SEJARAH MIXER

SEJARAH MIXER

Mixer adalah sebuah alat dapur yang digunakan untuk mencampur, mengocok, dan menghancurkan bahan makanan. alat ini datang dalam dua variasi utama yaitu mixer tangan dan mixer berdiri.

Tahun 1908 seorang insinyur bernama Herbert Johnson yang bekerja di Perusahaan Manufaktur Hobart menciptakan sebuah mixer listrik yang dapat berdiri. Inspirasinya datang setelah dia mengamati sebuah adonan roti yang diaduk menggunakan sendok logam, lalu dia mulai mencoba membuat mixer dengan dibantu rekan mekaniknya. Tujuh tahun kemudian yanitu  tahun 1915 dia berhasil membuat mixer yang mampu mengaduk adona sebanyak 80-liter, dan pada waktu itu alat tersebut sudah menjadi alat standar untuk perusahaann pembuat roti berskala sedang.. Pada tahun 1919 Hobart Mixer diperkenalkan  The kitchenAid Food Preparer(stand mixer) untuk rumah.

Mixer berdiri ditemukan Pada tahun 1908 oleh insinyur Herbert Johnson,  dia mengamati adonan roti yang diaduk menggunakan sendok logam kemudian dia mulai melakukan percobaan dengan secara mekanik. Pada tahun 1915  Hobart mixer 80-liter adalah salah satu perlengkapan standar pada semua kapal Angkatan Laut Amerika Serikat, serta di banyak toko roti komersial.

Sebelum intervensi Perang Dunia I  Hobart telah terjun ke pasar perumahan, tetapi pada tahun 1918 perusahaan eksekutif yang sedang menguji model dalam rumah mereka mengatakan: "Saya tidak peduli Anda menyebutnya apa," memiliki salah satu legenda  dari pasangan eksekutif , "yang aku tahu adalah itu alat bantu dapur terbaik yang pernah kumiliki."

Pada tahun-tahun awal penjualan mixer KitchenAid mengalami penurunan. Untuk mengatasi hal tersebut Hobart membentuk tim penjualan langsung dengan memperkerjakan wanita-wanita yang datang dari pintu ke pintu untuk menawarkan dan mendemonstrasikan alat tersebut. Dengan dibuatnya juicer jeruk dan ditambah penggiling makanan pada tahun 1919, mixer KitchenAid berada di jalan dan menjadi alat serbaguna yang dinamakan "alat persiapan makanan".

KitchenAid mungkin telah terlebih dahulu ditemukan dan dipasarkan tetapi penerimaan yang meluas dari mixer listrik berdiri sebenarnya milik sebuah alat yang lebih populer yaitu Mixmaster Sunbeam yang diciptakan oleh Ivar itu Jepson. Dijual lebih murah dari harga KitchenAid ini (pada awal 1930-an, itu ritel untuk $ 18,25, sekitar $ 240 pada tahun 2002 dolar), Mixmaster dapat tenar selama enam tahun semenjak diperkenalkan tahun 1930 sampai pada puncak Depresi ekonomi dunia  perusahaan itu telah mampu menjual 300.000 MixMasters per tahun.



Tonggak sejarah: 

Th 1908 Ir. Herbert Johnson  menciptakan sebuah mixer berdiri untuk mencampur adonan roti
Th 1915 Perusahaan Hobart Mfg  dari Troy, Ohio menjual mixer profesional dengan kapasitas 80 liter
Th 1919 Hobart (sekarang disebut KitchenAid) menjual "preparer food" (mixer berdiri ) untuk rumah
Th 1930 Sunbeam Mixmaster memperkenalkan dan menjual KitchenAid dengan harga yang lebih murah
Th 1936 desainer Egmont Ahrens memperkecil ukuran  mixer KitchenAid menjadi lebih ringan
Th 1952 Sunbeam mengeluarkan Mixmaster genggam yang pertama.

Sunbeam mengeluarkan Mixmaster genggam pertama pada tahun 1952. Meskipun mixer KitchenAid berdiri adalah pemimpin pasar saat ini, Mixmaster Sunbeam tetap menjadi pesaing yang layak.

Telah diterjemahkan dan disunting pada tanggal 30/03/2013 dari ideafinder.com
Read More
TIPS MERAWAT ALAT DAPUR

TIPS MERAWAT ALAT DAPUR

Peralatan dapur yang hampir setiap hari dipakai  sudah seharusnya dirawat dengan baik agar peralatan tersebut dapat berumur panjang dan dalam kondisi yang siap pakai kapan saja pada saat kita akan memerlukannya, jangan sampai ketika kita akan menggunakanya ternyata peralatan tersebut rusak atau berkurang kualitasnya hanya karena kita kurang baik dalam merawatnya.

Untuk mempermudah dalam menjelaskannya maka Saya membagi peralatan dapur yang kita miliki menjadi beberapa macam menurut bahan pembuatnya yaitu: Kayu/bambu, plastik, kaca, plastik/melamin, kaca, dan logam. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.


Tips merawat alat dapur yang terbuat dari bahan kayu atau bambu,

Alat dapur jenis ini biasanya alat dapur tradisional yang hanya ada di dapur-dapur tradisional yang ada di kampung-kampung, meskipun ada yang menggunakannya di kota maka jumlahnya sedikit karena sudah tergamtikan dengan peralatan dapur yang terbuat dari plastik atau yang lebih modern.  contoh: Talenan(landasan untuk memotong bahan makanan), centong nasi,  saringan, tampah, dan lain-lain.

Untuk merawat jenis peralatah ini tidaklah terlalu sulit, kita cukup menjaga peralatan tersebut agar selalu dalam keadaan bersih dari sisa-sisa bahan makanan dan kering saat disimpan. caranya adalah dengan mencucinya dengan sabun pencuci piring ayang mengandung aroma jeruk atau lemon lalu dibilas dengan air bersih dan dikeringkan, Khusus untuk talenan yang sering berhubungan dengan daging atau ikan cara merawatnya adalah dengan melumurinya dengan minyak goreng pada permukaan yang terdapat sisa-sisa daging atau ikan yang menempel lalu direndam dengan air panas, setelah itu maka talenan dapat dicuci dengan menggunakan sabun pencuci piring, lalu dibilas dan dijemur atau dilap sampai kering.


Tips merawat alat dapur yang terbuat dari bahan plastik dan melamin

Untuk alat dapur yang berbahan palstik dan melamin memang agak susah untuk menghilangkan bau tertentu, lemak, atau minyak yang menempel meskipun kita sudah mencucinya berulang-ulang  menggunakan air perasann jeruk mipis atau sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon, Tetapi Saya pernah mencoba dengan metoda sederhana yang sangat mudah dilakukan untuk mengilangkan bau pada peralatan dapur yang terbuat dari plastik, caranya adalah dengan merendam wadah plastik tersebut dengan air panas selama 15 sampai 30 menit agar semua lemak atau minyak yang melekat dapat terlepas, setelah itu barulah dicuci dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon kemudian dibilas dan dikeringkan.

Untuk yang berbahan melamin cara merawatnya hampir sama dengan alat dapur yang terbuat dari plastik, hanya saja terdapat dua hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Saat mencuci gunakanlah spon yang lembut, karena bila menggunakan spon yang kasar akan mengikis dan menggores lapisan terluar dari alat dapur tersebut, warna melamin akan memudar dan lama-lama warna atau gambar akan hilang.
  • Pakailah peralatan dapur yang terbuat dari bahan melamin hanya untuk bahan makanan yang bersuhu rendah/dingin. janganlah memasukkan bahan makaan atau minuman yang masih dalam keadaan panas karena bahan melamin mudah terlepas dan bercampur dengan bahan makanan atau minuman yang panas tersebut, melamin yang masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang banyak dan terus menerus dicurigai akan memicu penyebab tumbuhnya kangker di dalam tubuh.

Tips merawat alat dapur yang terbuat dari bahan kaca

Bahan kaca sangat mudah untuk dibersihkan, karena setiap noda atau kotoran yang menempel tidak akan lama melekat kuat, proses pencucianpun sangatlah mudah kita tinggal merendam dalam air lalu dicuci dengan sabun pencuci piring dan dibilas maka peralatan tersebut menjadi bersih kembali. 

Yang perlu diperhatikan adalah pada penyimpanannya, bahan kaca sangatlah mudah pecah bila terbentur benda keras atau terjatuh pada benda keras, maka jagalah barang-barang tersebut agar terhindar dari hal-hal di atas. pakailah bantalah bila disimpan secara bertumpuk atau bungkuslah dengan kertas kardus agar tidak pecah saat terbentur dengan benda lain atau dengan bahan yang sejenis.


Tips merawat alat dapur yang terbuat dari bahan logam

Logam yang banyak digunakan sebagai bahan pembuat peralatan dapur adalah: alumunium, tembaga, besi, dan stainless still.Untuk merawatnya sangat mudah yaitu dengan cara:
  • Untuk mencegah lengketnya bahan makanan ke peralatan seperti panci maka rebuslah air yang telah dicampur cuka memakai panci tersebut selama beberapa menit, setelah itu barulah panci dapat dipakai untuk memasak.
  • Untuk membersihkan karat atau noda hitam, bersihkanlah dengan minyak tanah, setelah bersih cucilah dengan sabun colek agar bau minyak tanahnya hilang, kemudian dapat dilakukan pencucian seperti biasa menggunakan air dan sabun pencuci piring. Apabial tidak tersedia sabun pencuci piring maka kita dapat menggunakan air dari perasan jeruk mipis atau bila perlu tambahkan sedikit asam jawa sebagai penggantinya,  dengan demikian maka perabotan dapur yang terbuat dari logam akan kembali bersih dan mengkilap seperti baru.
Untuk yang berbahan logam alumunium dan stainless still: setiap selesai dicusi keringkanlah dengan lap yang dapat menyerap air dengan baik agar sisa-sisa percikan air yang menempel hilang, karena sisa percikan air yang menempel pada logam alumunium dan stainless still apabila tidak dilap akan menguap dan meninggalkan bekas berupa bercak.


Tips merawat alat dapur yang dilapisi dengan bahan anti lengket

Peralatan yang dilapisi dengan bahan anti lengket adalah: panci, wajan, pamci penanak nasi listrik dan lain-lain. hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Saat membersihkan gunakanlah spon yang benar-benar lembut , janganlah memakai spon kasar atau sikat kawat karena benda tersebut dapat mengikis lapisan anti lengketnya.
  • Janganlah merendam alat dapur yang mengandung lapisan anti lengket dengan air dingin saat alat tersebut masih dalam keadaan panas, karena kemungkinan laipsan anti lengket tersebut menjadi rusak dan terkelupas.
  • Khusus untuk panci alat penanak nasi listrik janganlah dilpakai untuk mencuci beras karena akan mengikis lapisan anti lengketnya
Read More
CARA MEMPERBAIKI MIXER

CARA MEMPERBAIKI MIXER

Pada posting kali ini Saya akan mencoba berbagi tentang cara memperbaiki mixer, mixer yang Saya maksud di sini adalah alat untuk mencampur, mengaduk atau memixing adonan kue atau sejenisnya yang biasa digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga di dapur mereka dan pada penggunaannya hanyalah untuk keperluan sendiri, tapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk industri rumah tangga berskala kecil.

Prinsip kerja mixer hampir sama dengan cara kerja alat elektronik yang lainnya, misalnya blender atau kipas angin, yaitu mengubah energi listrik menjadi energi mekanis/gerak, arus listrik yang mengalir dari stopkontak ke kabel penghubung akan diteruskan ke sakelar pemilih kecepatan lalu lilitan motor penggerak. sebelum kita melangkah pada bahasan inti yaitu cara memperbaiki mixer alangkah lebih baiknya bila kita mengetahui dulu bagian-bagian dari mixer agar lebih mudah dalam proses perbaikan.


