Bersihkan Karat Dengan Soft Drink!

Bersihkan Karat Dengan Soft Drink!


Soft DrinkIni adalah lanjutan dari artikel sebelumya yakni "Cara Sederhana Menghilangkan Karat pada Permukaan Keramik dan Porselen", namun kali ini kita tidak menggunakan beberapa bahan yang mungkin agak sulit ditemukan. Kali ini karat dapat kita bersihkan dengan menggunakan bahan-bahan sehari-hari yang sering kita jumpai.

Dalam memberishkan karat, yang diperlukan adalah sebuah minuman bersoda (soft drink) dalam satu gelas ukuran tinggi. Menurut para ahli tingkat keasaman atau PH rata-rata dari soft drink adalah 3,4. Ini sangat tinggi. Artinya tingkat keasaman ini cukup kuat untuk melarutkan gigi dan tulang! Karat pada alat dan kotoran pada keramik saja bisa ‘rontok’ oleh asam dan segala bahan campuran yang ada pada soft drink, apalagi gigi dan organ pencernaan dalam tubuh manusia.


Untuk proses pembersihannya adalah sebagai berikut:

Untuk peralatan yang berukuran kecil, Rendam peralatan  besi yang berkarat dalam wadah dengan soft drink selama satu jam. Setelah direndam direndam selama satu jam angkat alat yang berkarat lalu bersihkan dengan kain.Rendam kain di dalam segelas soft drink selama satu jam, kemudian gosokkan kain pada bagian yang benda yang berkarat.

Untuk peralatan yang berukuran besar, Rendam kain di dalam segelas soft drink selama satu jam, kemudian gosokkan kain pada bagian yang benda yang berkarat.

Sekarang karat sudah hilang dari peralatan anda, mudah bukan?
Read More
Cara Sederhana Menghilangkan Karat pada Permukaan Keramik dan Porselen

Cara Sederhana Menghilangkan Karat pada Permukaan Keramik dan Porselen

lantai berkaratNoda karat berupa kerak pada permukaan keramik  dan porselen baik yang ada di lantai ataupun kamar mandi sangatlah menggangu penampilan rumah kita, mungkin kita sudah merawat kamar mandi, melakukan pembersihan pada area tersebut dengan menyikatnya setap hari namun hasilnya nihil, noda berupa lingkaran/cincin tetap ada.

Sebenarnya membersihkan noda pada keramik dan porselen itu sangatlah mudah dan sederhana, hanya menggunakan alat dan bahan yang ada di rumah maka noda membandel tersebut akan hilang.


Menggunakan batu apung:
  1. Rendam batu apung dalam air hangat. 
  2. Basahi permukaan yang akan dibersihkan (untuk menghindari menggores/mengikis porselen/keramik)
  3. Gosokkan(masih dalam keadaan basah) batu apung pada noda,
  4. Bila noda sudah terlihat mulai luntur dan hilang, siram bagian keramik/porselen dengan air. 

Penghilang karat buatan sendiri.
  1. Campur sedikit perasan jeruk lemon dengan Borax atau krim tartar hingga berbentuk seperti pasta, Oleskan campuran pada karat, lalu diamkan selama 5 menit, 
  2. Sikat area noda dengan sikat gigi bekas. 
  3. Untuk noda yang telah menahun atau membandel, Anda dapat menambahkan lebih banyak perasan jeruk lemon dan menaburkan garam di atas karat yang telah diolesi pembersih. Biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya.Terakhir, bilas area yang dibersihkan dengan air hangat untuk menghilangkan semua sisa pembersih karat.

Bila cara di atas belum manjur, coba bersihkan noda karat dengan wol baja halus. Namun anda harus lebih hati-hati karena wol baja dapat saja menggores permukaaan keramik atau porselen anda.
Read More
Apakah 1 Pompa Air Bisa Untuk 2 rumah?

Apakah 1 Pompa Air Bisa Untuk 2 rumah?

 Pompa Air listrik
Judul di atas merupakan pertanyaan yang banyak dicari oleh para netter Indonesia yang masuk ke blog ini. Memang beberapa artikel mengenai pompa air banyak diulas dalam blog ini dianrtaranya:
Mungkin akibat adanya keeempat artikel tersebut maka pertanyaan "Apakah 1 Pompa Air Bisa Untuk 2 rumah?" masuk ke blog ini. Baiklah selesai basa-basinya... sekarang kita bahas pertanyaan tersebut.

Pompa air listrik yang biasa digunakan di rumah-rumah adalah untuk menyedot/menghisap air dari tanah baik melalui sumur-sumur gali ataupun sumur bor. Untuk pemakaian pribadi atau untuk satu rumah mungkin tidak menjadi soal, namun bagaimana bila kita menginginkan satu pompa yang berada dalam sumur yang sama digunakan untuk dua rumah?

Menurut saya, apabila menggunakan satu pompa, satu listrik dan digunakan untuk dua rumah maka tidak menjadi soal, mungkin yang menjadi masalah adalah pengaturan aliran airnya yang disalurkan ke dua keluaran dengan menggunakan keran.

Namun bagaimana bila kita mempunyai satu pompa, satu sumur namun listriknya berbeda? Ambil contoh bila kita akan berbagi air dengan rumah sebelah yang meteran listriknya terpisah, Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah beberapa hal di bawah ini:
  • Saat satu rumah tidak menyalakan pompa yang dialiri oleh listrik yang bersumber dari rumahnya maka seluruh keran rumah tersebut harus dalam keadaan tertutup.
  • Untuk mempermudah pengoperasian, Gunakan sakelar geser yang dapat memindahkan posisi listrik yang masuk ke pompa, jadi bila sakelar ini digeser ke salah satu sumber listrik salah satu rumah maka sumber listrik dari rumah yang lain akan terputus.
  • Bila menggunakan sakelar geser tidak memungkinkan, maka anda dapat menyiapkan dua buah stopkontak yang bersumber dari masing-masing rumah (diberi tanda), selanjutnya kabel dari mesin dipasangi steker. jadi bila salah satu rumah akan menyalakan air tinggal memasukkan steker pompa ke stopkontak miliknya
Demikianlah Artikel mengenai "Apakah 1 Pompa Air Bisa Untuk 2 rumah?" . Dengan cara di atas maka pemakaian listrik terpisah menurut siapa yang menyalakannya.
Read More
Peralatan Dapur Canggih Masa Depan

Peralatan Dapur Canggih Masa Depan

Teknologi semakin hari semakin berkembang, muncul penemuan baru maka tak lama kemudian muncul lagi barang baru lainnya. Dengan teknologi, maka cara hidup manusia semakin mudah, praktis dan cepat.

Tak luput pula teknologi untuk dapur telah banyak ditemukan, sebelumnya teknologi mesin pencuci piring dan oven (Ketuhar) memberikan pengalaman berbeda di dapur yang tentu saja membantu Anda. Kini General Electric Appliances, perusahaan manufaktur peralatan rumah, mengulas prediksi peralatan dapur yang kemungkinan akan beredar pada tahun 2025. berikut ulasnnya:


Memasak dengan media sosial

Mungkin kita pernah menghayal untuk dapat memasak bersama dengan koki selebriti, dengan kombinasi teknologi tatap muka dan suara, GE mampu menciptakan simulasi manusia yang dapat mengajarkan Anda bagaimana memasak dengan benar.


panggangan moderenPanggangan modern

Panggangan ini begitu berdaya guna, bayangkan saja, panggangan modern ini didesain mampu mengontrol asap agar tidak masuk ke dalam ruangan. Panggangan ini bisa diletakkan di tepi jendela apartemen Anda.


Sistem berkelanjutan

Mungkin di masa depan akan terjadi krisis air karena berkurangnya simpanan air di tanah. namun dengan teknologi, peralatan dapur, nantinya mampu mengolah air limbah bekas mencuci piring dan lain-lain sehingga bisa digunakan kembali untuk menyiram tanaman atau membersihkan carport.


