Cara menggunakan Magic Com Yong Ma YM207 SERIES

Cara menggunakan Magic Com Yong Ma YM207 SERIES

Magic Com Yong Ma YM207 SERIES
Sudah lama rasanya admin tidak memposting artikel yang membahas atau meriview alat rumah tangga, kebetulan beberapa hari yang lalu admin baru saja membeli sebuah produk penanak nasi listrik merek Yong Ma.

Sengaja Saya posting artikel untuk memudahkan siapa saja yang memerlukannya terutama para ibu rumah tangga. sebelum menuju pokok bahasan, Saya akan jelaskan dahulu spesifikasi Magic Com Yong Ma YM207 SERIES ini. Berikut nama-nama
komponen Magic Com Yong Ma YM207 SERIES:

Penanak nasi:
  1. Lempengan pemanas (Heat-proof plate), pemanas nasi pada bagian atas
  2. Penutup (LID), sepertinya ini adalah karen penutup
  3. Tutup panci dalam (Inner pot cover), berguna untuk menutup panci bagian dalam (Inner pot).
  4. Panci bagian dalam (Inner pot), tempat memasak 
  5. Bagian badan utama (Main body), sisi terluar alat
  6. Alas (Base), urutan terbawah dari alat.
bagian-bagian Magic Com Yong Ma YM207 SERIES

Panci plastik serbaguna
  1. Penutup Panci plastik serbaguna (Multi pot cover)
  2. Panci plastik serbaguna (Multi pot)

Spesifikasi
  • Model: YM207
  • Tegangan (Rated Voltase): AC220V/50Hz
  • Daya tampung (Capacity): 2,5L
  • Ukuran (Dimension) (W x D x H): 288 x 301 x 285
  • Pemakaian daya listrik (Power Comsumption): indonesia=500W/79W, Other Country=700W/58W
  • Panas saat menghangatkan (Warming Temp): 79 derjat C
  • Berat (Weight): 3.8Kg
  • Asesoris (Accessories): Scoop, Measuring Cup, Manua, Guarrantee card, Multy pot, Multy pot cover.

Cara penggunaan Magic Com Yong Ma YM207 SERIES: 
  1. Takarlah jumlah beras yang akan digunakan dengan tepat.
  2. Masukkan beras ke dalam multy pot, tambahkan air seperlunya dan cuci beras dengan cara menggesekkan beras pada tonjolan yang ada pada dasar multy pot. Buang air cucian beras melalui saringan yang ada di tepi atas Multy pot. Setelah itu pindahkan beras yang dicuci ke Inner pot (Panci dalam)
  3. Masukkan beras yang telah dicuci ke dalam panci, gunakan air sesuai dengan aturan yang tertera di bagian dalam panci. (namun menurut saya aturlah ketinggian air menurut pengalaman anda karena masing-masing beras mempunyai karakteristik berbeda-beda, namun anda dapat mencoba aturan yang universal yang biasa dipakai sebagai patokan oleh orang-tua kita dulu, yakni ketinggian air dari baras setinggi satu buku jaritelunjuk)
  4. Masukkan kabel power (colokan/steker) ke stopkontak, lalu tekan tombol memasak (Cook)
  5. Setelah matang bukalah tutupnya lalu aduklah nasinya. dan nasi siap dihidangkan.

Cara Menggunakan Panci serbaguna (Multy pot)

Mencuci beras - Dengan adanya tonjolan-tonjolan pada dasar Multy pot menyebabkan friksi yang akan membuat beras lebih cepat bersih. Dengan adanya lubang saringan di sisi atas Multy dapat membuang air sisa cucian tanpa takut beras terbuang.

Mengukus - Masukkan sedikit air ke dalam inner pot lalu masukkan makanan ke dalam multy pot setelah itu tutup, kemudian tekan tombol untuk memasak, makanan yang dikukus akan terasa lebih enak.

Serbaguna - Selain untuk mencuci beras dan mengukus, Multy pot dapat digunakan untuk menyimpan buah-buahan atau sayuran.


