Cara Mencari Kerusakan Gerinda Tangan Mati Total

Mesin gerinda tangan merupakan mesin yang berfungsi untuk menggerinda benda kerja. Awalnya mesin gerinda hanya ditujukan untuk benda kerja berupa logam yang keras seperti besi dan stainless steel. Menggerinda dapat bertujuan untuk mengasah benda kerja seperti pisau dan pahat, atau dapat juga bertujuan untuk membentuk benda kerja seperti merapikan hasil pemotongan, merapikan hasil las, membentuk lengkungan pada benda kerja yang bersudut, menyiapkan permukaan benda kerja untuk dilas, dan lain-lain.

Mesin gerinda jenis ini berukuran cukup kecil sehingga dapat dipegang dan dioperasikan langsung dengan tangan. Jenis mesin gerinda tangan ini adalah mesin gerinda serba guna. Mesin ini dapat dipergunakan untuk menghaluskan ataupun memotong benda logam, kayu, lantai keramik, kaca serta dapat dipergunakan untuk memoles permukaan mobil. Mesin gerinda tangan digunakan secara umum sebagai alat potong di dalam bengkel kecil ataupun rumah tangga.

Namun dengan berlalunya waktu, mesin gerinda tangan akan berkurang kemampuannya hingga mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang umum terjadi pada mesin gerinda tangan adalah mati total, bagaimanakah cara memperbaikinya? silahkan simak penjelasannya di bawah ini, atau tonton video tutorialnya yang ada di bawah artikel ini.

Pencarian Kerusakan (Troubel  shooting):
  1. Memeriksa Carbon Brush (cb) / Brostel
  2. Memeriksa kabel steker
  3. Memeriksa saklar / switch
  4. Memeriksa lilitan / spull

1. Memeriksa Carbon Brush (CB) / Brostel

Dikutip dari Wiki Komponen "Carbon Brush (CB) adalah adalah komponenyang ada pada motor listrik atau generator. Fungsinya meneruskan tagangan dari statis ke bagian yang bergerak. Sebuah carbon brush biasanya tersambung dengan sebuah per untuk menjaga agar selalu menyentuh bagian yang berputar sehingga listrik tidak terputus.

Komponen yang terlerletak di sisi kanan dan kiri luar gerinda tangan ini lama-lama akan menipis akibat gesekan yang terus menerus. untuk Gerinda tangan yang sering dipakai, maka sering-seringlah memeriksanya, bila sudah aus dan menipis segeralah diganti.
Carbon Brush (CB) / Brostel
Untuk menggantinya bukalah penutuk Carbon brush dengan menggunakan obeng minus, lalu keluarkan CBnya, ganti dengan yang baru. Harga CB di pasaran tidaklah mahal,,, hingga saat tulisan ini dibuat harganya sekitar RP. 10.000,-an.


2. Memeriksa kabel steker

kabel steker Gerinda Tangan
Kerusakan bisa juga terjadi pada kabel steker, periksalah apakah ada bagian yang putus akibat terjepit, digigit tikus atau terbakar. Gantilah kabel steker bila ada bagian yang terlihat mencurigakan.


3. Memeriksa Sakelar / Switch

Sakelar / switch  Gerinda Tangan
Komponen ini paling sering digunakan pada gerinda tangan. akibat pemakaian yang sering dan terus menerus maka sakelar ini akan rusak. untuk memeriksanya bukalah skrup atau baud yang ada di sekitaran kabel steker. bukalah kesingya, lihat apakah ada bagian yang terbakar. Bisa juga diperiksa dengan menggunakan alat ukur seperti multitester /  AVO meter dengan mengarahkan penunjuk ke bagian Ohm atau Kilo Ohm. (Lihat Video di bawah)


4. Memeriksa lilitan / Spull.

Spull / lilitan dinamo gerinda tangan
Spull atau lilitan adalah bagian komponen yang berupa kabel email yang terlilit, ada dua bagian lilitan, yang satu menempel pada bodi mesin gerinda, dan yang lainnya menempel pada bagian mesin gerinda yang berputar. Untuk memeriksanya lihat video di bawah ini.

Post a Comment for "Cara Mencari Kerusakan Gerinda Tangan Mati Total"