Cara Menyetrika Kain Sutra yang Benar

Cara Menyetrika Kain Sutra yang Benar

 Kain Sutra
Sutra atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu disebut serikultur). Sutra memiliki tekstur mulus, lembut, namun tidak licin. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membuat kain sutra dapat membiaskan cahaya dari berbagai sudut.

Kain Sutra memiliki sifat yang jatuh, ringan dipakai dan berkesan elegan, membuat kain sutera banyak dipilih untuk material busana pesta. Sutera juga bertekstur halus, lembut, namun tidak licin. Oleh karena itu kain jenis ini memiliki harga yang mahal sebanding dengan kenyamanan serta kemewahan yang bisa diperoleh pemekainya.

Kualitas yang tinggi membuat perawatan kain sutera juga harus benar. Saat proses mencuci dan pengeringan haruslah dilakukan dengan cara yang hati-hati agar baju sutra terjaga keindahannya.


Tips  menyetrika kain sutra yang benar
  • Saat menyetrika usahakan setrika kain sutra dari bagian dalam pakaian saat masih lembab.
  • Atur setrika pada suhu yang rendah / hangat (warm/level silk).
  • Hindari membasahi bagian yang akan disetrika karena dapat meninggalkan bekas pada kain.
  • Untuk menghilangkan kerutan pada kain sutera coba cara ini: gantung pakaian di kamar mandi saat kita mandi. Kelembapan ruangan dipercaya dapat membantu menghaluskan kerutan padakain sutera.
  • Bila anda terpaksa menggunakan setrika uap, sebaiknya lebih berhati-hati karena  seterika uap dapat meninggalkan bekas uap yang permanen pada sutera.

Sekilas perkerjaan di atas tampak merepotkan, namun perlakuan yang baik pada baju sutra akan menjaga keawetan dan keindahannya.

Untuk merawat kelembutan dan keharumannya anda papat menampahkan  larutan air yang telah dicampur pewangi baju dan pelembut pakaian pada bilasan terakhir.
pewangi dan pelembut pakaian akan membuat tekstur kain semakin lembut serta mengembalikan kesegarannya. (Sumber)
Read More
Aneka Tips Dapur Bermanfaat

Aneka Tips Dapur Bermanfaat

tip
Berikut ini adalah hal-hal sederhana, bermanfaat, dan dapat mempermudah kegiatan anda di dapur yang selama ini mungkin tidak anda ketahui.
  • Untuk mempermudah mengupas kulit telur yang sudah direbus, celupkan telur kedalam air es saat telur tersebut baru matang atau dalam keadaan panas panas.
  • Agar cabe tidak meletup-letup ketika digoreng, maka sebelum digoreng gunakan pisau untuk menusuk cabe.
  • Bila anda memasak brokoli, kembang kol, kangkung, arnong/selada air atau genjer maka sebelum dimasak cucilah sayuran tersebut dengan air bersih, dan pada bilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang-binatan kecil yang mungkin hidup dibatang dan daunnya mati. Jenis binatang yang umum ada seperti lintah, keong, ulat dan cacing air.
  • Agar tahu awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan didalam tupperware tutup rapat, kemudian letakkan didalam kulkas insya allah bisa tahan 1minggu.
  • Untuk mengetahui telur busuk atau tidak bisa gunakan tes apung air, jika mengapung diatas air tandanya telur busuk
  • Ketika akan mengocok telur untuk berbagai macam kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang (bukan dingin karena baru keluar dari kulkas, hal ini bisa membuat adonan tidak ngembang)
  • Menyimpan sayuran dalam kulkas sebaiknya gunakan koran dan majalah bekas, sebab ini bisa mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk, jadi jangan gunakan plastik ya!
  • Bila kulkas anda bau cobalah belah kentang dan letakkan di rak kulkas, kentang bisa menetralisir bau sehingga mampu menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.
  • Agar ikan tidak lengket dipenggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan diwajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis, sebab sudah pasti ikanyang digoreng akan lengket dan hancur ketika dibalik, bisa juga olesi sedikit garam ke wajan sebelum dituangi minyak.
  • Untuk menghilangkan rasa panas ditangan akibat terlalu lama berkontak dengan cabe atau sambel, (kata orang jawa tangan wedhangen) bisa dengan cara cuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3kali, kemudian lap dan masukkan tangan kedalam beras, lalu remas-remas beras sebentar, In Sha Allah rasa panas ditangan akan hilang.
  • Agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam disamping talenan, cara ini insya allah ampuh menghindarkan mata agar tidak pedih
  • Agar beras tidak dikunjungi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yg berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang plastiknya. Kutu beras tidak suka aroma kopi jadi insya allah dia tidak akan berani mendatangi beras.
  • Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir, atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air jadi kekuningan coba ini: ambil sesendok baking soda beri sedikit air gosok-gosok ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas.. jika masih ada noda bisa diulang lagi hingga noda hilang.
  • Agar kembang kates, daun kates/pepaya dan pare/paria tidak terlalu pahit ketika dimasak, baiknya sebelum ditumis rebus sebentar di air rebusan daun jambu biji . (caranya, rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, masukkan daun jambu, tunggu 5 menit, masukkan kembang/daun pepaya/pare) diamkan sebentar matikan api. Setelah itu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera (kalo daun pepayanya untuk kulupan, bisa direbus hingga matang bersama daun jambu)
  • Agar tempe tidak mudah busuk, jangan simpan didekat garam.
  • Hindari mencuci daging kambing karena dapat membuat dagingnya menjadi bau.
Read More