Sejarah dan Asal Usul Lemari Pakaian

Sejarah dan Asal Usul Lemari Pakaian

lemari antik/kuno
Lemari adalah salah satu dari Mebel atau furnitur yang digunakan untuk menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Sejarah lemari pakaian terbentuk dari cerita yang panjang, berawal dari abad pertengahan di Inggris.

Awalnya, Lemari berasal dari peti kecil yang digunakan untuk menyimpan pakaian. Lemari tersebut tersimpan di tempat tinggal dari keluarga bangsawan, seperti banyak ditemukan di  ruang di kastil, istana abad pertengahan. Pada mulanya lemari pakaian berupa loker yang dipasang pada dinding yang digunakan baik sebagai ruang ganti dan ruang penyimpanan untuk pakaian.

Ruangan itu kadang-kadang digunakan untuk menyimpan barang-barang lainnya seperti perhiasan koin, bulu dan rempah-rempah dan kegiatan lain seperti rambut dan pembuatan gaun sering berlangsung di ruang pakaian. Dengan berjalannya waktu, loker tersebut berubah menjadi lemari pakaian modern mandiri dengan rak yang menarik dan ruang tempat menggantung pakaian.

Lemari abad XVII dan XVIII

Pada awal abad ketujuh belas lemari pakaian mulai dibuat menjadi bentuk yang modern sebagai bagian dari mebel kayu berdiri yang dirancang untuk menyimpan pakaian. Karena saat itu hutan di Inggris sudah kehabisan pohon kayu maka bahan dasar lemari kayu diimpor dari Amerika. Lemari dibuat dari kayu ek yang kokoh,sangat besar, dan rumit tapi diukir dengan front yang dekoratif.

Pada abad kedelapan belas kenari telah menggantikan pohon jati sebagai kayu pilihan untuk pembuatan mebel meskipun jenis kayu tersebut masih tergolong berat.

Lemari modern

Selama abad kesembilan belas lemari pakaian mulai mengambil bentuk modern dengan tambahan ruang untuk menggantung pakaian di setiap sisi. Tak ketinggalan, sebuah cermin terpasang sebagai penambah kegunaan untuk berhias.

Kini lemari banyak yang terbuat dari kayu mahoni namun dengan satinwood yang halus proses pembuatan lemari menjadi lebih mudah. Pembuat furnitur terkenal seperti Thomas Chippendale memiliki desain yang indah yang diukir pada potongan kayu dan yang lain seperti Thomas Sheraton dan George Hepplewhite menggunakan artistik dari kayu yang sangat halus untuk efek yang besar.

Dengan perkembangan teknologi, dan akses yang mudah antar negara, kini lemari dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan fungsi dan Keindahan yang bernilai tinggi, di Indonesia lemari yang terkenal dengan keunikan, antik dan bercitarasa tinggi adalah lemari yang terbuat dari kayu jati, namun jenis kayu ini sudah sulit didapat seiring berkurangnya hutan jati di Indonesia. (Berbagai sumber)
Read More
Cara Mengatasi Dinding Tembok Rumah Retak

Cara Mengatasi Dinding Tembok Rumah Retak

Dinding Tembok Rumah Retak
Retak rambut yang tipis seperti retak rambut mungkin kurang berbahaya dibanding retak yang agak lebar, Di antara penyebab retaknya tembok adalah: muai susut, pergerakan struktur, gempa bumi, perubahan cuaca, perkaratan pada logam, dan pemakaian material, atau konstruksi yang salah.

Muai susut adalah suatu kejadian dimana suatu material mengalami pengurangan volume yang disebabkan proses pengeringan material tersebut. Ini terjadi ketika mengerjakan suatu bangunan banyak sekali menggunakan air, seperti pekerjaan beton, plesteran, acian, dan pengecatan, sehingga pada waktu pengeringan akan terjadi penyusutan.


Cara Mengatasi Tembok Rumah Retak:

Peralatan:
  • Amplas,
  • Dempul tembok, 
  • Cat yang warnanya sama dengan cat pada dinding yang mengalami retak-retak.
Cara mengerjakan:
  1. Buatlah retak-retak halus tersebut lebih dalam namun jangan terlalu dalam dengan cara mengoreknya. 
  2. Gunakan kave untuk memasukkan dempul, untuk menambal retak. Selanjutnya haluskan dengan amplas.
  3. Selanjutnya Anda dapat mengecatnya dengan rata, dengan begitu. dinding yang mengalami retak akan kembali rapat dan tidak meninggalkan bekas.
Tips sederhana mencegah/menghindari retak rambut pada dinding.
  1. Setelah tembok didihaluskan/diaci, usahakan jangan langsung dicat, tapi siram tembok dengan air secara merata, Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari cat terlalu cepat kering dan tidak merata yang menjadi sebab terjadinya retak rambut..
  2. Diamkan tembok beberapa menit sampai permukaan tembok benar-benar kering dari air.
  3. Setelah tembok kering silahkan untuk dicat seperti biasa.
Read More
Cara Mengatasi Dinding Lembab Rembes dan Berjamur

Cara Mengatasi Dinding Lembab Rembes dan Berjamur

Dinding lembab yang rembes dan berjamur sangat menggangu sekali, selain merusak keindahan rumah, juga dapat merusak dinding tembok.

Sebelum anda mengatasi dinding yang berjamur karena rembesan air sebaiknya atasi dulu penyebabnya. dinding rembes biasanya disebabkan oleh adanya kamar mandi di ruangan lain yang bersebelahan dengan dinding tersebut mungkin terdapat bak air yang bocor, adanya saluran pipa air dalam dinding tembok yang bocor, dan lain-lain. Cobalah untuk menjauhkan hal-hal yang menjadi penyebab dinding berjamur tersebut, setelah itu barulah mengatasi dinding tembok yang berjamur tersebut.

