16 December 2012

CARA MENCARI PENYEBAB MCB ATAU LISTRIK MATI/OFF SENDIRI

Setiap rumah pasti pernah mengalami mati lampu/padamnya aliran listrik, tetapi hanya rumah kita saja yang padam sedangkan listrik rumah tetangga tetap menyala. Aliran listrik padam ditandai dengan berubahnya posisi sakelar MCB dari posisi "on" ke posisi "off". Kebanyakan orang pasti langsung menghidupkannya kembali MCB, tapi bagaimana bila sakelar MCB yang kita hidupkan kembali ke posisi "off"?


Penyebabnya antara lain:
  • Beban listrik yang terlampau besar melebihi batas kemampuan MCB, misalnya daya listrik yang diberi oleh PLN adalah 900w sedangkan pemakaian listrik di rumah melebihi 900w.
  • Adanya hubungan pendek atau konsleting, yaitu saling bersentuhannya dua jalur kabel positip dan negatip baik secara langsung ataupun secara tidak langsung, contoh konslet secara langsung adalah bersentuhannya dua kabel positip dan negatip yang terbuka, sedangkan contoh konslet secara tidak langsung adalah fitting lampu yang tergenang air yang diakibatkan oleh bocornya genting lalu airnya menetes pada langit-langit rumah tempat menempelnya fitting lampu.
  • Adanya alat elektronik yang rusak atau terbakar, misalnya mesin pompa air listrik yang lilitan/spullnya terbakar.
  • stopkontak yang terbakar

Langkah-langkah cara mengetahui penyebab listrik di rumah padam/mati:
  1. Bila listrik di rumah tiba-tiba mati yang ditandai dengan berubahnya posisi sakelar MCB(mini circuit broken) dari "on" ke "off" maka jangan panik, diamkanlah beberapa saat untuk memberi waktu komponen di dalam MCB menjadi dingin dulu kemudian cobalah untuk menyalakannya kembali.
  2. Bila MCB kembali ke posisi off maka mulailah melepaskan seluruh beban listrik di rumah anda seperti mematikan seluruh lampu yang menyala, mencabut seluruh steker dari stopkontak,dan lain-lain.
  3. Nyalakan kembali MCB ke possisi "on",
  4. Bila MCB tidak kembali ke "off" maka nyalakanlah lampu satu persatu diikuti memasang kembali steker yang tadi dicabut dari stopkontak. Penyebab listrik mati dapat diketahui saat kita menyalakan satu beban(alat listrik) listrik diikuti matinya MCB(kembali ke off) maka alat itulah penyebabnya.
  5. Bila MCB kembali ke "off"(tidak bisa dinyalakan) periksalah semua stopkontak mungkin ada yang terbakar sehingga terjadi konslet. bila semua stopkontak dalam keadaan baik kemungkinan ada yang konslet pada jalur utama instalasi listrik anda, periksalah instalasi listrik yang ada di para rumah anda mungkin ada kabel yang terkelupas oleh tikus atau rapuh karena usia sehingga terjadi hubungan pendek atau konsleting.
  6. penyebab lainnya adalah MCB nya sudah rusak dan harus diganti baru, untuk masalah seperti ini segeralah hubungi PLN agar diganti dengan MCB yang baru.
  7. Bila anda telah melakukan poin 1-4 kemudian listrik menyala normal hanya beberapa saat kemungkinan pemakaian listrik di rumah melebihi batas daya yang diberikan oleh PLN, cobalah mengurangi pemakaian listrik dengan mematikan peralatan listrik yang menyedot daya/watt besar. saran saya segeralah hubungi PLN untuk tambah daya/watt.
Bila rumah anda memiliki beberapa MCB tambahan untuk membagi jaliur listrik menjadi beberapa bagian maka cara untuk mencari penyebab listrik padam adalah dengan cara:
- Matikan semua MCB.
- Nyalakan MCB pusat.
- Nyalakan MCB tambahan satu persatu
- bila ada MCB cadangan yang kembali mati maka lakukanlah kegiatan seperti pada poin 2 dan 3.


"Listrik mati sedangkan MCB on"
Peristiwa semacam ini mungkin saja terjadi pada listrik di rumah, penyebabnya bisa bermacam-macam tetapi yang umum terjadi adalah:
  • Terputusnya aliran listrik dari PLN, mungkin akibat longgarnya sambungan kabel twis (kabel hitam yang menghubungkan listrik dari tiang listrik PLN ke rumah), atau memang di sekitar wilayah rumah kita sedang ada pemadaman aliran listrik yang sebagian orang menyebutnya "mati lampu".
  • Adanya sambungan kabel yang terlepas atau putus antara KWH meter ke MCB. Cobalah untuk memeriksa kondisi kabel yang yang terpasang dari KWH meter ke MCB.
  • Adanya kabel yang putus dari keluaran MCB ke jalur instalasi di rumah. untuk mengujinya periksalah kabel yang terpasang dari MCB ke instalasi listrik di rumah karena mungkin saja ada sambungan yang terlepas atau terputus.
  • MCB sudah rusak, rangkaian mekanis yang terdapat dalam MCB bisa saja mengalami penutrunan kualitas akibat dari pemakaian yang sudah lama sekali sehingga komponen di dalam MCB mengalami kerusakan. Bila memang MCB adalah penyebab dari matinya listrik di rumah maka segeralah untuk menggantinya dengan mcb yang baru, laporlah ke PLN setempat untuk mendapatkan pelayanan penggantian MCB baru.

Artikel terkait:

1 komentar:

  1. trimakasih mas.... sangat membantu, saya agak kurang paham elektro :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic