Cara Mengoperasikan Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK

Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK
Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK
Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK adalah mesin cuci yang memiliki dua tabung, satu tabung untuk mencuci dan satu lagi untuk mengeringkan/memeras/spin (Spin-dry timer). fitur yang ada dalam mesin cuci ini hampir sama dengan kebanyakan mesin cuci sejenis, namun ada satu yang berbeda yakni Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK memiliki fitur untuk proses pencucian yang unik, yakni tombol/knop pencuci (wash timer) dapat kita arahkan untuk mencuci sekaligus jeda untuk merendam.

Jadi bila kita putar pada posisi tertentu maka selama proses pencucian terdapat jeda beberapa menit untuk merendam, namun untuk menghemat waktu kita juga dapat melewatkan fitur ini yaitu dengan memutar knop pencuci ke posisi mencuci saja tanpa merendam.

Baca: "Begini Cara merawat Mesin Cuci Sharp ES-T85CR"


Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti cara-caranya di bawah ini,
water supplay selector
Water supplay selector posisi pengisian air untuk mencuci. Tombol ini bekerja juga untuk membersihkan sisa-sisa sabun pada pakaian saat proses pengeringan di tabung pengering (Spin) yakni dengan menggeser ke arah kanan.
1. Saat pertama kali akan mencuci sebaiknya pisahkan dahulu pakaian yang berwarna putih/cerah dengan yang berwarna gelap. Hubungkan steker mesin cuci ke stopkontak, pastikan tombol water supplay selector pada posisi wash. Putar tombol cycle selector pada posisi Heavy untuk pakaiaan yang berat (jaket, jeans, dll) atau soft untuk pakaian ringan (kaos, celana pendek, dll). Isilah tabung pencuci dengan air bersih dengan selang melewati saringan yang ada di tengah atas mesin cuci.
Cycle selector
Cycle selector, posisi mencuci
2. Setelah air dirasa cukup untuk mencuci, campurkan sabun cuci/deterjen ke dalam tabung cuci lalu aduk dengan memutar tombol wash timer ke arah kanan sedikit saja, agar deterjen dapat bercampur merata bersama air.
wash timer
 Knop wash timer, Saat mencuci
3. Masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam tabung cuci, lalu tutup tabung, putar knop wash timer ke arah kanan lalu diamkan, Mesin akan berhenti dengan otomatis setelah tombol kembali ke posisi awal, setelah itu air bekas cucian dapat dibuang dengan memutar tombol Cycle selector ke posisi drain. Berikut beberapa fungsi tombol wash timer:
  • Angka yang ada seperti 15, 24, 33, 40, dan 45 adalah waktu yang diperlukan untuk proses mencuci dalam satuan menit.
  • Gambar baju dengan tulisan soak adalah proses perendaman.
  • Gambar baju dengan lingkaran panah adalah proses pencucian.
Cycle selector
 Cycle selector Saat membuang air cucian  bekas
4. Setelah mesin cuci mati dengan otomatis, buka tutup tabung cuci lalu pindahkan cucian ke dalam tabung pengering/spin, lalu tekan-tekan cucian agar tidak ada rongga yang menyebabkan perputaran spin tidak beraturan, lalu pasang plastik pengunci cucian ke dalam tabung spin. plastik pengunci cucian berfungsi menahan cucian agar diam pada tempatnya sehingga mencegah cucian terlempar keluar tabung saat spin dinyalakan.
Spin-dry timer
Spin-dry timerposisi off
5. Putar tombol spin-dry timer ke arah kanan, angka pada tombol menunjukkan lamanya waktu pengeringan, makin jauh putaran tombol makin lama proses pengeringan. menurut pengalaman, bila tabung pengering penuh dengan cucian maka tombol cukup diputar pada posisi 2.

6. Ini adalah proses bilas pertama, sama seperti poin sebelumnya, yakni putar tombol cycle selector pada posisi wash. Isi tabung pencuci dengan air bersih, kemudian masukkan pakaian yang telah dikeringkan. putar knop wash timer ke arah kanan. lalu ikuti langkah-langkah seperti pada poin 4 dan 5.

7. pada saat ini proses pencucian, pembilasan awal dan pengeringan telah selesai, namun bila dirasa kurang, anda dapat mengulangi proses seperti langkah-langkah di atas agar hasil cucian lebih bersih. Pada proses akhir pembilasan anda dapat menambahkan pengharum cucian untuk menghilangkan bau cucian.

Demikianlah Cara Mengoperasikan Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK, semoga bermanfaat. Biar lebih jelas silahkan tonton videonya di bawah ini:

23 comments for "Cara Mengoperasikan Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK"

  1. Selang untuk mesin cuci merk sharp ES T85C VR ini dpt berapa (1/2)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya selang pembuangan? kalo selang untuk mesin cuci rata-rata sama, di tempat saya, biasa dijual dengan harga 10.000 s/d 15 ribu.

      Delete
  2. Mau nanya klo sy mencuci saya arahkan ke washtimer misalnya saja diangka 33. Kemudian mesin berputar utk mencuci. Nah saat posisinya tiba di gambar baju dengan tulisan 'soak' dia akan berhenti utk merendam. Apakah setelah itu dia akan bergerak lagi (berputar) utk mencuci kembali. Atau berhenti disitu.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat timer berada pada posisi soak maka mesin berhenti untuk merendam cucian, namun akan kembali bergerak setelah melewati gambar baju yang ada lingkaran panah. dan akan begitu seterusnya hingga berhenti total pada posisi off.

      Delete
  3. Oooh seperti itu. Krna sy baru mencoba sekali utk mesin cucinya. Dan sy pikir rusak. Saat diam itu (posisi soak) sy putar scr manual ke posisi gambar baju bergerak. Terima kasih informasinya sgt membantu.

    ReplyDelete
  4. Knapa setelah posisi nyuci..washtimer langsung kmbali k posisi awal tidak merendam dulu..padahal baru beli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mesin cuci ibu ada masalah / rusak di bagian washtimer, sebaiknya dibawa ke tokonya, mumpung masih baru, mungkin ada garansi.

      Delete
  5. maaf saya mau bertanya, fungsi dari water supply selector itu apa yaa ??? terus kalo saya arahkan ke spin gimana ??? apa yang terjadi kalo sya arahkan ke spin, dan fungsinya apa ?? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi dari water supply selector adalah untuk mengarahkan air yang kita masukkan ke mesin cuci, apakah akan masuk ke bagian pencucian/wash atau pengeringan/spin. bila knop tersebut diarahkan ke spin maka air akan mengalir ke dinding spin, bila di dalam tabung spin terdapat pakaian yang maka air akan membasahi pakaian. Saya pernah mencoba cara ini, ternyata berfungsi untuk menghilangkan sisa buih pada pakaian setelah dispin.

      Delete
  6. cara membuang air dari dalam mesin cuci gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara membuang air dari dalam mesin cuci adalah dengan memutar knop Cycle selector ke posisi "DRAIN"

      Delete
  7. Cara membersihkan kotoran mesin cucinya gmn ? Terutama pada dinding pengering...?? Udah banyak kotorannya air nya udah susah kebuang..tq

    ReplyDelete
  8. Kalo panduan pengoperasian mesin cuci sharp tipe ES-G875P-G gimana ya? Minta bantuannya admin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti dibuatin posting terpisah, soalnya kalo di sini kurang cukup

      Delete
  9. Selamat malam pak, mungkin bsa membuat postingan cara perawatan/membersihkan mesin cuci sharp es-t85cr ini. Terimakasih pak.

    ReplyDelete
  10. Saya baru beli ...blum coba dipasangkan listrik ..tapi saya coba2 kenapa saat memutar ke drain kok tidak bisa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drain itu untuk mengeluarkan air, coba tabung cucinya diisi air, posisi tombol di Heavy... setelah ada air yang tertampung lalu putar tombol ke posisi drain... kalo ada air yang mengalir keluar selang pembuangan maka tombol tersebut bekerja dengan baik.

      Delete
  11. pada saat pengeringan, pembuangan air ditutup atau dibuka tidak apa-apa. Pembuangan hanya untuk membuang air dari tabung pencuci. sedangkan saat pengerinagan air keluar langsung.

    ReplyDelete
  12. Mesin cuci aquamagic saya beberapa waktu lalu rusak pada bagian tombol washtimernya, kemudian dibetulkan oleh suami saya dg mengganti satu set tombol. Tapi setelah diganti kenapa washtimernya tidak berfungsi dg sempurna, misalnya pada saat saya putar di angka 33 ternyata mesin cuci tidak bekerja selama 33 menit melainkan cuma 15menitan, waktu proses perendaman juga tidak berhenti tapi terus berputar sampai selesai.
    Pertanyaan saya apakah suami saya salah beli tombol sehingga tombolnya tidak kompatibel dg mesin cuci saya? Apa di toko sparepart tersedia berbagai jenis tombol sesuai tipe mesin cuci?
    Terima kasih
    Semoga berkenan menjawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya mengganti komponen dengan yang asli dari merek mesin cucinya. Bila suami ibu membeli sparepart yang betul, mohon untuk dicek ulang cara pemasangannya.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.