Berikut ini langkah-langkah dalam mengatasi tembok berjamur:

  1. Jika penyebab dinding tembok adalah karena adanya rembesan air yang sulit untuk dicegah, Anda bisa menggunakan cat tahan air yang bisa mencegah air untuk merembes/tembus ke dinding.
  2. Hilangkan lapisan jamur yang menutupi dinding tembok Anda dengan menggosok dinding yang berjamur tersebut dengan amplas hingga dinding menjadi berpori sehingga uap air yang ada di dalam dinding bisa keluar.
  3. Untuk menghilangkan jamur sampai ke akarnya cobalah gosok bagian dinding rumah yang telah diamplas tadi dengan kaporit atau klorin. karena kedua bahan tersebut berbau tajam dan dapat mengiritasi kulit maka untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi dengan Anda, gunakan kacamata pelindung dan sarung tangan karet saat anda melakukan bagian ini.
  4. Diamkan dinding selama semalaman agar larutan tersebut dapat meresap ke dinding. Setelah itu kerok dan bersihkan dinding yang telah dilapisi oleh klorin atau kaporit tadi.
  5. Bila dinding sudah dikerok, lapisi dinding tersebut dengan cat berbahan dasar pelarut. 
  6. Anda dapat memulai pengecatan pada dinding tembok dengan cat tembok biasa, dengan syarat bahwa cat berbahan dasar pelarut tersebut sudah benar-benar kering dengan sempurna.
  7. Anda dapat mencampurkan pelapis anti bocor dengan cat tembok yang telah Anda persiapkan dengan perbandingan 1:1 agar dinding rumah tidak berjamur dan rembes lagi di kemudian hari.
Read More
Penyebab Gangguan Pada Mesin Jahit

Penyebab Gangguan Pada Mesin Jahit

Saat kita menjalankan mesin jahit, sering terdapat kendala, hal tersebut dapat menghambat pekerjaan kita. kali ini kita akan membahas hal-hal yang umum terjadi pada mesin beserta penyebabnya agar kita dapat mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Suara mesin menjadi lebih brisik daripada biasanya:
Hal ini dapat disebabkan oleh  terdapatnya sisa benang atau kotoran pada rumah skoci atau rumah kumparan. Selain itu dapat pula diakibatkan oleh kurang minyak pelumas.

Jarum sering patah.
Jarum patah paling sering terjadi pada mesin jahit yang dudukan jarumnya yang tidak benar/tidak pas, Jarum bengkok, ukuran jarum terlalu kecil tidak sesuai dengan jenis kain yang sedang dijahit, dan tertariknya kain yang  saat dijahit.

Benang sering putus
  • menurunnya kualitas benang.
  • Tegangan benang terlalu kuat atau benang terkait.
  • dudukan jarum yang tidak benar/tidak pas pada tempatnya
  • Jarum tumpul atau bengkok.
  • lubang jarum yang terlalu kecil 
  • Jarum terlalu halus untuk bahan yang dijahit.
Jahitan melompat
  • Jarum tumpul atau bengkok.
  • Jarum terlalu kecil untuk benangnya.
  • dudukan jarum yang tidak benar/tidak pas pada tempatnya
  • Pemasangan benang atas tidak sesuai.
  • Tegangan benang tidak sesuai.
  • kedudukan skoci dalam rumahnya tidak tepat.
Jahitan benang berkerut.
  • Tegangan benang terlalu keras.
  • Tusukan jahitan terlalu besar.
  • Benang terlalu kaku.
Demikianlah artikel tentang Cara mengatasi Gangguan Pada Mesin Jahit, cara merawat mesin jahit yang baik dapat mengurangi gangguan yang mungkin terjadi.
Read More
Tips Merawat Mesin Jahit LIstrik

Tips Merawat Mesin Jahit LIstrik

Mesin Jahit LIstrik
Setelah sebelumnya Saya membuat artikel tentang sejarah mesin jahit, kali ini akan dibahas pula artikel yang berhubungan dengan itu yakni tips merawat mesin jahit.

Mungkin diantara pembaca ada yang hobi menjahit di rumah, baik itu membuat pakaian jadi ataupun hanya sekedar menjahit pakaian yang lepas jahitannya, lumayankan daripada bayarin orang.

Agar mesin jahit kita dapat bekerja dengan maksimal sehingga  tetap enak saat digunakan, maka tips tentang cara merawat mesin jahit di bawah ini mudah-mudahan dapat membuat mesin jahit Anda lebih awet:

  • Untuk menjaga kestabilan arus listrik pada motor mesin jahit Anda Gunakan UPS atau Stabilizer. 
  • Tempatkan mesin jahit pada posisi yang stabil dan tidak goyang.
  • Setelah selesai menjahit, segera bersihkan mesin dari sisa-sisa benang atau potongan kain. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil untuk menghilangkan sisa-sisa benang dan kain yang masuk kedalam sela-sela mesin jahit. Hal tersebut juga bermanfaat agar mesin tetap bersih.
  • Untuk memudahkan menggunakan peralatan pada waktu yang lain, pastikan anda menyimpan dengan baik posisi mesin jahit dan peralatan mesin jahit lainnya seperti gunting, jarum jahit, dan lain-lain.
  • Selalu periksa bagian mesin jahit yang selalu bergesekan, untuk mencegah keausan, berikan minyak mesin jahit secara rutin. dengan memberikan minyak pelumas secara rutin dapat pula mencegah timbulnya karat pada mesin jahit.
  • Bila memungkinkan lakukan servis sendiri atau panggil tukang servis ahli  jika mesin jahit Anda mengalami kerusakan, ganti komponen dengan segera untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lain dan juga kerusakan pada kualitas jahitan Anda.  
  • Komponen suku cadang biasanya jarang sekali rusak, tapi jika memang sudah harus diganti, segeralah di ganti atau di servis ditempat yang terpercaya. Misalnya pisau mesin obras yang sudah tumpul atau karet dinamo yang sudah getas/pecah-pecah dan mesin dinamo yang sudah lemah.Bila tidak cepat diganti, akan mempengaruhi kualitas jahitan mesin tersebut, misalnya potongan obras yang tidak bagus.
Read More
Sejarah Mesin Jahit

