Tips Merawat Handuk Agar Tidak Cepat Rusak

Handuk mandi
Handuk adalah benda yang sering kita gunakan, bahkan dua kali seharikita gunakan untuk mengeringkan badan. Tanpa sadar dari kita telah salah memperlakukan handuk sehingga handuk akan cepat rusak dan tidak nyaman lagi untuk dipakai.

Handuk yang dirawat dengan benar dapat bertahan hingga sepuluh tahun. Berikut ini admin sajikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat handuk agar tidak cepat rusak.
  1. Ketika handuk telah selesai dipakai sebaiknya jangan langsung dilipat agar jamur tidak cepat tumbuh. Sebaiknya Handuk tersebut dijemur atau diangin-anginkan agar cepat kering.
  2. Saat mencuci handuk hindari menggunakan pelembut, karena hal ini akan mengurangi daya serap handuk dalam menyerap air saat digunakan untuk badan setelah mandi. Selain itu residu akan terkunci di dalamnya dan membuat handuk Anda berbau jamur.
  3. Hindari menggunakan handuk untuk membersihkan riasan, karena akan meninggalkan noda pada handuk dan sulit untuk dihilangkan. Sebaiknya gunakan lap atau tisu wajah sebagai gantinya.
  4. Hindari penggunaan deterjen terlalu banyak saat mencuci handuk, karena bisa membuat handuk kaku. Anda dapat menggunakan deterjen lembut seperti deterjen bayi sebagai gantinya.
  5. Jangan menggabungkan handuk dengan pakaian lain dalam mesin cuci, hal ini dikarenakan di dalam mesin cuci kecil, handuk besar mengumpulkan semuanya, mulai dari air, kotoran dari pakaian lain, dan deterjen. Namun bila anda terpaksa mencuci handuk bersama pakaian lainnya, guncang handuk saat setelah pencucian dan sebelum pengeringan di dalam mesin.
  6. Hindari menggunakan deterjen dengan pemutih saat mencuci handuk Anda, karena dapat mencerahkan warna atau meninggalkan bintik noda. Gunakan deterjen biasa atau deterjen lembut. Jangan lupa, Anda perlu mencuci handuk Anda lebih sering yakni sekitar 3-4 kali pemakaian