23 January 2013

CARA MEMASANG KABEL SAKELAR OTOMATIS POMPA AIR LISTRIK

Saran untuk dibaca: "Cara memasang Pelampung air merek Radar"

Bagi anda yang baru memiliki mesin pompa air listrik dan ingin memasang atau menginstalasi sakelar otomatis atau anda yang ingin belajar memasang sakelar otomatis pompa air listrik silakan untuk menyimak artikel di bawah ini, semoga bermanfaat.

Pemasangan sakelar otomatis sangatlah perlu untuk sebuah pompa air listrikagar kita tidak repot untuk menghidupkan pompa saat air di penampungan kosong, atau mematikan pompa saaat air di dalam penampungan sudah penuh. ada dua jenis sakelar otomatis yang dipasang pada instalasi kabel untuk sakelar otomatis pompa air listrik yaitu:
Sakelar pompa bertekanan
Gambar sakelar otomatis pompa1

1. Sakelar yang dipasang pada badan mesin, yaitu sejenis sakelar yang menggunakan sistim tekanan air, sakelar akan mengalirkan listrik ke mesin pompa bila tekanan pada pipa pengeluaran kecil(keran air terbuka) dan sakelar akan memutus aliran listrik ke mesin pompa bila tekanan di dalam pipa pengeluaran air tekanannya besar(keran air tertutup), dengan kata lain mesin pompa akan menyala untuk mengalirkan air bila ada keran yang terbuka dan mesin akan mati bila keran tertutup.

gambar sakelar otomatis tangki air
Sakelar otomatis pompa air2
 2. Sakelar otomatis yang dipasang pada bak penampungan air/tangki air/toren/tandon air, sakelar jenis ini dipasang pada bagian atas penampungan air, bila air di dalam penampungan habis maka sakelar ini akan menyalurkan listrik ke pompa air agar mengalirkan air ke penampungan air, dan bila air di penampungan sudah penuh maka secara otomatis sakelar akan mematikan mesin pompa. cara kerja sakelar ini didukung oleh dua buah pelampung yang diikat tali ke tuas sakelar otomatios, bila air dalam tangki kosong maka kedua pelampung akan terkena gaya gravitasi bumi sehingga akan menarik tuas sakelar ke posisi "ON" dan akan menyalakan pompa untuk mengalirkan air air ke penampungan air, bila air dalam penampungan sudah penuh maka kedua pelampung akan terangkat ke permukaan air yang mengakibatkan sakelar otomatis kembali ke posisi :OFF", selanjutnya aliran listrik menuju pompa terputus sehingga pompa air mati maka berhentilah aliran air ke penampungan.
Apapun model sakelar otomatis untuk pompa air listrik anda, cara pemasangan instalasinya tetaplah sama yaitu memutus kabel positip/fasa/api dari jalur utama instalasi listrik menuju mesin pompa air listrik. untuk cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

Klik gambar untuk memperbesar !
sakelar otomatis tangki air
Rangkaian sakelar otomatis pompa air

