26 November 2012

CARA MENANAK/MEMASAK NASI DENGAN MAGIC JAR/COM

Keluhan yang sering timbul pada alat penanak nasi elektronik(magic jar/com) ini adalah: nasi menjadi basi/bau, rasa nasi tidak enak, tekstur nasi rusak, lapisan anti lengket/teflon cepat terkikis membuat nasi lengket ke panci. keluhan itu berasal dari kesalahan kita dalam cara memakainya atau tidak mematuhi /membaca buku panduan tata cara memakainya. di bawah ini akan dijelaskan cara yang benar menurut buku-buku panduan dari berbagai merek dan beberapa pengalaman saya beserta keluarga selama mengoperasikannya di rumah.
  1. Takarlah air dan beras sesuai petunjuk dari pabriknya. kadang-kadang beda jenis beras beda pula takaran airnya perlu beberapa uji coba agar nasin yang dihasilkan sesuai dengan keinginan kita.
  2. jangan sering membuka dan menutup alat ini selama proses memasak agar nasi yang dihasilkan baik.
  3. bila nasi sudah matang(ditandai dengan suara hentakan pada majic jar/com dan lampu indikator berpindah ke mode pemanasan, biasanya lampu ini berwarna kuning atau hijau) diamkanlah beberapa saat sebelum anda mengambilnya, karena nasi yang baru matang teksturnya masih lembek dan basah.
  4. nasi boleh didiamkan dalam magic jar/com pada mode pemanasan/terhubung ke stopkontak tidak lebih dari 12jam, setelah 12jam steker harus dicabut dari stopkontak. nasi yang tersimpan dalam magic jar/com yang terhubung dengan stopkontak lama-lama akan berkurang kadar airnya sehingga nasi menjadi keras dan mengerak.
  5. jika nasi dalam magic jar/com tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama misalnya pada malam hari maka cabutlah steker dari stopkontak lalu bukalah tutupnya dan gantikan dengan penutup yang berlubang misalnya saringan/ayakan atau kain bersih, ini dimaksudkan agar udara panas dari nasi bisa keluar bebas tapi binatang seperti kecoa atau cicak tidak dapat masuk sehingga kondisi nasi bagus sampai esok pagi tidak bau atau keras.
  6. bila anda ingin menghangatkan nasi pada pagi hari (setelah poin 5) janganlah terlalu lama,karena mengakibatkan nasi menjadi bau,basah,dan teksturnya akan berubah yang mengakibatkan rasa nasi tidak enak lagi.
  7. bila panci magic jar/com akan dicuci rendamlah dulu dengan air agar sisa-sisa nasi yang menempel mudah untuk dibersihkan(jangan merendam panci dalam keadaan masih panas karena akan merusak lapisan anti lengketnya).setelah itu barulah bisa dibersihkan dengan spon yang lembut.
  8. jangan mencuci beras memakai panci magic jar/com karena akan merusak lapisan anti lengketnya.
  9. Jangan merebus air pakai magic jar/com kecuali ada rekomendasi dari pabrik.
  10. Bila saat anda memasak nasi tiba-tiba listrik padam maka cepatlah cabut steker dari stopkontak periksa kondisi nasi di dalam magic jar/com bila masih berbentuk beras buanglah airnya, bila listrik kembali nyala ulangilah tahapan memasak nasi dari awal. tapi bila nasi dalam keadaan setengah matang maka siapkanlah dandang atau langseng yang ada saringannya lalu beri air sampai sedikit di bawah batas saringan lalu simpan di atas kompor yang menyala tunggu sampai airnya mendidih kemudian pindahkan nasi dari panci magic jar/com ke dalam dandang, tunggulah kira-kira setengah jam sampai nasi benar benar matang. bila listrik padam saat nasi dalam mode menghangatkan cabutlah steker dari stopkontak lalu bukalah tutupnya dan gantikan dengan penutup yang berlubang misalnya saringan/ayakan atau kain bersih.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic