13 February 2013

CARA MENAMBAL KARPET

Gambar 1
Kali ini Saya akan berbagi pengalaman tentang cara menambal karpet yaitu mengatasi karpet yang bolong, karpet yang diterangkan di sini adalah karpet yang terbuat dari bahan kain yang berbulu yaitu sejenis karpet yang biasanya digelar pada lantai tempat ibadah atau lantai rumah, karpet ini juuga tidak terlalu banyak variasi, satu warna untuk selembar karpet tanpa ada gambar atau hiasan lain. Keindahan karpetpun akan hilang apabila terdapat lobang di beberapa bagian yang rusak oleh gigitan tikus atau oleh penyebab yang lainnya.

Pengalaman Saya ini didapat pada saat di rumah saya akan diadakan acara syukuran, ketika itu saya akan menggunakan karpet yang sudah lama tidak terpakai yang diletakkan di gudang barang-barang, pada saat digelar di lantai ternyata banyak terdapai lubang  di bagian tengah karpet, kalau dilihat dari bentuk lubangnya seperti gigitan tikus, seketika itu muncullah ide untuk menambalnya, Sayapun berfikir bagaimana caranya agar hasil tambalan tidak terlihat tapi kuat, Sayapuin mulai mencari peralatan dan bahan-bahan penunjang penambalan, setelah siap semua barulah ide ini saya kerjakan.

Menambal karpet sangatlah mudah jika kita tahu trik untuk mengerjakannya, hal yang paling utama dalam menambal karpet adalah:
  • Bagaimana caranya agar hasil tambalan sedikit tersamar agar tidak terlihat perbedaaan dengan bagian lainnya,
  • Mengupayakan agar tidak ada tonjolan pada karpet yang kita tambal.
  • Usahakan menambal dengan kuat yaitu dengan menggunakan lem yang bermutu tinggi.
Dengan menggunakan trik yang benar maka karpet yang ditambal sekilas tidak terlihat, orang lainpun tidak akan menyangkan kalau karpet anda adalah tambalan. Untuk lebih jelasnya marilah ikuti langkah-langkah dalam menambal karpet yang bolong di bawah ini:

Peralatan yang diperlukan:
  • Guntung kain yang tajam
  • Lem serbaguna yang dapat merekatkan bahan kulit, karet, plastik dan kain.
  • Penggaris
  • Ballpoint atau pensil(usahakan yang warna tintanya berbeda dengan warna karpet)
  • Kain tipis yang kuat, bisa diganti dengan plastik yang sejenis dengan bahan jas hujan.

 Cara menambal:

Gambar 2

1. Letakkanlah karpet di lantai dengan bagian bawah karpet berada di atas dan jangan ada bagian yang melipat agar mudah diketahui bagian yang berlubang.

2. Rubahlah bentuk lubang pada karpet yang tidak beraturan menjadi bentuk persegi empat(gambar 3) lalu ukurlah panjang dan lebar lubang yang berbentuk persi sempat tersebut menggunakan penggaris.




Gambar 3
Gambar 4
3. Siapkanlah karpet penambal(Gambar 4) yang diambil dari sisi bagian  terluar karpet yang kita tambal, ukuran karpet penambal ini lebih besar sidikit(kira-kira satu mili dari lubang yang akan ditambal) dari   lubang yang akan kita tambal, ini dimaksudkan agar tidak ada celah pada pertemuan sisi lubang dengan penambal.
Gambar5

4. Tempelkanlah karpet penambal bada lubang yang akan ditambal, kemudian olesilah bagian bawah karpet penambal dan sisi lubang dengan lem serbaguna, yaitu bagian yang akan bersentuhan dengan lantai saat digunakan. Pemasangan karpet penambal ini harus sama dengan posisi karpet yang tergelar dilantai, posisinya jangan terbalik(Gambar 5),



Gambar

5. Siapkanlah  kain tipis yang kuat(bisa diganti dengan plastik yang sejenis dengan bahan jas hujan) ukurannya lebih besar 1cm dari karpet penambal kemudian diberi lem serbaguna lalu diamkan selamabeberapamenit sampai lemnya tidak lengket lagi.






Gambar 7
7. Apabila semua lem yang merekat pada karpet dan kain tipis yang kuat(plastik yang mirip bahan jas hujan) sudah tidak lengket maka permukaan kain yang mengandung lem dapat direkatkan/ditempelkan pada bagian karpet yang telah dilem lalu tekan-tekanlah bagian yang sudah direkatkan dengan jari tangan.





Dengan menggunakan cara di atas maka lubang pada karpet tidak akan terlihat lagi(Gambar 7) dan karpet andapun dapat digunakan seperti sedikala.......selamat mencoba.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.