Peringatan dalam penggunaan:
  1. Selama memasak, jangan menyentuh lubang ventilasi uap.
  2. Jangan meletakkan benda atau bahan apapun di atas penutup pada waktu memasak.
  3. Hindari penggunaan sendok nasi dari logam untuk menghindari terkikisnya panci pada permukaan yang berlapis non-stick.
  4. Apabila penanak nasi tidak digunakan atau tanpa inner pot, maka power cord harus dalam kondisi tidak terpasang/tersambung ke listrik.
  5. Inner pot dipastikan tidak penyok serta tidak ada perubahan bentuk karena bila tidak sesuai dan berubah bentuk maka penanak nasi tidak akan berfungsi dengan baik.
  6. Jika Power cord rusak, maka segera lakukan melakukan penggantian power cord di service center  atau perwakilan service Yong Ma.
  7. Jangan merendam produk pada waktu penanak nasi dibersihkan.
  8. Pada waktu penanak nasi digunakan, penutup tidak boleh dibuka (Kena uap panas) 
Read More
Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-hari (Bagian 2)

Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-hari (Bagian 2)


Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-hari (Bagian 2)Artikel ini adalah kelanjutan artikel sebelumnya yakni: "Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-hari (Bagian 1)". isinya menerangkan tentang beberapa tips cara dan bagaimana membuat pekerjaan dan masalah yang sering dijumpai di rumah dapat diselesaikan dengan mudah dan praktis.
  1. Menghilangkan bau amis ikan - Gosokkan mentega di tangan Anda atau dimanapun bau amis menempel.
  2. Menghilangkan bau bawang - Basahi tangan sedikit dan gosok dengan bicarbonate soda.
  3. Cara merebus telur yang retak - Masukkan sedikit cuka ke air yang akan dipakai merebus telurnya.
  4. Cara mudah menguliti telur rebus - Biarkan panci tertutup rapat beberapa menit setelah telur masak, tekanan akan membuat kulit mudah mengelupas.
  5. Mencegah adanya popcorn yang gagal jadi - Bekukan dulu, maka pasti popcornnya jadi meletus pecah semua.
  6. Cara mudah bersihkan jendela dapur - Basahi kertas koran dengan campuran air dan kanji, lalu gosok jendela dengan koran tersebut.
  7. Membersihkan perabot dari perak - Gunakan baking soda dan lap basah, bersihkan, bilas dan keringkan.
  8. Membersihkan lemak dari karpet - Tuangkan baking soda secukupnya pada lemak yang ada di karpet, lalu ratakan dan biarkan satu hari, selanjutnya lemak akan mudah lepas dengan disedot menggunakan penyedot debu (Vacuum cleaner).
  9. Resep mengobati susah tidur - Campurkan satu sendok makan susu bubuk, 2 sendok makan madu, dan satu sendok makan ragi. Lalu aduk dalam secangkir susu hangat, minum menjelang masuk tidur.
  10. Agar celana olah raga (sport) awet - Cuci dengan 1 sendok makan alum (tawas) yang dicampur dengan 1 liter air, bilas dan keringkan, lalu cuci dengan sabun, bilas dan keringkan.
  11. Membersihkan noda darah dari karpet - Segera gosok dengan karet busa dan air dingin, lalu pakai sedikit sabun, bilas dan keringkan.
  12. Membuat Gitar mengkilap - Olesi gitar dengan pasta gigi, biarkan kering lalu gosok sampai mengkilap.
  13. Mencegah luka bakar agar tak melepuh - Segera tempeli luka bakar dengan es batu.
  14. Membersihkan noda tinta dari karpet - Olesi noda dengan pasta susu dan tepung jagung, biarkan beberapa jam, lalu gosok sampai bersih.
  15. Agar kaca jendela mengkilap - Gosok dengan kaos kaki nylon, lalu gosok dengan penghapus papan tulis.
  16. Meratakan lembaran plastik yang keriput - Setrika meja setrika sampai panas, letakkan plastic keriput diatasnya lalu ratakan dengan tangan.
  17. Cara mencuci dasi - Masukkan dasi dalam toples yang diisi carbon tethrachlorida secukupnya, kemudian kocok-kocok, lalu keluarkan dasi dan keringkan.
  18. Menghilangkan noda hangus - Basahi daerah noda lalu beri kanji jagung, bila sudah kering, gosok  dan bersihkan.
  19. Mengurangi masakan yang terlalu asin - Masukkan satu atau dua butir tomat ke dalam masakan, tomat akan menyerap rasa asin.
  20. Cara mengetahui melon yang sudah matang - Cari apakah ada warna kekuning-kuningan di bawah melon.
  21. Menyegarkan kacang apek - Panaskan dalam oven selama 15 menit dengan panas 250 oC.
Read More
Arti Kode angka dalam Segitiga pada Kemasan Plastik

Arti Kode angka dalam Segitiga pada Kemasan Plastik

Arti Kode angka dalam Segitiga pada Kemasan Plastik
Mungkin kita sering menjumpai tanda maupun logo segitiga pada bagian bawah botol kemasan plastik, umumnya dipakai untuk minuman air mineral ataupun benda cair lainnya.  Di dalam segitiga tersebut terdapat angka mulai dari 1 sampai 7.

Logo atau tanda segitiga merupakan kode yang dikeluarkan The Society of Plastic Industry tahun 1998 di Amerika Serikat dan diadopsi oleh lembaga pengembangan sistem kode, seperti ISO. Berikut ini Arti angka yang terdapat dalam Kode Segitiga yang umum dipakai pada Kemasan Plastik tersebut:


1. PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate)

Logo ini biasa tertera pada botol plastik, berwarna jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, wadah makanan dan hampir semua botol minuman lainnya. Botol jenis PET/PETE ini direkomendasikan hanya sekali pakai. Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang.

Bahan PETE ini berbahaya bagi pekerja yang berhubungan dengan pengolahan maupun botol daur ulang botol PETE. Pembuatan PETE menggunakan senyawa antimoni trioksida. Senyawa ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan dengan menghirup udara. Seringnya menghirup senyawa ini bisa mengakibatkan iritasi kulit dan saluran pernapasan. Bagi wanita, senyawa ini meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran. Bila melahirkan, anak kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan yang lambat hingga usia 12 bulan.


2. HDPE (High Density Polyethylene)

Segitiga dengan angka dua di tengah, biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain. Botol plastik jenis HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan lama terhadap suhu tinggi. Merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya. Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan hanya sekali pakai pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. Jenis ini juga dapat digunakan kembali ke untuk bahan lantai ubin, drainase, botol HDPE baru, pipa, dan lain-lain.


3. PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC (Polyvinyl Chloride) bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan. Bahan ini mengandung klorin dan akan mengeluarkan racun jika dibakar. PVC tidak boleh digunakan dalam menyiapkan makanan atau kemasan makanan. Bahan ini juga dapat diolah kembali menjadi mudflaps, panel, tikar, dan lain-lain.

PVC mengandung DEHA (diethylhydroxylamine) yang berbahaya bagi tubuh, biasanya bahan ini bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC ini. DEHA ini bisa lumer pada suhu -15°C.


4. LDPE (Low Density Polyethylene)

LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/­dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, botol-botol yang lembek, pakaian, mebel, dan lain-lain.

Jenis LDPE ini memiliki sifat mekanis kuat, tembus pandang, Fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, dapat didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat. Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini. LDPE, dapat didaur ulang dengan banyak cara.


5. PP (polypropylene)

Memiliki karakteristik transparan yang tidak jernih atau berawan. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. PP dapat diolah kembali menjadi sapu, nampan, garpu, dan lain-lain.


6. PS (Polystyrene)

Bahan ini, biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap r0k0k, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung.

Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu Hormon Estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Pun bila didaur ulang, bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama. Bahan ini dapat dikenali dengan kode angka 6, namun bila tidak tertera kode angka tersebut pada kemasan plastik, bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar (cara terakhir dan sebaiknya dihindari). Ketika dibakar, bahan ini akan mengeluarkan api berwarna kuning-jingga, dan meninggalkan jelaga.

Selain itu, bahan ini mengandung benzene, yakni suatu zat penyebab kanker dan tidak boleh dibakar. Bahan ini diolah kembali menjadi isolasi, kemasan, pabrik tempat tidur, dan lain-lain.


7. OTHER (Polycarbonate)

Bahan untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu: SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene),  PC (polycarbonate), dan Nylon.

Bahan ini dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan.

SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. Merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman.

PC atau nama Polycarbonate dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula. PC Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman.

Arti Kode angka dalam Segitiga pada Kemasan PlastikIronisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih atau air panas.

Tidak semua plastik nomor 7 adalah polikarbonat, bahkan beberapa berbahan nabati. Palikarbonat masih menjadi perdebatan dalam beberapa tahun terakhir, karena ditemukan pada saat mencuci BPA (bisphenol A), menjadi bahan hormon pengganggu kehamilan dan pertumbuhan janin. [sumber: al-atsariyyah/kiddyworld/islampos]
Read More
Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-hari (Bagian 1)

Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-hari (Bagian 1)

