03 December 2012

PANDUAN CARA MUDAH MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF

Speaker aktif adalah alat elektronik yang mengubah dan memperkuat sinyal audio yang lemah dari suatu sumber(komputer,dvd,tuner,dll) agar bisa didengar oleh telinga manusia.Suara akan keluar dari speaker melalui beberapa tahapan tertentu agar menghasilkan suara yang baik.

Cara kerja speaker aktif adalah seperti "sistem" yaitu terdiri dari beberapa bagian yang saling terkait/berhubungan, bila ada bagian yang rusak maka bagian yang lain akan terpengaruh sehingga sistem tidak akan bekerja dengan baik.


Cara kerja speaker aktif

1. Sinyal audio yang lemah dari suatu sumber akan diteruskan melalui KABEL AUDIO menuju rangkaian elektronika yang ada di dalam kotak speaker.

2. di dalam rangkaian itu sinyal audio masuk ke POTENSIO METER(volume) untuk dihambat agar sinyal audio dari sumber dapat diatur besar kecilnya. putaran potensio akan berpengaruh pada besar kecilnya suara yang keluar dari speaker.

3. Dari potensio meter sinyal akan diteruskan ke bagian TONE CONTROL, di sini sinyal suara akan diatur kualitasnya(bass,treble,middle) agar menghasilkan suara yang enak didengar.

4. setelah sinyal suara diolah oleh tone control maka sinyal audio yang masih lemah akan masuk ke bagian POWER AMPLY, disini sinyal yang lemah akan diperkuat/diperbesar.

5. Sinyal audio yang sudah kuat akan diteruskan ke lilitan yang ada dalam speaker, setelah itu barulah keluar suara dari SPEAKER.

Dengan mengetahui cara kerja speaker aktif diharapkan akan mempermudah kita dalam memperbaikinya bila suatu saat terjadi kerusakan pada speaker aktif kita.

Apapun kerusakan pada speaker aktif anda, uraian di bawah ini adalah tahapan untuk mencari di mana letak kerusakannya mudah-mudahan bermanfaat.

1. lepaskan kabel audio dari sumbernya, misalnya komputer,DVD player, tuner,dll.

2. masukkan steker ke stopkontak, atur volume pada seperempat putaran lalu nyalakan speaker aktif anda dengan menekan tombol power ke posisi "on", lihatlah pada lampu powernya, bila tidak menyala kemungkinan kabel penghubung listrik yang putus. bila lampu indikator menyala lanjutkan ke poin 3.

3. sentuhlah ruas paling ujung jack audio(jack audio letaknya paling ujung kabel,terdiri dari tiga ruas yang tiap ruasnya dibatasi oleh cincin plastik) dengan jari tangan, bila salah satu speker berbunyi (seperti suara kentut) berarti jalur dari kabel sampai speaker masih bagus tapi bila tidak ada suara maka ada bagian yang rusak antara salah satu jalur kabel sampai speaker.

4. lakukan pengujian seperti poin 3, kali ini yang disentuh adalah ruas tengah jack audio. Bila salah satu speker berbunyi (seperti suara kentut) berarti jalur dari kabel sampai speaker masih bagus tapi bila tidak ada suara maka ada bagian yang rusak antara salah satu jalur kabel sampai speaker.

5. Matikan tombol power kemudian cabut steker(kabel listrik ) dari stopkontak. Buka skrup kotak speaker(yang nyambung dengan kabel listrik/penghubung ke stop kontak) yang ada di bagian belakang lalu tarik bagian depan dan belakang kotak speaker sehingga menjadi dua bagian. Putuskan pangkal kabel audio yang yang menempel pada terminal rangkaian yang letaknya di dalam kotak speaker (jangan lupa untuk mengingat letak kabel agar mudah bila akan dipasang lagi).

6. masukkan steker ke stopkontak, atur volume pada seperempat putaran lalu nyalakan speaker aktif anda dengan menekan tombol power ke posisi "on", sentuhlah dengan jari terminal bekas menempelnya kabel audio, ada tiga buah titik terminal tapi hanya dua yang akan mengeluarkan suara ke speaker saat disentuh jari. "Bila pada pengujian poin 3 dan poin 4 speaker tidak berbunyi sedangkan pada pengujian poin 6 speaker bunyi maka yang rusak adalah kabel audio."

7. bila pada pengujian poin 6 salah satu speaker tidak berbunyi maka cobalah lepaskan kabel speaker yang tidak bunyi lalu tukar dengan speaker anda yang lain, ulangi pengujian pada poin 6. "bila speaker berbunyi maka speaker yang anda tukar tadi rusak tapi bila tidak ada suara yang keluar berarti yang rusak adalah bagian power amply". Bagian tone control jarang rusak, yang paling unum adalah potensio volume yang kotor oleh karat sehingga saat volume diputar muncul seperti suara tikus dan kadang-kadang suara speaker membesar atau mengecil sendiri. untuk memperbaikinya cukup menetesi lubang potensio(dari dalam kotak speaker) dengan 4lk0h0l atau minyak goreng bersih.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.

 

Blog Statistic