  1. Sambungkan kabel positip pada jalur utama instalasi listrik di rumah ke salah satu terminal kabel yang ada pada sakelar otomatis.
  2. Sambungkan terminal kabel sakelar otomatis yang lainnya ke salah satu kabel mesin pompa air listrik.
  3. Sambungkan kabel negatip dari jalur utama instalasi listrik di rumah ke kabel mesin pompa yang belum disambung ke mana-mana.
  4. Bungkuslah setiap sambungan kabel yang terbuka untuk mencegah korslet atau tersentuh kulit kita.
  5. Bila dianggap perlu pasanglah kabel grounding pada badan mesin pompa dengan menyambungkan kabel grounding pada salah satu sekrup yang menempel dengan badan mesin.
Untuk sakelar otomatis yang dipasang pada badan mesin pompa yang menggunakan sistim tekanan air maka setelah memasang perkabelan sakelar yang pertama harus dilakukan sebelum pompa digunakan adalah dengan menyesuaikan stelan "per/pegas" yang ada pada sakelar caranya adalah:
  1. tutuplah semua keran air lalu bukalah salah satu keran.
  2. bila mesin pompa tidak menyala putarlah baud penyetel sampai mesin menyala lalu diamkanlah selama bebeerapa saat.
  3. bila mesin menyala dengan stabil dan air mengalir maka tutuplah kembali keran yang tadi dibuka lalu tunggu beberapa saat.
  4. bila mesin tidak berhenti putarlah baud penyetel berbalik arah dengan arah putaran sebelumnya sampai mesin pompa berhenti/mati.
Sakelar otomatis akan bekerja dengan normal selama air pada sumbernya(sumur bor/sumur gali) masih ada dan permukaan airnya menempel pada pipa paralon dan kondisi sakelar dalam keadaan prima. Bila air dalam sumbernya kosong dan tidak ada air yang mengalir ke mesin pompa sedangkan mesin tetap hidup lama-lama mesin pompa akan panas yang menyebabkan lilitan pada motor pompa putus karena terbakar, untuk menjaga agar hal seperti itu tidak terjadi sebaiknya pada kabel yang terpasang dari jalur utama listrik menuju sakelar otomatis dipasang sebuah sakelar manual yang diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau, jadi apabila kita akan menunggalkan rumah dalam jangka waktu yang relatip lama dengan perasaaan aman  maka tinggal menekan sakelar manual ini ke poaiai "OFF".

Baca juga :"Cara memasang pelampung pompa air"

Artikel terkait:

37 komentar:

  1. Terima kasih atas ilmunya. Rencanax mau jg pasang saklar otomatis pd toren, mdh2an berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga atas kunjungannya, pasang aja otomatis dan torennya.... mudah kok.

      Delete
  2. Assalamu'alaikum pak..
    saya mau minta penjelasan bapak. Pompa air dirumah saya...pressure switch nya gak mau kerja, kalo mesin pompa air dipakai dalam waktu relatif lama secara terus menerus (misalnya terus hidup selama setengah jam). Meskipun semua kran sudah ditutup. Kl sudah begitu biasanya saya cabut stekernya dari stop kontak selama beberapa saat, kemudian sy pasang lagi stekernya ke stop kontak dan mesin pompa air mati. Apakah saya mesti ganti pressure switch nya atau bagaimana. terima kasih sebelumnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam,
      bila semua keran sudah ditutup tapi mesin masih hidup kemungkinan sekrup pengatur ketegangan per pada preesure swichnya berubah, coba masukkan lagi stekernya lalu putar skrup pada pressure switch sedikit demi sedikit sampai mesin mati,

      Delete
    2. makasih pak. sy coba mudah2an berhasil. Nice Share....

      Delete
    3. sama-sama terimakasih juga atas kunjungannya. semoga mesin airnya kembali lancar.

      Delete
  3. selamat siang pak

    saya mau tanya, pressure switch pompa air saya tiba-tiba tidak berfungsi, keran air sudah dibuka tapi pompa tidak nyala, tetapi setelah sekitar 1 jam kemudian, saya buka kembali keran air, pompa kembali nyala secara normal. Apakah hal tersebut ada gejala pressure switchnya sudah mulai rusak dan harus diganti atau tidak? Dan selain itu, penutup presure switch-nta, setelah saya lihat itu ada pecahan dan dibaliknya ada gosong hitam, apakah penutupnya itu harus diganti? karena apabila hujan, maka air hujan dapat masuk, apakah hal itu dapat berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore,

      sebelumnya mohon maaf jababnya kelamaan, coba dulu atur kembali baud penyetel pegas yang ada di dalam pressure switch seperti uraian saya di atas, bila tidak berhasil kemungkinan pernya sudah lemah dan harus diganti baru(satu set pressure switch). pecahan dan gosong adalah akibat tidak pasnya proses penyaklaran, untuk tutup bila tidak pecah gk sh diganti. sebaiknya pressure dan mesin jangan sampat terendam air karena akan mengakibatkan konslet dan mesin pompa terbakar.

