26 October 2012

CARA MEMPERBAIKI VOLUME SPEAKER AKTIF

Sebelum melanjutkan membaca alangkah baiknya untuk lebih memahami speaker aktif lebih baiknya bila anda membaca postingan Saya sebelumnya yaitu "Panduan Cara mudah Memperbaiki Speaker Aktif" kemudian silahkan kembali ke sini. Speaker aktif adalah alat elektronik yang berfungsi mengubah dan memperkuat sinyal audio dari sumbernya seperti komputer, DVD player, dan yang lainnya agar dapat keluar suara dari speaker dan terdengar oleh telinga manusia. Bentuk speaker aktif ini sangatlah simpel yaitu kotak speaker yang terintegrasi dengan rangkaian tone control dan power amplynya jadi tidak banyak kabel berseliweran saat digunakan sehingga memudahkan dalam pengoperasian tidak seperti pada generasi speaker sebelumnya yang terdapat banyak kabel yang dihubungkan akibat terpisahnya kotak speaker dengan rangkaian tone control dan kotak speaker.

Banyak sekali jenis kerusakan yang dialami oleh speaker aktif ini dan untuk saat ini yang dibahas adalah cara memperbaiki volume speaker aktif, untuk jenis kerusakan seperti ini keluhan yang dialami adalah:
  • Suara mengecil dan membesar sendiri
  • Kalau VOLUME diputar suaranya brisik

Cara memperbaiki:
  1. Bukalah semua sekrup pada bagian belakang kotak speaker aktif, yaitu kotak yang terintegrasi dengan rangkaian tone dan power, ciri-ciri kotak speaker ini adalah terdapatnya kabel penghubung ke stopkontak listrik dan terdapatnya tombol on/off dan tombol-tombol seperti volume, bass, dan treble.
  2. Lepaskan badan kotak speaker depan dan belakang sehingga menjadi dua bagian.
  3. Perhatikan pada rangkaian yang menempel dengan tombol-tombol yang ada di bagian depan, di dalamnya ada komponen yang nyambung dengan knop volume namanya "potensio", bentuk potensio ini bulat dan terhubung dengan tutup potensio volume, komponen ini mempunyai tiga buah kaki yang menempel dan terpatri/ tersolder ke PCB.
  4. pada potensio terdapat logam berbentuk lingkaran, pada bagian belakangnya terdapat lubang di pinggirnya, tetesilah lubang itu dengan minyak tanah, 4lk0h0l atau minyak goreng sambil memutar knop volume, inilah sumber masalah yang kita perbaiki, hal yang menyebabkan suara speaker terganggu dan berisik adalah komponen yang ada di dalam potensio mengalami karat atau tertutup oleh debu dan kotoran sehingga mengganggu konektifitas potensio.
  5. Pasang kembali badan speaker aktif dengan memasukkan semua sekrup yang terlepas, cobalah untuk menyalakannya, mudah-mudahan dengan cara ini suara speaker aktif akan jadi normal kembali.

Artikel terkait:

2 komentar:

  1. saya punya speker aktif suaranya kecil bila di gdein suaranya kaya kaga kuat apayang harus di perbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperiksa kabel audio dari sumber ke speaker aktif, apabila kabelnya dalam kondisi baik kemungkinan bagian penguatnya(power amply) yang rusak.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.