Sejarah Mesin Jahit

Mesin Jahit tangan
Mesin jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi untuk menyambung kain dengan kain untuk dibuat pakaian atau kegunaan lainnya. Beberapa jenis mesin jahit yang umum dikenal adalah:

Penggunaan mesin jahit dengan menggunakan jarum sudah dikenal sejak awal abad. Bahan jarumnya bermacam-macam, ada yang terbuat dari batu, tembaga, tulang, ataupun gading. Jarum yang masih kasar itu digunakan untuk menyatukan kulit hewan menjadi pakaian. Sementara benang yang digunakan dibuat dari otot hewan. Jarum logam digunakan sekitar abad ke-14, yang merupakan jarum dengan menggunakan lubang yang umum dijumpai pada saat ini.

Awal penemuan mesin Jahit

Awalnya, penemuan jarum yang khusus dirancan untuk sebuah mesin ditemukan Pada tahun 1755 oleh seorang imigran Jerman, Charles Weisenthal, yang tiggal di Inggris. Meski dia sudah mematenkan penemuannya tersebut, tapi sayangnya patennya tidak merinci mesin yang menggunakan jarum tersebut.

35 tahun berikutnya, seorang pembuat lemari asal Inggris bernama Thomas Saint juga mematenkan mesin jahit di tahun 1790. Tidak diketahui apa Saint benar-benar membuat prototipe mesin yang digunakan pada saat itu, atau hanya sekedar mematenkan agar mendapatkan royalti, kelak jika mesin itu bisa dibuat. Yang pasti, Thomas Saint merinci dalam patennya sebuah benda tajam yang dapat membuat lubang pada kulit dan memasukkan jarum pada lubang yang ada. Selangkah lebih maju dari Weisenthal. Namun reproduksi temuan Saint itu ternyata tidak bisa beroperasi.

Pada tahun 1810 seorang  warga berkebangsaan Jerman, Balthasar Krems, menemukan mesin otomatis untuk menjahit topi. Dia tidak mematenkan temuanya dan konon mesinnya tidak pernah berfungsi dengan baik.

Pembuatan mesin jahit yang banyak diminati ternyata mengakibatkan saling klaim paten diantara penciptanya, meski demikian tidak sedikit yang gagal dalam temuannya tersebut. Contohnya John Adams Doge dan John Knowles dari Amerika. Mereka berdua membuat mesin jahit pada tahun 1818 namun ujung-ujungnya mesin itu gagal saat digunakan untuk menjahit sejumlah kain.

Akhirnya  pada tahun 1830 Barthelemy Thimonier menciptakan mesin jahit yang dapat difungsikan. Mesin ini hanya menggunakan satu benang dan sebuah jarum kait seperti jarum bordir atau sulam. Sayangnya, temuan ini tidak memperoleh sambutan baik dari masyarakat. Bahkan dirinya hampir terbunuh ketika sejumlah penjahit membakar pabrik garmen miliknya karena takut tersaingi dan menimbulkan pengangguran akibat temuan mesin jahitnya.

Penemuan mesin jahit kembali sukses dibuat oleh orang Amerika bernama Walter Hunt tahun 1834. Namun anehnya, dia tidak merasa bahagia dengan temuannya, karena dia merasa temuannya akan menimbulkan pengangguran.

Mesin Jahit Elias Howe

Penemuan mesin jahit yang menjadi awal digunakannya mesin jahit modern yang sampai sekarang digunakan terjadi di Amerika Serikat yang ditemukan oleh Elias Howe. Mesin buatannya menggunakan dua benang dari arah berlawanan dan memiliki jarum berlubang untuk benang di bagian ujung. Jarum itu didesak menembus kain dan membuat semacam lengkungan benang di sisi bawah kain. Sebuah benang dari arah lain disisipkan ke dalam lengkungan tadi. Lalu kedua benang membuat jalinan yang mengunci kain. Kabarnya temuan ini inspirasi dari mimpinya. Dalam mimpinya, perut Howe ditusuk oleh seorang kanibal dengan tombak dalam tidurnya. Bentuk ujung tombak inilah yang dijadikan inspirasi buat menciptakan jarum yang sudah lama dicarinya.

Perang Paten mesin jahit

Namun setelah penemuannya, Howe dihadapkan pada masalah dengan mempertahankan paten dan memasarkan temuannya. Akhirnya dia berjuang selama sembilan tahun. Perang paten sendiri pecah ketika Isaac Singer menemukan mekanisme naik turun pada mesin jahit dan Allen Wilson mengembangkan alat kait pemintal berputar. Mesin jahit belum menjadi barang produksi massal hingga tahun 1850-an. Setelah Isaac Singer berhasil membuat mesin jahit dengan jarum jahit yang bisa digerakkan kayuhan pedal kaki, maka kesuksesan penjualan mesin jahit secara komersial terbuka. Sebelumnya, mesin jahit terdahulu menggerakkan jarumnya dari pinggir dan digerakkan dengan tangan.

Bagaimanapun, mesin Isaac Singer menerapkan mekanisme jalinan dua benang yang dipatenkan Howe. Maka Elias Howe menuntut Isaac Singer atas paten yang serupa dan berhasil memenangkan perkaranya pada tahun 1854. Sebenarnya Walter Hunt menerapkan jalinan benang dari dua sumber benang dan jarum berlubang. Namun pengadilan memutuskan paten jatuh ketangan Howe setelah Hunt membatalkan patennya.

Jika Hunt tetap mematenkan temuannya, Elias Howe dapat dikalahkan dalam perkaranya dengan Isaac Singer. Maka atas kekalahan itu, Isaac Singer harus membayar royalti paten Elias Howe. Jika saja paten yang dimiliki warga Inggris, John Fisher ditahun 1844 itu tidak hilang, maka Fischer akan terlibat dalam perang paten mesin jahit. Pasalnya mesin renda buatannya menerapkan mekanisme yang serupa dengan mesin Howe maupun Singer.

Keberhasilan dalam mempertahankan hak atas patennya membuat keuntungan Elias Howe melonjak tajam. Pendapatan tahunannya yang semula 300 dolar Amerika menjadi lebih dari 200.000 dolar AS per tahun untuk saat itu. Dalam kurun waktu 14 tahun (1854-1867), Howe mengumpulkan dana hingga 2 juta dolar AS atas temuannya. Ia lantas menyisihkan sebagian kekayaannya selama Perang Saudara Amerika bagi Pasukan Infantri dan sebagian lagi sumbangan atas nama pribadinya.
(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
Read More
Begini Caranya Menghapus Noda Permen Karet

Begini Caranya Menghapus Noda Permen Karet

Permen karet adalah jenis permen yang digemari tua ataupun muda, tapi sayangnya permen ini menyisakan limbah/sampah yang dapat  lengket dan menempel pada pakaian, bila kurang tepat menanganinya maka noda tersebut akan sulit dibersihkan. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan noda permen karet pada pakaian:

Menyetrika
Cara ini berlaku pada pakaian yang memiliki label aman untuk disetrika, caranya adalah dengan meletakkan kertas kering di atas noda permen karet yang menempel pada baju, kemudian letakkan setrika panas di atas kertas tersebut. Panas setrika akan melunakkan permen karet sehingga akan terserap dan menempel pada kertas, ulangi proses tersebut sampai noda permen karet benar-benar menghilang.

Membekukan
Permen karet akan mengeras dan rapuh bila berada pada suhu dingin atau beku, cobalah meletakkan pakaian yang terkena permen karet ke dalam freezer kulkas, diamkan beberapa waku, dengan begitu permen karet akan mengeras dan rapuh sehingga dapat dengan mudah terlepas dari serat kain. Bila tidak ada freezer, anda dapat menggunakan es batu untuk ditempelkan ke permukaan permen karet tersebut, lalu congkellah dengan kuku jari atau pisau, maka permen karen akan mudah terangkat.

Rendam dalam air panas
Cobalah merendam pakaian yang mengandung noda permen karen di dalam air panas, sambil dalam keadaaan terendam, congkellah dengan pisau atau kuku jari, bila perlu gunakan sikat untuk membersihkan sisa-sisa nodanya.

Cuka
Teteskan cuka pada permen karet dan daerah sekitarnya. Cuka akan membantu mengurangi rasa lengket permen karet. Permen karet tadi akan menjadi lunak, sehingga akan mudah untuk menghapus. Kemudian cuci hingga bersih

4lk0h0l
Menggosokkan 4lk0h0l pada noda permen karet adalah metode yang efektif. Rendam spons dalam 4lk0h0l dan gosokkan pada noda tersebut. Setelah itu diamkan sejenak dan permen karet bisa diangkat dengan mudah. Jangan lupa mencuci seperti biasa untuk menghilangkan pengaruh 4lk0h0l.

Hair spray
Semprotkan hair spray pada noda permen karet. diamkan hingga kering, kemudian bersihkan noda tersebut dengan sikat atau pisau.

Nail polish remover
Terapkan nail polish remover dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu gosok dengan sikat. Permen karet pun terangkat dari pakaian Anda.

Dengan mengetahui cara yang tepat dalam mengatasi noda permen karet maka anda tidak perlu risau lagi bila suatu saat anda mengalami hal yang sama.
Read More
Cara Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian Dengan Mudah

Baking soda
Noda darah adalah salah satu noda yang sulit dibersihkan, terutama yang telah lama/membandel. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut:

1. Air dingin dan panas 
Air dingin dipercaya mampu menghapus noda darah yang masih segar, selain itu air dingin juga dapat mempertahankan kualitas kain. Apabila dengan air dingin masih ada sisa darah, Gosok dengan garam untuk menyingkirkan noda darah tersebut dari pakaian. Untuk noda darah yang sudah kering disarankan untuk menggunakan air panas, biasanya air panas lebih cepat menghilangkan noda darah.

2. Larutan Garam
Rendam kain yang mengandung noda darah dalam larutan garam. Dengan merendam dalam larutan garam dapat meringankan noda dan membuatnya mudah untuk menghapusnya.

3. Sabun batangan
Bila anda pernah gagal mencoba mencuci baju yang terkena noda darah dengan deterjen, silahkan coba dengan sabun batangan. Noda darah dapat hilang dengan mudah jika Anda menggunakan sebuah sabun batangan.

4. Cuka
Cairan yang satu ini bukan saja sebagai bumbu masak di dapur tetapi dapat digunakan pula untuk mencuci pakaian dan menyingkirkan noda darah. Rendam kain bernoda dalam air dan larutan cuka selama semalam. Pada keesokan harinya cucilah dengan deterjen.

5. Lemon
Lemon adalah salah satu dari bahan pembersih yang dapat digunakan sebagai pemutih alami, selain itu lemon dapat berfungsi juga untuk menjaga warna putih pakaian. Untuk membersihkan noda darah pada kain, Gosok kain bernoda dengan lemon dan garam, dengan begitu noda darah akan tersingkir, warna kain tetap terjaga, dan tentu saja bau amis darah akan hilang.

6. Baking soda
Bahan yang satu ini memang banyak kegunaannya, salah satunya adalah sebagai bahan pembersih yang digunakan untuk mencuci pakaian. Anda dapat mencuci pakaian berbahan tebal atau tipis dengan baking soda. Selain cepat menghapus noda, baking soda juga membantu dalam menjaga elastisitas denim yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan jeans.

