Cara Menyetrika Kain Sutra yang Benar

 Kain Sutra
Sutra atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu disebut serikultur). Sutra memiliki tekstur mulus, lembut, namun tidak licin. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membuat kain sutra dapat membiaskan cahaya dari berbagai sudut.

Kain Sutra memiliki sifat yang jatuh, ringan dipakai dan berkesan elegan, membuat kain sutera banyak dipilih untuk material busana pesta. Sutera juga bertekstur halus, lembut, namun tidak licin. Oleh karena itu kain jenis ini memiliki harga yang mahal sebanding dengan kenyamanan serta kemewahan yang bisa diperoleh pemekainya.

Kualitas yang tinggi membuat perawatan kain sutera juga harus benar. Saat proses mencuci dan pengeringan haruslah dilakukan dengan cara yang hati-hati agar baju sutra terjaga keindahannya.


Tips  menyetrika kain sutra yang benar
  • Saat menyetrika usahakan setrika kain sutra dari bagian dalam pakaian saat masih lembab.
  • Atur setrika pada suhu yang rendah / hangat (warm/level silk).
  • Hindari membasahi bagian yang akan disetrika karena dapat meninggalkan bekas pada kain.
  • Untuk menghilangkan kerutan pada kain sutera coba cara ini: gantung pakaian di kamar mandi saat kita mandi. Kelembapan ruangan dipercaya dapat membantu menghaluskan kerutan padakain sutera.
  • Bila anda terpaksa menggunakan setrika uap, sebaiknya lebih berhati-hati karena  seterika uap dapat meninggalkan bekas uap yang permanen pada sutera.

Sekilas perkerjaan di atas tampak merepotkan, namun perlakuan yang baik pada baju sutra akan menjaga keawetan dan keindahannya.

Untuk merawat kelembutan dan keharumannya anda papat menampahkan  larutan air yang telah dicampur pewangi baju dan pelembut pakaian pada bilasan terakhir.
pewangi dan pelembut pakaian akan membuat tekstur kain semakin lembut serta mengembalikan kesegarannya. (Sumber)

Post a Comment for "Cara Menyetrika Kain Sutra yang Benar"