Tips Merawat Helm Full Face

Helm pembalap F1 Fernando Alonso musim 2010.
Helm adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik.

Helm biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer), atau aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, atau berkendara. Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala (bergantung pada strukturnya) dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.

Di beberapa negara, helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor, bahkan ada yang mewajibkannya bagi pengendara sepeda tak bermotor. Di Inggris hanya penganut Sikh yang diperbolehkan tidak memakai helm karena harus memakai turban.

Helm full face adalah bentuk helm yang dapat memimalisir kecelakaan pada kepala karena bentuk yang menutupi seluruh bagian kepala. Namun helm jenis ini akan terasa kurangnyaman bila kita kurang faham dalam merawatnya sehingga menyebabkan helm bau, berjamur, sehingga membuat gatal kepala. berikut ini beberapa cara untuk merawat helm full face:

  1. Hal yang paling sering menjadi adalah bagian dalam helm menjadi basah, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini dapat dicegah dengan menjauhkan helm dari sumber basah, seperti terkena air hujan secara langsung, misalnya saat anda memarkirkan kendaraan di tempat terbuka, sebaiknya helm tidak diletakkan atau digantung di motor namun alangkah baiknya dititipkan di tempat penitipan helm. Hal ini untuk mengantisipasi agar helm anda tidak kehujanan saat ditinngal.
  2. Meski tidak terkena basah, sebaiknya sering-seringlah menjemurn helm dengan posisi terbalik dan seluruh ventilasi helm terbuka. Hal ini dapat anda lakukan ketika helm selesai dipakani untuk perjalanan jauh, sehingga keringat dan udara lembab yang sempat terjebak dalam helm bisa cepat menguap.
  3. Yang tak kalah pentingnya adalah mencuci helm sebulan sekali, kegiatan ini dilakukan agar tidak menyebabkan gatal pada kulit kepala anda dan menimbuklkan bau pada rambut anda saat dipakai. Dalam mencuci helm, anda dapat melakukannya sendiri atau dicuci di tempat khusus pencucian helm. Baca: "Cara mencuci helm"

Post a Comment for "Tips Merawat Helm Full Face"