Cara Mencuci Pakaian Dengan Tangan

label/lambang pada pakaian boleh dicuci dengan tangan
Mungkin diantara pembaca pernah mengalami situasi dimana tidak dapat menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian. Hal tersebut dapat diakibatkan karena rusaknya mesin cuci, padamnya aliran listrik di rumah, ataupun pada saat kita sedang berada di lingkungan jang memaksa kita harus mencuci tanpa mesin misalnya saat berkemah.

Sebelum ditemukannya mesin cuci, orang-orang zaman dulu sudah terbiasa mencuci baju menggunakan tangan secara langsung, dan hasilnya pun bersih, bahkan lebih bersih daripada mencuci dengan mesin cuci karena kotoran akan terlihat langsung sehinga lebih mudah untuk dibersihkan

Kali ini Admin akan mencoba berbagi dengan pembaca tentang cara atau tips mencuci pakaian dengan tangan, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini:
  1. Siapkanlah sebuah wadah agak besar (disesuaikan dengan jumlah pakaian yang akan dicuci), anda dapat menggunakan ember, baskom/panci plastik ataupun bak/jolang plastik.
  2. Masukkan air ke dalam wadah yang telah disiapkan tersebut kira-kira tiga perempatnya.
  3. Pisahkan pakaian putih dengan pakaian yang berwarna lainnya, hal ini untuk menghindari pakaian yang putih agar tidak terkena warna dari pakaian berwarna yang luntur. Jangan lupa untuk melihat arti label pada pakaian apakah dapat dicuci dengan tangan atau tidak.
  4. Tuangkan detergen ke dalam wadah yang telah berisi air lalu diaduk-aduk sebentar agar deterjen dapat terlarut bersama air, lalu masukkan pakaian kotor satu-persatu ke dalamnya.
  5. Diamkanlah rendaman kira-kira 15 sampai 30 menit. saat perendaman sebaiknya jangan terlalu lama. Setelah itu barulah memulai mencuci.
  6. Apabila terdapat noda cobalah hilangkan dengan menggosokkan sabun cuci langsung ke noda menggunakan sikat kecil di kedua sisi (luar dan dalam).
  7. Setelah selesai dengan membersihkan noda lakukanlah pembilasan, peraslah pakaian lalu rendam di dalam air bersih.
  8. Setelah direndam kemudian pakaian dibilas, lalu peras pakaian dengan lembut.
  9. Apabila masih terdapat buih sabun lakukanlah perendaman dan pembilasan ulang sampai pakaian benar-benar terbebas dari buih sabun dan sisa kotoran.
  10. Setelah pakaian terlihat bersih maka proses terakhir adalah menjemurnya, menjemur pakaian jangan terlalu lama dan bolak-baliklah pakaian agar keringnya merata, bila sudah terasa kering segeralah diangkat, hal ini untuk menghindari pudarnya warna pakaian.

0 Response to "Cara Mencuci Pakaian Dengan Tangan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.