Bagian-bagian mixer(bagian luar):
  • Kabel penghubung ke stopkontak listrik
  • Tombol pengatur kecepatan motor listrik
  • Alat pengaduk , berupa dua buah batang besi yang ujungnya berbentuk spiral atau plat saling silang yang menguncup ke atas.
Bagian-bagian mixer (bagian dalam):
  • Motor penggerak
  • Kapasitor bank
  • Sakelar/swich pengatur kecepatan motor
Kerusakan yang umum terjadi pada mixer
  • Mati total
  • Putaran motor lambat atau
  • Putaran motor tersendat-sendat

Cara memperbaiki:

Mixer mati total,
Pada keluhan seperti ini terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya, diantaranya yaitu: Kabel penghubung putus dan Motor penggerak putus atau terbakar, Untuk mengetahui kerusakannya maka harus dilakukan pengecekan berurut yaitu:
  1. Kabel penghubung listrik ke stopkontak, lihatlah secara fisik apakah ada dari kabel tersebut yang putus? biasanya kabel penghubung ini putus karena gigitan tikus atau terhimpit benda dengan beban yang berat sehingga kabel menjadi hancur, maka saat tertarik akan putus.
  2. Apabila kabel dalam keadaan baik maka pemeriksaan dapat dilanjutkan dengan melihat komponen yang ada di dalam badan mixer, untuk dapat melihat isi yang ada di dalam mixer maka kita harus membuka semua skrup yang ada di luar badan menggunakan obeng plus. Kemudian setelah itu periksalah apakah ada kabel yang terputus atau tidak? selain putus mungkin saja ada kabel yang kurang kencang terpasang pada terminalnya
  3. Motor penggerak, lihatlah apakah kondisi lilitan pada motor penggerak terlihat wajar atau terlihat hitam hangus seperti bekas terbakar dan terc1um bau seperti tesudah terbakar? pada kondisi seperti itu biasanya lilitan pada motor terputus karena panas yang melebihi kekuatan kawat lilitan, tapi untuk lebih yakin maka diperlukan pemeriksaan/pengukuran menggunakan AVO meter, lepaskanlah kabel yang menempel pada motor penggerak kemudian ukurlah kedua ujung lilitan motor pemggerak menggunakan AVOmeter dengan memindahkan posisi swich pada R X 1 kilo ohm, tempelkan kedua ujung dari probe AVO ke kedua ujung lilitan motor, bila jarum penunjuk pada AVO meter bergerak ke arah kanan dan diam pada skala 0-3 maka kemungkinan motor masih bagus, tapi bila jarum penunjuk pada AVOmeter diam /tidak bergerak maka kemungkinan besar lilitan pada motor penggerak terputus maka dengan demikian harus harus dililit ulang atau diganti dengan motor yang baru.
Putaran motor lambat atau tersendat-sendat
Untuk mixer dengan putaran tersendat-sendat atau putarannya pelan maka kemungkinan penyebabnya adalah carbon brush sudah tipis (komponen penghubung listrik dari kabel penghubung ke putaran motor), dengan menipisnya carbon brush maka listrik yang mengalir ke lilitan motor berada pada keadaan terhubung dan tidak terhubung atau banyak yang menyebut keadaan tersebut dengan "ngefong", untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan mengganti carbon brush yang sudah tipis dengan yang baru 

Terdapat ukuran yang berbeda-beda karbon brush yang ada di pasaran karena itu pastikan anda membawa contoh carbon brush beserta dudukannya ke toko yang menjual alat-alat elektronik, apabila tidak menemukan ukuran yang sama maka belilah carbon brush yang ukurannya lebih besar sedikit dari ukuran yang asli, karena kita masih dapat mengatasinya yaitu dengan cara mengikir atau mengampelasnya sampai mendapatkan ukuran yang mirip dengan ukuran yang asli.

Apabila pada carbon brush tidak ada masalah kemungkinan yang lainnya adalah kapasitor bank yang sudah rusak, untuk mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru, dengan demikia maka putaran motor penggerak akan kembali normal.
Read More
TIPS MERAWAT MIXER

TIPS MERAWAT MIXER

Mixer yang akan Saya jelaskan di sini adalah alat elektronik rumah tangga yang digunakan untuk mencampur atau mengaduk suatu adonan kue  atau telur dalam sebuah wadah yang digunakan oleh kebanyakan ibu rumah tangga di dapur. Alat ini bekerja dengan cara memutar adonan melalui pemutar yang digerakkan oleh motor listrik dengan tombol pemilih kecepatan motor agar bekerja sesuai dengan kebutuhan pemakainya.

Dengan adanya alat yang bernama mixer ini akan mempermudah pengerjaan pembuatan bahan makanan, tidak seperti dahulu untuk mencampur adonan maka kita menggunakan alat manual berupa kawat spiral yang dipasang pada sebatang kayu sebagai pegangan tangan, dengan menggunakan alat manual tersebut cukup membuat lelah karena tangan kita terus bergerak untuk mendapatkan hasil adonan yang baik, selain itu waktu yang dibutuhkan untuk mencampur adonan menjadi semakin lama. Dengan menggunakan mixer ini kita dapat mengaduk adonan secara otomatis, sementara itu dengan waktu yang bersamaan dapat mengerjakan pekerjaan yang lain tanpa terganggu oleh proses mixing adonan.

Sebelum kita bahas bagaimana cara merawat mixer alangkah lebih baiknya kita tahu dulu bagaimana cara menggunakan mixer:

  1. Pastikan tegangan/Voltase yang dibutuhkan Mixer sesuai dengan tegangan/voltase listrik di rumah, misalnya di Indonesia menggunakan tegangan listrik 220 volt maka saat kita membeli mixer haruslah yang bertegangan 220 volt.
  2. Masukkan pemutar adonan ke dalam lubang/tempat yang tersedia di bawah alat.
  3. Siapkan adonan yang akan dicampurkan lalu masukkan pemutar ke dalam adonan.
  4. Masukkan kabel penghubung listrik mixer anda ke stopkontak lalu nyalakan mixer dengan memindahkan posisi saklar pemilih kecepatan motor ke posisi 1 atau 2.
  5. Bila putaran mixer dirasa masih terlalu lambat untuk mengaduk adonan maka boleh memindahkan sakelar pemilih kecepatan motor ke posisi 3.
  6. Setelah adonan selesai diaduk maka lepaskan pemutar adonan dengan menekan tuas pendorong, lalu cucilah pemutar adonan sampai bersih

Tips merawat mixer:
  • Apabila mixer sedang tidak digunakan maka cabutlah kabel penghubung listrik dari stopkontak.
  • Janganlah terlalu lama memakai mixer untuk mengaduk suatu adonan, apabila suatu adonan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka berilah jeda beberapa menit pada mixer agar motor penggerak tidak terlalu panas, hal ini berguna untuk mencegah panas berlebih pada motor listrik yang dapat mengakibatkan terbakarnya lilitan motor. Bila perlu berilah waktu minimal 15 menit untuk mixer memulihkan tenaganya.
  • Setelah mixer selesai digunakan maka bersihkan badan mixer dengan menggunakan kain lembab yang lembut, bersihkanlah pemutar adonan dengan air yang telah dicampur dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon agar bau adonan hilang.
  • jagalah agar badan mixer tidak terjatuh atau terbanting, karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponan di dalamnya.
  • Simpanlah di tempat aman yang jauh dari jangkauan anak-anak, serangan tikus dan kecoa yang akan merusak kabel penghubung dan komponen di dalam mixer.
  • Bersihkan seluruh peralatan mixer dari sisa-sisa adonan yang menempel setelah pemakaian dengan menggunakann kain yang lembut dan halus, janganlah menggunakan kertas pembersih atau ampelas karena dapat merusak atau mengikis permukaan peralatan mixer.
  • Bersihkan dan lumasilah bagian bantalan dan roda gigi dengan menetesinya menggunakan minyak pelumas yang berguna untuk memperlancar gerakan mixer. 
  • Bukalah penjepit roda gigi lalu bersihkan dan lumasi dengan pelumas berbahan silikon secara berkala setiap setahun sekali. 
Read More
TIPS MERAWAT PENDINGIN RUANGAN (AIR CONDITIONER/AC)

TIPS MERAWAT PENDINGIN RUANGAN (AIR CONDITIONER/AC)

Ac luar ruangan
Penggunaan alat pendingin ruangan atau yang disebut dengan Air Conditioner (AC) sudah menjadi salah satu kebutuhan di sebagian masyarakat yang menginginkan ruangannya tetap dalam keadaan sejuk, terutama di kota-kota besar yang bersuhu tinggi.

Agar pendingin ruangan dapat bekerja dengan baik diperlukan suatu perawatan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemliknya, perawatan tersebut berguna untuk memjaga agar AC panjang umur dan maksimal dalam mendinginkan ruangan.


Beberapa perawatan yang dapat dilakukan pada AC di rumah diantaranya yaitu:

1. Saat sedang menyalakan AC tutuplah semua pintu dan jendela agar proses pendinginan ruangan dapat berjalan dengan maksimal, selain itu bermanfaat juga untuk mengirit pemakaian listrik.

2. Janganlah menyalakan api atau asap di dalam ruangan yang AC-nya sedang dinyalakan karena selain membuat kerja AC semakin berat juga asap tersebut dapat diserap oleh AC kemudian disebarkan ke seluruh ruangan yang dapat meracuni seluruh penghuini rumah.

3. Bersihkanlah badan AC yang terletak di dalam ruangan dengan menggunakan kain lembut yang lembab minimal seminggu dua kali atau tergantung kondisi, apabila sudah terlihat kotor maka harus cepat-cepat dibersihkan, jangan dibersihkan dengan cairan yang berbau tajam seperti 4lk0h0l, spiritus, atau thiner, karena dapat merusak lapisan terluar badan AC.

4. Bersihkanlah secara berkala minimal satu bulan sekali saringan yang ada di dalam badan AC bagian depan dengan cara:

  • Untuk menghindari tersengant listrik sebaiknya matikan dulu  lisrtik di rumah.
  • Bukalah penutup yang berada di bagian depan dengan cara mencongkelnya menggunakan kedua ujung jari yang diletakkan di kedua sisi AC.
  • Setelah penutupnya terlepas maka akan terlihat saringan yang ada di dalamnya, umumnya terdapat dua buah saringan yang terletak di kiri dan kanan.
  • tariklah saringan tersebut ke arah bawah dengan hati-hati agar debu yang menempel pada saringan tidak bertebaran ke mana-mana.
  • Setelah saringan terlepas maka tahapan selanjutnya adalah membersihkan debu yang menempel pada saringan, caranya adalah dengan menyedotnya menggunakan Vacuum cleaner, namun bila tidak ada vacuum cleaner anda dapt membersihkan debu tersebut menggunakan kuas.
  • Apabila saringan sudah bersih maka dapat dipasang kembali ke tempat semula,
  • Sebelum penutupnya dipasang kembali bersihkanlah debu-debu yang menempel di sekitar tempat saringan.
5. Gantilah saringan yang yang terbuat dari baja nano titanium setiap setahun sekali, proses pengerjaan ini harus dilakukan oleh yang ahli karena bila kurang hati-hati maka nano titanium ini akan rusak.

6. Bagian  AC yang berada di luar ruangan memang dibuat untuk tahan berada di ruang terbuka, namun tetap saja sebagian komponennya yang terbuat dari besi akan karat dan patah dimakan waktu, oleh sebab itu maka sebaiknya bagian ini terlindungi oleh panas dan hujan, selain itu bagian ini harus bersih dari dedaunan yang menutupinya yang dapat menghambat kerja AC dalam mendinginkan ruangan.

7. Lihatlah sesekali saluran pembuangan air dari AC apakh alirannya lancar atau tidak.

8. Aturlah suhu AC agar sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai mengatur suhu ruangan dengan sangat dingin yang dapat mengganggu kesehatan penghuninya.

9. Janganlah menyalakan AC secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama tanpa mematikannya, matikanlah AC lalu bukalah seluruh pintu dan jendela agar terjadi pertukaran/sirkulasi udara sehingga udara di dalam menjadi segar kembali.

10. Matikan AC bila ada salah satu anggota keluarga sedang sakit karena AC dapat berperan dalam menyebarkan virus ataupun bakteri ke seluruh ruangan.

11. Bila terjadi sesuatu hal yang tidak biasa pada AC anda seperti tidak dingin, menetesnya air dari badan AC yang ada di dalam ruangan, maka cepatlah hubungi tukang servis AC untuk memperbaikinya dan jangan dulu menyalakan AC.

12. jagalah dengan baik-baik remote control AC jangan sampai rusak karena terjatuh atau terbanting, gantilah batu batre yang sudah habis strumnya dengan yang baru.