Demikianlah Cara Menghilangkan Noda Darah Pada pakaian dengan mudah, semoga bermanfaat untuk Anda
Read More
Cara Memperbaiki Saluran Air Yang Tersumbat Secara Alami

Cara Memperbaiki Saluran Air Yang Tersumbat Secara Alami

tempat cuci piring
Salah satui hal yang membuat repot di rumah adalah tersumbatnya saluran air, baik itu saluran pembuangan dari kamar mandi ataupun tempat mencuci piring dan wastafel.

Saluran tersebut biasanya tersumbat oleh beberapa jenis sampah, diantaranya adalah bekas sabun dan sisa makanan. Berikut ini tiga jenis pembersih sederhana yang dapat dilakukan untuk melancarkan aliran air pada saluran pembuangan tersebut. Bahan alami ini selain membuat saluran air menjadi lancar, juga dapat merawat dan membersihkan wastafel atau tempat mencuci piring Anda.

Baking soda

  1. Masukkan air panas ke dalam pipa pembuangan kira-kira satu sampai dua liter lalu diamkan selama 20 menit, usahakan selama itu saluran air jangan digunakan dulu.
  2. Tambahkan serbuk baking soda dan biarkan semalaman.
  3. Anda juga dapat menambahkan cuka dengan baking soda sekaligus, kemudian tuangkan ke saluran pembuangan. 
  4. Sehari setelahnya  tuangkan air panas ke dalam saluran untuk membuang sisa-sisa penyumbatan. 


Cuka

  1. Apabila air sangant lambat untuk mengalir coba tuangkan beberapa tetes cuka ke dalam pipa wastafel, kemudian diamkan selama 25 menit.
  2. Tuangkan air panas ke dalam lubang.
  3. Untuk menghilangkan sisa partikel dari pipa yang tersumbat gunakan sebuah lidi, sampai bersih benar.
  4. Ulangi sekali lagi menuangkan air panas di saluran.
  5. Bila saluran masih tersumbat, ulangi proses sampai pipa bersih sepenuhnya tidak mampet lagi..


Jus lemon

  1. Campurkan jus lemon dengan baking soda lalu tuangkan ke dalam saluran pembuangan. 
  2. Biarkan campuran tersebut meresap di dalam saluran selama 30 menit.
  3. Lakukan ini setiap hari untuk Mencegah penyumbatan saluran air dapur. 
  4. Pastikan Anda membersihkan wastafel untuk menghindari partikel sisa makanan masuk dalam pipa.


Tips mencegah tersumbatnya saluran:

  • Jangan biarkan sampah lolos memasuki saluran yakni dengan menempatkan saringan dengan lubang kecil.
  • Sebelum mencuci piring, pisahkan sampah dari alat makan, seperti sisa nasi, potongan sayuran, dan sisa makanan lainnya termasuk ampas kopi dan teh.
  • rajin-rajinlah membersihkan saringan pada wastafel.
Read More
Tips Aman Belanja Online

Tips Aman Belanja Online

troli
Di jaman yang serba praktis ini orang banyak yang memilih gaya hidup dengan berbelanja lewat Internet atau yang dikenal dengan belanja Online.

Namun pada beberapa orang, berbelanja secara online penuh resiko karena sudah banyak korban penipuan dalam bisnis dunia maya tersebut.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bagi orang yang baru mencoba belanja online maka Founder Dailysocial.net Rama Mamuaya memberi kiat menghindari penipuan dunia maya ini.

Berikut beberapa tips aman belanja online:

  1. Calon pembeli harus jeli dalam memilih toko online yang dituju. Waspada kalau ada yang mendompleng nama besar tapi pakai domain gratisan.
  2. Sebaiknya pembeli untuk menilai reputasi toko yang akan dipilih dengan kata kunci sederhana di situs pencari. misalnya dengan mencari di google nama toko dan kata kunci 'penipu'. Kalau banyak yang menulis pengalamannya ditipu dari toko itu, jangan belanja di situ. Kalau tidak ada hasilnya, silakan belanja di sana.


Selain itu, bagi bagi pemilik toko online faktor kepercayaan menjadi modal dari kesuksesan toko online karena hal tersebut adalah faktor yang menarik para pembeli untuk berbelanja di toko online.

Bagi yang akan atau baru dalam membuka toko online ( penjual ) disarankan untuk menyediakan produk unik yang jarang disediakan kompetitor. Unik artinya di tempat lain tidak ada, atau kalau barang itu banyak di pasaran, setidaknya dia bisa menjual dengan harga yang lebih murah.

Jadi selalu berhati-hatilah bila anda akan belanja online, karena kejahatan bukan saja di dunia nyata, tapi di dunia mayapun ada.
Read More
Cara Mencuci Pakaian Bayi

Cara Mencuci Pakaian Bayi

popok bayi
Perawatan pakaian untuk bayi berbada dengan perawatan pakaian untuk orang dewasa, karena kulit bayi yang sensitif sangat rentan terkena penyakit yang berasal dari pakaiannnya. Bagi anda yang baru memiliki bayi sebaiknya mengetahui cara yang tepat dan mudah dalam perawatan terutama dalam hal mencuci baju bayi ini.

Sebagian dari kita mungkin akan memilih deterjen untuk menghilangkan noda, tapi hati-hati, karena mungkin saja dalam deterjen tersebut mengandung bahan yang tidak cocok dengan kulit bayi, maka sebelum membeli deterjen perhatikan baik-baik saran di bawah ini:

  • Lihat labelnya, lalu baca dengan baik-baik.
  • Utamakan deterjen yang ramah lingkungan. Biasanya juga diberitahukan mengandung surfaktan dan enzim.
  • Karena kita akan mencuci pakaian bayi, maka, pilih deterjen khusus untuk baju bayi.
  • Namun bila deterjen khusu bayi tidak ada maka pilih deterjen yang tidak memakai bahan pewangi atau pewarna.
  • Usahakan yang tidak mengandung bahan pemutih.

Sebelum melakukan pencuian maka bersihkan dulu noda yang melekat, seperti bekas tinja atau urine. Dan jangan lupa untuk memisahkan baju dengan popok bayi Anda.


Membersihkan popok bekas tinja dan baju bekas muntah bayi:

  1. Hilangkan kotoran, lalu buang ke kloset.
  2. Gunakan air yang mengalir untuk membersihkan sisa kotoran.
  3. Jika kotoran tidak bersih juga, tempelkan deterjen atau sabun cuci di dekitar noda, diamkan beberapa menit dikucek lalu dibilas.
  4. Setelah itu barulah popok atau baju bayi dapat dicuci dengan pakaian lainnya.


Membersihkan popok bekas urine:

  1. Kumpulkan popok yang terkena urin, lalu rendam dalam ember berisi air.
  2. Kucek sebentar bagian yang terkena urine sebelum disabuni atau dimasukkan ke mesin cuci.


Cara mudah mencuci Pakaian bayi:

Pakaian bayi yang sudah terbebas dari noda dapat dicuci dengan pakaian yang lainnya, bila akan mengggunakan deterjen bubuk, siapkan air dalam ember atau mesin cuci lalu taburi dengan deterjen.
Pastikan baju bayi harus dibilas 2-3 kali, sampai benar-benar bersih karena kalau mencucinya kurang bersih maka bisa menyebabkan terjadinya ruam popok.

Untuk mendapatkan baju bayi lebih lembut dan berbau segar, tambahkan 2 sendok makan soda kue (baking soda) di bilasan terakhir di mesin cuci, atau 1 sendok teh di bilasan terakhir saat mencuci dengan tangan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pelembut khusus untuk bayi.

Bila sudah diperas, jemurlah pakaian di terik sinar matahari agar kuman dan bibit penyakit sirna, lalu setelah kering rapikan dengan menyetrikanya.
Read More
Cara Mencuci Sepatu Olahraga Dengan Mesin Cuci

Cara Mencuci Sepatu Olahraga Dengan Mesin Cuci

Sepatu Olahraga
Sepatu olah raga sangat rentan terkena kotoran karena penggunaannya yang aktif apalagi yang digunakan di luar ruangan atau yang selalu berhubungan dengan tanah.

Sebagian dari kita mungkin mudah untuk membersihkan sepatu olah raga yang hanya kotor di bagian luarnya saja, tetapi bagaimana jika bagian dalam sepatu juga kotor? berikut ini adalah cara mencuci sepatu olah raga kotor menggunakan mesin cuci.

Baca juga artikel yang lain:"Cara mencuci sepatu Futsal"
  1. Pertama, lepaskan tali sepatunya. Apabila tali-tali ini juga kotor, masukkan ke dalam kantung cucian kecil seperti yang sering digunakan untuk mencuci pakaian dalam, lalu masukkan kedalam mesin cuci.
  2. Keduan besihkan bagian luar sepatu dengan menggunkan lap basah atau sikat gigi bekas serta sedikit pembersih.
  3. Untuk mencegah sepatu bergesekan dan merusak tabung mesin cuci masukkan sepatu olahraga ke dalam katung cucian atau ke dalam sarung bantal. 
  4. Gunakan program delicate cycle atau yang serupa dan air dingin. Jika hanya mencuci sepatu saja, sesuaikan program mesin cuci untuk pencucian jumlah sedikit dan gunakan setengah takar deterjen.
  5. Selesai dicuci keringkan sepatu olahraga dengan cara diangin-angin. Jangan menggunakan mesin pengering karena dapat merusak sepatu.
  6. Untuk menjaga bentuk sepatu agar tidak berubah masukkan koran ke dalam sepatu.
  7. Apabila sepatu terbuat dari bahan selain kulit, jemur sepatu di bawah sinar matahari sampai kering.
Read More
Tips Merawat Sepatu Futsal

Tips Merawat Sepatu Futsal

Sepatu Futsal
Dalam merawat sepatu Futsal ada beberap hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah cara membersihkan, cara menjemur dan bagaimana cara menyimpannya. Satu yang perlu diingat bahwa sepatu futsal jangan dicuci secara langsung.

Terdapat beberapa bagian penting pada sepatu futsal yang harus dibersihkan yaitu: Outsole (Bagian bawah sepatu atau tapak sepatu biasanya terbuat dari karet), Midsole (Bagian Tengah, antara atas dan bawah biasanya terbuat dari eva), Upper (Bagian atas sepatu biasanya terbuat dari kulit), Lace (Tali Sepatu), Insole (Bagian dalam sepatu yang diinjak).

Perlu diperhatikan bahwa dalam membersihkan, gunakanlah alat yang berbeda pada tiap-tiap bagaian, Berikut ini Cara membersihkan bagian-bagian pada sepatu futsal:

1. Bagian outsole (Bagian bawah sepatu atau tapak sepatu biasanya terbuat dari karet)

Karena letaknya berada pada bagian bawah sepatu maka bagian ini paling mudah terkena kotoran, Tetapi walaupun begitu janganlah terlalu sering membersihkan bagian ini karena beresiko membuat rusak permukaannya. Untuk membersihkannya, biasanya bagian tersebut dibersihkan dalam jangka waktu seminggu atau bahkan satu bulan tergantung pada intensitas pemakaian sepatu. Sekotor apapun bagian outsole, janganlah memasukkan sepatu futsal ke dalam air karena dapat merusak sepatu.

Bersihkan bagian ini dengan menggunakan sikat atau tusuk gigi pada air yang mengalir.

2. Bagian midsole (Bagian Tengah, antara atas dan bawah biasanya terbuat dari eva)

Gunakan sikat yang berbeda untuk membersihkan midsole dan outsole. Apabila kita tidak mempunyai sikat lagi, boleh menggunakan sikat yang sama dengan catatan sikatnya dibersihkan dulu. Caranya cukup basahkan sikat dan gosok dengan lembut dari bagian yang paling bersih dulu kemudian bagian yang paling kotor. Untuk noda yang membandel gunakan cairan pembersih tetapi jangan sampai cairan ini mengalir ke bagian upper.

