Cara Pakai Magic Com Yong Ma ROBOCOM Rice Cooker

Magic Com adalah alat penanak nasi elektronik yang dapat memasak nasi hingga menghangatkannya dengan tenaga listrik. Namun dengan berkembangnya teknologi, maka fungsi magic Com bukan hanya menanak dan menghangatkan nasi tapi juga sudah dapat mengukus.

Salas satu produk Magic com dengan teknologi kekinian adalah Magic Com Yong Ma ROBOCOM. Produk ini terdiri dari beberapa type, diantaranya YMC 302, MC1400, dan MC1300. Ada dua varian warna Magic Com Yong Ma ROBOCOM ini yaitu warna putih dan merah. Produk ini berukuran kecil sehingga cocok untuk anak kos atau keluarga kecil yang tidak membutuhkan banyak persediaan nasi.
Magic Com Yong Ma ROBOCOM
Yong Ma Robocom YMC 302 White Magic Com [1 Liter] merupakan magic com berkapasitas 1 L yang berfungsi untuk memasak, memanaskan nasi serta mengukus. Tampil dengan bentuk yang mungil dan desain yang unik (Robo Com). Wadah nasi terbuat dari bahan perunggu blacktinum yang tebal dan anti karat dan anti keropos. Menggunakan teknologi pemanas 3D Warming yang mampu menghasilkan kehangatan nasi yang merata dan masak dengan sempurna.

(Baca: "Cara Memperbaiki Magic Jar / Magic Com / Rice Cooker")

Tidak hanya itu, Penanak nasi elektronik ini menggunakan daya listrik  sebesar 350 watt dan menghangatkan dengan daya 58 watt sehingga dapat menghemat energi dan menghemat biaya tagihan listrik.

Dengan 3 fungsi sekaligus yaitu memasak, menghangatkan dan mengukus, maka kita dapat mengerjakan 3 pekerjaan dapur hanya dengan 1 alat sehingga memudahkan pekerjaan di dapur.

Seperti produk-produk elektronik lainnya, Magic com ini juga dilengkapi dengan alat keamanan ganda sehingga Anda tetap aman ketika menggunakannya. Terdapat magnet switch yaitu alat pengaman yang memastikan agar posisi inner pot pada posisi yang tepat dan secara otomatis mengubah ke fungsi menghangatkan setelah proses memasak selesai.

Menggunakan tipe heating plate, 3D Heating system dan tersedia fuse (pengaman) untuk mencegah suhu terlalu panas yang dapat merusak nasi.

(Baca: "Cara menggunakan Magic Com Yong Ma YM207 SERIES")

Proses memasak bekerja dengan cara memasak dengan uap panas yang langsung memanaskan dari segala arah. Tersedia juga steam pot yang dapat memasak nasi dan mengukus bermacam makanan secara bersamaan.


Cara Memasak nasi dengan Magic Com Yong Ma ROBOCOM:
  1. Takarlah jumlah beras yang akan digunakan dengan tepat.
  2. Masukkan beras ke dalam multy pot, tambahkan air seperlunya dan cuci beras dengan cara menggesekkan beras pada tonjolan yang ada pada dasar multy pot. Buang air cucian beras melalui saringan yang ada di tepi atas Multy pot. Setelah itu pindahkan beras yang dicuci ke Inner pot (Panci dalam)
  3. Masukkan beras yang telah dicuci ke dalam panci, gunakan air sesuai dengan aturan yang tertera di bagian dalam panci. (namun menurut saya aturlah ketinggian air menurut pengalaman anda karena masing-masing beras mempunyai karakteristik berbeda-beda, namun anda dapat mencoba aturan yang universal yang biasa dipakai sebagai patokan oleh orang-tua kita dulu, yakni ketinggian air dari baras setinggi satu buku jari telunjuk)
  4. Masukkan kabel power (colokan/steker) ke stopkontak, lalu tekan tombol memasak (Cook)
  5. Setelah matang bukalah tutupnya lalu aduklah nasinya. dan nasi siap dihidangkan.


Cara Menggunakan Multy Pot

Mencuci beras - Gunakan baskom plastik putih (Multy pot) yang memiliki tonjolan-tonjolan pada dasar menyebabkan friksi yang akan membuat beras lebih cepat bersih. Dengan adanya lubang saringan di sisi atas Multy dapat membuang air sisa cucian tanpa takut beras terbuang.

Mengukus - Masukkan sedikit air ke dalam inner pot lalu masukkan makanan ke dalam multy pot setelah itu tutup, kemudian tekan tombol untuk memasak, makanan yang dikukus akan terasa lebih enak.

(Baca: "Cara Memperbaiki Saklar/switch Alat Penanak Nasi Elektronik")

Serbaguna - Selain untuk mencuci beras dan mengukus, Multy pot dapat digunakan untuk menyimpan buah-buahan atau sayuran.


Peringatan dalam penggunaan:
  • Selama memasak, jangan menyentuh lubang ventilasi uap.
  • Jangan meletakkan benda atau bahan apapun di atas penutup pada waktu memasak.
  • Hindari penggunaan sendok nasi dari logam untuk menghindari terkikisnya panci pada permukaan yang berlapis non-stick.
  • Apabila penanak nasi tidak digunakan atau tanpa inner pot, maka power cord harus dalam kondisi tidak terpasang/tersambung ke listrik.
  • Inner pot dipastikan tidak penyok serta tidak ada perubahan bentuk karena bila tidak sesuai dan berubah bentuk maka penanak nasi tidak akan berfungsi dengan baik.
  • Jika Power cord rusak, maka segera lakukan melakukan penggantian power cord di service center  atau perwakilan service Yong Ma.
  • Jangan merendam produk pada waktu penanak nasi dibersihkan.
  • Pada waktu penanak nasi digunakan, penutup tidak boleh dibuka (Kena uap panas) 

Post a Comment for "Cara Pakai Magic Com Yong Ma ROBOCOM Rice Cooker"