Tips Mengusir Rayap Kayu Dari rumah (Cara Tradisional)

Tips Mengusir Rayap Kayu Dari rumah (Cara Tradisional)

Gambar rayap
Pembaca tentu sering kesal dengan kehadiran rayap di rumah, mahluk yang berukuran kecil ini sering merusak peralatan rumah yang terbuat dari kayu, meski kecil tapi kemampuannya merusak kayu jangan dianggap remeh, sifatnya yang berkoloni dengan jumlah yang cukup banyak membuat hewan ini mampu menghabiskan atau memakan segala jenis kayu yang terdapat pada lemari, kursi, dan kusen pintu atau jendela..

Berikut cara untuk mencegah dan mengatasi rayap dengan biaya murah dan mudah secara tradisional dan sederhana:


1. Air Kapur sirih

Air kapur sirih sangant efektif untuk membasmi rayap.Untuk mengatasi rayap yang ada pada kayu caranya adalah dengan menyiramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang atau dapat juga langsung ke sarang rayap. Kulit rayap yang tipis dan lembut tidak mampu menahan sifat panas dari kapur.

2. Air Bekas Cucian Beras

Air bekas cucian beras dapat juga mengusir rayap meski sifatnya sementara, yang digunakan adalah air pertama dari cucian beras. Caranya adalah dengan menyiramkan air tersebut ke sekeliling sarang rayap.

3.Minyak Tanah

Bahan bakar yang satu ini sempat populer sebelum hadirnya konversi bahan bakar gas 3KG, apabila anda kesulitan untuk mendapatkannya maka dapat menggantinya denga bahan lain yanitu minyak solar yang sifat dan baunya mirip dengan minyak tanah. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak tanah atau solar pada kayu yang telah di serang rayap atau pada sarang-sarang rayap. Agar lebih ampuh dapat juga ditambahkan minyak serai sebagai pencampur minyak tanah.

4. T3mb4k4u
T3mb4k4u biasanya berguna untuk membunuh tungau yang biasanya terdapat di rumput atau perabotan mebel seperti kursi, sofa ataupun kasur, ternyata T3mb4k4u ini juga ampuh untuk mengusir rayap. 
Cara menggunakannya adalah dengan mencampur T3mb4k4u dan air lalu di diamkan satu malam agar sari T3mb4k4u sepenuhnya keluar. Lalu semprotkan air campuran itu pada kayu yang di serang atau juga langsung ke sarang rayap.

5. Garam Dapur

Selain untuk keperluan masak-memasak ternyata garam juga ampuh untuk menghadapi rayap. caranya adalah dengan menaburkan garam di sarang rayap, mungkin cara ini kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan sarang. Agar lebih efektif anda dapat mencampur garamnya dengan air dan T3mb4k4u. Diamkan selama satu malam lalu semprotkan atau siramkan di tempat-tempat yang ada rayapnya.

6. Termisida

Meski Bahan kimia ini sangat ampuh untuk mengusir rayap tetapi penggunaan Termisida ini sebaiknya dihindari dan dijadikan pilihan yang terakhir karena sangat beresiko mengganggu kesehatan kita. Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang di serang rayap.
Read More
CARA MEMBUAT DAN MERAWAT KAIN PLISKET

CARA MEMBUAT DAN MERAWAT KAIN PLISKET

CARA MEMBUAT DAN MERAWAT KAIN PLISKET
Kain plisket adalah jenis kain yang melipat-lipat secara rapi, lipatan-lipatan tersebut terjadi karena diproses dengan mesin ataupun dengan cara manual. Plisket dapat digunakan untuk kain sejenis kerudung, rok sampai gording. cara pembuatannya adalah dengan dengan manual dan mesin. Cara plisket manual dan sederhana  adalalah dengan menaburkan serbuk khusus pada kain, selanjutnya kain disetrika dan dilipat sesuai ukuran yang diinginkan, teruslah melipat dan menyetrika sampai ujung terakhir. Sedangkan  untuk pembuatan plisket dengan mesin otomatis adalah sebagai berikut:


Kain dimasukan ke mesin yang sedang berjalan. Saat kain sudah masuk maka di situ kain akan dilipat-lipat oleh pisau kemudian melewati 3 buah rol pemanas yang sudah diselubungi kain katun, Hal ini bertujuan agar kain yang diplisket tidak kontak langsung dengan rol tersebut. Tahapan ini memerlukan kertas berupa roll yakni kertas yang bisa dipakai berulang-ulang sebagai feeder/pembawa kain agar masuk ke mesin, selain itu kertas ini berfungsi sebagai pelapis tahan panas dan Kertas roll tersebut bisa digulung kembali untuk digunakan lagi. Adapun alat penggulungnya biasanya sudah 1 paket dengan mesin, jarak antar lipatan bisa disetting sendiri tergantung keperluan.

