31 December 2012

CARA MENGGUNAKAN/MENCUCI DENGAN MESIN CUCI

Mesin cuci adalah Alat elektronik yang berguna untuk mencuci pakaian. hampir semua orang mengetahui cara menggunakan alat ini tapi bagi sebagian orang yang masih awam atau baru memilikinya pasti bingung bagaimana cara memulainya. untuk itu saya akan sedikit berbagi pengalaman untuk anda yang memerlukannya.


Pastikan kabel penghubung listrik belum dimasukkan ke stopkontak listrik.

Mencuci
  1. Aturlah tombol pembuangan air pada posisi wash(bukan drain).
  2. pisahkan pakaian yang mudah luntur dari pakaian yang lain agar lunturnya tidak menyebar ke pakaian yang lain, untuk pakaian yang mudah luntur mencucinya diakhirkan.
  3. Siapkan ember berisi air dan detergen (takaran disesuaikan dengan jumlah pakaian yang akan dicuci atau bacalah petuinjuk pada bungkus detergennya) lalu diaduk sampai detergennya larut bersama air.
  4. Masukkan air yang sudah bercampur detergen ke dalam mesin cuci lalu tambahkan air bersih kira-kira dua pertiga tabungf mesin cuci.
  5. Masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci sampai benar-benar terendam air lalu diamkan selama 15-30menit agar kotoran yang melekat pada pakain terlepas, usahakan  jumlah pakaian tidak melebihi duapertiga bagian tabung di dalam mesin agar mesin dapat berputar secara maksimal.
  6. Setelah didiamkan selama beberapa menit  masukkan kabel penghubung listrik/steker ke stopkontak lalu putarlah tombol pengatur waktu otomatis/timer pada setengah putaran lalu diamkan sampai mesin mati sendiri.
  7. Bila mesin sudah benar-benar mati cobalah buka penutup mesin lalu lihat kondisi pakaian apakah sudah bersih? bila belum bersih cobalah mengaduk pakaian lalu ulangi proses mencuci dengan memutar ulang tombol pengatur waktu otomatis/timer.
  8. Setelah selesai mencuci buanglah air bekas mencuci dengan memutar tombol pembuangan air ke posisi drain.
  9. Setelah semua air terbuang putar balik tombol pembuangan air ke posisi wash.

Membilas
  1. Isi kembali tabung mesin cuci yang berisi pakaian yang sudah dicuci dengan air bersih sampai semua pakaian terendam, 
  2. putar tombol pengatur waktu otomatis/timer kira-kira seperempat putaran(ini adalah proses pembilasan agar buih detergen yang menempel pada serat kain terlepas).
  3. Bila mesin sudah benar-benar berhenti ulangilah proses pembilasan agar buih detergen yang menempel pada serat kain benar-benar terlepas atau bila perlu tambahkan pewangi atau pelembut pakaian.
  4. Setelah selesai membilas buanglah air cucian dengan memutar tombol pembuangan air ke posisi drain.          

Mengeringkan
  1. Masukkan pakaian yang sudah di bilas ke dalam tabung pengering lalu tekan-tekanlah pakaian yang sudah masuk agar memenuhi tabung pengering.
  2. setelah tabung pengering terisi penuh pakaian putarlah tombol spin searah jarum jam kira-kira setengah putaran kemudian tunggu sampai mesin pengering benar-benar berhenti secara otomatis sampai tidak terdengar suara dari dalam mesin.
  3. Setelah mesin benar-benar berhenti bukalah penutup tabung pengering, pastikan pakaian di dalam mesin sudah berhenti berputar, ambillah pakaian lalu pindahkan ke wadah yang lain untuk selanjutnya bisa dijemur langsung.
  4. Apabila pada saat mesin pengering berputar terdengar suara berisik seperti ada yang memuk*l-m*kul badan mesin dari dalam, ini artinya tabung pengering labil akibat kurang padatnya pakaian di dalamnya, bukalah tutupnya lalu diamkan sebentar sampai mesin berhenti berputar lalu tekan-tekan pakaian di dalamnya lalu coba tutup dan nyalakankembali.
Setelah selesai jangan lupa mencabut steker dari stopkontak dan membersihkan  bagian luar dan dalam mesin cuci sampai kering.

Artikel terkait:

3 komentar:

  1. gan numpang tanta: saya pernah denger dr teman saya,kalo kabel Netral(biru) kita tanam ke bumi -+ 10m bisa mengirit strum/pembayaran benar gak gan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ngak pengaruh tuh, soal pengiritan listrik tergantung pemakaian dan alat yang digunakan, coba baca postingan Saya yang berjudul "Cara Menghemat listrik"

      Delete
  2. Makasi gan sangat berguna bagi sy yang baru beli mesin cuci

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.

 

Blog Statistic