Home » » Pengenalan Solder uap

Pengenalan Solder uap

Pengertian

Blower Hot Air atau biasa disebut solder uap adalah alat reparasi/perbaikan yang menggunakan hembusan angin panas dalam reparasi/perbaikan komponen Elektronik. Saat digunakan, semburan tekanan udara panas dapat diatur dengan merubah tekanan angin dan temperaturnya. 

Solder uap berguna untuk mengangkat, memasang, mencetak dan mensolder ulang komponen, baik SMD (kelabang), BGA (bola-bola timah) maupun komponen-komponen kecil lainnya. Proses mensolder ulang atau memanasi kaki IC adalah untuk memperbaiki kaki-kaki IC yang mungkin kurang melekat pada PCB dan bukan untuk memperbaiki IC yang rusak.
Solder uap

Fungsi

Dalam melakukan perbaikan (repair) peralatan elektronik, solder uap berfungsi untuk mencabut serta memasang ulang kembali spart part komponen elektronik  berupa IC mungil SMD, resistor surface, condensator dan lainnya. Solder uap ini juga berfungsi sebagai drying atau untuk mengeringkan papan/board elektronik misalnya pcb board handphone saat kemasukan air.

Solder uap analog adalah blower solder uap yang berfungsi untuk penyolderan. Solder blower ini sangat cocok bagi anda yang bergerak dalam bidang montir. Solder uap ini dilengkapi dengan mata sembur blower sebanyak 3 unit dengan ukuran lubang sembur yang berbeda. Saat mencabut IC SMD kita memerlukan alat bantu berupa pinset agar timah tak melekat kembali saat kaki IC mulai meleleh.

Demikian paparan tentang pengenalan Solder uap, selanjunyadalam waktu dekat akan dibahas tentang cara membuat, merawat dan memperbaiki solder uap.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.