Begini Cara Merawat Sweater Yang Benar

Sweater
Pada musim hujan seperti sekarang ini udara akan terasa sangat dingin, nah pastilah kita akan sering membutuhkan jaket atau sweater. Bukan saja untuk menghangatkan tubuh, jaket atau sweater juga bisa meningkatkan penampilan. Meski demikian, kita perlu hati-hati dalam merawatnya, karena bahan sweater memiliki potensi untuk menyusut dan memudar.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips untuk menjaga sweater agar tetap awet, dan penampilannya selalu tampak seperti baru.


Hindari menggantung sweater pada hanger

Dengan menggantung sweater pada hanger maka gravitasi akan memisahkan serat-serat dan mengubah pola rajutan sweater dari waktu ke waktu. Ketika digantung, bentuk sweater akan berubah pada bagian lengan, pundak, dan lehernya.

Cara terbaik menyimpan sweater adalah dengan meipat sweater dan menyimpannya di dalam kotak kayu, kanvas, atau kemasan karton, sehingga memiliki akses ke udara, tetapi terhindar dari ngengat. Dengan cara ini maka sweater Anda akan terjaga bentuk dan baunya yang segar setelah mencucinya.


Bersihkan benang-benang yang berhamburan

Saat dikenakan sweater kita tentu sering tergesek-gesek, serat dan benang pada sweater bisa berhamburan, membentuk bola-bola kecil. Akibatnya, sweater pun jadi terlihat bulukan. Untungnya benang-benang ini dapat dihilangkan dengan mudah dengan tangan, dengan sikat pakaian, atau pencukur listrik, yang pada dasarnya mengelupas kain, sehingga tampak halus dan baru lagi. Bila Anda tidak memiliki salah satu dari alat tersebut, coba sikat rambut atau sisir.


Beri kamper atau kayu Cedar

Bahan utama pada kebanyakan sweater yang terbuat dari wol sangat disukai oleh ngengat. Cara mencegah kehadiran ngengat adalah dengan kayu cedar, aroma kayu cedar yang cenderung manis bisa mencegah ngengat merajalela. Untuk mencegah hama ini memakan habis pakaian, batasi tempat penyimpanan sweater dengan kayu cedar, atau lemparkan kamper pada lemari Anda.


Perbaiki sedini mungkin

Apabila terjadi kerusakan pada Sweater, segera perbaiki. Karena, bila ada kancing yang longgar atau terlihat ada robekan kecil muncul di kain rajutan, pakaian akan beresiko terurai, atau setidaknya membuat robekan menjadi lebih besar. Sebagian besar sweater menyediakan benang tambahan untuk perbaikan kecil, jadi pastikan untuk menambal setiap lubang dengan segera.


Tidak perlu sering dicuci

Beberapa orang sering melakukan pencucian sweater dengan seringnya, padahal hal itu tidaklah perlu. Seperti jeans, sweater tidak harus dicuci setiap kali setelah dipakai jika ingin membuatnya tetap terlihat baru. Agar sweater tidak perlu sering-sering dicuci, kenakan kemeja katun di bawahnya sehingga minyak alami pada tubuh Anda tidak bersentuhan langsung dengan bahan sweater. Untuk memastikan bahwa Anda tidak membuat sweater menyusut atau rusak, lebih baik mencucinya dengan tangan atau men-dry clean di laundry. Saat mencuci dengan tangan, gunakan air dingin (air panas atau hangat akan meningkatkan potensi penyusutan), lalu tambahkan sedikit deterjen yang diformulasikan untuk bahan halus, dan biarkan sweater terendam. Untuk menghilangkan noda, gosok sweater dengan lembut sampai nodanya larut. Untuk mengeringkan, jangan gantung sweater di hanger. Hamparkan sweater di atas handuk, dan ubah-ubah posisinya agar kering secara merata.

Baca juga: Cara Mencuci Celana Jeans

Post a Comment for "Begini Cara Merawat Sweater Yang Benar"