30 December 2012

CIRI-CIRI MCB YANG MASIH BAGUS DAN YANG SUDAH LEMAH/RUSAK

Gambar MCB
Gambar MCB
MCB (miniature circuit breaker) adalah alat instalasi listrik yang berfungsi memutus dan menyambungkan arus listrik, adakalanya dalam kurun waktu tertententu dapat mengalami kerusakan baik karena faktor usia ataupun alatnya sendiri yang kualitasnya kurang baik.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai masalah yang berhubungan dengan listrik, misalnya saja tiba-tiba listrik di rumah padam sedangkan saat itu sedang tidak ada pemadaman aliran listrik oleh PLN, hal tersebut bisa saja diakibatkan oleh kerusakan pada peralatan listrik di rumah, salah satunya misalnya MBC yang sedang kita bahas ini, sebelum kita memastikan bahwa penyebab matinya listrik di rumah diakibatkan oleh MCB alangkah baiknya mengetahui dulu apa saja ciri-ciri MCB yang masih baik atau yang sudah rusak tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.


Ciri-ciri MCB yang masih bagus/baik
  • MCB hanya akan turun/mati/off secara otomatis bila terjadi hubungan pendek/korsleting dan pemakaian daya listrik yang melebihi kemampuan MCB.
  • MCB yang turun/mati/off akibat pemakaian daya listrik berlebih akan mudah dinyalakan kembali setelah sebagian alat listrik dimatikan.
  • MCB yang masih bagus akan selalu berada  pada posisi on dan tidak akan off tanpa sebab-sebab seperti pada poin 1. 

Ciri-ciri MCB yang sudah lemah/rusak
  • MCB yang sudah lemah/rusak tidak akan turun/mati/off secara otomatis bila terjadi hubungan pendek/korsleting dan pemakaian daya listrik yang melebihi kemampuan MCB.
  • MCB yang sudah lemah/rusak yang  turun/mati/off akibat hubungan pendek akan sulit dinyalakan kembalimeskipun penyebab hubungan pendek itu sudah diperbaiki.
  • MCB yang sudah lemah/rusak yang  turun/mati/off akibat pemakaian daya listrik berlebih akan sulit dinyalakan kembali meskipun sebagian alat listrik sudah dimatikan.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic