Cara Merawat Solder Uap Yang Benar

Solder uap 952-A
Senang rasanya bila semua perlatan reparasi kita selalu dalam keadaan siap pakai sehingga dapat diandalkan. Seperti halnya solder uap yang merupakan hardware yang cukup vital dalam penggunaan sehari-hari.

Setelah sebelumnya dibahas tentang "Cara Menggunakan Solder uap" dan "Pengenalan Solder Uap". Kali ini Alat Rumah Tangga akan membahas masalah penggunaan dan perawatan pada solder uap atau yang lebih di kenal dengan Blower. Agar blower selalu terawat dengan baik, di butuhkan teknik khusus dalam hal penggunaan, artinya pemakaiannya tidak boleh asal-asalan. Hal ini dilakukan agar solder bisa bertahan lama walaupun sering di gunakan.

Berikut ini Langkah langkah dalam merawat solder uap:
  1. Masukkan steker Solder uap ke dalam stopkontak, lalu Tekan Tombol power pada posisi ON, untuk menjalankan fungsi blower. 
  2. Atur panas/suhu dan tekanan udara sesuai suhu yang diinginkan.
  3. Bersihkan PCB dari kotoran atau minyak menggunakan cairan IPA/tiner A special, gunakan kuas lembut jangan sampai merusak komponen di sekitarnya 
  4. Pada saat menggunakan, mata blower harus berada tepat dan tegak lurus diatas media yang akan dipanasi. Perhatikan komponen yang dipasang, jangan sampai terbalik pada posisi tanda yang ada di papan PCB. 
  5. Lindungi komponen yang mengandung bahan plastic yang ada disekitar IC yang akan dipanasi. Gunakan pinset untuk memegang /menggoyang IC. 
  6. Gerakkan head blower memutar beraturan di atas medium yang dipanasi, jangan sampai terfokus atau diam lama di atas medium/IC yang bisa mengakibatkan kerusakan. Jangan memanasi komponen terlalu lama, bisa mengakibatkan rusak atau berkurangnya intensitas komponen. Pastikan timah menempel sempurna pada papan PCB dan komponen.
  7. Setelah selesai dan sudah merata kemudian kembali letakkan gagang Solder pada tempatnya lalu putar ukuran tegangan untuk air atau udara pada posisi paling maksimal (angka 8) dan untuk tegangan heather atau panas putar ke posisi paling rendah atau pada angka 1. Setelah itu tekan power OFF.
  8. Biarkan solder dingin dengan sendirinya. Pada tahap ini udara akan mengeluarkan sisa panas yang masih ada selama ½ menit. Mohon diperhatikan agar Jangan pernah mencabut langsung kabel steker setelah selesai memakai solder karena dapat mengakibatkan solder uap cepat rusak. 

Post a Comment for "Cara Merawat Solder Uap Yang Benar"