14. Matikanlah AC dengan mencabut kabel penghubung ke listrik di rumah apabila anda akan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama.   
Read More
SEJARAH PENDINGIN RUANGAN (AIR CONDITIONER / AC)

SEJARAH PENDINGIN RUANGAN (AIR CONDITIONER / AC)

gambar AC outdoor

Konsep dasar  AC ternyata telah diketahui dan diterapkan di Mesir kuno sejak ribuan tahun yang lalu, sebuah buluh digantung di jendela dan dibasahi dengan air. Air yang menguap akan didinginkan oleh udara yang bertiup melalui jendela, meskipun dalam proses ini membuat udara menjadi lebih lembab tetapi  bermanfaat dalam iklim gurun yang kering.

Di Roma Kuno air dari saluran air disirkulasikan melalui dinding rumah untuk didinginkan. Teknik lain dalam abad pertengahan adalah oleh orang Persia yang menggunakan  sumur dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas.

AC modern muncul dari kemajuan ilmu kimia selama abad ke-19, dan pendingin udara listrik berskala besar pertama diciptakan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Haviland Willis . Pengenalan AC perumahan pada tahun 1920 membantu migrasi besar ke Sun Belt di AS.

Pasa abad ke-2 penemu dari China Ding Huan ( fl 180) dari Dinasti Han menciptakan fan putar untuk AC, dengan didukung oleh tujuh roda manual dengan diameter 3 m (9,8 ft). Pada tahun 747 Kaisar Xuanzong (r. 712-762) dari Dinasti Tang (618-907) memiliki ruangan Aula dingin (Liang Tian) yang dibangun di istana kekaisaran Yulin Tang yang memiliki roda kipas bertenaga air untuk AC serta meningkatnya aliran jet air dari air mancur.

Pada abad ke-17 Cornelis Drebbel menunjukkan sebuah alat  "pengubah musim panas ke musim dingin" untuk James I dari Inggris dengan menambahkan garam ke air.
Pada 1758 Benjamin Franklin dan John Hadley adalah seorang profesor kimia di Universitas Cambridge , melakukan percobaan untuk menjelajahi prinsip penguapan sebagai sarana untuk mempercepat dinginnya sebuah objek. Franklin dan Hadley menegaskan bahwa penguapan cairan yang sangat mudah menguap seperti 4lk0h0ldan eter dapat digunakan untuk menurunkan suhu suatu benda melewati titik beku air. Mereka melakukan percobaannya dengan menggunakan termometer bohlam merkuri sebagai obyek mereka dan dengan menggunakan lenguh untuk "mempercepat" penguapan, mereka menurunkan suhu bola termometer ke -14 ° C (7 ° F) sedangkan suhu ambien adalah 18 ° C (64 ° F). Franklin mencatat bahwa, setelah melewati titik beku air 0 ° C (32 ° F)akan membentuk sebuah es tipis pada permukaan bola termometer dan tebal massa es sekitar seperempat incil, ketika mereka berhenti melakukan percobaan ternyata suhu sudah mencapai -14 ° C (7 ° F). Franklin menyimpulkan, "Dari percobaan ini orang dapat melihat kemungkinan pembekuan seorang pria mati pada hari musim panas yang hangat"

Pada tahun 1820 ilmuwan Inggris dan penemu Michael Faraday menemukan bahwa mengompresi dan mencairkan amonia bisa terjadi saat amonia menguap. Pada tahun 1842 Dokter Florida John Gorrie menggunakan teknologi kompresor untuk membuat es yang ia digunakan untuk mendinginkan udara untuk pasien rumah sakit di Apalachicola Florida.  Ia berharap pada akhirnya dapat menggunakan mesin pembuat es untuk mengatur suhu suatu bangunan . Dia bahkan membayangkan sebuah AC yang bisa mendinginkan seluruh kota. Meskipun prototipe nya bocor dan dilakukan tidak teratur, Gorrie diberikan hak paten pada tahun 1851 untuk mesin pembuat esnya. Harapannya untuk mewujudkan cita-citanya tersebut kandas setelah  penyokong keuangannya meninggal dunia; Gorrie tidak mendapatkan uang yang dibutuhkan untuk mengembangkan mesin. Menurut penulis biografinya Vivian M. Sherlock, ia menyalahkan "Raja Es"  Frederic Tudor, dia mencurigai bahwa Tudor telah memfitnah terhadap "Dr Gorrie yang meninggal miskin pada tahun 1855, dan gagasan AC memudar selama 50 tahun."

James Harrison 's mekanis pertama "mesin pembuat es" mulai beroperasi pada tahun 1851 di tepi Sungai Barwon di Rocky Point di Geelong (Australia).  Mesin pembuat es komersial pertama dibuat pada 1854 dan patennya untuk sistem uap-kompresi eter refrigerasi diberikan pada tahun 1855. Sistem baru yang digunakan adalah kompresor pendingin akan mendorong gas  melewati kondensor untuk selanjutnya didinginkan dan dicairkan. Gas cair kemudian beredar melalui kumparan pendingin dan menguap lagi, sistem pendinginan di sekitarnya. Mesin ini menggunakan 5 m (16 ft) roda gila dan menghasilkan 3.000 kilogram (£ 6600) es per hari.


Pada abad ke-19 Dokter John Gorrie dari Florida memiliki kegiatan yang menghasilkan dengan melayani  pos setempat, pengusaha, notaris, dan petugas bank. Ketika malaria dan demam kuning menyapu daerah pada tahun 1841 ia menjatuhkan semua tanggung jawab lain untuk mencari obat. Ia percaya bahwa penyakit ini disebabkan oleh gas beracun yang dikeluarkan oleh vegetasi subtropis di udara, panas, lembab, sehingga Gorrie mengusulkan pertahanan dua tingkat:, yang pertama adalah dia meyakinkan penduduk setempat untuk mengisi rawa terdekat, untuk mencegah gas agar tidak mencapai kota . Dan kedua  ia berteori bahwa kamar pasien berpendingin akan mengurangi kelembaban dan dapat mengurangi demam dan membantu menjaga gas dari kontaminasi udara.

Pendingin ruangan adalah ide baru - es adalah  fenomena langka musim panas di Florida, dan hampir tidak tersedia di luar musim dingin, sehingga Gorrie tertantang untuk membuat sebuah mesin yang memproduksi es. Selama penelitian beberapa tahun ia merancang mesin bertenaga uap dengan kompresi udara dalam ruang kecil, kemudian tekanan dilepaskan yang memungkinkan udara untuk secara cepat mengembangkan dan menyerap panas dari air yang mengelilingi ruang kedap udara. Karena proses ini diulang dalam proses piston-driven, panas diekstraksi dari air, membuat es seperti yang didinginkan di bawah titik beku. Untuk mendinginkan sebuah ruangan kecil maka es ditempatkan dalam baskom yang ditangguhkan dari langit-langit dengan pipa di atas cekungan memanjang ke atas melalui langit-langit dan atap. udara ditetapkan disekitar es dingin untuk menciptakan cukup vakum untuk menarik udara luar dari pipa cerobong asap, dengan cara ini udara luar ditarik atas, tekanan panas akan naik dan memaksa mendinginkan udara ke dalam ruangan.

Gorrie dikontrak untuk bekerja di Iron Cincinnati untuk membangun prototipe penemuan cerdik, dan mengajukan patennya pada tanggal 27 Februari 1848. Ia menghabiskan tujuh tahun ke depan dan gagal untuk mencari pendukung keuangan untuk memproduksi mesin. Tentu saja dia salah tentang malaria, yang katanya akibat udara dingin padahal setelah diketahui ternyata penyebeb malaria adala nyamuk. Namun pendingin yang modern adalah keturunan dari prinsip-prinsip pertama kali yang digunakan oleh Gorrie, dan ia biasanya disebut sebagai penemu refrigerasi mekanik, pembuatan es, dan AC.
Read More
TIPS MERAWAT KAMAR/RUANG TIDUR

TIPS MERAWAT KAMAR/RUANG TIDUR

Tidur adalah suatu kegiatan istirahat tubuh setelah beraktivitas, apabila tidur kita baik, dalam artian tidur nyenyak dengan waktu yang cukup dan nyaman saat tidur maka dapat dipastikan ketika terbangun badan dan fikiran kita menjadi segar, maka dengan demikian akan mempengaruhi kualitas hidup
kita, kerja jadi semangat, di kantor tidak mengantuk dan daya ingat kita semakin kuat.

Segala manfaat dari tidur dapat kita peroleh apabila lamanya tidur terpenuhi dan tidak terganggu oleh hal-hal yang membuat kita terjaga dari tidur.Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas tidur kita adalah kondisi kamar tidur, seperti kehadiran nyamuk, terc1umnya bau yang tidak sedap dari peralatan tidur (kasur, bantal, guling, dan seprei), nyala lampu yang terlalu terang.

Agar tidur kita tidak terganggu oleh hal-hal seperti di atas maka sebaiknya dilakukan perawatan yang berkala pada kamar tidur kita seperti yang saya jelaskan di bawah ini:
  1. Ganti dan cucilah sprei beserta sarung bantal dan guling minimal seminggu sekali, cara mencucinya sama seperti mencuci pakaian pada umumnya.
  2. Jemurlah bantal, guiling, dan kasurminimal sebulan dua kali, apabila hari cerah(ada sinar matahari) penjemuran sebaiknya dilakukan sesering mungkin, hal ini bertujuan agar menjaga volume peralatan tersebut tetap mengembang dan kering karena kalau lembab akan menyebabkan tumbuhnya jamur selain itu agar terbebas dari bakteri dan tungau yang dapat menyebabkan penyakit pada tubuh kita.
  3. Janganlah menggantung/meletakkan  pakaian bekas di dalam kamar tidur karena keringat yang menempel pada pakaian akan mengundang nyamuk masuk ke dalam kamar selain itu bau yang menempel pada pakaian bekas pakai akan tercium saat kita di dalam kamar. Lebih baik menyimpan pakaian kotor pada wadah yang tertutup rapat.
  4. Untuk anda yang beragama Islam dan sering melakukan ibadah shalat di kamar tidur maka rawatlahrawatlah perlengkapan ibadah shalat anda agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat lembab karena sering terkena tetesan air wudu dan keringat. Jadi sering-seringlah menjemur atau mencuci perlengkapan shalat agar kondisinya selalu dalam keadaan kering/tidak lembab, karena kain yang lembab memungkinkan untuk tumbuhnya jamur yang dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  5. Mengantisipasi bau di kamar tidur dengan menggunakan pewangi ruangan tidak akan membantu mengusir bau secara terus menerus karena suatu saat pewangi tersebut  akan habis, bila pewangi sudah habis maka 
  6. baupun akan datang kembali, sebaiknya hilangkanlah bau dari sumbernya dulu, setelah itu baru dapat dipasang pewangi ruangan tersebut, misalnya yang menjadi sumber bau adalah sprei, maka maka cucilah sprei tersebut.
  7. Perlengkapan tidur lain yang tak kalah pentingnya dalam menciptakan bau yang tidak sedap adalah selimut, selimut sangat dekat sekali dengan tubuh kita pada saat digunakan untuk tidur sehingga sangant mudah ditempeli keringat yang dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap, oleh karena itu cucilah selimut menimal sebulan dua kali atau cucilah selimut bila sudah terc1um bau yang tidak sedap, cara mencuci selimut hampir sama dengan cara mencuci pakaian seperti umumnya, hanya saja saat dilakukan proses pembilasan perlu dilakukan berulang-ulang karena banyaknya buih yang terserap ke serat selimut. 
  8. Agar tidur kita nyenyak tidak terganggu oleh nyala lampu yang terlalu terang maka gunakanlah lampu yang redup saat tidur sehingga dapat membuat proses tidur dari terjaga sampai tidur pulas menjadi lebih cepat.
  9. Hal terakhir yang patut mendapat perhatian adalah sering-seringlah membuka jendela dan pintu kamar  tidur beserta membuka tirainya  terutama di pagi hari agar udara segar dapat masuk menggantikan udara kamar, dengan demikian udara di kamar akan selalu segar setiap hari.