3. Bagian upper (Bagian atas sepatu biasanya terbuat dari kulit)

  1. Bersihkan menggunakan sikat yang paling lembut. 
  2. Bila terdapat noda yang sulit dibersihkan, cobalah dengan mengoleskan pasta gigi/odol pada bagian tersebut lalu diamkan selama 5menit, setelah itu baru dibersihkan dengan sikat, ulangi beberapa kali sampai noda menghilang. usahakan tidak ada sisa pasta gigi pada sepatu.
  3. Keringkan dengan kanebo/chamois.

4. Lace (Tali Sepatu)

Untuk membersihkan bagian ini mudah sekali, yakni hanya dengan mencopot tali sepatu lalu direndam dengan pembersih/deterjen, diamkan selama 10menit lalu dikucek dan dibilas.

5. Insole (Bagian dalam sepatu yang diinjak)

Bila insole dapat dilepas, lepaslah lalu bersihkan dengan sikat lembut atau spon kasar yang telah diberi sabun cuci. setelah itu keringkan dengan kanebo. Apabila bagian ini sulit dilepas maka biarkan di tempatnya lalu bersikan.

Perhatian:

  • Hindari mengguyur air pada keseluruhan sepatu.
  • Janganlah merendam sepatu dalam air.
  • Janganlah menjemur sepatu pada sinar matahari secara langsung.
  • Rajin-rajinlah membersihkan sepatu setelah dipakai.
  • BIla sepatu terbuat dari kulit asli maka oleskan minyak pada bagian upper usai dibersihkan.
  • Simpanlah sepatu yang terbuat dari kulit asli di tempat yang kering agar tidak mudah ditumbuhi jamur.
  • Sepatu futsal tidak diperbolehkan dimasukkan ke dalam air. Oleh sebab itu, jika menggunakan media sikat dan air, maka sikatnya yang harus dibasahi, bukan sepatunya. Ketika mengeringkannya pun juga tidak diperbolehkan dijemur, melainkan diangin-anginkan.
Read More
Tips Mencegah Bahaya Kebakaran Akibat Konsleting Listrik

Tips Mencegah Bahaya Kebakaran Akibat Konsleting Listrik

sekring
Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah tersebut berlaku pula pada listrik. Sebelum terjadi  hal-hal yang tak diinginkan seperti musibah kebakaran menimpa Anda, sebaiknya kita melakukan tindak pencegahan seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Sebaiknya serahkann pemasangan instalasi rumah/bangunan anda pada instalatir yang terdaftar sebagai anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) dan terdaftar di PLN. Secara legal instalatir mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan instalasi.

2. Usahakan untuk menghindari menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat (stopkontak) karena sambungan seperti itu akan terus menerus menumpuk panas yang akhirnya dapat mengakibatkan korsleting listrik.

3. Gunakanlah peralatan listrik yang memenuhi standar SNI dan ukuran yang tepat.

4. Gunakanlah sekring yang masih bagus dan gantilah sekring putus dengan yang baru, jangan mencoba untuk menyambung sekring dengan kawat serabut.

5. Rawatlah instalasi listrik secara berkala untuk mengetahui bila terjadi kerusakan pada kabel atau peralatan listrik misalnya isolasi yang terbuka pada sambungan. bila memungkinkan gantilah seluruh jalur instalasi setiap lima tahuin sekali.

6. Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya.

7. Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik, matikan segera listrik dari KWH meter. Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air bila masih ada arus listrik.

8. Bila membutuhkan sambungan listrik baru daftarlah secara legal ke PLN, jangan menyantol dari sumber yang illegal.

Perlu diketahui bahwa hubungan arus pendek atau korsleting adalah kontak langsung antara kabel positif dan negatif yang biasanya dibarengi dengan percikan bunga api, dan bunga api inilah yang memicu kebakaran. PLN telah memasang MCB yang terpadu dengan kWh dan OA Kast yang berfungsi sebagai pembatas bila pemakaian beban melebihi kapasitas daya sekaligus sebagai pengaman bila terjadi hubungan arus pendek.
Read More
Tips Menghilangkan/Membersihkan Pelitur Pada kayu

Tips Menghilangkan/Membersihkan Pelitur Pada kayu

Bagi anda yang akan mengecat ulang atau akan memperbaharui warna mebel terutama yang terbuat dari kayu tentu harus membersihkan dulu lapisan cat/pelitur pada kayu tersebut agar lapisan pelitur yang baru menempel dengan baik.

Ada sebagian orang membersihkan lapisan pelitur tersebut dengan mengampelasnya, tapi cara tersebut kurang efektif karena bukan saja laisan peliturnya yang hilang tetapi bagian terluar dari kayupun terkikis sehingga akan mengurangi keindahan kayu.

Sebenarnya ada cara yang lebih efektif untuk menghilangkan pelitur pada kayu, seperti pada lemari, kursi dan lain-lain, cara yang baik untuk menghilangkan/membersihkan Pelitur yang melekat pada mebel, yaitu dengan melarutkan Caustic Soda kedalam Air.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 250 gram Caustic Soda
  • 350 cc Air Bersih
Alat yang dipergunakan :
  • Ember Plastik dan Kayu.
Cara membersihkan:
  1. Campurkan 250 gram Caustic Soda dengan 350 cc Air Bersih kemudian sapukan berkali-kali pada lapisan terluar dari mebel kayu Anda.
  2. Diamkan beberapa saat sampai pelitur luntur dengan sendirinya.
  3. Setelah Pelitur luntur, bersihkan dengan Air biasa sampai bersih.
Read More
Cara Mencuci Botol dan Dot Bayi

Cara Mencuci Botol dan Dot Bayi

Botol dan Dot Bayi
Botol dan dot yang digunakan untuk susu bayi sangat rentan menjadi faktor penyebab sakit pada bayi. Salah satu yang paling umum diderita adalah diare yang disebabkan oleh kuman atau virus yang disebarkan oleh botol dan dot yang tidak dicuci dan disterilisasi dengan benar.

Botol dan dot akan menjadi alat perantara penyakit, karena lewat peralatan yang kurang bersih, kuman dan virus dapat masuk ke tubuh bayi.

Jadi bila para orang tua yang terbiasa memberi cucu formula untuk bayinya alangkah baiknya dicuci dan disterilisasi dengan baik, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Cara mencuci:

  1. Sebelum anda mencuci botol dan dot bayi cucilah tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik.
  2. Kemudian cuci botol beserta dot dengan air mengalir menggunakan sabun khusus untuk botol bayi . 
  3. Bersihkan bagian-bagian yang sulit dibersihkan menggunakan sikat botol.
  4. Terakhir bilas botol dan dot dalam air yang mengalir.

Cara sterilisasi:

  1. Siapkan air dalam panci kemudian taruh di atas kompor yang menyala.
  2. Masukkan botol dan dot ke dalam panci tersebut sampai terendam.
  3. Tutup panci dan tunggu selama 5-10 menit. Lalu segera matikan apinya.
  4. Biarkan botol dan dot dalam panci yang tertutup rapat sampai anda menggunakannya.
  5. Bila akan mengambil botol dan dot cucilah tangan dengan sabun antiseptik.

Bila terdapat banyak botol yang direbus, maka setelah terendam air panas, letakkan botol dengan posisi terbalik sehingga air menetes, lalu simpanlah dalam wadah bersih dan tertutup rapat.

Perhatian: Usahakan untuk berada tidak jauh dari botol yang sedang direbus, karena bila anda lupa dan terlalu lama merebus maka botol dan dot akan hangus dan meleleh.
Read More
Cara Mengusir Lalat Rumah

Cara Mengusir Lalat Rumah

lalat
Bagi sebagian orang kehadiran lalat sangat mengganggu dalam aktifitas kita sehari-hari terlebih di rumah, Perlu diketahui bahwa lalat datang bukan tanpa sengaja, mereka datang karena undangan, undangan tersebut berkaitan dengan adanya aroma dari makanan yang mereka sukai.

Menurut penelitian, lalat dapat mengenali bau dari jarak yang sangat jauh meski tersembunyi. Apabila kita memiliki jenis makanan yang berbau tajam maka lalat akan datang dengan sendirinya, misalnya saja sisa makanan, bangkai hewan, dan lain sebagainya.

Lalat yang menghampiri makanannya bertujuan untuk mencari makan, selain itu lalat juga akan bertelur yang kemudian menjadi larva untuk selanjutnya bermetamorfosis menjadi lalat dewasa.

Banyak cara yang dipercayai dapat mengusir lalat di rumah, antara lain dengan menggantung air dalam kantong plastik, hal tersebut bertujuan membuat ilusi penglihatan pada lalat agar menjauh. Tetapi menurut Saya hal tersebut kurang efektif karena masih saja ada lalat yang bertandang.

Ada salah satu cara yang cukup efektif untuk mengusir lalat ini, yakni dengan mengambil beberapa buah cengkih kering, lalu rendam dalam wadah kecil. Taruh di beberapa tempat lalu biarkan beberapa saat, air rendaman akan berubah warna menjadi coklat, aroma cengkih akan menyebar dan membuat lalat enggan mendekat.

Cara mencegah lalat datang ke rumah:

  1. Menyimpan sampah dalam wadah tertutup, sehingga tidak dimasuki lalat.
  2. Usahakan selalu menutup wadah makanan dengan rapat.
  3. Selalu membersihkan sisa-sisa makanan yang tercecer.
  4. Apabila ditemukan bangkai hewan seperti tikus, cicak dan lain-lain, segera kubur dalam tanah.
  5. Biasakan hidup bersih dengan selalu menjaga kebersihan rumah.
Read More
Cara Membersihkan Mesin Cuci

Cara Membersihkan Mesin Cuci

mesin cuci
Sebagai alat pencuci, maka Perawatan yang baik akan menghasilkan hasil cuci yang bersih. Coba saja lihat mesin cuci anda yang hanya dipakai untuk mencuci dan mencuci tanpa dibersihkan, maka setiap anda mencuci pakaian akan terlihat kotoran atau noda asing yang ada pada pakaian yang sebelumnya tidak ada.

Noda tersebut adalah kotoran yang ada pada dalam/dinding mesin cuci anda dan menempel pada pakaian.

Untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada pakaian anda maka sebaiknya bersihkanlah mesin dengan cara sebagai berikut:
  1. Sebelum dan sesudah mencuci bersihkanlah dinding bagian dalam mesin cuci dengan kain atau spon lembut yang agak basah, kemudian keringkan dengan lap kering.
  2. Lakukanlah pembersihan seminggu sekali dengan cara mengisi mesin cuci dengan air bersih (tanpa memasukkan apapun selain air), lalu nyalakan mesin seperti anda sedang menggunakannya untuk mencuci, kemudian buanglah air tersebut, laukan hal ini beberapa kali.
  3. Setiap satu bulan sekali bersihkanlah dengan memakai air ditambah bahan pembersih mesin cuci yang banyak dijual di pasaran, caranya adalah dengan mengisi air dan memasukkan bahan pembersih tersebut ke dalam mesin cuci (bila terdapat tempat khusus untuk memasukkan deterjen pada mesin cuci anda, gunakanlah tempat tersebut untuk memasukkan bahan pembersih).
  4. Setelah diisi air, Nyalakanlah mesin cuci tanpa memasukkan pakaian, lakukan beberapa kali agar kotoran yang melekat pada bagian dalam mesin cuci terlepas.
  5. Buanglah air tersebut lalu ganti dengan air baru yang bersih, lalu mesin dinyalakan kembali.
  6. Air bilasan terakhir dibuang, dan mesin cuci andapun telah siap digunakan kembali.
Read More