Keran pintar
keran pintar
Bukan saja berguna untuk mengalirkan air, keran ini memberikan pilihan untuk air berfilter, air es, atau air berkarbonasi. Keran pintar ini bahkan mampu menghadirkan air yang mengandung h20 dengan vitamin. Selain itu keran ini dapat menghitung kadar dehidrasi Anda.


Mesin di Wastafel

Mesin ini mampu membantu Anda mencucikan piring dalam jumlah banyak hanya 5 menit. Ditambah lagi, sensor pada mesin ini mampu mengoptimalkan kebersihan pada piring Anda, dan dapat memastikan tidak ada bakteri yang tersisa.

Sumber :http://www.housebeautiful.com/
Read More
Tips Mudah & Praktis merawat peralatan rumah

Tips Mudah & Praktis merawat peralatan rumah

holding home
Melihat kondisi peralatan dalam rumah yang serba bersih dan terawat adalah impian para penghuni rumah, namun untuk mendapatkannya kadang kita perlu kerja keras. Namun sebenarnya bila kita tahu triknya maka semua itu adalah suatu pekerjaan yang menyenangkan. Nah untuk itu kali ini Admin akan mengulas Tips cara-cara membersihkan peralatan rumah tangga yang mudah dan praktis, berikut ulasan lengkapnya...


Membersihkan Kaca

Kaca adalah bahan yang mudah sekali terlihat kotor baik itu oleh debu ataupun kotoran lainnya. untuk membersihkannya ada cara yang sangat mudah dan praktis yang tidak sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan peralatan rumah tangga yang ada dirumah Anda. Caranya adalah siapkanlah sebotol face tonic yang biasa Anda gunakan untuk menyegarkan muka setelah memakai makeup dan koran bekas, cukup menuangkan beberapa tetes face tonik dan menyekanya memakai kertas koran bekas. Biasanya setelah dibersihkan, koran akan meninggalkan sisa-sisa pecahan kertas koran yang menempel pada kaca, untuk membersihkannya pakailah kain kanebo/chamois sehingga kaca yang anda bersihkan benar-benar bersih.


Menghilangkan Noda di Dinding/Wallpaper

Noda atau kotoran yang umum terdapat pada dinding atau wallpaper adalah pada bagian bawahnya, karena bagian ini biasanya paling mudah bersentuhan dengan sumber noda seperti bekas sepatu kotor yang menempel, bekas tergenang air maupun cipratan air kotor atau tanah.

Cara untuk menghilangkannya adalah dengan mencampurkan tepung maizena dengan air secukupnya, lalau di aduk sebentar. Bersihkan bagian dinding yang kotor air campuran tepung maizena tersebut dengan cara menggosok-gosok dinding atau wallpaper dengan sikat gigi dan keringkan. Selain itu baisa juga cara yang lebih ampuh lagi yakni dengan pure baking soda. Bahan ini mirip dengan baking soda untuk memasak tetapi yang pure atau baking soda murni yang bisa Anda dapatkan di berbagai supermarket.


Menghilangkan Bau Amis Pada Kulkas

Menghilangkan bau pada lemari es bisa dengan banyak cara, tetapi ada satu cara yang sangat praktis, yaitu dengan meletakan pure baking soda (Baking soda murni) kedalam lemari es, letakan menggunakan wadah yang terbuka atau yang memiliki lubang-lubang kecil yang akan bermanfaat sebagai penarik bau tidak sedap tersebut, tidak perlu kuatir, pure baking soda adalah bahan yang aman karena ini adalah bahan murni untuk membuat kue sebetulnya.

Sebenarnya bila anda rajin membersihkan kulkas/lemari es maka bau dilemari es akan hilang. selain itu jagalah jangan sampai ada makanan busuk didalam lemari es atau makanan kaleng yang terbuka, sebaiknya makanan kaleng dimasukan kedalam plastik yang diikat kuat, seperti makanan kucing atau kornet.


Membersihkan Bath up/Bak Mandi

Bath up atau bak mandi sangatlah mudah terlihat kotor karena paling sering terkena endapan air ataupun sisa-sisa sabun. Untuyk membersihkannya sangatlah mudah, hanya dengan pure baking soda (baking soda murni) yang dicampur dengan air dan siramkan merata kebagian yang kotor dan mulai menggosoknya dengan sikat gigi atau bahan seperti handuk, bila Anda tidak memiliki baking soda murni bisa juga dengan menggunakan sabun yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring dan sikat gigi bekas untuk menggapai sudut-sudut yang sulit dicapai.
Read More
Perbedaan Mesin Cuci Front Load dan Top Load

Perbedaan Mesin Cuci Front Load dan Top Load

Mesin Top Load / bukaan atas
Mesin Cuci Top Load (bukaan atas) dua tabung
Pada saat kita akan membeli mesin cuci maka akan terlintas di fikiran kita, yakni jenis apa yang cocok untuk digunakan. Terdapat bermacam-macam jenis dan merek yang ditawarkan oleh perusahaan elektronik untuk jenis alat rumah tangga ini. Untuk masalah merek saya tidak akan membahasnya, namun yang akan saya bahas adalah perbedaan mesin cuci dari cara kerjanya.

Menurut cara berputarnya, mesin cuci terbagi menjadi dua bagian yakni mesin cuci dengan bukaan atas atau Top Loading dan Mesin cuci dengan bukaan depan atau Front Loading. Di pasaran, Mesin cuci bukaan atas dijual dengan dua bentuk yakni satu tabung dan dua tabung.


Perbedaan antara mesin cuci bukaan atas 2 tabung dan 1 tabung:
  • Mesin cuci dengan 2 tabung: tempat untuk mencuci dan mengeringkan dalam tabung yang berbeda. Pada jenis ini selama proses pencucian, ada baling-baling di dasar tabung yang berputar dan melakukan proses pencucian.
  • Mesin cuci dengan 1 tabung: tabung untuk mencuci dan mengeringkan dilakukan dalam tabung yang sama. Tabung ini juga ikut berputar saat proses pencucian.

Perbedaan Mesin Cuci Front Load dan Top Load

Mesin Cuci Front / bukaan depan
Mesin Cuci Front Load (bukaan depan)
Penggunaan air pada mesin cuci dengan bukaan atas lebih banyak daripada mesin cuci bukaan depan. Hal ini karena pada mesin cuci bukaan atas, air harus diisi sampai penuh baru mesin dijalankan. Sedangkan pada mesin bukaan depan, air akan dikeluarkan secara sedikit-sedikit selama proses pencucian. Untuk listrik yang dipakai pada mesin cuci bukaan atas atau bukaan depan, secara umum hampir sama yaitu sekitar 300 W bila menggunakan air biasa. Pada mesin cuci bukaan depan, ada tambahan fasilitas untuk mencuci dengan air panas tetapi listrik yang dibutuhkan sekitar 2000 W.


Kelebihan dan kekurangan Mesin Cuci Front Load dan Top Load
  • Pada mesin cuci bukaan atas, teknologi yang digunakan adalah perputaran motor secara horizontal, hal ini mengakibatkan air dan pakaian akan berputar membentuk pusaran, hal inilah yang membuat pakaian saling melilit sehingga dapat berakibat pada rusaknya pakaian yang sedang dicuci.
  • Berbeda dengan mesin cuci bukaan depan yang berputar secara vertikal, yang membuat pakain akan selalu jatuh ke dasar sehingga tidak mengakibatkan pakaian saling melilit.  
  • Untuk hasil cucian ternyata mesin cuci bukaan depan lebih baik dari mesin cuci bukaan atas, karena teknologi yang digunakan sama seperti pakaian dibanting-banting. Tingkat kekeringan yang dihasilkan pada mesin cuci jenis ini mencapai 95% sedangkan mesin cuci bukaan atas hanya menghasilkan 70% tingkat kekeringan.
  • Secara harga, mesin cuci dua tabung lebih murah dibanding mesin cuci satu tabung, namun mesin cuci bukaan depan/front load lebih mahal dibanding mesin cuci bukaaan atas.
Saran untuk dibaca:
Read More