Tips Mengusir Rayap Kayu Dari rumah (Cara Tradisional)

Gambar rayap
Pembaca tentu sering kesal dengan kehadiran rayap di rumah, mahluk yang berukuran kecil ini sering merusak peralatan rumah yang terbuat dari kayu, meski kecil tapi kemampuannya merusak kayu jangan dianggap remeh, sifatnya yang berkoloni dengan jumlah yang cukup banyak membuat hewan ini mampu menghabiskan atau memakan segala jenis kayu yang terdapat pada lemari, kursi, dan kusen pintu atau jendela..

Berikut cara untuk mencegah dan mengatasi rayap dengan biaya murah dan mudah secara tradisional dan sederhana:


1. Air Kapur sirih

Air kapur sirih sangant efektif untuk membasmi rayap.Untuk mengatasi rayap yang ada pada kayu caranya adalah dengan menyiramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang atau dapat juga langsung ke sarang rayap. Kulit rayap yang tipis dan lembut tidak mampu menahan sifat panas dari kapur.

2. Air Bekas Cucian Beras

Air bekas cucian beras dapat juga mengusir rayap meski sifatnya sementara, yang digunakan adalah air pertama dari cucian beras. Caranya adalah dengan menyiramkan air tersebut ke sekeliling sarang rayap.

3.Minyak Tanah

Bahan bakar yang satu ini sempat populer sebelum hadirnya konversi bahan bakar gas 3KG, apabila anda kesulitan untuk mendapatkannya maka dapat menggantinya denga bahan lain yanitu minyak solar yang sifat dan baunya mirip dengan minyak tanah. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak tanah atau solar pada kayu yang telah di serang rayap atau pada sarang-sarang rayap. Agar lebih ampuh dapat juga ditambahkan minyak serai sebagai pencampur minyak tanah.

4. T3mb4k4u
T3mb4k4u biasanya berguna untuk membunuh tungau yang biasanya terdapat di rumput atau perabotan mebel seperti kursi, sofa ataupun kasur, ternyata T3mb4k4u ini juga ampuh untuk mengusir rayap. 
Cara menggunakannya adalah dengan mencampur T3mb4k4u dan air lalu di diamkan satu malam agar sari T3mb4k4u sepenuhnya keluar. Lalu semprotkan air campuran itu pada kayu yang di serang atau juga langsung ke sarang rayap.

5. Garam Dapur

Selain untuk keperluan masak-memasak ternyata garam juga ampuh untuk menghadapi rayap. caranya adalah dengan menaburkan garam di sarang rayap, mungkin cara ini kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan sarang. Agar lebih efektif anda dapat mencampur garamnya dengan air dan T3mb4k4u. Diamkan selama satu malam lalu semprotkan atau siramkan di tempat-tempat yang ada rayapnya.

6. Termisida

Meski Bahan kimia ini sangat ampuh untuk mengusir rayap tetapi penggunaan Termisida ini sebaiknya dihindari dan dijadikan pilihan yang terakhir karena sangat beresiko mengganggu kesehatan kita. Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang di serang rayap.

Post a Comment for "Tips Mengusir Rayap Kayu Dari rumah (Cara Tradisional)"