      Delete
  4. assalamualikum wr,wb
    slamat pagi pak nur,,
    d rmah saya,saya pnya mesin pompa ari,dan ada pressure switch nya,,kmarin pressure switchnya bocor dan tdk berfungsi,dan sya belikan yg baru ber merk (sanyo),,masalahnya pak, saya sdh coba menyetel sekrup pda switch bagian bwah dan skrup per nya,,tdk berhasil,malh hasilnya jika tandon saya penuh,yg harusnya pressure switchnya mutus arus listrik malh berbunyi(klik,klik,klik,klik)bgitu pak,,sayakira ada kebocoran tapi tdk ada,,dan sebaliknya jika tandon saya kosong saklar saya hidupkan(saklarnya saya manual)jg berbunyi (klik,klik,klik)gt trus pak,,jka sesekali saya stel skrup per dan switch nya kadang mau normal(pompa berjalan normal)tapi tetep saja waktu tandon penuh(tandonnya ada falb otomatis pake apung2)pressure switchnya gk mau mutus arus scara normal dan berbunyi (klik,klik,klik)begitu pak,mohom petunjuknya y pak nur,,trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam warahmatulahi wabarakatuh

      maaf sebelumnya baru bisa balas, kemarin komputer saya sedang diservis jadi tidak bisa buka blog dulu bahkan sehari kemari ngak posting. mohon diperjelas, jenis pressure swichnya yang dipasang di bodi mesin atau di tangki air.

      Delete
    2. coba bapa baca artikel saya yang lain yaitu tautan yang ada di bawah artikel di atas "cara memasang pelampung". mungkin saja ada yang kurang pas cara memasang pelampungnya.

      Delete
  5. slamat pagi pak,,
    jenis presure switch nya yg saya pasang di bodi mesin pak,,td sya sudah coba stel lagi,, ya masi nihil hasilnya .pelampung d tandon saya sudah sempurna pak gk ada kebocoran jka tandon penuh pelampungnya nutup dngan normal.,,saya jg bingung msi saja jka waktu mutus arus pressure switchnya terjadi hunting pak,, bgitu sebaliknya jka akan mengisi tandon,, berbunyi(klik,klik,klik) bgitu,,mohon penjelasan y pak,,trim<<assalamualikum wr,wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam wr.wb

      hal-hal yang dapat mempengaruhi lancar tidaknya sakelar otomatis yang dipasang pada badan mesin pompa air adalah:

      -tidak adanya kebocoran pada tabung (yang dipasang di badan mesin)
      -tidak ada kebocoran pada setiap sambungan paralon (PVC) dan keran
      -kekuatan putaran mesin
      -sesuai tidaknya merek sakelar (pressure switch) dengan mesin pompan.
      -stelan baud pengatur switch kurang pas

      Saran Saya:
      -periksa setiap sambungan pipa paralon(PVC) mungkin ada kebocoran,
      -perhatikan putaran mesin apakah berjalan normal
      -coba bapak ganti pressure switch dengan merek yang sama dengan pompanya, mungkin saja putaran mesin tidak mampu menekan tuas sakelar pada pressure switch.

      Delete
  6. Kira2 pressure switch (ps) yg paling bagus merk apa dan beli dmn.? Sy paling sering gonta ganti ps, beli pertama bagus hanya 3 bln, setelah itu nggk kerja sempurna walau sdh di set pernya dan terlindung dr air dan basah.. Oh yach kalo mo beli solenoid2 untk pipa air ada nggk yach, biar bisa buka tutup kran otomatis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selenoid untuk penutup aliran air banyak pak di glodok harganya 300 rban

      Delete
  7. kalau untuk merek PS yang bagus Saya juga belum menemukan yang pas pa..soalnya maih ada aja kekurangannya seperti yang bapa jelaskan.. kayanya selenoid untuk pipa air yang saya tau belum ada .

