Mengembalikan Warna Pakaian yang Terkena Luntur dari Pakaian Lain

Mengembalikan Warna Pakaian yang Terkena Luntur dari Pakaian Lain

Pakaian yang Terkena Luntur dari Pakaian Lain
Mungkin di antara pembaca ada yang pernah mengalami pakaian kesayangannya terkena warna dari pakaian lainnya, hal tersebut terjadi karena kita lupa memisahkan pakaian polos dengan pakaian yang berwarna, namun bila kita mengetahui cara mencuci dengan baik maka hal tersebut tidak akan terjadi.

Untuk menghilangkan noda pakaian akibat lunturnya warna dari pakaian lainnya sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa barang yang ada di rumah dan dalam sekejap noda lunturpun akan hilang, berikut penjelasannya:


Bahan-bahan yang diperluklan:
  • Ember
  • Deterjen
  • Air panas

Proses penghilangan lunturan warna:
  1. Siapkan air kira-kira 2-3 liter. Kemudian panaskan sampai mendidih.
  2. Siapkan ember, lalu masukkan satu genggam deterjen kedalamnya. tuang air panas ke dalam ember lalu diaduk sebentar agar deterjen bercampur dengan air.
  3. Masukkan pakaian tang terkena lunturan warna ke dalam ember tadi, dan diamkan selama kurang lebih 1/2 jam.
  4. Angkat pakaian lalu dikucek sebentar, cuci seperti biasa.
Read More
Cara Mengoperasikan Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK

Cara Mengoperasikan Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK

Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK
Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK
Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK adalah mesin cuci yang memiliki dua tabung, satu tabung untuk mencuci dan satu lagi untuk mengeringkan/memeras/spin (Spin-dry timer). fitur yang ada dalam mesin cuci ini hampir sama dengan kebanyakan mesin cuci sejenis, namun ada satu yang berbeda yakni Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK memiliki fitur untuk proses pencucian yang unik, yakni tombol/knop pencuci (wash timer) dapat kita arahkan untuk mencuci sekaligus jeda untuk merendam.

Jadi bila kita putar pada posisi tertentu maka selama proses pencucian terdapat jeda beberapa menit untuk merendam, namun untuk menghemat waktu kita juga dapat melewatkan fitur ini yaitu dengan memutar knop pencuci ke posisi mencuci saja tanpa merendam.

Baca: "Begini Cara merawat Mesin Cuci Sharp ES-T85CR"


Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti cara-caranya di bawah ini,

water supplay selector
water supplay selector
posisi mencuci
1. Saat pertama kali akan mencuci sebaiknya pisahkan dahulu pakaian yang berwarna putih/cerah dengan yang berwarna gelap. Hubungkan steker mesin cuci ke stopkontak, pastikan tombol water supplay selector pada posisi wash. Putar tombol cycle selector pada posisi Heavy atau soft. Isilah tabung pencuci dengan air bersih dengan selang melewati saringan yang ada di tengah atas mesin cuci.

2. Setelah air dirasa cukup untuk mencuci, campurkan sabun cuci/deterjen ke dalam tabung cuci lalu aduk dengan memutar tombol wash timer ke arah kanan sedikit saja, agar deterjen dapat bercampur merata bersama air.
Cycle selector
Cycle selectorposisi mencuci

3. Masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam tabung cuci, lalu tutup tabung, putar knop wash timer ke arah kanan lalu diamkan, Mesin akan berhenti dengan otomatis setelah tombol kembali ke posisi awal, setelah itu air bekas cucian dapat dibuang dengan memutar tombol Cycle selector ke posisi drain. Berikut beberapa fungsi tombol wash timer:
  • Angka yang ada seperti 15, 24, 33, 40, dan 45 adalah waktu yang diperlukan untuk proses mencuci dalam satuan menit.
  • Gambar baju dengan tulisan soak adalah proses perendaman.
  • wash timer
     Knop wash timer
    Saat mencuci
  • Gambar baju dengan lingkaran panah adalah proses pencucian.
4. Setelah mesin cuci mati dengan otomatis, buka tutup tabung cuci lalu pindahkan cucian ke dalam tabung pengering/spin, lalu tekan-tekan cucian agar tidak ada rongga yang menyebabkan perputaran spin tidak beraturan, lalu pasang plastik pengunci cucian ke dalam tabung spin. plastik pengunci cucian berfungsi menahan cucian agar diam pada tempatnya sehingga mencegah cucian terlempar keluar tabung saat spin dinyalakan.

Spin-dry timer
Spin-dry timer
posisi off
5. Putar tombol spin-dry timer ke arah kanan, angka pada tombol menunjukkan lamanya waktu pengeringan, makin jauh putaran tombol makin lama proses pengeringan. menurut pengalaman, bila tabung pengering penuh dengan cucian maka tombol cukup diputar pada posisi 2.

6. Ini adalah proses bilas pertama, sama seperti poin sebelumnya, yakni putar tombol cycle selector pada posisi  wash. Isi tabung pencuci dengan air bersih, kemudian masukkan pakaian yang telah dikeringkan. putar knop wash timer ke arah kanan. lalu ikuti langkah-langkah seperti pada poin 4 dan 5.

Cycle selector
 Cycle selector
Saat membuang air cucian 
 bekas
7. pada saat ini proses pencucian, pembilasan awal dan pengeringan telah selesai, namun bila dirasa kurang, anda dapat mengulangi proses seperti langkah-langkah di atas agar hasil cucian lebih bersih. Pada proses akhir pembilasan anda dapat menambahkan pengharum cucian untuk menghilangkan bau cucian.

Demikianlah Cara Mengoperasikan Mesin Cuci SHARP ES-T85CR-VK, semoga bermanfaat.
Read More