Tips merawat kain plisket
Perawatan kain plisket sangat mudah dan sederhana sekali, yakni:
  1. Simpanlah kain plisket menggunakan gantungan baju (hanger) untuk mempertahankan lipatannya.
  2. Untuk mencuci lakukanlah dengan cara dicelup-celupkan saja ke dalam air yang mengandung sedikit deterjen dan usahakan jangan disikat.
  3. Jemurlah kain yang telah dicuci lalu cepat angkat dari jemuran bila sudah kering, jangan menjemur kain plistet terlalu lama karena kemungkinan akan merubah tekstur kain.
  4. Pada jenis lipatan yang agak lebar dapat disetrika agar rapi, tapi untuk kain yang tipis dengan lipatan yang kecil-kecil usahakan jangan disetrika.
Read More
Peralatan Dapur Modern 1

Peralatan Dapur Modern 1

Kompor Induksi

Kompor induksi adalah alat masak yang menggunakan teknologi digital yang lebih praktis serta modern. Kompor ini tidak mengeluarkan api sehingga realtif lebih aman. kompor yang berteknologi tinggi ini bekerja dengan efek induksi yang diakibatkan oleh arus listrik yang melewati kumparan yang ada dalam kompor tersebut.

Kompor ini sama seperti kompor listrik biasa hanya sumber penghasil pemanasnya yang berbeda. Pada kompor listrik biasa, penghasil panasnya menggunakan filamen, sedangkan kompor induksi menggunakan alat masak itu sendiri (panci atau kuali). Untuk masalah harga, di MQSmart kompor induksi ini dibanrol Rp.499.000,-
Kompor Halogen

Hampir sama seperti kompor induksi, kompor halogen menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Yang membedakan adalah, kompor halogen memakai inframerah sebagai pemanas kompornya. di MQSmart “kompor halogen” ini dibandrol dengan harga Rp.340.000,-

Pengasah pisau (Kleva Sharp)

Pada umumnya pengasah pisau menggunakan batu khusus untuk mengasahnya (water stone), namun pada alat ini kita diberi kemudahan untuk memakainya karena dilengkapi dengan capitan khusus sehingga aman dan cepat untuk mengasah pisau/gunting. di MQSmart harga pengasah pisau ini dibandrol dengan harga hanya Rp. 99.000,-

Happy Call

Happycall adalah panci inovatif yang dapat digunakan untuk beberapa macam kegiatan memasak, seperti menggoreng, merebus, menumis, membakar, dan lain-lain. beberapa kelebihan dari panci ini adalah: memiliki lapisan anti lengket, memasak lebih cepat, mudah dibersihkan, dan higienis.
Spesifikasi Happy Call: Tempat penampung minyak /uap air, Engsel Penahan (hinge joint /oil receptacle), Lubang uap (steam vent /port), Alur menonjol (grooved rim), Gagang Anti Panas (controured head resistant handle), Sistem Pengunci Magnetik (magnetic locking mechanism /handle), Pegangan Stainless Steel (stainless steel holder), Karet Segel Silicon (silicon seal packing). Di MQSmart harga Happy Call ini adalah Rp.225.000 – Rp. 280.000,-

Mangkuk Anti Tumpah (GYRO BOWL)

GYRO BOWL adalah sebuah mangkok yang didesain dengan teknologi tinggi, sehingga saat digunakan tidak akan menumpahkan makanan yang ada di dalamnya. Memiliki bentuk yang terinspirasi dari Planet Saturnus, mangkuk ini anti tumpah karena di Bagian Bawah dalam mangkok terdapat pemberat, sehingga posisi mangkok selalu menghadap ke atas, hal tersebut dinamakan Gaya Gyroscopic. Harga peralatan dapur ini cukup murah yaitu sekitar 25ribuan.

Pembuat Jus (queen power juicer 3)

Mungkin diantara pembaca sudah ada yang mengenal alat penghancur makanan seperti blender yang memiliki satu fungsi, pada "Power juicer" memiliki kegunaan yang banyak yakni 7 in 1. dalam 1 alat ada beberapa fungsi diantaranya queen power juicer 3.

Parutan Multifungsi (mingfa kitchen trasure, parutan multifungsi 8 in 188)

Parutan ini memiliki banyak kegunaan (multi fungsi) yang beda dengan jenis parutan biasa pada umumnya. Beberapa fungsi dari alat ini yaitu: membersihkan sisik ikan, mengupas buah dan memotong buah/sayuran sesuai bentuk yang di inginkan, dengan model model / hasil potongan yang sangat menarik.
                                                                                     
 Sumber: blog.mqsmart.com
Read More