    ReplyDelete
  8. assalamualikum wr,wb
    trimakasi atas sarannya pak,,sbelumnya saya mau bilang mungkin saya kira masalahnya ada di mesin pompa yg saya punya,, soalnya saya sendiri jg gk tahu itu merk apa ,soalnya itu mesin dulu kakek saya yang membelinya,,dan mungkin mesin itu sudah ada skitar 5thn lebih dan menurut saya itu pompa memang tdk baik,,memang saya pakai pressure switch yg ber merk sanyo,tp untuk mesin pompanya dia sudah kasar suaranya pak,,tapi mesin itu masi mampu untuk menyedot air masuk ke atas tandon pak,,dan saya kira gk ada masalah pd kekuatan putaran mesin untuk menekan tuas saklar pressure switch itu sendri,,karna sperti saya bilang kmarin ,,saat tandon penuh mesin mampu menekan tuas saklar tapi masalahnya malah terjadi hunting,,dan menimbulkan bunyi (klik,klik,klik,klik,klik,klik,klik)bgitu pak nur,,,apa kah itu karna mesin saya yg sudah terlalu tua ya pak? hahaha karna memang suaranya sudah kasar pak,,tp untuk hal,hal yg laen sperti untuk sambungan pralon,tabung mesin pompa,dan stelan baut pengatur smuanya normal pak,,mohon instruksi selanjutnya y pak,, trims, assalamualaikum wr,wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa"alaikum salam...Wr. Wb

      Kalau memang seperti itu sepertinya tinggal pressure switchnya yang perlu disetel ulang:

      1. buka keran, coba nyalakan mesinnya lalu diamkan sampai air keluar dari keran kemudian tutuplah keran dan tunggu sampai bunyi klik...klik muncul. pada saat itu putarlah baud yang ada di tengah-tengan sakelarnya (pengatur kekencangan per), putarlah ke arah kiri atau kanan sampai bunyi tersebut hilang dan mesin mati.

      2. buka lagi keran dan tunggu sampai pressure switchnya berubah ke posisi "on" yang ditandai dengan menyalanya mesin pompa. Apabila pada saat keran dibuka dan pressure switchnya tidak bekerja dan mesin tidak menyala, putarlah sekrup penyetel per pada pressure switch berbalik arah dengan putaran yang dilakukan sebelumnya (poin.1) sampai mesin menyala.

      perhatian: saat memutar sekrup pengatur kekencangan per sebaiknya dilakukan dengan pelan-pelan (sedikit-sedikit)

      Delete
  9. assalamualikum wr,wb
    slamat pagi Pak Nur,,
    seperti yg Pak Nur ajarkan.. sudah saya coba pak,dan hasilnya saat saya akan mengisi air (kran saya buka) PS posisi "ON" terjadi (hunting) pak,dan menimbulkan bunyi "KLIK"secara terus menerus,dan dengan kondisi sperti itu.. baut penyetel per nya saya stel secara perlahan (ke kiri)..dan PS bsa berjalan normal dan nyala mesin pompa jg normal pak,,tapi sebaliknya pak, .jika air penuh dan juga kran air tertutup,,PS saya kembali (hunting) dan berbunyi "KLIK" scr terus menerus saat akan memutus arus listrik(OFF) ,dan saat kondisi demikian saya kembali menyetel baut pernya scr perlahan sampai PS mematikan putaran mesin. tapi hasilnya,,sama saja kembali saat saya akan melakukan pengisian air PS terjadi (hunting) lg pak,dan yang saya inginkan harusnya kan waktu mesin (ON/OFF) ,,,PS hanya 1 kali berbunyi "KLIK" untuk proses mutus/menyambungkan arus listrik,,dan tdk terjadi (hunting).. Bukan begitu Pak Nur?,,,mohon petunjuknya lg ya Pak,,trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa"alaikum salam wr.wb,
      cara yang pa dedy lakukan sudah benar, memang enaknya sih kalau pas on atau of cuma sekali kliknya, tapi kalau mesin dapat menyala ketika keran dibuka dan mati ketika keran ditutup
      secara otomatis maka itu sudah baik meskipun terjadi hunting beberapa kali, kecuali kalau mesin mesin tidak dapat mati atau of oleh PS itu dan ps terus hunting berarti antara PS dan mesin tidak singkron mungkin harus dicari PS yang bentuk per-nya agak kecil.