Berikut ini beberapa tips tentang cara dan bagaimana membuat pekerjaan dan masalah yang sering dijumpai di rumah dapat diselesaikan dengan mudah dan praktis:
  1. Membersihkan badan mobil dari aspal jalanan yang menempel - Gosok hapus dengan lap basah yang diberi sodium bicarbonate.
  2. Membuang kertas label merk dari botol kemasan - Lumuri dengan minyak essensial, misalnya minyak kayu putih lalu biarkan selama beberapa jam, lalu gosoklah dengan lap kering.
  3. Melepaskan perangko dan membuka amplop yang di lem - Taruh dalam freezer untuk satu dua jam, lalu congkel dengan pisau tipis.
  4. Menghilangkan air yang masuk ke dalam arloji - Ikat tempelkan arloji ke bola lampu lalu nyalakan lampu beberapa menit, dengan begitu titik-titik air akan mengembun di bagian dalam kaca arloji. Buka kaca dan bersihkan embunnya.
  5. Mengencangkan kepala palu pada gagangnya - Rendam dalam oli mesin bekas selama sehari.
  6. Membuka resleting yang macet - Semprot dengan busa cukur, atau tetesi dengan minyak kelapa.
  7. Menguatkan lagi aki (Accu) kendaraanl yang sudah soak - Larutkan 1 ons garam Inggris dalam air hangat lalu masukkan ke dalam aki basah, cara ini tidak dapat dilakukan untuk aki kering.
  8. Memudahkan membuka simpul rantai yang terikat erat - Olesi dulu dengan krim dingin.
  9. Melonggarkan sepatu yang terasa sempit - Sumpalkan koran yang sudah dibasahi ke dalam sepatu dan biarkan beberapa hari.
  10. Agar sepatu tak mudah terpeleset - Buatlah goresan saling menyilang di (bawah) sol sepatunya menggunakan ujung gunting, .
  11. Mengeluarkan anak kunci patah dari dalam lubang kunci - Oleskan super glue pada ujung patahan kunci yang di luar, masukkan dan tekan selama beberapa saat, lalu pelan-pelan tarik keluar.
  12. Memutar lepas bola lampu yang pecah dari socketnya - Tancapkan potongan sabun batangan ke sisi pecahan yang tajam dan gunakan sabun itu sebagai pegangan untuk memutar sisa bola lampu itu.
  13. Melepaskan sekrup yang macet - Panasi sekrup itu beberapa saat dengan alat solder, lalu coba putar lepas.
  14. Agar paku tidak memecahkan kayu ketika dipakukan - Sebelum dipakai, tumpulkan dulu ujung runcing paku dengan palu.
  15. Menambal lubang-lubang kecil pada saringan - Tutup lubang dengan cat kuku warna bening, biarkan kering. Ulangi proses sampai lubang tertutup rapat.
  16. Membuat sendiri gelondongan “Kayu Bakar” untuk perapian - Buatlah gelondongan dari koran bekas dengan menggulungnya erat-erat.
  17. Membersihkan tumpahan oli di lantai tembok atau jalanan aspal - Tutupi oli dengan pasir secukupnya, biarkan satu dua hari agar oli terserap ke dalam butiran pasir, barulah disapu bersih.
  18. Menjaga mata kail agar tidak berkarat - Tancapkan mata kail pada sebuah gabus lalu rendam dengan baking soda.
  19. Agar ampelas lebih awet dipakainya - Lapisi bagian belakang ampelas dengan plakban hitam.
  20. Menajamkan pisau silet lama - Gosokkan bolak-balik silet pada bagian dalam gelas.
  21. Membuat bantalan jarum yang ideal - Pakailah sebongkah sabun mandi sebagai bantalan. Menjahit juga akan lebih mudah sebab jarumnya akan licin dan mudah untuk menusuk ke kain.
  22. Membuat sendiri pemoles logam - Ambil kapur papan tulis dan gosokkan ke secarik kain, lalu pakai itu untuk menggosok logam.
  23. Mengusir anjing dan kucing - Taruh kapur barus besar di beberapa tempat yang biasa dikunjungi kedua hewan tersebut. Binatang umumnya tak suka pada bau kapur barus.
  24. Menghilangkan kutu dari hewan piaraan - Pakai busa karet sebagai tempat tidur hewan piaraan anda – kutu tak suka pada busa.
  25. Cara cepat meratakan dasi - Gantung dalam kamar mandi sewaktu Anda mandi air hangat – uap bisa menghilangkan kerutan dasi.
  26. Membuka staples - Gunting kuku cukup efektif untuk membuka straples.
  27. Menghilangkan bau sampah - Hancurkan jeruk lemon dan sebarkan pada sampah.
  28. Agar garam tidak jadi lembab - Taruh potongan-potongan kertas pengisap di dalam tempat garam. Itu akan menyerap kelembaban.
  29. Membuat pembersih gelas - Campurkan cuka dengan air, lalu basahi spon dengan cairan tersebut dan gosokkan pada gelas.
  30. Mengurangi bau r0k0k pada asbak- Taruhlah selalu sedikit baking soda dalam asbak sebelum dipakai.
  31. Memisahkan gumpalan-gumpalan kecil dari cat - Ambil saringan dan potong sesuai ukuran bagian dalam (lingkaran dalam kaleng) kaleng cat, dorong pelan-pelan ke dasar membawa semua gumpalan.
  32. Mencegah serangga mendekati cat - Tuangkan sedikit cairan anti serangga ke kaleng cat, dengan begitu serangga akan menjauh dari cat.
  33. Mencegah bunga cepat layu - Teteskan sedikit chlor pemutih ke air dalam vas bunganya.
  34. Membuat pengusir kecoa yang ampuh - Remukkan beberapa puntung r0k0k ke dalam air, lalu keringkan dan tebarkan ke tempat kecoa.
Read More
Tips Aman Mengemudi

Tips Aman Mengemudi

Tips Aman Mengemudi
Mengemudikan kendaraan di jalanan sangatlah diperlukan kehati-hatian, karena sepanjang anda mengemudi sangat banyak celah yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka dalam berkendara di jalanan patut mematuhi segala peraturan yang ada dan mengerti cara mengemudi yang tepat pun juga wajib diperhatikan.