Demikianlah posting Saya kali ini mengenai tips merawat kamar /ruang tidur semoga bermanfaat bagi kita semua.  
Read More
CARA MEMBERSIHKAN NODA KERAMIK, TOILET, LOGAM TEMBAGA

CARA MEMBERSIHKAN NODA KERAMIK, TOILET, LOGAM TEMBAGA

Cara membersihkan noda pada dinding keramik dan toilet kamar mandi

Kadang-kadang kita sering kesal bila tolilet dan keramik kamar mandi kotor oleh noda dari air sisa cucian dan sisa bekas sabun mandi  yang susah dibersihkan walaupun dengan bahan dan cara apapun namun tetap saja noda atau kotoran tersebut tidak dapat hilang. Mungkin noda yang membandel tersebut adalah akibat dari kita juga yang jarang membersihkan kamar mandi, padahal kalau kita merawatnya dengan rajin dan benar maka tidak akan ada noda membandel yang menempel (untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Saya yang berjudul: "tips merawat kamar mandi").

Sisa kotoran yang menempel pada dinding keramik ataupun toilet yang tidak segera dibersihkan akan menempel kuat pada permukaan keramik dan toilet. ada cara mudah untuk membersihkan noda tersebut yaitu dengan membuat bahan pembersih buatan sendiri di rumah yang bahan-bahannya ada si sekitar rumah, yaitu:

Bahan-bahan: 
  • Abu gosok (abu sisa pembakaran jerami batang padi)
  • sabun cuci piring
  • air 
Cara membuat:
Siapkan wadah berukuran sedang kemudian diisi dengan segenggam abu gosok, cairan pencuci piring, dan sedikit air lalu diaduk hingga semuanya bercamnpur dengan sempurna. Perlu diingat bahwa air yang ditambahkan sedikit saja jangan sampai terlalu banyak karena akan membuat encer bahan pembersih buatan.

Cara membersihkan:
  1. Ambillah sedikit bahan pembersih buatan memakai spon kasar lalu gosokkan ke permukaan tolilet atau kramik yang kotor dengan noda membandel.
  2. Bila bahan pembersih buatan pada spon telah habis tetapi noda belum hilang semua maka dapat ditambahkan lagi bahan pembersih buatan ke spon kasar untuk digosokkan lagi ke permukaan yang kotor.
  3. Untuk membersihkan noda yang membandel harus dilakukan penggosokkan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Cara membersihkan alat masak yang terbuat dari tembaga
Alat masak yang dimaksud di sini adalah alat masak tradisional yang yang biasa dimasak di atas tungku api yang berbahan bakar kayu bakar, contoh alat masak tersebut adalah dandang tradisional yang terbuat dari tembaga, tips ini Saya dapatkan dari Ibu Saya di kampung yang kebetulan masih suka memasak dengan alat masak tersebut, biasanya alat tersebut dipakai pada saat diadakannya perayaan hari-hari besar atau pada saat persediaan gas habis. Sebelum dilakukan pembersihan maka harus disiapkan dulu bahan pembersihnya yang akan Saya paparkan di bawah ini.

Bahan-bahan:
  • Tiga sampai lima buah Asam jawa  
  • Beberapa helai daun bambu yang masih hijau    
  • air
Cara membuat:
Campurkan daun bambu, asam jawa, dan sedikit air lalu diremas-remas dengan tangan sampai semuanya bercampur.

Cara membersihkan:
Gosokkan ketiga bahan tersebut pada bagian terluar dandang terutama yang sering terkena api, dengan begitu maka dandang akan bersih seperti baru.

Perpaduan asam jawa, air, dan daun bambu hijau bermanfaat untuk membersihkan dandang yang terbuat dari tembaga tetapi untuk logam lain belum tentu bisa.
Read More
CARA MEMPERBAIKI DISPENSER AIR MINERAL

CARA MEMPERBAIKI DISPENSER AIR MINERAL

Di jaman yang serba cepat ini banyak orang memilih alat elektronik yang dapat membantu meringankan pekerjaan di rumah, salah satunya adalah dengan dispenser air mineral, dengan adanya alat ini maka kita tidak perlu lagi merebus air untuk diminum, bahkan ada dispenser yang dapat memanaskan air yang suhunya dapat mencapai titik didih yang mendekati titiki didih air yang direbus memakai api dan ada pula yang dapat mendinginkan air mencapai suhu yang mendekati suhu di dalam kulkas.

Untuk mendapatkan kemudahan dan manfaat dari alat ini maka kita cukup memiliki alat dispensernya beserta botol air mineral yang baru berukuran besar maka airpun dapat dinikmati langsung darin keran, dengan pilihan panas, sedang, atau dingin.

Dengan berjalannya waktu maka dispenser yang kita miliki lama-lama akan mengalami kerusakan diantaranya yaitu:
  • Keran: air tidak keluar dari keran meskipun tuas keran sudah dibuka, air yang keluar dari kran sedikit, air yang keluar dari kran tidak dapat dihentikan meskipun tuas keran pada posisi tutup, Tuas keran patah.
  • Badan dispenser: Keluarnya air dari bawah dispenser, keluarnya air dari leher dispenser.

Cara memperbaiki:

1. Untuk memperbaiki kerusakan pada keran adalah dengan mengganti keran yang bermasalah dengan keran yang baru, namun saat membeli keran yang baru sebaiknya membawa contoh keran yang rusak karena terdapat bermacam-macam bentuk dan ukuran yang ada di pasaran, kalau ukuran keran yang baru berbeda dengan ukuran keran yang lama maka kemungkinan besar keran yang baru tersebut tidak akan terpasang dengan baik pada tempatnya.Untuk cara mengganti keran yang rusak dengan yang baru silahkan membaca artikel saya yang lain yang berjudul  "Merawat dispenser air mineral di rumah"
penutup belakang dispenser

2. Kebocoran pada badan dispenser, kebocoran biasanya terjadi pada saluran air yaitu selang air yang masuk ke mulut dispenser sampai ke selang-selang yang menyalurkannya ke tempat lain. selang-selang tersebut berada di dalam badan dispenser yang letaknya di bawah mulut dispenser dan di belakang keran, untuk mengetahuinya maka kita harus membuka penutup yang ada di bagian belakang dengan cara:

corong pada mulut dispenser
  1. Buka seluruh baud yang menempel pada penutup bagian belakang alat.
  2. Periksa seluruh selang penyalur air apakah ada yang yang meneteskan air atau tidak
  3. Kebocoran biasanya terjadi pada ujung tiap selang, kebocoran tersebut akibat kurang kencangnya sabuk pengikat selang(ripet) maka untuk mengantisipasinya adalah dengan mengencangkan sabuk pengencang tersebut dengan menarik ujung dari ripet, apabila ada selang yang berlubang maka harus menggantinya dengan selang yang baru yang banyak dijual di pasaran.
Untuk kebocoran yang terjadi pada mulut/leher dispensar biasanya diakibatkan oleh corong yang retak sehingga air merembes keluar.

Demikianlah artikel Saya tentang cara memperbaiki dispenser air mineral, semoga ada manfaatnya bagi anda.
Read More
CARA MERAWAT DAN MENCUCI JAKET KULIT

CARA MERAWAT DAN MENCUCI JAKET KULIT

JAKET KULIT
Saran untuk dibaca: "Tips menghilangkan bau pada jaket kulit"

Jaket kulit  adalah jaket yang banyak disukai oleh pria ataupun wanita karena dengan memakai jaket jenis ini maka orang yang memakainya akan terlihat lebih gagah, keren, dan orang lain akan menyangka orang yang memakai jaket kulit adalah dari kalangan menengah ke atas, pantas saja demikian karena jaket kulit mempunyai harga yang sangat mahal.

Dengan memiliki jaket kesayangan dengan harga yang sangat mahal ini tentu saja kita tidak mau kehilangan kualitasnya, untuk itu diperlukan pengetahuan untuk merawatnya. Jaket kulit haruslah mendapat perhatian yang serius dalam hal perawatannya agar selalu awet, warna tidak memudar ataupun jamuran, tapi tenang saja di bawah ini akan Saya jelaskan cara merawatnya mulai dari pemakaian sehari-hari sampai cara mencucinya.

Penyimpanan
  • Simpanlah jaket kulit di tempat yang mempunyai suhu kamar yaitu tidak lembab/kering tapi pertukaran udara cukup
  • Saat menyimpan gunakanlah gantungan/hanger agar bentuk jaket tetap pada pada posisinya, janganlah menyimpan jaket kulit dengan cara melipatnya karena dapat mengakibatkan kerutan, akibatnya lama kelamaan kerutan tersebut akan menjadi keretakan pada kulit jaket.
  • Janganlah menyimpan jaket di dalam lemari pakaian, karena suhu di dalam lemari terlalu lembab untuk jaket kulit sehingga apabila terdapat jamur di lemar akan menyebar ke jaket kulit. 
  • Jangan menyimpan jaket kulit di tempat yang terkena sinar matahari langsung ataupun tidak lengsung karena hal ini kan mengakibatkan jaket kulit menjadi kaku sehingga akan menyebabkan keretakan pada jaket.

Pemakaian sehari-hari
  • Untuk menjaga kelenturan jaket maka olesilah jaket menggunakan lotion khusus untuk jaket kulit tapi bila tidak ada dapat menggunakan hand & body lotion, caranya adalah dengan mengusapkan lotion ke permukaan jaket menggunakan spon lembut atau kapas lembut, setelah itu diamkan beberapa menit agar lotion meresap kemudian ulangi mengusapkan lotion ke permukaan jaket kulit untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukanlah pemakaian lotion minimal dua minggu sekali.
  • Apabila suatu saat jaket anda basah karena kehujanan maka janganlah dijemur di bawah sinar matahari, karena hal itu akan mengakibatkan retaknya jaket dan warna jaket akan pudar, keringkanlah jaket dengan lap kering atau dengan lap khusus untuk motor yang mempunyai daya serap tinggi terhadap air, kemudian tiriskanlah jalet kulit di ruangan dengan menggantungnya menggunakan hanger/gantungan, dengan cara demikian maka jaket kulit anda akan kering secara alami.

Cara mengatasi kerusakan yang umum terjadi pada jaket kulit
  • Kulit jaket kusam, hal ini dapat diatasi dengan mewarnainya menggunakan cat khusus untuk jaket kulit, tapi bila anda takut gagal maka berikanlah ke orang yang ahli dalam mengecat jaket kulit agar dicat ulang, dengan cara ini maka jaket kulit anda dapat terlihat seperti barun kembali
  • jaket Retak retak, hal ini disebabkan oleh umur jaket yang sudah terlalu  lama atau kurangnya perawatan. untuk mencegah agar keretakan tidak meluas maka dapat diolesi dengan lotion, caranya adalah dengan  mengoleskan lotion ke permukaan jaket menggunakan spon atau kain lembut, pastikan lotion meresap ke sela-sela retakan jaket, dengan cara ini mudah-mudahan jaket kulit kesayangan anda akan lentur dan keretakan tidak menyebar, bila keretakan pada kulit terlihat parah maka anda dapat menyerpis ke tukang yang ahli dalam jaket kulit.
  • Resleting yang macet, bila resleting jaket anda macet maka cara mengantisipasainga adalah dengan menggoreskan lilin pada resleting kemudian cobalah untuk menggeser-gesernya ke atas dan ke bawah sampai resleting tidak macet lagi. Bila resleting tetap mengunci maka ccobalah tetesi kepala resletling dan jalur resleting dengan minyak kelapa sedikit saja.

Cara mencuci jaket kulit

Sebenarnya yang namanya jaket kulit tidak dianjurkan untuk dicuci, bila jaket terkena sedikit kotoran maka bersihkanlah dengan menggunakan kain yang lembab(tidak basah) kemudian gantung meggunakan hanger, tapi bila jaket terlihat kotor sekali dan bau maka perlu pencucian yang benar, cara mencucinya adalah dengan merendam di dalam air yang mengandung pewangi pakaian, lalu tiriskan dengan menggantungnya.