      Delete
  10. asalamualaikum wr,wb
    slamat pagi pak nur,,
    trimakasi atas sarannya,,mungkin saya bisa ganti ps saya dengn per yg lebih kecil,,kalau begitu saya akan mencobanya,,trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam..
      pagi, sama-sama semoga pompa airnya dapat cepat teratasi

      Delete
  11. assalamuaalaikum wr,wb
    slamat pagi pak,,maaf saya mau tanya apa ada jika saya hanya membeli pernya saja yg ukurannya agak kecil,,,karna jka saya beli ps 1 glondong yg per nya kecil..kan yg ps lama tdk terpakai pak,,,jika saya membeli hanya pernya saja ada gk y pak,,,

    ReplyDelete
  12. Utk pmpa air jnip semi jet pump bgusnya pke presur merk apa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau merek Saya ngk bisa jawab, coba tanya saja ke tokonya merek apa yang paling laku.

      Delete
  13. assalamualikum wr,wb
    pagi pak nur,,maaf ps saya yg dulu itu msi ke pending perbaikannya,,mau tanya saja pak. ada gak ya,,jika saya hanya membeli per nya saja,,yg agak kecil???trimakasi,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya maaf saya belum jawab pertanyaan yang dulu, kalo per sih banyak ukurannya dari yang kecil sampai yang besar, pilih saja yang cocok dengan PS Bapa, jadi sebaiknya saat membeli bawalah PS-nya biar ngak salah beli.

      Delete
  14. maaf pak,,mau tanya tu harga pernya berkisar brap ya? trim,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal harga variatip, tiap tempat mungkin berbeda, tapi kemungkinan tidak akan lebih dari 10ribuan pa.

      Delete
  15. ow gtu y pak nur,,,oke lah makasi y pak atas smua saran dan infonya,,,trimakasi,

    ReplyDelete
  16. ass mau nanya kalau cara mengecek dinamo pompa air dengan avo yang masih bagus dan rusak bagaimana? dan pemasangan kapasitornya bisa sembarang atau tidak.. mohon bantuanya?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam, untuk mengecek dengan AVO tempatkan posisi pengatur ukur pada avo ohm, kemudian tempatkan masing-masing ujung pengukur avo pada kedua kabel menuju mesin, (sebelumnya putus dulu listriknya, jadi kita hanya mengukur mesin saja) apabila terdapat nominal ohm berarti mesin masih bagus, tetapi bila tidak ada angka nominal yang dihasilkan atau ada tapi menunjuk angka nol berarti mesin rusak.

      pemasangan capasitor boleh bolak-balik, karena termasuk nonpolar (tidak memiliki polaritas negatif atau positif)

      Delete
  17. Info dari blog anda sangat bermanfaat salam kenal dari kami.
    http://serviceac-surabaya-ok.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama salam kenal juga, terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  18. assalamualaikum pa... pompa mesin otomatis punya saya kok airnya nyetrum y.. padahal kabelnya sudah tidak nyentuh badan mesin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam. kemungkinan ada kabel lilitan dalam mesin(motor) yang bocor(terkelupas emailnya) lalu bersentuhan dengan body mesin, akibatnya air yang mengalir dalam mesin bersentuhan dengan body yang nyetrum tadi.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic