25 November 2012

CARA MENGGANTI & MEMASANG ELEMEN SOLDER BARU

Solder adalah salah satu alat atau perkakas yang digunakan untuk untuk memanaskan komponen elektronika, terdapat bermacam-macam jenis solder menurut kegunaannya yaitu:
  • Solder baud, solder ini digunakan untuk menyolder komponen elektronik dengan memanaskan mata solder menggunakan  elemen yang dialiri listrik pada prakteknya mata solder ini disentuhkan langsung ke target yaitu timah atau komponen alat elektronik agar timah menjadi cair dan menyatukan komponen. Solder baud memiliki variasi daya yang digunakan yaitu: 25w, 30w, 70w. Solder boud digunakan untuk komponen elektronika.
  • Solder uap, Jenis ini sama dengan solder baud yaitu menggunakan elemen yang dialiri listrik tetapi untuk memanaskan komponen atau timah dibantu sebuah kipas yang terdapat di dalam solder, jadi saat digunakan solder ini tidak menyentuh langsung badan komponen atau pun timah. Solder uap biasa digunakan untuk menyolder komponen elektronika yang berukuran mini dan sensitif yang tidak dapat disolder oleh solder baud.
Pada kesempatan kali ini Saya hanya akan menjelaskan cara mengganti atau memasang elemen pada solder boud sedangkan untuk solder uap akan dibahas pada postingan yang lain.

Kebanyakan keluhan dari solder boud adalah putusnya kawat elemen yang ada di dalam selongsong/ rumah elemen, tetapi sebelum memutuskan untuk mengganti elemen sebaiknya periksa dulu kabel penghubung ke listrik dan sambungan kabel ke elemen. untuk mengujinya pakailah alat ukur yaitu AVO meter caranya dengan memindahkan posisi penunjuk ke arah RX1Kilo ohm, ukurlah masing-m,asing kabel penghubung. Bila jarum AVO meter diam berarti kabel penghubung putus tapi bila jarum AVO meter bergerak ke arah kanan dan diam maka kabel masih baik.


Tahapan-tahapan mengganti elemen solder:
  1. Pertama bukalah baud pada gagang/pegangan solder sehingga gagang menjadi dua bagian(biasanya hanya terdapat satu atau dua buah baud), Untuk sebagian merek tertentu gagang solder berbentuk selongsong sehingga untuk membukanya tinggal melepaskan baud lalu tinngaal ditarik ke arah belakang.
  2. Lepaskan sambungan kabel penghubung dengan kabel elemen kemudian lepaskan kabel penghubung dari solder
  3. Bukalah baud pada ujung solder yang berfungsi menjepit mata solder, dengan dilepasnya baud tersebut maka dengan mudah mata solder dikeluarkan dari tempatnya, setelah mata solder terlepas maka giliran elemen yang ditarik ke arah depan sehingga terlepas dari rumah elemen.
  4. Masukkan "elemen baru" dari arah depan lalu  dengan memasukkan dahulu kedua ujung kabel elemennya.
  5. Stelah elemen masuk lalu pasanglah kembali mata soldernya lalu kencangkan baudnya, 
  6. Sambunglah kabel elemen dengan kabel penghubung listrik lalu jangan lupa untuk menutupmnya menggunakan isolasi. aturlah posisi kedua sambungan agar letaknya berjauhan untuk.
  7. Terakhir pasang semua baud pada pegangan/gagang solder.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.