Hal-hal yang perlu dihindari dalam perawatan jaket kulit
  • Janganlah dicuci menggunakan deterjen atau pemutih pakaian karena akan mengakibatkan keretakan dan kusamnya jaket.
  • Jangan menyikat jaket kulit karena akan mengikis bagian terluar dari jaket
  • Jangan menyetrika karena akan merusak tekstur dan warna jaket
  • Hindari menyemprotkan parfum ke permukaan jaket kulit karena akan menyebabkan lembab sehingga akan mengundang jamur untuk tumbuh, bila anda seorang yang senang memakai parfum maka semprotkanlah hanya pada bagian dalam jaket yang bukan terbuat dari bahan kulit asli. 
  • Jangan disimpan di dalam lemari karena akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada jaket.
  • Jangan menggunakan semir sepatu untuk jaket kulit anda karena akan membuat kusam jaket.
Read More
TIPS MERAWAT WATER HEATER (PEMANAS AIR)

TIPS MERAWAT WATER HEATER (PEMANAS AIR)

1. Air yang masuk ke tangki water heater haruslah dalam keadaan bersih dan sehat yaitu tidak berbau dan tidak keruh, selain itu juga harus terbebas dari partikel kecil seperti: unsur kapur, batu, dan pasir yang dapat menyumbat saluran air sehingga dapat merusak perangkat water heater, Untuk mengatasi hal tersebut maka sebaiknya dipasang filter atau saringan pada saluran sebelum masukke tangki pemanas yang berguna menyaring partikel yang dapat menyumbat dan merusak saluran air.

2. Lakukan pengecekan kondisi perangkat minimal tiga bulan sekali meliputi:
- pengecekan kontrol Valve/tabok
- kelistrikan
- lakukan  pembersihan yang disesuaikan dengan seberapa sering kita memakainya, bila memakainya setiap hari maka pembersihan dilakukan per tiga bulan . proses pembersihan dilakukan oleh tekhnisi yang berpengalaman. Tangki penampungan air pada Water heater yang menggunakan listrik dibersihkan dengan cara:  menguras seluruh air, membersihkan bagian terluar unit, dan komponen di dalamnya agar terbebas dari endapan mineral.

4. Periksa Savety Valve (pengaman tekanan berlebih pada tangki yang berfungsi menjaga suhu air di dalam tangki agar tetap stabil) secara berkala. Untuk mencegah penyumbatan naikanlah tuas Valve secara berkala agar air dapat mengalir.  

5. Pasang keamanan berganda dengan menempatkan ELCB pada jalur instalasi sebelum listrik masuk ke unit pemanas.

Jenis water heater menurut perbedaan sumber tenaganya:
  • Solar Water Heater, yaitu pemanas air yang sumber tenaganya berasal dari sinar matahari yaitu dengan menagkap panas sinar matahari oleh panel-panel solar sel, meskipun menggunakan sistim pembangkit listrik tenaga surya tetapi jenis ini dapat menukar sumber tenaganya secara otomatis dari penggunaan tenaga surya ke tenaga listrik pada saat cuaca sedang mendung.
  • Water heater listrik, pada jenis ini tenaga untuk memanaskan air diperoleh dari listrik di rumah yang memanaskan komponen pemanas yang ada pada unit, selain itu terdapat juga tangki atau tabung air untuk memanaskan air, diperlukan waktu untuk memanaskan air yang ada di dalam tangki ini.. Pada water heater listrik, air yang keluar dari keran atau shower dapat langsung digunakan.
  • Water heater gas instan, yaitu pemanas air yang mengguankan gas sebagai media untuk memanaskan air.

Masalah-masalah yang sering timbul Pada water heater:

- Tidak lancarnya air yang keluar dari keran atau shower, hal ini disebabkan karena tersumbatnya saringan pada kedua ujung alat tersebut oleh batu-batu kecil, lumut, kerak air. Untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan ujung swower lalu bersihkan saringannya maka airpun akan lancar kembali. Selain itu penyebab yang lainnya adalah suplai air yang tersendat karena pasokan air berkurang, untuk menantisipasinya maka buatlah tandon lalu salurkan ke water heater, bila perlu gunakan motor pendorong.
- Air yang keluar dari kran atau shower tidak panas, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:
  • Pada water heater yang menggunakan tenaga matahari biasanya diakibatkan oleh tertutupnya panel sel surya yang terpasang di luar/outdoor sehingga sinar matahari kurang sempurna mengenainya, bersihkanlah panel ser surya dari debu, dan kotoran yang menghalangina.
  • ceklah listrik di rumah, mungkin saja sedang terjadi pemadaman listrik oleh PLN, MCB ELCB turun/off, Control otomatic tidak berfungsi.
  • Pada water heater jenis listrik mungkin saja air di dalam tabung pemanas habis, jadi harus menunggu beberapa saat sampai air dalam tangki pemanas tersisi kembali dan memanas.
Read More
SEJARAH TELEVISI

SEJARAH TELEVISI

Sejarah televisi tak lepas dari andil para insinyur dari beberapa negara selama beberapa dekade, dengan kata lain televisi adalah hasil karya dari para ilmuwan yang secara penuh perhatian menyempurnakan setiap detailnya. Usulan awal adalah pada tahun 1908, dalam sebuah makalah oleh AA Campbell-Swinton yang mendalilkan penggunaan sinar katoda. selanjutnya sinar katoda dikembangkan menggunakan metode elektromekanis untuk memindai, mengirim dan mereproduksi gambar. Sebagai kamera elektronik dan tabung layar yang disempurnakan, televisi elektromekanik memberi jalan untuk semua sistem elektronik di hampir semua aplikasi.

Televisi mekanik
Awal dari televisi mekanik dapat ditelusuri kembali ke penemuan fotokonduktivitas dari elemen selenium oleh Willoughby Smith pada tahun 1873, penemuan dari disk yang pemindaian oleh Paul Gottlieb Nipkow pada tahun 1884 dan John Logie Baird.

Sebagai seorang mahasiswa jerman yang baru berusia 23 tahun, Paul Nipkow mengusulkan dan mematenkan sistem televisi elektromekanis pertama pada tahun 1884. Meskipun ia tidak pernah membangun sebuah model sistem kerja, variasi "berputar-disk Nipkow rasterizer citra " untuk televisi menjadi sangat umum, dan tetap digunakan sampai tahun 1939. Constantin Perskyi telah menggunakan kata "Televisi" dalam surat yang dibacakan untuk "Kongres Internasional listrik" di World Fair Internasional di Paris pada tanggal 25 Agustus 1900. Makalah Perskyi yang terakhir adalah "teknologi elektromekanis" yang isinya menyebutkan karya Nipkow dan lain-lain.

Perkembangan teknologi amplifikasi tabung tidak sampai tahun 1907,karena oleh Lee DeForest dan Arthur Korn dapat dibuat desain praktisnya. Demonstrasi pertama dari transmisi sesaat gambar siluet diam dibuat oleh Georges Rignoux dan A. Fournier di Paris pada 1909 menggunakan cermin drum-berputar sebagai scanner dan matriks 64 sel selenium sebagai penerima.

Pada tahun 1911, Boris Rosing dan muridnya Vladimir Zworykin menciptakan sistem televisi yang menggunakan scanner drum-cermin mekanik untuk mengirimkan, dalam kata-kata Zworykin itu "gambar yang sangat kasar" melalui kabel ke " Braun tube "( cathode ray tube atau "CRT" ) di penerima. Gambar bergerak itu tidak mungkin karena dalam pemindai "sensitivitas adalah tidak cukup dan sel selenium sangat laggy".

Pada tanggal 25 Maret 1925, penemu dari Skotlandia  yang bernama John Logie Baird memberikan demonstrasi publik pertama dari televisi gambar siluet bergerak di Selfridge Department Store di London. AT & T Bell Telephone Laboratories ditransmisikan halftone gambar diam dari transparansi Mei 1925. Pada tanggal 13 Juni tahun itu Charles Francis Jenkins ditransmisikan "gambar siluet kincir angin mainan bergerak" jaraknya lebih dari lima mil dari stasiun radio angkatan laut di Maryland ke laboratorium di Washington dengan menggunakan disk scanner lensanya dengan resolusi 48-line.

Namun, jika televisi didefinisikan sebagai siaran langsung dari gambar bergerak dengan variasi tonal terus menerus maka Baird adalah orang pertama yang berhasil mewujudkannya secara pribadi pada tanggal 2 Oktober 1925. Tapi banyak romor yang mengatakan bahwa Baird belum mencapai gambar bergerak pada taqnggal 2 Oktober. Scanner nya hanya dapat bekerja selama lima gambar per detik yaitu di bawah ambang batas yang diperlukan untuk memberikan ilusi gerak, umumnya dibutuhkan setidaknya 12 gambar per detik untuk dapat menghasilkan ilusi gerak yang baik. Akhirnya iapun dapat meningkatkan tingkat scan menjadi 12,5 gambar per detik.

Kemudian pada tanggal 26 Januari 1926 di laboratorium di London Baird memberikan apa yang secara luas diakui sebagai demonstrasi pertama di dunia dari sistem televisi, dia bekerja untuk anggota Royal Institution dan seorang reporter surat kabar.

Pada tahun 1927, Baird membuat transmisi sinyalebih dari 438 mil (705 km) dari saluran telepon antara London dan Glasgow . Pada tahun 1928 perusahaan Baird (Baird Television Pengembangan Perusahaan / Televisi Cinema) menyiarkan sinyal transatlantik televisi pertama antara London dan New York, dan transmisi dari pantai ke kapal pertama. Ia juga menunjukkan warna elektromekanik, inframerah (dijuluki "Noctovision") dan stereoscopic televisi menggunakan lensa tambahan, disk, dan filter. Secara paralel, Baird mengembangkan disk sistem video recording yang dijuluki " Phonovision ", sejumlah rekaman Phonovision. Pada tahun 1929 ia  terlibat dalam percobaan layanan televisi elektromekanis pertama di Jerman. Pada bulan November tahun yang sama, Baird dan Bernard Natan dari Pathé mendirikan perusahaan televisi pertama di Perancis dengan nama "Baird Natan television". Pada tahun 1931 ia membuat siaran jarak jauh pertama di luar ruangan dari Derby Epsom. Pada tahun 1932 ia menunjukkan televisi gelombang ultra-pendek. Sistem elektromekanis Baird mencapai puncak 240-baris resolusi pada siaran televisi BBC pada tahun 1936 meskipun sistem mekanis tidak memindai adegan televisi secara langsung. Sebaliknya sebuah film yang berukuran 17.5mm berkembang pesat dan kemudian dipindai sementara film itu masih basah. Pada tanggal 2 November 1936 BBC mulai membuat transmisi layanan televisi publik pertama di dunia dari Victoria Istana Alexandra di London utara berikut siaran uji alternatif harian sistem Baird dan Marconi ke Radio Show di Olympia pada akhir Agustus. Karena itu tempat tersebut dikenal sebagai tempat kelahiran siaran televisi seperti yang kita kenal sekarang.

LCD TV pertama diperkenalkan pada tahun 1988dengan ukuran yang sangat kecil yang dapat digenggamdengan layar hitam putihdengan resolusi NTSC penuh 480 baris.

Orang-orang penting dalam pengembangan teknologi TV di abad ke-19 atau ke-20:Manfred von Ardenne, John Logie Baird, Allan Blumlein, Walter Bruch (PAL TV), Guillermo González Camarena, Alan Archibald Campbell-Swinton, Assis Chateaubriand, Allen B. DuMont, hilo Taylor Farnsworth, Boris Grabovsky, Charles Francis Jenkins, Siegmund dan David Loewe, pendiri Loewe AG pada tahun 1923,   Lubo Micic, Earl Muntz, Paul Gottlieb Nipkow, Constantin Perskyi, Boris Rosing, Ulises Armand Sanabria, David Sarnoff, Kenjiro Takayanagi, Léon Theremin, Kalman Tihanyi, Vladimir Zworykin.

Demikianlah sejarah singkat mengenai televisi, masih banyak lagi b[pembahasan mengenai televisi, dari masa ke masa televisi mengalami perubahan menuju bentuk yang lebih baik, dari mulai yang perubahan dari hitam putih ke banyak warna, ukuran yang semakin ramping, layar yang berubah dari bentuk tabung hampa ke LCD, VHF ke UHF, dan banyak lagi yang lainnya.

Sumber: Wikipedia
Read More
TIPS MERAWAT KARPET

TIPS MERAWAT KARPET

Karpet adalah salah satu alas atau pelapis lantai yang berguna untuk membuat nyaman dan memperindah ruangan, biasanya berukuran besar yang disesuaikan dengan ukuran lantai sebuah ruangan. bahan pembuatannya adalah dari bahan sintestis namun ada pula yang terbuat dari bahan lainnya.

Karena dalam penggunaannya selalu diletakkan di lantai maka sebuah karpet mudah sekali kotor, berdebu, dan lembab yang mengakibatkan berkurangknya kualitas dari karpet itu sendiri. 

Bila karpet yang kita miliki kurang mendapat perawatan maka akan mengurangi keindahan dan kekuatan dari karpet, untuk itulah maka diperlukan perawatan yang benar untuk menanggulanginya. Di bawah ini saya jelaskan beberapa tipsnya yang saya dapat dari pengalaman selama memiliki karpet di rumah, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca artikelnya.

Merawat karpet plastik
  • Saat anda pertama kali memiliki karpet maka saat akan diletakkan di atas lantai pastikan seluruh permukaan lantai terbebas dari benda-benda yang akan mengganjal seperti batu-batu kecil atau benda lainnya. karena bila ada benda yang ada di bawah karpet maka benda tersebut akan mengganjal dan akan terasa mengganggu saat bersentuhan dengan bagian tubuh kita, selain itu lama-lama akan melubangi karpet yang semakin lama akan melebar.  
  • Rajin-rajinlah membersihkan karpet ini dengan kain lembab yang telah diberi cairan untuk pel lantai bila terdapat kotoran yang menempel. atau pellah lantai menimal sehari sekali untuk menjaga kebersihan karpet karena noda yang terlalu lama menempel akan sulit untuk dibersihkan.
  • Untuk menjaga agar karpet tidak lembab, angkatlah karpet dari lantai kemudian bersihkan bagian karpet yang selalu menempel dengan lantai dengan kain basah lalu lanjutkan dengan mengelapnya kering, bila perlu jemurlah di terik matahari untuk menghilangkan jamur yang menempel, jangan lupa untuk mengepel lantai bekas diletakkannya karpet.
  • Bila satu ruangan tidak cukup dengan satu lembar karpet plastik dan perlu dipasang karpet tambahan maka pada pertemuan dua karpet harus direkatkan dengan isolasi lakban yang transparan untuk menghindari tersandung kaki.
Merawat karpet kain/bulu
  • Bersihkanlah debu  pada karpet dengan menyedotnya menggunakan Vacuum cleaner atau dengan sapulidi dengan cara mmkul kedua sisi karpet secara bergantian minimal seminggu dua kali, atau disesuaikan dengan kondisi karpet apakah sudah terlihat banyak debu yang menempel atau belum.
  • Proses penghilangan debu dapat dilakukan di luar rumah untuk menjaga agar debu yang beterbangan tidak mengenai peralatan lain yang ada di dalam rumah.
  • janganlah meletakkan karpet kain terlalu lama berada di atas lantai karena akan menyebabkan bagian bawah karpet menjadi lembab sehingga akan menyebabkan mudah tumbuhnya jamur sehingga karpet menjadi kotor dan bau.
  • Untuk mencegah agar karpet tidak lembab dan tidak ditumbuhi jamur maka jemurlah karpet minimal seminggu sekali agar serat karpet selalu terjaga dalam keadaan kering, jangan lupa untuk membersihkan lantai bekas diletakkannya karpet kain.
  • Cucilah karpet minimal sebulan dua kali, anda dapat menitipkan proses pencucian ke tempat jasa pencucian(loundry) atau anda dapat mencuci karpet sendiri di rumah.
  • Bila karpet terkena cairan maka cepatlah ambil kain kering lalu tekankan pada permukaan karpet yang terkena cairan agar cairan tersebut dapat terserap ke dalam kain, bila pada saat itu matahari bersinar trang maka jemurlah bagian karpet yang basah tersebut sampai benar-benar kering, karena bila sebuah karpet terkena cairan dan didiamkan untuk beberapa lama maka akan terc1um bau yang tidak sedap.
  • Bila karpet anda terkena noda cepatlah dibersihkan, bila karpet terkena noda seperti noda kopi misalnya, maka cepatlah meletakkan kain kring di atasanya agar cairan dapat diserap, selanjutnya anda dapat membersihkannya dengan merendam di dalam cairan yang telah diberi deterjen lalu bersihkan nodanya dengan menggunakan sikat lemnbut secara perlahan agar tidak mengikis permukaan karpet.
  • Karpet bulu mudah sekali menyerap debu dan kotoran yang akan tembus ke bagian bawah karpet sampai tembus ke lantai, bila kita mengangkat karpet dari lantai yang lama tidak dibersihkan maka di bawah karpet akan terdapat debu-debu yang tersebar, hal ini menunjukkan bahwa meskipun bagian atas karpet terlihat bersih maka tetap saja di bagian bawahnya kotor oleh debu yang mampu lolos masuk ke serat-serat karpet.
  • Tamballah karpet yang bolong baik oleh gigitan tikus ataupun oleh benda tajam lainnya. 
Demikianlah uraian tentang tips merawat karpet, semoga ada manfaatnya bagi anda. 
Read More
SEJARAH MESIN CUCI

SEJARAH MESIN CUCI

Mesin cuci dalah alat yang berfungsi untuk mencuci pakaian atau kain baik untuk kebutuhan rumah tangga ataupun untuk kepentingan bisnis, dalam penggunaannya mesin ini sangat membantu sekali dalam meringankan pekerjaan para ibu rumah tangga karena saat mencuci dengan mesin maka para ibu tersebut dapat melakukan kegiatan lain tanpa terganggui oleh kegiatan mencuci.

Menurut penelitian pada tahun 1886 perempuan mengambil air delapan sampai sepuluh kali setiap hari dari mesin pompa air, sumur, atau mata air. Proses mencuci pakaianpun begitu melelahkan dan sangat menyita waktu, dimulai dengan merendam pakaian kemudian menyikatnya satu persatu, setelah itu pakaian akan dibilas dengan air yang baru, dan tahapan yang paling melelahkan adalah saat memeras pakaian dengan tangan lalu menjemurnya di panas matahari.

Mencuci cuci dengan mesin
Teknologi alat pencuci pakaian berkembang dengan beberapa tahapan yaitu dimulai dengan ditemukannya mesin yang terbuat dari kayu tetapi tidak bertahan lama karena banyak kendalanya, selanjutnya dibuatlah mesin yang terbuat dari bahan logam agar dapat menyalakan api dari bawah mesin sehingga dapat menghangatkan air selama proses pencucian berlangsung.

Pada awalnya alat pencuci pakaian adalah sebuah papan yang diciptakan pada tahun 1797.
Pada pertengahan tahun 1850-an mesin cuci uap komersial ditemukan dan dijual di Inggris dan Amerika Serikat. Perkembangan teknologi mesin cuci di AS lebih menekankan pada pengembangan mesin untuk mencuci di rumah, meskipun mesin untuk layanan binatu komersial yang banyak digunakan pada abad ke-20 dan awal abad ke-19. Mesin cuci rotary telah dipatenkan oleh Hamilton Smith pada tahun 1858. Karena listrik tidak umum tersedia setidaknya sampai tahun 1930 maka beberapa mesin cuci hanya dapat berputar dengan kecepatan rendah dengan menggunakan bahan bakar bensin.

Generasi awal mesin cuci yang membahayakan
mesin cuci yang ditemukan sebelum lahirnya mesin cuci listrik modern sangatlah merepotkan dan berbahaya, karena pada mesin cuci generasi awal terdapat bagian-bagian terbuka pada mesin yang dapat menyebabkan cidera pada pemakainya  seperti adanya gulungan yang berfungsi memeras pakaian yang apabila kurang hati-hati dapat mengakibatkan tertariknya rambut atau pakaian yang sedang dipakai sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan yang serius, akhirnya mesin cuci seperti ini dilarang untuk diproduksi dan dipasarkan.

Proses modern pemerasan air dengan cara berputar tidak datang begitu saja sampai motor listrik dikembangkan. Putaran memerlukan sumber berkecepatan tinggi dan daya yang konstan, pada awalnya proses pemerasan dilakukan dalam perangkat terpisah yaitu "extractor". Pakaian yang telah dicuci akan dipindahkan dari bak cuci ke keranjang ekstraktor, dan air akan keluar dari saluran yang terpisah. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menghilangkan getaran yang tidak stabil seperti pemasangan keranjang berputar pada bingkai mengambang agar dapat menyerap getaran sekecil apapun.

Proses gabungan
Mesin cuci otomatis yang ada sekarang adalah sebuah penggabungan dua buah mesin yang bekerja secara relevan yaitu mesin pencuci dan pemeras/pengering yang di buat dalam satu paket alat.

Perkembangan Awal mesin cuci
  • Tahun 1691 di Inggris dikeluarkan hak paten pertama kategori mesin cuci yang dapat meremas .
  • Tahun 1782 Jacob Christian Schaffer dari Jerman membuat desain mesin cuci.
  • Henry Sidgier mengeluarkan paten Inggris untuk mesin cuci rotating drum.  
  • Pada tahun 1862 dipatenkan sebuah "Penggabungan mesin cuci rotary, dengan rol untuk meremas-remas atau mangling" oleh Richard Lansdale dari Pendleton, Manchester.
  • Hak paten pertama di Amerika Serikat berjudul "Pakaian Cuci" diberikan kepada Nathaniel Briggs of New Hampshire pada tahun 1797. 
  • Pada tahun 1836 kantor hak paten terbakar sehingga tidak ada penjelasan tentang perangkat mesin cuci yang bertahan. Sebuah perangkat yang menggabungkan mesin cuci dengan mekanisme pemeras tidak muncul sampai tahun 1843, ketika John E. Turnbull of Saint John, New Brunswick asal kanada mematenkan "Pencuci Pakaian Dengan pemeras Rolls." 
  • Margaret Colvin menemukan Washer Triumph Rotary, yang dipamerkan di Paviliun Perempuan di Pameran Internasional Centennial dari 1876 di Philadelphia.

Mesin cuci listrik yang diiklankan di surat kabar dan dibahas pada awal tahun 1904 oleh Alva J. Fisher telah salah dikreditkan dengan penemuan mesin cuci listrik. Kantor Paten AS menunjukkan setidaknya satu paten yang dikeluarkan sebelum Mr Fisher nomor paten US 966.677 (misalnya Woodrow AS paten nomor 921.195).  "penemu" dari mesin cuci listrik masih belum diketahui.

Desain mesin cuci meningkat selama tahun 1930-an. Mekanisme mesin tertutup dalam badan , dan lebih banyak perhatian untuk keselamatan listrik dan mekanik. pengering spin diperkenalkan untuk menggantikan mangle daya berbahaya / pemeras.
Pada tahun 1940, 60% dari 25.000.000 rumah di Amerika Serikat memiliki mesin cuci listrik. Banyak dari mesin ini menampilkan kekuatan pemeras, meskipun built-in pengering spin yang tidak biasa.

Demikianlah sejarah mesin cuci dari masa ke masa, perkembangan selanjutnya mengenai mesin cuci mengikuti perkembangan jaman, seperti di era digital ini mesin cucipun telah banyak yang menggunakan fitur digitalnya untuk memudahkan dalam pemakaian.

Sumber:Wikipedia
Read More
TIPS MERAWAT KESET

TIPS MERAWAT KESET

Anda pasti tahu apa itu keset, keset adalah kain atau anyaman rami atau ijuk yang diletakkan di depan pintu atau teras  depan sebuah rumah atau ruangan yang berfungsi untuk membersihkan atau mengeringkan  kaki dan alas kaki sebelum seseorang melewati suatu ruangan. Keset ini biasanga diletakkan di lantai tepat di depan pintu masuk seperti: ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi dengan ukuran yang tidak lebih dari lebar pintu. Bahan dasar kesetpun berbeda-beda tergantung kegunaannya masing-masing, untuk keset yang terbuat dari anyaman rami atau ijuk biasanya diletakkan di luar rumah yang berguna untuk membersihkan alas kaki seperti sendal dan sepatu, sedangkan keset yang terbuat dari kain biasanya diletakkan di dalam ruangan yang berfungsi untuk membersihkan atau mengeringkan  telapak kaki.

Untuk merawat keset ini tidaklah sulit, kita tinggal sering membersihkan dan menjaganya agar sesuai dengan fungsinya agar keset kita terjaga kualitas dan kemampuannya, hal yang paling utama adalah bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan keset agar selalu siap untuk digunakan jangan sampai saat akan digunakan untuk membersihkan kaki atau alas kaki malah membuat semakin kotor kaki atau alas kaki tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai tips merawat keset silahkan disimak artikelnya di bawah ini:

  1. Untuk karpet yang terbuat dari anyaman rami atau ijuk cara membersihkannya adalah dengan memkulnya menggunakan sapulidi atau batang kayu agar kotoran atau tanah yang menempel  terlepas dari anyaman, selanjutnya keset dapat direndam dalam air yang dicampur sedikit deterjen dan pewangi pakaian selama kurang lebih setengah jam agar sisa kotoran atau debu yang nyangkut pada anyaman terlepas, kemudian setelah itu keset dapat diangkat dan direndam dalam lagi ke dalam air bersih sambil diangkat dan dimasukkan ke dalam air secara berulang-ulang sampai keset terlihat bersih, untuk membuktikan apakah keset sudah bersih atau belum cobalah ganti air bilasan dengan air bersih yang baru, bila air baru tersebut menjadi kotor berarti keset belum bersih, lakukanlah penggantian air saat membilas sampai air bilasan terakhir terlihat bersih yang menandakan bahwa keset sudah benar-benar bersih. Setelah keset benar-benar bersih maka keset dapat dijemur langsung di bawah sinar matahari.
  2. Untuk keset yang terbuat dari bahan kain cara membersihkan kotorannya adalah seperti kita mencuci pakaian biasa cuma bedanya untuk keset lebih ekstra dalam menghilangkan nodanya. Cara mencuci keset adalah dengan cara: merendam keset di dalam air panas yang telah diberi cuka dan deterjen, lalu diamkan beberapa saat. bersihkan kotoran yang menempel pada keset menggunakan sikat cuci pada kedua sisinya sampai bersih, setelah itu dapat dibilas dengan air dingin yang bersih, lakukan beberapa kali proses pembilasan sampai air pada bilasan terakhir sudah tidak kotor lagi, setelah keset terlihat bersih rendamlah dengan air dingin yang masih bersih yang telah diberi pewangi pakaian kemudian diperas dan dijemur di bawah sinar matahari sampai kering.
  3. Lakukanlah pencucian keset minimal seminggu sekali atau cucilah keset kalau sudah terlihat kotor.
  4. Bila anda belum mempunyai waktu luang untuk mencuci keset maka jemurlah keset yang basah lau setelah kering dikibas-kibaskan agar kotoran terlepas, sementara keset dijemur gantikanlah dengan keset yang kering.
  5. Setiap keset harus ada cadangannya untuk berjaga-jaga bila keset yang satu dicuci atau dijemur maka keset cadangan yang kering dan bersih dapat menggantikan posisinya.
  6. Pasanglah jenis keset pada suatu tempat sesuai dengan penggunaannya, misalnya untuk tempat yang banyak berhubungan dengan air seperti kamar mandi gunakanlah keset yang mempunyai daya serap tinggi terhadap air, kita dapat memilih keset tersebut dengan melihat jenis bahan pembuatannya, misalnya keset yang terbuat dari bahan yang mirip handuk biasanya dapat menyerap air lebih baik. Untuk keset yang berhubungan dengan daerah yang kering maka dapat digunakan keset yang berbahan sintetik.
  7. Saat membeli keset pilihlah keset yang tidak licin di lantai, anda dapat mencobanya di lantai dengan cara menggesek-gesekkan kaki pada keset tersebut, bila terasa badan anda seperti akan terpeleset dan keset tersebut bergeser posisinya berarti keset tersebut kurang baikdipasang di lantai. Ada beberapa produsen keset yang menambahkan lapisan karet pada bagian bawah keset sehingga mampu menahan keset agar tidak bergeser saat digunakan sehingga mengurangi resiko terjatuh saat kaki bergerak di atasnya.
Read More
TIPS MENGHILANGKAN JAMUR, BAKTERI  DISPENSER AIR MINERAL

TIPS MENGHILANGKAN JAMUR, BAKTERI DISPENSER AIR MINERAL

Banyak diantara kita yang jarang sekali atau bahkan tidak pernah membersihkan  bagian dalalam dispenser air mineral terutama bagian penyalur air dari botol ke selang sampai keran. Kebanyakan dari kita hanya membersihkan bagian yang terlihat dari luar saja yaitu badan dispenser dan bagian yang bersentuhan langsung dengan mulut botol, biasanya kita cukup membersihkan leher botol dan dudukan botol pada saat pergantian botol kosong oleh botol baru yang berisi air, padahal dengan cara itu belum tentu dapat membebaskan air yang keluar dari keran dispenser terbebas dari bibit penyakit seperti jamur dan bakteri.

Bila suatu saat air yang keluar dari dispenser anda bau, berubah rasa atau warnanya padahal air mineral yang anda beli adalah merek terkenal dan harganya mahal (padahal bila dilihat secara fisik tidak ada keanehan dari warna airnya) maka berhati-hatilah mungkin itu salah satu tanda bahwa  saluran air di dalam dispenser anda sudah terkontaminasi oleh jamur atau bakteri.

Kebetulan sekali hari ini adalah jadwal saya mengganti botol air mineral dan sudah menjadi kebiasaan saya saat mengganti botol dispenser sekaligus membersihkan dispensernya juga. untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasnnya di bawah ini:

1. Lepaskan botol dari dispenser kemudian bawalah ke tempat yang lebih terang dan agak luas, lebih bagus bila kegiatan ini dilakukan saat air dalam botol sudah habis.

2. Keluarkan air yang tersisa pada keran dan cabutlah penyumbat saluran pembuangan yang ada di belakang dispenser dan biarkan semua air keluar sampai habis(bila belum yakin maka miringkanlah dispenser ke arah belakang agar semua air benar-benar terkuras habis), pada umumnya orang jarang mengetahui fungsi dari saluran pembuangan ini sehingga sisa air yang tertampung di sana menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri penyebab penyakit.

3. Lepaskan corong yang terletak di posisi paling atas dispenser, lalu cucilah dengan sabun pencuci piring sampai bersih lalu tiriskan(jangan dijemur), corong ini yang sangat rentan terkontaminasi oleh bibit penyakit yang datang dari luar dispenser.

4. Lepaskan wadah tempat penampungan air yang terletak di bawah corong, bagian ini berfungsi menyuplai air ke keran dan ke pemanas air sehingga di bagian bawah wadah ini terdapat lubang yang berfungsi sebagai penyalur air, untuk membersihkannya bukalah penutup dispenser yang ada di belakang menggunakan obeng lalu perhatikan selang yang terhubung dengan wadah ini, lepaskanlah pengikat selang lalu cabut selang, kemudian tarik wadah ini ke atas kemudian cucilah dengan spon yang telah direndam dalam air sabun pencuci piring lalu dibilas dan ditiriskan sampai kering.

5. Bila corong dan tempat penampungan air telah kering maka tahapan selanjutnya adalah memasang kembali kedua bagian tersebut satu persatu ke dispenser, masukkan wadah penampungan air dari atas dispenser kemudian pasang lagi selang yang terlepas. Tuangkan  4lk0h0l 70% pada dinding dan dasar wadah penampungan air, Ada beberapa jenis plastik yang tidak tahan terhadap 4lk0h0l, maka cobalah oleskan 4lk0h0l sedikit dulu untuk menguji apakah tidak merusak lapisan plastik, bila tidak ada reaksi maka maka proses desinfektan dapat dilanjutkan,
tahapan selanjutnya adalah mencuci hamakan corong dari jamur dan bakteri dengan cara membasahinya dengan 4lk0h0l 70%, setelah kering maka dapat dipasang kembali pada dispenser.

6. Buanglah air 4lk0h0l yang ada di selang pembuangan dengan membuka penyumbatnya lalu bila sudah selesai pasang kembali sumbatannya.
sambil menunggu 4lk0h0l menguap dari dispenser bersihkanlah bagian luar dispenser mulai dari bodi, keran, dan tempat penampung tetesan air di bawah keran, bersihkanlah dengan spon basah lalu keringkan menggunakan lap lembut yang mempunyai daya serap tinggi.

7. Setelah 4lk0h0l menguap dan seluruh bagian menjadi kering maka botol baru yang berisi airpun dapat dipasang pada dispenser.

Dengan cara membersihkan dispenser seperti di atas maka diharapkan dispenser kita terbebas dari bau yang tidak sedap, jamur dan bakteri penyebab timbulnya berbagai macam penyakit.
Read More
TIPS MERAWAT KAMAR MANDI

TIPS MERAWAT KAMAR MANDI

Kamar mandi adalah tempat segala aktifitas yang berhubungan dengan cuci mencuci atau membersihkan noda atau kotoran baik itu badan kita atau peralatan rumah tangga sampai pakaian meskipun ada sebagian orang yang mengkhususkan fungsi kamar mandi sebagai tempat mandi saja, sedangkan untuk urusan cuci mencuci dibuatkan tempat khusus. Terlepas dari itu kamar mandi sebagai tempat yang selalu berhubungan dengan air, sabun, dan noda haruslah selalu mendapat perhatian dalam hal kebersihannya, karena kamar mandi yang bersih dan higienis akan membuat kita terbebas dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri atau bibit penyakit yang biasanya ada di lingkungan yang kotor.

Untuk menjaga agar kamar mandi selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya maka diperlukan suatu perawatan yang benar, di bawah ini saya rangkum beberapa tipsnya untuk anda, semoga bermanfaat.

Beberapa bagian kamar mandi yang perlu mendapat perhatian diantaranya yaitu; dinding, pintu, lantai, toilet, tempat sabun, bak mandi, tempat air plastik(gayung, ember, jolang).

Dinding, dan pintu
Bagian inilah yang selalu terkena noda sabun akibat kegiatan mandi atau cuci, untuk dinding yang dilapis dengan keramik sebaiknya setiap hari dibersihkan dengan cara: cobalah bersihkan dinding dengan menggunakan sabun cuci tapi bila noda sulit dibersihkan cobalah menggunakan air cuka atau baking soda kemudian bersihkan menggunakan spon sampai semua noda pada keramik hilang.

Bak mandi
Untuk bak mandi bersihkanlah minimal seminggu sekali dengan cara menyikatnya, bila bak mandi hasil buatan sendiri yang dilapis keramik maka hati-hatilah saat menyikat, jangan sampai mengikis sela antar keramik, karena sela diantara keramik adalah semen yang berfungsi menahan rembesan air, bila semennya terkikis maka bak mandi anda akan bocor.

Toilet
Bila anda tidak mempunyai cairan khusus untuk membersihkan toilet gunakanlah cairan yang dipakai untuk membersihkan dinding tetapi untuk toilet dan lantai alat untuk membersihkannya adalah sikat, kalau ada gunakanlah sikat khusus yang memiliki gagang panjang untuk membersihkan toilet  agar mempermudah dalam membersihkan bagian yang tidak terjangkau oleh sikat biasa.

Lantai
Umumnya lantai dibuat dengan dilapisi keramik yang bertekstur kasar sehingga untuk membersihkannya harus menggunakan sikat yang besar agar noda atau koturan yang melekat pada tekstur yang kasar dapat terangkat, gunakanlah sabun cuci biasa dengan ditambah sedikit air.

Tempat sabun 
Bersihkanlah sisa sabun yang melekat menggunakan cairan cuka atau baking soda, gunakanlah spon kasar untuk membersihkannya bila tempat sabun anda terbuat dari plastik, tapi bila tempat sabun anda terbuat dari besi atau stainles maka gunakanlah spon lembut untuk membersihkannya.

Peralatan mandi
Selain tempat sabun peralatan mandi yang ada di dalam tempat sabun juga harus dibersihkan, seperti: sikat gigi, odol, botol shampo, dan barang lainnya. Bersihkanlah semua peralatan tersebut menggunakan spon yang telah diberi sabun pencuci  piring, cuka, atau baking soda.

Gayung, ember, jolang.
Untuk membersihkan barang-barang tersebut cukup di bersihkan menggunakan spon atau sukat, tanpa menggunakan pembersih moderpun barang-barang tersebut dapat bersih dan terbebas dari kotoran.

Kaca atau cermin
Bersihkanlah dengan menggunakan sabun pencuci piring yang digosok menggunakan spon lalu dibilas dengan air bersih.

Untuk membersihkan lantai, dinding, dan toilet kamar mandi sebaiknya dibersihkan setiap hari pada waktu sore hari, karena bila noda yang melekat tidak segera dibersihkan maka akan sulit untuk dibersihkan. Untuk bagian lainnya dapat dilakukan minimal seminggu sekali.

Untuk membuat kamar mandi harum letakkanlah pewangi yang khusus untuk kamar mandi dengan aroma yang sesuai dengan selera anda. Khusus lantai harus sesering mungkin dibersihkan karena bila tidak maka lantai akan menjadi licin yang akan membuat kita terpeleset dan jatuh, banyak kejadian kecelakaan yang merenggut jiwa akibat terjatuh dari kamar mandi yang licin, maka dari itu rajin-rajinlah membersihkan lantai kamar mandi agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semoga dengan bersihnya kamar mandi akan menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit". 
Read More
CARA MEMPERBAIKI HAIR DRYER

CARA MEMPERBAIKI HAIR DRYER

HAIR DRYERHair dryer adalah alat untuk mengeringkan rambut sehabis mandi ataupun keramas. alat ini umumnya digunakan secara pribadi oleh kaum hawa, selain itu banyak pula digunakan di salon-salon kecantikan, perusahaan sablon, percetakan foto, dan lain-lain.

Seiring dengan waktu alat ini akan mengalami penurunan kualitas yaitu mengalami kerusakan pada komponennya, selain itu kerusakan dapat terjadi karena usia yang sudah lanjut atau pemakaian yang terlalu sering. sebelum membahas cara memperbaiki Hair dryer alangkah baiknya kita mengetahui bagian-bagian dari alat ini beserta cara kerjanya.


Bagian-bagian Hair dryer
  • Kabel penghubung alat ke stopkontak listrik
  • Badan alat
  • motor pengatur kecepatan kipas
  • filamen/lilitan pemanas

Cara kerja Hair dryer
  1. Pada saat kabel penghubung terhubung ke stopkontak listrik maka listrik akan masuk ke saklar pengatur kecepatan.
  2. Bila kita menekan tombol pengatur kecepatan maka listrik akan mengalir dari kabel penghubung ke saklar lalu diteruskan ke motor penggerak kipas dan filamen(lilitan pemanas) maka dengan serta merta berputarlah motor untuk menggerakan/memutar kipas, bersamaan dengan itu maka filamen akan menjadi panas akibat dialiri listrik.
  3. Dengan berputarnya kipas dan memanasnya filamen maka udara dari luar akan dihembuskan atau didorong oleh kipas untuk melewati lorong yang dindingnya dikelilingi oleh filamen panas, dengan begitu udara yang dihembuskan oleh kipas akan terdorong keluar dalam keadaan panas karena dipanaskan oleh filamen.
  4. Saat tombol pengatur kecepatan berada pada posisi low maka putaran motor penggerak kipas sedang pada posisi putaran lambat sehingga udara yang dihembuskan lebih sedikit.
  5. Bila saklar pengatuir kecepatan motor berada pada posisi hight maka putaran kipas akan lebih cepat sehingga udara panas yang dihembuskan akan lebih banyak. begitulah seterusnya  kipas dan filamen akan bekerja bersamaan bila tombol pengatur kecepatan motor pada posisi on.

Gejala kerusakan yang sering terjadi pada Hair dryer:
  1. Mati total
  2. Kipas tidak berputar tapi badan alat terasa panas
  3. kipas berputar tetapi Hair dryer tidak panas
  4. Kipas berputar tapi udara uang keluar tidak panas
  5. Putaran Hair dryer tidak normal, seeprti tersendat-sendat tau lambat.
Cara menguji Hair dryer menggunakan AVO meter

1. Mati total

Hal ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh kabel penghubung listrik terputus atau kabel yang masuk ke sakelar pengatur kecepatan terlepas. Periksalah secara pisik kabel penghubung mungkin ada yang putus akibat digigit tikus. Atau periksalah menggunakan AVO meter RX1Kohm, bila anda tidak memiliki AVO meter di rumah maka anda dapat menggunakan tespen sebagai gantinya, dengan cara membuka badan Hair dryer sampai terlihat seluruh bagiannya kemudian masukkan kabel penghubung ke stopkontak. Tempelkanlah ujung tespen ke setiap konektor di dalamnuya, tandai bagian yang tidak dapat menyalakan tespen, bial sudah ketemu yang rusaknya segeralah perbaiki dengan komponen yang sesuai.


2. Kipas tidak berputar tapi badan alat terasa panas

Hal ini dapat terjadi karena pada motor penggerak kipas terjadi kerusakan, mungkin saja karbon brush yang sudah  habis atau lilitan pada motor terbakar.Karbon brush adalah konektor yang menghubungkan kabel dengan motor agar dapat berputar. Carbon brush dapat habis akibat bergesekan dengan motor yang selalu bergerak.


3. Kipas berputar tetapi Hair dryer tidak panas

Hal ini diakibatkan filamen/lilitan pemanas putus, bila lilitan putus segeralah ganti dengan yang baru.


4. Putaran Hair dryer tidak normal, seperti tersendat-sendat atau lambat

Ada dua kemungkinan bila hal itu terjadi, yaitu:
  • carbon brush yang sudah tipis 
  • kapasitor motor mati.Untuk carbon brush yang sudah tipis dan kapasitor yang sudah mati dapat menggantinya dengan yang sesuai.
Demikianlah ulasan singkat Saya mengenai cara memperbaiki Hair dryer, semoga bermanfaat untuk anda.
Read More
SEJARAH PENYEDOT DEBU, VACUUM CLEANER

SEJARAH PENYEDOT DEBU, VACUUM CLEANER

Vacuum cleaner adalah perangkat yang menggunakan alat pompa udara untuk menyedot debu dan kotoran, penemuan vacuum cleaner terinspirasi dari cara membersihkan debu pada lantai atau karpet, dahulu untuk membersihkan debu di lantai menggunakan sapu dan untuk karpet menggunakan Carpet beaters yang banyak digunakan sekitar tahun 1800an, pada penggunannya alat tersebut tidak sepenuhnya dapat menghilangkan debu karena debu tersebut akan berterbangan dan kembali menempel bahkan terhisap oleh manusia.

Seiring dengan waktu maka manusiapun berfikir dan menemukan suatu alat yang ideal untuk membersihkan debu, pada awalnya yang ditemukan adalah alat yang dapat meniup debu kemudian desempurnakan lagi menjadi alat penyedot debu , begitulah seterusnya hingga sekarang vacuum cleaner terus berkembang dan mempunyai banyak macam dan bentuknya, untuk lebih jelasnya mengenai sejarah Vacuum cleaner selahkan baca uraiannya di bawah ini.

Penyedot debu berevolusi dari penyapu karpet ke pembersih vakum manual . Model manual pertama menggunakan bellow, datang pada tahun 1860-an, dan model bermotor pertama datang pada awal abad ke-20. 

Pada tahun 1860 Daniel Hess dari West Union, Iowa , menemukan vacuum cleaner, tetapi pada waktu itu namanya adalah "penyapu karpet". Alat yang dia ciptakan memiliki sikat yang dapat berputar seperti penyapu karpet tradisional dan memiliki mekanisme yang rumit untuk dapat menghisap debu dan kotoran. Pada tanggal 10 Juli 1860 Hess menerima hak paten (US No 29,077) untuk penemuannya .

Ives W. McGaffey
Alat pembersih debu pertama yang menggunakan prinsip vakum adalah "Whirlwind", diciptakan di Chicago pada tahun 1868 oleh Ives W. McGaffey. Mesin itu ringan dan kompak, tapi sulit untuk beroperasi karena saat mendorong alat ini tangan yang lain harus memutar engkol agar alat dapat beroperasi penuh. McGaffey meminta bantuan perusahaan pembersih karpet Amerika Co Boston untuk memasarkannya kepada publik.
McGaffey hanyalah salah satu dari sekian banyak penemu pada abad ke-19 di Amerika Serikat dan Eropa yang merancang pembersih vakum manual . Ia memperoleh hak paten (US No 91.145) pada tanggal 8 Juni 1869.

Melville Bissell
Pada tahun 1876, Melville R. Bissell dari Grand Rapids, Michigan , menciptakan penyapu tekan bertenaga yang diberikan kepada istrinya Anna Sutherland Bissell untuk membersihkan serbuk gergaji di karpet. Melville meninggal dunia pada tahun 1889 tak lama setelah penyapu karpet Bissell lahir, Anna mengambil alih perusahaan dan menjadi salah satu pengusaha yang paling kuat di jamannya. Perusahaan ini kemudian menambahkan koleksi produksinya dengan mengeluarkan pembersih vakum portabel.

John S. Thurman
Pada tanggal 14 November 1898, John S. Thurman of St Louis, Missouri , mengajukan paten (US No 634042) untuk "renovator karpet pneumatik". Ini dikeluarkan pada tanggal 3 Oktober 1899. Thurman menciptakan pembersih bertenaga bensin untuk Perusahaan Umum Air Compressed . Dalam sebuah iklan di surat kabar St Louis Dispatch Thurman menawarkan penemuannya dari sistem kuda (yang bergerak dari pintu ke pintu). Dia menawarkan jasa kebersihan pada $ 4 per kunjungan. Pada 1906, Thurman yang menawarkan built-in sistem pembersihan pusat yang menggunakan udara terkompresi, namun debu yang dibersihkan tidak tertampung pada suatu tempat. Mesin Thurman kadang-kadang dianggap penyedot debu pertama. Namun debu itu tertiup ke wadah bukannya tersedot, tidak seperti mesin hisap jaman sekarang., Hakim Augustus memutuskan bahwa Thurman "tidak tampak telah berusaha untuk merancang sebuah penyedot debu, atau telah memahami proses pembersihan vakum ".

H. Cecil Booth
Pada tahun 1901 Hubert Cecil Booth dari Inggris memiliki klaim kuat untuk menciptakan vacuum cleaner bermotor, Tahun itu ia menghadiri "demonstrasi mesin Amerika oleh penemunya" di Music Hall Kekaisaran di London . Di sana dipamerkan sebuah mesin yang Penemunya tidak disebutkan namun menurut Booth mesin tersebut mirip dengan desain Thurman. Booth menyaksikan demonstrasi perangkat yang meniup debu dari kursi dan dia berpikir untuk membuat suatu mesin yang dapat menyedot debu dan bukan meniupnya. Dia menguji ide dengan meletakkan sapu tangan di kursi kursi restoran, kemudian dia menempatkan mulutnya ke saputangan itu untuk menyedot debu sebanyak yang dia bisa ke saputangan. Setelah melihat debu dan kotoran dapat dikumpulkan di bawah saputangan iapun menyadari ide itu bisa realisasikan.

Booth menciptakan alat penghisap debut yang besar yang didorong oleh mesin pembakaran internal kemudian digerakkan oleh sebuah motor listrik. Dijuluki "Puffing Billy", Mesin yang ia ciptakan pertama berbahan bakar bensin, alat ini bekerja dengan cara  menyedot udara menggunakan pompa piston melalui kain saring. alat ini tidak menggunakan sapu kuas untuk membersihkan debu karena semua pembersihan dilakukan oleh penghisap di dalam tabung panjang dengan nozel pada ujungnya.

Pada awalnya Booth  tidak akan menjual mesinnya, melainkan menjual jasa pembersihan. Mobil Van dari British Vacuum Cleaning company (BVCC) yang cerah merah memiliki operator berseragam yang akan mengangkut selang dari van menuju jendela bangunan untuk mencapai semua kamar di dalamnya. Booth banyak mendapat keluhan dari masyarakat karena kebisingan dari mesin vakumnya bahkan didenda karena peralatan yang dia miliki menakutkan. Pada akhirnya dia mendapatkan stempel persetujuan dari kerajaan , vacuum cleaner bermotor Booth digunakan untuk membersihkan karpet dari Westminster Abbey sebelum penobatan Raja Edward VII  pada tahun 1901.

Booth menerima hak paten pertamanya pada tanggal 18 Februari dan 30 Agustus 1901. Booth memulai Perusahaan Vacuum Cleaner di Inggris dan menyempurnakan penemuannya selama beberapa dekade berikutnya.  Perusahaan Booth masih berjalan sampai sekarang dengan nama BVC

Slanjutnya vacuum cleanerpun mengalami banyak perubahan dan inovasi oleh para ahli dan  berkembang menjadi alat yang sangat nyaman dan mudah digunakan untuk berbagai keperluan.

Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Vacuum_cleaner
Read More