Begini Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Begini Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Perhiasan Emas
Perhiasan Emas yang anda pakai tidak terlepas dari noda yang berasal dari debu, keringat, bahkan dari sisa sabun mandi. Berikut ini Tips sederhana untuk mengembalikan kilau emas yang menggoda, yang dapat anda lakukan dirumah untuk membersihkannya...
  1. Gunakan Air dan sabun, caranya siapkan mangkuk, lalu teteskan secukupnya cairan pembersih piring yang lembut dan isi dengan air hangat. Rendam perhiasan emas kurang lebih 15 menit. 
  2. Bersihkan kotoran, Setelah direndam, angkat perhiasan dari mangkuk yang berisi air sabun, lalu sikat secara perlahan dengan sikat gigi lembut untuk mengangkat kotoran yang melekat di perhiasan atau sela-selanya. 
  3. Bilas dengan air hangat, gunakan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa sabun di perhiasan.
  4. Keringkan, untuk mengeringkan perhiasan emas Anda, gunbakan kain halus.
Read More
Begini Cara Sederhana Membersihkan Jok Mobil Kain

Begini Cara Sederhana Membersihkan Jok Mobil Kain

Jok Mobil Kain
Bahan jok mobil yang terbuat dari kain dapat mudah menyerap kotoran baik itu debu ataupun cairan, untuk membersihkannya sangatlah mudah, namun bila ditangani dengan cara yang kurang tepat maka noda atau kotoran di jok mobil anda tidak akan bersih sempurna.


Berikut ini tips Sederhana membersihkan jok mobil kain:

Dalam proses membersihkannya diperlukan peralatan yang sederhana dan mudah ditemui di rumah, seperti penyedot debu (vacuum cleaner), deterjen antinoda cair, ember kecil, handuk, dan spons.

Untuk membersihkannya, saat jok terkena, cepat bersihkan debu dan kotoran pada jok dengan penyedot debu/ vacuum cleaner.

Kenmudian siapkan ember lalu isi dengan air hangat dan diberi sedikit deterjen. Ambil spons, celupkan ke dalam ember tadi.

Sebelum digunakan, remas spons agar tidak terlalau basah lalu gosokkan pada seluruh bagian jok yang terkena debu dan kotoran.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan biarkan jok terlalu basah dan hindari penggunaan spons yang terlalu besar agar jok lebih cepat kering.

Tahap terakhir adalah menggunakan handuk, basahi handuk dengan air dingin lalu gosok seluruh permukaan jok dengan handuk untuk menghilangkan residu deterjen.
Read More
Catat! ini Kode Unik Listrik Prabayar

Catat! ini Kode Unik Listrik Prabayar

bagian-bagian meteran digital listrik prabayar
Penggunaan meteran listrik prabayar sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat sekarang ini. Cara pembayaran yang mirip isi pulsa HP ini semakain banyak diminati. Namun Ternyata kode rahasia pada mesin PLN Prabayar ini belum banyak diketahui oleh para penggunanya. Berikut ini kode unik PLN Prabayar yang perlu anda ketahui:
  • 0 ENTER ==> Restart Meter (Jika ada gagal/periksa)
  • 3 ENTER ==> Untuk mengetahui Total KWH Listrik yang telah lalu.
  • 7 ENTER ==> Untuk mengetahui batas KWH.
  • 9 ENTER ==> Untuk mengetahui Daya yang digunakan.
  • 69 ENTER ==> Untuk mengetahui Counter Jumlah berapa kali mati.
  • 59 ENTER ==> Untuk mengetahui Jumlah KWH pengisian terakhir.
  • 54 ENTER ==> Untuk mengetahui kode token terakhir.
  • 47 ENTER ==> Untuk mengetahui Daya yang sedang dipakai.
  • 44 ENTER ==> Untuk mengetahui Ampere yang sedang terpakai.
  • 41 ENTER ==> Untuk mengetahui Voltase Listrik.
  • 90 ENTER ==> Untuk mematikan Lampu LED.
  • 123xx ENTER ==> Untuk merubah delay Alarm, Misal 12310 untuk 10 menit.
  • 78 ENTER ==> Untuk mengetahui delay alarm dalam menit.
  • 456xx ENTER ==> Untuk merubah batas minimal alarm, misalnya 45605 untuk 5KWH.
  • 79 ENTER ==> Untuk cek batas minimal alarm.
  • 75 ENTER ==> Untuk Cek ID Meter PLN Prabayar.

Tambahan :
  • Berapa total penggunaan listrik selama ini? Sudah habis berapa kwh? Tekan 03 enter.
  • Masih ada berapa Kwh sisa pulsanya? Tekan 37 enter
  • Berapa volt tegangannya saat ini? Tekan 41 enter.
  • Berapa arus yang mengalir saat ini? Tekan 44 enter.
  • Berapa watt daya yang dipakai saat ini? Tekan 47 enter.
  • Sudah berapa kali mengalami mati listrik? Tekan 69 enter.
  • Terakhir diisi berapa meter? Tekan 59 enter.
  • Angka token yang terakhir diisikan? Tekan 54 enter.
  • Berapa No. ID meterannya? Tekan 75 enter. (biasanya no ID sudah tertulis pada bagian atas meteran itu).
  • Berapa batas rendah kredit alarm, saat tinggal berapa meter mulai bunyi alarmnya? Tekan 79 enter.
  • Tiap berapa menit alarmnya bunyi lagi? Tekan 78 enter.

Catatan: Mungkin beberapa kode unik di atas tidak berlaku untuk beberapa merek Meteran Prabayar.
Read More
Begini Cara Merawat Sweater Yang Benar

Begini Cara Merawat Sweater Yang Benar

Sweater
Pada musim hujan seperti sekarang ini udara akan terasa sangat dingin, nah pastilah kita akan sering membutuhkan jaket atau sweater. Bukan saja untuk menghangatkan tubuh, jaket atau sweater juga bisa meningkatkan penampilan. Meski demikian, kita perlu hati-hati dalam merawatnya, karena bahan sweater memiliki potensi untuk menyusut dan memudar.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips untuk menjaga sweater agar tetap awet, dan penampilannya selalu tampak seperti baru.


Hindari menggantung sweater pada hanger

Dengan menggantung sweater pada hanger maka gravitasi akan memisahkan serat-serat dan mengubah pola rajutan sweater dari waktu ke waktu. Ketika digantung, bentuk sweater akan berubah pada bagian lengan, pundak, dan lehernya.

Cara terbaik menyimpan sweater adalah dengan meipat sweater dan menyimpannya di dalam kotak kayu, kanvas, atau kemasan karton, sehingga memiliki akses ke udara, tetapi terhindar dari ngengat. Dengan cara ini maka sweater Anda akan terjaga bentuk dan baunya yang segar setelah mencucinya.


Bersihkan benang-benang yang berhamburan

Saat dikenakan sweater kita tentu sering tergesek-gesek, serat dan benang pada sweater bisa berhamburan, membentuk bola-bola kecil. Akibatnya, sweater pun jadi terlihat bulukan. Untungnya benang-benang ini dapat dihilangkan dengan mudah dengan tangan, dengan sikat pakaian, atau pencukur listrik, yang pada dasarnya mengelupas kain, sehingga tampak halus dan baru lagi. Bila Anda tidak memiliki salah satu dari alat tersebut, coba sikat rambut atau sisir.


Beri kamper atau kayu Cedar

Bahan utama pada kebanyakan sweater yang terbuat dari wol sangat disukai oleh ngengat. Cara mencegah kehadiran ngengat adalah dengan kayu cedar, aroma kayu cedar yang cenderung manis bisa mencegah ngengat merajalela. Untuk mencegah hama ini memakan habis pakaian, batasi tempat penyimpanan sweater dengan kayu cedar, atau lemparkan kamper pada lemari Anda.


Perbaiki sedini mungkin

Apabila terjadi kerusakan pada Sweater, segera perbaiki. Karena, bila ada kancing yang longgar atau terlihat ada robekan kecil muncul di kain rajutan, pakaian akan beresiko terurai, atau setidaknya membuat robekan menjadi lebih besar. Sebagian besar sweater menyediakan benang tambahan untuk perbaikan kecil, jadi pastikan untuk menambal setiap lubang dengan segera.


Tidak perlu sering dicuci

Beberapa orang sering melakukan pencucian sweater dengan seringnya, padahal hal itu tidaklah perlu. Seperti jeans, sweater tidak harus dicuci setiap kali setelah dipakai jika ingin membuatnya tetap terlihat baru. Agar sweater tidak perlu sering-sering dicuci, kenakan kemeja katun di bawahnya sehingga minyak alami pada tubuh Anda tidak bersentuhan langsung dengan bahan sweater. Untuk memastikan bahwa Anda tidak membuat sweater menyusut atau rusak, lebih baik mencucinya dengan tangan atau men-dry clean di laundry. Saat mencuci dengan tangan, gunakan air dingin (air panas atau hangat akan meningkatkan potensi penyusutan), lalu tambahkan sedikit deterjen yang diformulasikan untuk bahan halus, dan biarkan sweater terendam. Untuk menghilangkan noda, gosok sweater dengan lembut sampai nodanya larut. Untuk mengeringkan, jangan gantung sweater di hanger. Hamparkan sweater di atas handuk, dan ubah-ubah posisinya agar kering secara merata.

Baca juga: Cara Mencuci Celana Jeans
Read More