Berikut ini Tips Aman Mengemudi yang dapat anda lakukan agar tetap aman di dalam perjalanan:

1. Mengecek semua kondisi kendaraan sebelum keberangkatan - Periksa bagian ban, minyak rem, tekanan angin atau pun jika dimungkinkan adanya kebocoran oli. Tentunya semua ini berfungsi agar Anda aman saat diperjalanan nantinya. Kalau pun terjadi sesuatu yang cukup darurat, Anda tentu sudah mempersiapkannya terlebih dahulu. (baca juga: "Tips Mencuci Mobil di Rumah")

2. Hilangkan kebiasaan buruk Anda saat menyetir - Beberapa orang sering melakukan hal-hal ini seperti mer0k0k, menerima telepon, makan, minum atau bahkan bersendau gurau saat berkendara. Berusaha berkonsentrasi saat berkendara, tentu akan mempertimbangkan segala mungkin menghindarkan dari kekacauan yang terjadi di jalan, termasuk juga kecelakaan.

3. Matikan mesin saat mobil anda sedang berhenti lebih dari 20 detik. Hal ini dilakukan untuk menghemat bahan bakar dan untuk meminimalisir keausan mesin. (Silahkan baca: "Tips Memilih Shampoo Mobil")
Read More
Tips mencuci Mobil di Rumah

Tips mencuci Mobil di Rumah

Tips mencuci Mobil di RumahMemiliki mobil yang terawat dengan baik adalah dambaan bagi setiap pemilik mobil. Seluruh bagian mobil hendaknya dapat diperhatikan dengan baik, seperti bagian eksterior mobil tentu memiliki manfaat yang besar karena akan terlihat langsung dari pandangan yang melihatnya.

Setiap inchi dari cat-nya memiliki nilai keindahan dan ekonomi yang cukup tinggi. Dilihat dari segi harga, tentu karena cat juga, nilai jual kembali sebuah mobil dapat bertahan di harga yang tinggi.

Agar keindahan bagian ekstrior tersebut tetap seperti baru, maka merupakan suatu kewajiban bagi anda sebagai pemilik untuk merawatnya dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mencuci mobil, tahapan ini merupakan suatu awal untuk menjaga kondisi cat agar tetap terjaga. Selain itu jika mobil terlihat kotor maka  akan berkuranglah keindahannya.


Berikut ini Tips mencuci Mobil yang perlu anda perhatikan:

1. Jangan mencuci di tempat yang terlalu terik matahari - Di tempat seperti ini akan membuat sabun cepat kering dan meninggalkan noda bekas sabun. Ditambah lagi, kalau ada kotoran atau debu yang menempel lagi, akan malah membuat cat baret saat digosok. Hal seperti ini perlu untuk mengantisipasi dan mencegah agar tidak membuat cat baret alias muncul tanda garis.

2. Jangan menyemprot cat dengan tekanan yang terlalu besar - Hal ini perlu diperhatikan, yang bertujuan agar kotoran lebih mudah lepas, sekaligus juga hemat air.

3. Keringkan dengan Lap Kanebo - Hal ini akan menjaga mobil cepat kering dan tidak meninggalkan bekas pada cat mobil. Dalam menggunakan Kanebo hendaknya memperhatikan pula agar saat mengelap usahakan dengan gerakan satu arah, ini berguna untuk mencegah lecet pada cat dan tidak kembalinya kotoran yang menempel. (Silahkan baca: "Cara Menggunakan Lap Kanebo/Chamois")

4. Pilihlah shampoo mobil yang mengandung sedikit silikon - ini juga penting karena shampoo yang mengandung banyak kandungan silicon akan membuat cat semakin cepat pudar. (silahkan baca: "Tips Memilih Shampoo Cuci Mobil")
Read More
Tips memilih shampoo Cuci mobil

Tips memilih shampoo Cuci mobil

Tips memilih shampoo Cuci mobilMencuci mobil adalah bagian dari perawatan yang mesti dilakukan secara teratur oleh pemilik kendaraan, ada yang bilang bahwa kondisi mobil memperlihatkan sifat dari pemiliknya.

Dalam mencuci mobil tentu kita mesti tahu caranya agar mobil kita bersih dan mempesona. Dalam mencuci, selain cara membersihkan yang benar, sebagai pemilik mobil perlu juga diperhatikan shampoo yang akan digunakan, alih-alih ingin mendapatkan hasil yang masksimal malah mobil anda menjadi lebih buruk

Shampoo yang dipakai untuk mencuci mobil ternyata juga bisa sangat berbahaya jika tidak diperhatikan dengan baik. Terutama komposisinya yang ternyata bisa saja membuat cat semakin cepat pudar. Hal ini merupakan akibat dari pemakaian silicon.
Shampoo yang mengandung banyak kandungan silicon  akan membuat cat semakin cepat pudar.
Banyak iklan shampoo mobil yang menegaskan bahwa produknya memiliki kandungan silikon, maka ada baiknya untuk memeriksa kembali shampoo yang Anda pakai.

Selain bahan silikon, ternyata ada bahan lain yang lebih aman yakni berbahan alami atau organic. Contohnya bahan kaolin clay dan carnauba wax.

Perlu diperhatikan juga label yang tertera pada wadah Shampoo mobil, ada beberapa produk shampoo yang memiliki label green' atau aman untuk lingkungan. Namun di Indonesia sekarang ini banyak produk yang menggunakan label ini saja, tapi sebenarnya tidak memenuhi MSDS (Material Safety Data Sheet).

Silahkan baca juga: "Tips mencuci mobil di Rumah"
Read More
Cara menyimpan Beras, Garam, Kacang kering, Madu dan Pasta Agar Dapat Disimpan Selama Setahun

Cara menyimpan Beras, Garam, Kacang kering, Madu dan Pasta Agar Dapat Disimpan Selama Setahun

madu
Mungkin diantara kita banyak yang kurang mengetahui mengapa beberapa bahan makanan tidak tahan lebih lama bila disimpan, hal tersebut mungkin kekurang tahuan kita akan sifat dari bahan makanan tersebut, karena penyimpanan dan jenis makanan yang tidak sesuai dapat menyebabkan makanan cepat rusak.

Terdapat beberapa bahan makanan yang dapat disimpan selama setahun bila kita mengetahui caranya, diantaranya adalah Beras, Garam, Kacang kering, Madu, dan Pasta. Berikut ini caranya yang kami kutip dari food.detik.com:

Beras - Beras merupakan bahan makanan pokok yang dapat di simpan hingga 30 tahun lamanya. Beras di anggap sebagai makanan untuk bertahan hidup dan dapat di jadikan untuk pesediaan makanan. Beras akan tahan lebih lama jika disimpan di tempat yang kering dan cukup sirkulasi. Untuk lebih jelasnya silahkan baca: "TIPS MERAWAT TEMPAT MENYIMPAN BERAS (RICE BOX)"

Garam - Penambah rasa ini ternyata dapat digunakan sebagai pengawet makanan karena memiliki sifat anti mikroba. Asalkan tidak terkena uap air, garam akan memiliki tekstur yang bagus dan tetap bertahan lama selama bertahun-tahun.

Kacang kering - Jika disimpan dalam wadah kedap udara dengan warna gelap. Kacang dapat bertahan hingga lama. Jika kacang ditempatkan di tempat yang lembab justru akan mudah tumbuh jamur dan kacang akan memiliki rasa tengik.

Madu - Madu memiliki molekul yang biasa disebut dengan higroskopis. Madu yang di simpan terlalu lama memang akan membentuk kristal. Akan tetapi kristal pada madu dapat di cairkan dengan cara merendamnya kedalam air hangat. Simpan didalam wadah kedap udara, madu tidak akan rusak hingga bertahun-tahun.

Pasta - Terbuat dari adonan tepung terigu yang dikeringkan. Pasta memiliki daya tahan yang lebih lama yaitu 1 hingga 2 tahun. Sebaiknya simpan pasta seperti macaroni ataupun spaghetti dalam wadah yang kedap udara. Jika sedang terburu-buru,  cukup rebus pasta dengan menambahkan bumbu dan siap untuk dihidangkan.
Read More