan gelombang kecil yang mampu memanaskan area di dalam microwave.

Alat ini menjadi salah satu pilihan sebagai alat memasak oleh sebagian keluarga menengah ke atas yang menginginkan cara masak yang serba praktis dan bersih, tinggal memasukkan bahan makanan ke dalam oven lalu atur waktunya kemudian tinggal menunggu sebentar maka makananpun matang. beberapa keuntungan yang diperoleh dengan memakai oven microwave adalah:
  • Kita dapat menyesuaikan suhu yang diinginkan untuk memasak dengan menyetel tombol pengatur suhu.
  • Panas yang dapat merata ke seluruh bagian bahan makanan.
  • Terdapat pengatur waktu untuk mematikan microwave sesuai setelan yang kita inginkan pada tombol "timer".
Dengan mengetahui kelebihan alat ini diharapkan kita dapat menggunakannya secara maksimal, untuk lebih jelasnya mengenai cara menggunakan oven microwave silahkan baca uraiannya di bawah ini:
  • Oven microwave adalah alat elektronik yang membutuhkan daya listrik yang cukup besar yaitu antara 600W sampai 700W, oleh karena itu pastikan daya listrik di rumah dapat mencukupi kebutuhan listrik untuk microwave dan pemakaian peralatan elektronik lainnya.
  • Janganlah menyalakan oven (menekan tombol start) bila sedang tidak digunakan untuk memasak bahan makanan karena bila itu dilakukan maka gelombang Microwave akan melambung dan menabrak dinding interior oven yang dapat menebabkan kebakaran.
  • Aturlah tombol pengatur waktu otomatis sesuai dengan jenis bahan makanan yang dimasak atau sesuai petunjuk resep.Dengan mengatur tombol otomatis (timer) maka oven akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang kita atur.
  • Penggunaan wadah yang terbuat dari bahan logam sebagai tempat bahan makanan untuk dimasukkan ke dalam oven tidak dianjurkan karena dapat memicu percikan api di dalam oven yang berakibat pada terbakarnya oven, gunakanlah bahan yang terbuat dari kayu, gelas, dan plastik, selain mencegah percikan api ternyata bahan-bahan tersebut lebih tahan panas.
  • Saat masakan dimasukkan ke dalam oven yang tertutup rapat maka penguapan di dalam ruangan  oven menjadi minim, oleh karena itu kurangilah kadar air bahan makanan atau sesuai petunjuk resep, umumnya kadar air adalah 3/4 dari ukuran takaran air yang biasa digunakan bila kita memasak dengan alat selain microwave.
  • Bila anda memasak bahan makanan yang membutuhkan waktu yang lama pada proses memasaknya maka untuk menjaga agar masakan tersebut dapat matang dengan merata maka sering-seringlah merubah posisi bahan makanan tersebut dengan cara memutarnya(pada beberapa merek terdapat bagian yang dapat memutar masakan yang berada di dalam oven, selain itu kita dapat mengaduk-aduk masakan pada waktu setengah perjalan memasak agar pasakan dapat matang secara sempurna dan mencegah terbentuknya area beku yang nantinya menjadi tempat berkembangnya bakteri saat makanan menjadi dingin yang dapat menjadi sumber penyakit pada tubuh kita.
  • Gunakanlah aluminium foil untuk menjaga agar bahan makanan tidak menjadi gosong seperti pada bahan masakan yang mengandung lemak dan gula, karena karena bahan makanan tersebut cepat sekali matang.
  • Selain ruangan oven yang membuatnya minim penguapan ternyata garam juga dapat menyerap air, oleh karena itu kurangilah kadar garam pada setiap masakan yang dimasak oven microwafe, kekurangan rasa garam dapat diatasidengan menambahkan garam saat makanan sudah matang dan siap  dihidangkan.
  • Cairan yang terdapat pada beberapa bahan makanan seperti pada hati ayam, sayuran, dan kuning  telur dapat keluar menembus lapisan terluar bahan makanan tersebut, maka sebelum dimasukkan ke dalam oven lubangilah bahan maaskan tersebut menggunakan garpu untuk membentuk pori-pori pada bahan makanan tersebut yang berguna untuk mencegah keluarnya cairan dari dalam bahan masakan tersebut.
  • Janganlah meninggalkan oven saat memasak bahan makanan yang cepqat matang untuk menghindari gosongnya bahan makanan tersebut.
  • Bila masakan telah matang janganlah terburu-buru untuk mengambil bahan masakan dari dalam oven karena area di dalam oven masih panas yang dapat melepuhkan lapisan kulit kita, diamkanlah sejenak agar ruangan di dalam oven berkurang suhunya, gunakanlah sarung tangan tahan panas saat mengambil makanan dari dapam oven microwave untuk mencegah kulit terbakar.
  • Sering-seringlah membersihkan oven dari sisa-sisa bahan makanan yang menempel.
  • Janganlah mempergunakan oven microwave bila pintunya sudah rusak, perbaikilah pintu oven yang rusak te tempat-tempat perbaikan oven.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic