30 April 2013

PERALATAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL

Stopkontak
stopkontak tembokAdalah terminal penghubung listrik antara steker alat elektronik dengan instalasi listrik, ada juga yang menyebut alat ini dengan nama "lubang colokan". ada dua jenis stopkontak yaitu: inbow dan outbow, inbow adalah jenis stopkontak yang dipasang  atau ditanam di dalam dinding sedangkan stopkontak outbow adalah jenis stopkontak yang dipasang di luar tembok.

Sakelar
Adalah alat pemutus atau penyambung arus listrik dari sumber listrik ke beban misalnya lampu atau alat elektronik.
sakelar

Steker
Adalah alat penghubung listrik dari stopkontak ke kabel penghubung alat elektronik.

Tedus
Adalah wadah yang terbuat dari plastik, umumnya berbentuk bulat, berfungsi untuk melindungi sambungan kabel, biasanya dipasng pada tembok atau kayu plapon.
gambar steker


Kabel
Adalah penghantar/konduktor listrik yang berfungsi sebagai media untuk mengalirkan lsitrik, berbentuk kawat yang panjang, dibungkus dengan plastik PVC.

Isolasi listrik
Adalah plastik pembungkus yang memiliki perekat di salah satu sisinya yang digunakan untuk menutup sambungan kabel untuk mencegah terjadinya konslet atau tersentuh kulit manusia yang dapat mengakibatkan tersetrum.


Fitting 
Adalah tempat untuk menempatkan lampu, kedua lonektornya tersambung dengan kabel listrik bermuatan positip dan negatip.

Kabel roll listrik
Adalah beberapa stopkontak yang diparalelkan dengan kabel panjang yang digulung di dalam kotak plastik yang bersatu dengan beberapa stopkontak di atasnya.


Pipa listrik
Adalah pipa yang digunakan untuk pemasangan instalasi listrik di dalam dinding tembok, biasanya terbuat dari logam atau PVC.

MCB
Adalah alat pemutus dan penyambung arus listrik di rumah, fungsinya adalah: 
  • pemutus kelebihan pemakaian listrik di rumah yang melebihi kemampuan MCB.

  • mencegah kebakaran yang diakibatkan oleh konsleting listrik, MCB akan secara otomatis memutus listrik dari PLN ke rumah bila terjadi konsleting.    

KWH (kilo watt hour)Adalah alat pencatat pemakaian listrik, ada dua jenis KWH, yaitu:
  • KWH analog, adalah jenis KWH yang generasi pertama yang mencatat pemakaian listrik , pada KWH ini terdapat angka-angka yang dapat berputar sesuai dengan banyaknya pemakain listrik, dengan jenis ini konsumenakan membayar tagihan listriknya setiap bulanhnya sesuai data uang tercatat pada kwh.
  • KWH digital, adalah kawh yang keluar setelah KWH analog, KWH ini akan menunjukkan angka-angka token listrik yang terpakai setelah diidi oleh pulsa listrik sebelumnya, jenis ini disebut juga KWH pra bayar, yaitu setiap konsumen yang menggunakan jenis KWH ini harus mengisi pulsa listriknya agar listrik dapat terus mengalir ke dalam rumah.

Klem kabel
Adalah Penjepit kabel yangberbentuk setengah lingkaran berfungsi untuk merapikan jalur kabel dengan memakunya ke kayu plapon. Ukuran klem ada bermacam-macam disesuaikan dengan ukuran kabel yang terpasang.

Lastdop
Adalah alat berbentuk kerucut yang terbuat dari plastik atau keramik, dipakai untuk menutup sambungan kabel jenis ekor babi agar terhindar dari hubungan pendek/konslet

Sikring/Fuse
Adalah alat pemutus atau penyambung listrik, berguna u8ntuk menghindari terjadinya hubungan pendek, sikring ini akan putus bila terjadi hubungan pendek/konsleting antara kabel bermuatan listrik positip dengan kabel yang bermuatan listrik negatip, Ada dua jenis sikring yamng biasa dipakai pada insttalasi listrik di rumah yaitu:
  • Sikring otomatis, adalah jenis sikring yang bekerja dengan dua buah plat (bimetal), bimetal ini akan memanas bila terjadi konslet kemudian kedua bimetal tersebut akan saling menjauh sehingga memutus arus listrik yang mengalir pada kedua plat tersebut, sikring ini dapat bekerja kembali mengalirkan arus listrik bila kabel yang konslet sudah diperbaiki.
  • Sikring manual, adalah sikring yang terbuat dari seutas kawat yang disimoan di dalam kermik, saat terjadi hubungan pendek maka kawat ini akan memanas dan terbakar sampai putus maka terputuslah aliran listrik, jenis sikring ini hanya dapat digunakan sekali pakai, jadi bila putus harus diganti dengan yang baru
Kabel tunggal
Adalah  jenis kabel yang di dalamnya terdapat satu buah kabel yang agak kaku dengan ukuran diameter yang bermacam-macam, Umumnya dipasang untuk instalasi lintrik pada jalur utama instalasi listrik dan percabangannya seperti kabel ke stopkontak, saqkelar, dan lampu.

Kabel serabut
Adalah jenis kabel yang di dalamnya terdiri dari beberapa kawat, terasa lentur/fleksibel, Biasanya digunakan untuk kabel-kabel penghubung dari alat elektronik ke stopkontak.
  
Selengkapnya...PERALATAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL

29 April 2013

CARA MENGATASI SAMPAH RUMAH TANGGA

Banyak dari masyarakat kita yang menyerahkan semua masalah sampahnya kepada petugas pengangkut sampah yang dibayar setiap bulannya, semua sampah yang ada di rumah biasanya akan dikumpulkan dalam satu wadah yang nantinya akan diserahkan kepada petugas pengambil sampah tersebu, atau ada yang lebih parah lagi adalah membuang sampah di sembarang tempat seperti sungai atau parit.

Sepintas bila kita telah menyerahkan sampah kepada petugas pengumpul sampah maka selesailah masalah sampah, padahal sebetulnya sampah tersebut akan dikumpulkan di suatu temnpat pembuangan akhir (TPA), di sana sebagian sampah tersebut akan diolah menjadi kompos atau sebagian lagi akan dipungut oleh para pemulung, dan sisanya akan bertumpuk.

Kemampuan TPA dalam hal mengolah sampah tidak berimbang dengan jumlah kiriman sampah yang datang setiap harinya dengan jumlah yang semakin hari semakin bertambah.

Hal seperti di atas telah Saya lihat sendiri di tempat pembuangan akhir di daerah Saya yaitu di Leuwigajah Cimahi selatan, kebetulan rumah Saya tidak jauh dari TPA yang dulu pernah terjadi bencana longsornya sampah. Sampah di sana terlihat begitu banyak dan tinggi, jadi sekilas nampak seperti gunung, maka tidak heran bila waktu itu ketika hujan deras mengguyur kota Cimahi dan Leuwigajah terjadi bencana longsor dari sampah tersebut.

Peristiwa longsornya sampah tersebut adalah sal;ah satu bukti bahwa sampah yang datang tidak diimbangi dengan pengolahan sampah, maka dari itu Saya mencoba mengingatkan dan berbagi dengan anda untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dari rumah agar bumi yang kita diami tidak dikotori oleh sampah yang kian hari kian bertambah jumlahnya, semoga dengan cara mengatasi sampah oleh kita sendiri maka akan mengurangi sejumlah masalah sampah yang sering terjadi di negeri kita.


Cara mengatasi sampah rumah tangga
  1. Sediakanlah tiga buah tempat sampah yang memiliki fungsi yang berbeda-beda yaitu; tempat sampah berwarna hijau untuk menyimpan sampah organik seperti: sisa sayuran, kulit buah, atau sampah bekas memasak di dapur. Tempat sampah berwarna kuning digunakan untuk meyimpan sampah anorganik seperti: plastik, styrofoam, dan lain-lain. Tempat sampah berwarna merah untuk sampah berbahaya seperti batu batre bekas.
  2. Buanglah sampah ke tempat sampah sesuai dengan jenis sampahnya.
  3. Untuk sampah organik dapat dimanfaatkan untuk membuat kompos sebagai pupuk alami untuk tanaman
  4. Untuk sampah yang berada di dalam tempat sampah berwarna kuning kita dapat memilahnya untuk dibuat kerajinan tangan
  5. Untuk sampah yang ada di dalam tong sampah berwarna merah kita dapat memilih beberapa bahan untuk dijadikan bahan daur ulang.
Dengan sedikit kreatif maka sampah anorganik dapat dijadikan barang yang bernilai, untuk sampah berupa kaleng yang sudah berkarat kuburlah ke dalam tanah, atau bila tidak memiliki tanah untuk menguburnya berikanlah kepada pemulung atau tukang rongsokan untuk dilebur dan diolah menjadi barang lain.

Semoga dengan mengatasi masalah sampah di rumah sendiri dapat mengurangi masalah sampah, ingat! sampah identik dengan kotor, bau dan penyakit, maka dari itu marilah kita atasi masalah sampah dimulai dari rumah kita masing-masing.
Selengkapnya...CARA MENGATASI SAMPAH RUMAH TANGGA

28 April 2013

TIPS MERAWAT JEMURAN LIPAT ALUMUNIUM

jemuran lipat alumunium
Dengan laju pertumbuhan masyarakat yang semakin hari semakin cepat maka semakin sulit kita menemukan lahan terbuka untuk menjemur pakaian karena sudah tertutup oleh pembangunan rumah, padahal dengan menjemur pakaian di tempat terbuka kita dapat menjemur pakaian lebih banyak dan lebih cepat kering.

Dengan situasi seperti itu maka manusia berfikir bagaimana caranya agar pakaian yang telah dicuci dapat dijemur dalam jumlah banyak di tempat yang relatif kecil atau sempit, maka ditemukanlah cara baru menjemur pakaian dengan menggunakan jemuran lipat yang terbuat dari pipa alumunium atau besi, tetapi yang paling populer adalah jenis jemuran lipat yang terbuat dari alumunium karena selain bobotnya yang ringan juga mudah dalam perawatan, tidak seperti jemuran lipat yang terbuat dari besi yang mudah berkarat.

Dengan menggunakan jemuran jenis ini kita tidak perlu lahan yang terlalu luas, kita dapat menempatkannya di area dengan  panjang 2m dan lebar 1m.


Keunggulan/kelebihan jemuran lipat alumunium:
  • Ringan, sehingga mudah untuk dipindahkan.
  • ukuran kecil, jadi tidak terlalu banyak memakan tempat.
  • Terbuat dari bahan alumunium, tahan karat dan mudah dibersihkan.

sambungan jemuran Kekurangan jemuran lipat alumunium:
  • Mudah lepasnya pipa dari penyangga karena hanya ditahan dengan satu buah sekrup.
  • mudah Patahnya plat penahan kerenggangan
  • Mudah terjatuhnya jemuran  bila tertiup angin, hal ini terjadi karena bobot jemuran yang sangat ringan.
  • mudah kotor oleh debu dan noda.

Tips memilih jemuran lipat alumunium
sambungan penyangga

  • Carilah yang terbuat dari pipa alumunium yang kuat, biasanya terlihat dari ukuran yang lebih besar.
  • Carilah yang semua bahan pipanya terbuat dari alumunium
  • Cobalah dahulu sebelum membeli apakah jemuran yang kita beli mudah untuk dioperasikan baik itu dilipat ataupun direnggangkan.
  • Pilihlah yang ukurannya sesuai dengan luas tempat di rumah yang akan dipakai untuk jemuran.

Tips merawat jemuran lipat alumunium:
  1. Sebelum jemuran dipakai untuk menjemur pakaian bersihkanlah seluruh bagian jemuran dengan kain lembab untuk menghilangkan debu dan kotoran sehingga tidak mengotori pakaian yang akan dijemur.
  2. Hindari meletakkan pakaian yang berat (celana jeans, jaket) pada satu pipa jemuran karena akan membuat pipa tersebut melengkung bahkan bisa terlepas dari penyangganya, lebih baik dicampur dengan pakaian yang lebih ringan untuk mengurangi beban pada masing-masing pipa.
  3. Jangan meletakkan jemuran lipat di tempat yang sering terjadi tiupan angin karena bila pakaian yang berada pada jemuran tertiup angin maka jemuran akan ambruk, bila tidak ada tempat lagi maka masing-masing kaki penyangga diberi pemberat misalnya dengan mengikatkan batu pada kaki tersebut.
  4. Untuk membersihkan noda yang membandel pada alumunium pakailah cuka kemudian gosokkan pada permukaan yang kotor atau gunakan baking soda yang telah dicampur sedikit air lalu gosokkan dengan spon lembut pada noda tersebut.

Cara memperbaiki penyangga yang patah

Suatu saat penyangga jemuran ini akan patah karena faktor usia, untuk memperbaikinya lebih baik dengan mengganti yang patah dengan bahan yang sejenis, tetapi bila sulit untuk mendapatkannya maka kita dapat menggantinya dengan bahan kayu yang ukurannya sesuai.

Jenis kayu yang mirip dengan ukuran penyangga pada jemuran ini adalah kayu yang biasa dipakai untuk membuat atap dari genting (reng), setelah mendapatkan kayunya kita tinggal memotongnya sesuai dengan panjang penyangga lain yang  sesuai, lalu lubangi pada tempat sekrup penyangganya setelah dipasang maka jemuranpun dapat dipergunakan lagi.
Selengkapnya...TIPS MERAWAT JEMURAN LIPAT ALUMUNIUM

27 April 2013

WASPADAI BAHAYA MELAMIN, STYROFOAM, BOTOL PLASTIK DI RUMAH

Beberapa waktu ke belakang dan sampai saat ini isu mengenai beberapa bahan pembuat peralatan rumah tangga yang mengandung bahan berbahaya banyak dibahas dan menjadi topik yang cukup hangat di berbagai media masa, hal itu sangatlah mengejutkan karena selama ini banyak orang yang tidak tahu dan masih memakai bahan tersebut untuk keperluan sehari-jari karena ketidak tahuan.

Pada pos kali ini Saya hanya akan menyoroti tiga bahasan yaitu: melamin, styrofoam, dan botol plastik bekas. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.


Melamin

Adalah zat organik dengan rumus kimia C3H6N6 atau disebut juga dengan nama IUPAC 1,3,5-Triazine-2,6-triazine, berbentuk kristal putih yang sulit larut di dalam air.

Melamin dikenalkan di Indonesia sekitar tahun 1970an, melamin ini banyak sekali digunakan sebagai bahan pembuat plastik, lem, dan pupuk.

Kelebihan melamin:
  • Ringan,
  • Tidak mudah pecah,
  • Praktis untuk dapat dibawa ke mana-mana.
  • Dapat dibentuk menjadi benda yang bermacam-macam dan indah.
Melamin dibentuk dari gabungan Formaldehide dan Fenol, campuran antara keduanya yang tidak seimbang akan menghasilkan residu (Fenol yang tidak bersenyawa dengan sempurna)

Larangan pemakaian melamin:
  • Senyawa melamin sangat rentan terhadap suhu panas dan sinar ultraviolet
  • Tidak boleh digunakan untuk Oven microwave.
  • gesekan pada peralatan rumah tangga yang terbuat dari bahan melamin dapat mengakibatkan tersepasnya residu (formaldehide yang ada sebelumnya)
  • Formaldehide (formalin) adalah salah satu bahan desinfektan yang juga biasa dipakai untuk keperluan pengawetan mayat.
Bahaya melamin bagi tubuh:
  • Menggangu fungsi sel dan dapat mengakibatkan kematian
  • gangguan metabolisme pada ginjal, terutama pada bayi dan anak-anak.
  • Merusak saluran pencernaan sehingga dapat menyebabkan gangguan pada proses pengeluaran kotoran.
  • menyebabkan kerusakan pada fungsi hati, mata, ginjal, dan telinga.
  • Dapat merusak sistem imunitas pada bayi dan anak-anak yang mengkonsumsi.
  • Mudahnya tubuh terserang firus flu atau infeksi..
Sumber:http://www.alchemist.blogspot,com

Styrofoam

Banyak sekali penggunaan bahan ini pada kehidupan kita sehari-hari diantaranya digunakan untuk bahan dasar pembuat huruf untuk dekorasi dan sebagai tempat/wadah makanan atau minuman. Yang berbahaya adalah bila kita menggunakan bahan ini untuk tempat makanan atau minuman, karena styrofoam mengandung zat berbahaya yaitu; Benzen, Carsinogen, dan Styrene. Ketiga zat tersebut akan bereaksi dengan bahan makanan atau air panas sehingga akan terlepas dan masuk ke dalam tubuh kita bersama makanan atau minuman dan akibatnya terjadi kerusakan pada tubuh kita seperti:
  • Kerusanakn pada sumsum tulang belakang
  • Menyebabkan anemia
  • mengurangi pembentukan sel darah merah
Kandungan ketiga zat yang ada di dalam styrofoam yang masuk ke dalam tubuh akan sulit terurai atau terbuang dari tubuh baik  itu lewat keringat, air seni, ataupun kotoran. Dapat dibayangkan apabila kita sering memakai peralatan makan berbahan styrofoam ini maka semakin bertumpuklah kadar  zat berbahaya tersebut di dalam tubuh kita.

Lembaga-lembaga dunia yang peduli terhadap kesehatan seperti International For Research on center, WHO (World Healty Organization), dan EPA (Enviromental Protection Agency) telah jelas menyatakan bahwa  Styrofoam adalah bahan karsinogen yang berbahaya karena merupakan bahan penyebab kangker.


Bahaya botol minuman

Saya tidak menyangka bahwa botol plastik bekas dari minuman dapat berbahaya bagi kesehatan, setelah Saya baca dari beberapa keterangan  ternyata memang benar, hal tersebut ternyata sudah dijelaskan pada kode atau gambar yang tertera di bawah botol plastik kemasan tersebut.

Kode tersebut berbentuk logo daur ulang berbentuk segitiga yang di tengahnya terdapat angka dan di bagian bawahnya terdapat keterangan tentang bahan pembuatnya. Simbol tersebut dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry sejak tahun 1988 di AS dan telah dipakai oleh berbagai lembaga pengembang sistem kode seperti ISO (International Organization for Standardization).

Saya ambil contoh satu logo pada jenis botol bening yang biasa dipakai untuk air mineral yaitu logo daur ulang dengan angka "1" di tengah dan di bawah logo tersebut terdapat tulisan PET (Polyethylene Terephthalate), artinya bahwa botol ini hanya dapat dipakai sekali, bila dipakai berulang misalnya untuk air hangat atau air panas maka bahan polimernya akan mengeluarkan zat karsinogenik yaitu zat pemicu kangker. Untuk keterangan yang lengkap mengenai logo-logo yang terdapat pada botol plastik kemasan untuk air silahkan kunjungi  http://www.kurniasepta.com
Selengkapnya...WASPADAI BAHAYA MELAMIN, STYROFOAM, BOTOL PLASTIK DI RUMAH

26 April 2013

TIPS MEMBERSIHKAN RAK PIRING

gambar rak piring bentuk lemariRak piring yang Saya bahas di sini adalah jenis rak piring yang sedang banyak dipakai di kalangan masyarakat, rak ini selalu hadir di hampir setiap toko yang menjual perabotan rumah tangga ataupun toko mebel.

Sebelum adanya jenis rak piring ini telah ada jenis rak piring yang berbentuk rangka yang terbuka, semua peralatan dapur yang diletakkan di rak tersebut dapat langsung terlihat, kelemahan dari jenis rak piring ini adalah mudahnya kotoran atau debu menempel pada peralatan dapur yang kita simpan di sana sehingga peralatan tersebut tidak higienis agi.

Jenis rak piring yang saya jelaskan di sini adalah termasuk jenis yang lebih aman dan higienis karena bentuknya yang hampir mirip dengan lemari karena seluruh barang-barang yang kita simpan di dalamnya tertutup.

Bagian-bagian rak piring dan fungsinya:
    bagian yang berbentuk meja
  • Rangka terbuat dari alumunium sehingga rak terlihat lebih kokoh.
  • Penutup dan dinding terbuat dari kaca sehingga mudah untuk dibersihkan.
  • Bagian atas terdapat tempat yang memiliki tutup yang mirip dengan jendela, tempat ini dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar terlindung dari debu atau serangga.
  • Di bagian tengah terdapat tempat yang berbentuk meja yang dilapisi dengan keramik yang membuat rak ini terlihat lebih indah dan menarik.
  • Pada bagian bawah terdapat tempat yang agak luas, bagian ini dibagi menjadi tiga tingkat, tingkat atas dan tengah adalah tempat menyimpan piring, sendok, dan gelas, sedangkan tingkat bawah adalah tempat untuk menyimpan peralatan dapur, tingkat yang bawah ini bagian dasarnya dilapisi oleh sejenis ram kawat tipis.

Tips merawat rak piring
  • Untuk mencegah kecoa, semut. atau hewan kecil lainnya agar tidak dapat masuk ke lemari rak piring kita letakanlah wadah kecil di bawah kaki rak kemudian berilah campuran kapur barus dan kapur anti serangga dan semut.
  • Hindari menyimpan barang-barang berat di atas lemari rak piring ini, karena bagian ini hanya dilapisi oleh kayu triplek yang tipis yang tidak tahan terhadap beban berat.
  • Letakan perabotan yang ringan saja pada bagian rak yang paling bawah, karena bagian bawah hanya dihalangi oleh ram kawat tipis yang tidak akan kuat menahan beban terlalu berat.
  • Di bagian sudut kanan terdapat stopkontak yang sudah terpasang dengan kabel dan terminal stopkontak yang berguna untuk alat penanak nasi listrik, saran Saya gantilah kabelnya dengan yang lebih kuat karena kebanyakan kabel yang digunakan adalah jenis yang mudah putus dan kurang pas bila dipakai untuk beban listrik yang besar seperti alat pemasak nasi.
  • Bersihkanlah seluruh bagian seperti kaca dan rak yang terbuat dari alumunium dengan spon lembab yang diberi sedikit air dan cairan cuka.
  • Jauhkanlah lemari piring dari tembok untuk menghindari tumbuhnya jamur, berilah jarak antara lemari dan tembok dengan jarak minimal 5cm.
  • Sering-seringlah membersihkan tempat penyimpanan makanan, karena dinding kaca dan alasnya rentan terkena noda atau uap dari makanan.
  • Bersihkan kaca pada kedua sisinya, karena bila hanya satu sisi saja yang dibersihkan maka kotoran atau noda dari sisi yang satu akan terlihat dari sisi yang lain.
  • bila akan memindahkan lemari piring ke tempat lain maka keluarkanlah dahulu semua barang yang ada di dalam untuk mempermudah proses pemindahan.
  • Hati-hatilah saat membuka dan menutup pintu lemari piring ini karena sekrup pada engselnya mudah sekali terlepas. Bila sekrup pada engsel terlepas gantilah sekrup yang lama dengan yang baru dengan ukuran yang lebih besar sedikit.
  • Sudut/ujung pada penutup yang berbentuk jendela yang terbuat dari alumuniun bentuknya sangat tajam sehingga rentan untuk menggores kulit kita, maka untuk mencegah hal tersebut kikirlah bagian yang tajam tersebut  agar menjadi tumpul.
  • Biasanya tikus dapat masuk lewat kawat ram yang terletak di bagian paling bawah dari lemari rak ini, bila memungkinkan tutuplah bagian ini dengan triplek yang agak tebal, selain mencegah tikus masuk juda dapat menahan beban berat benda yang ada di dalamnya.
  • Jangajn biarkan sisa-sisa makanan tercecer di lemari atau lantai sekitar lemari rak ini karena akan mengundang tikus, kecoa, atau semut.
Selengkapnya...TIPS MEMBERSIHKAN RAK PIRING

25 April 2013

SELAMATKAN KITCHEN SET DARI JAMUR, SEMUT, DAN KECOA

Memiliki dapur yang bersih, higienis, dan sehat adalah dambaan para Ibu rumah tangga yang senag atau memiliki hobi memasak di dapurnya sendiri, beberapa hal yang dapat membuat dapur seperti itu adalah terdapatnya kitchen set di dapur. Kitchen set ini berfungsi untuk menyimpan peralatan dapur, bumbu masakan, ataupun alat dapur lain agar tidak berserakan di mana saja, dengan menyiimpan peralatan tersebut di dalam kitchen set maka akan mengurangi ketidakteraturan penyimpanan yang kadang-kadang membuat dapur berantakan.

Tetapi alangkah sayangnya apabila kitchen set kita kotor atau bau yang disebabkan oleh jamur, kecoa, dan semut, maka keindahan dan kebersihannya akan terganggu sehingga fungsinya menjadi kurang baik.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat kitchen set kita agar terhindar dari hal-hal yang telah diterangkan di atas seperti serangan jamur, kecoa, dan semut.

Tips merawat kitchen set
  • Untuk kitchen set yang terbuat dari dari kayu atau papan pres (Particle board) sangat rentan terkena serangan jamur oleh karena itu lakukanlah hal-hal di bawah ini untuk mencegahnya:
  • Biasanya kitchen set dipasang menempel pada dinding tembok, padahal hal tersebut membuat tembok menjadi semakin lembab, tempat yang lembab adalah tempat berkembang biaknya jamur. Untuk mengatasinya sebelum kitchen set dipasang maka lapisilah dinding tembok dengan cat anti jamur atau lapisi permukaannya dengan keramik, dengan begitu jamur akan senggan untuk tinggal di sana.
  • Lapisi bagian kitchen set yang akan menempel  atau berdekatan dengan dinding tembok menggunakan cat melamin atau cat minyak lainnya.
  • Hindari menyimpan bahan makanan, bumbu, dalam jangka waktu lama yang dapat membuat aroma tidak sedap di dalam kitchen set.
  • Untuk mencegah semut dan kecoa yang masuk, berilah goresan kapur anti serangga di sekeliling tembok yang terletak di sekeliling kitchen set,.
  • Sering-seringlah membersihkan bagian dalam dan luar kitchen set menggunakan lap lembab kemudian keringkan dengan lap bersih dan kering.
  • Bukalah sesekali pintu kitchen set agar udara di dalamnya tidak lembab.
  • Tutuplah lubang sekecil apapun agar serangga atau binatatang lainnya tidak dapat masuk ke dalam kitchen set kita.
  • Bila kitchen set sudah terlanjur terkena jamur sehingga menyebabkan kotor dan bau di dalamnya maka hilangkanlah jamur tersebut dengan cairan 4lk0h0l 70% dengan menggunakan spon, hati-hati penggunaan 4lk0h0l pada pada beberapa merek particle board tertentu karena ada beberapa lapisan terluar dari particle board tidak tahan terhadap senyawa ini, jadi cobalah sedikit dulu bila tidak ada reaksi apa-apa maka lanjutkan proses pembersihan jamur sampai tuntas.
  • Bersihkanlah bagian luar dan dalam kitchen set menggunakan kain yang lembab dan diberi sedikit air dan sabun pencuci piring kemudian keringkan dengan lap kering, lakukan setiap seminggu sekali.
  • Bersihkan rak penyimpan gelas dan piring dari debu dan kotoran seperti di atas.
  • Segera keringkan dan bersihkan bila kitchen set terkena air, karena bahan particle board mudah hancur bila terkena air.
  • Untuk membersihkan jelaga, gunakanlah sabun colek atau sabun cuci yang dicampur dengan air kemudian gosokkan dengan spon lembut ke permukaan kitchen set yang terkena jelaga lalu keringkan dengan lap kering.
Selengkapnya...SELAMATKAN KITCHEN SET DARI JAMUR, SEMUT, DAN KECOA

24 April 2013

SEJARAH TERMOS

Penemuan termos telah membuat suatu perubahan yang berarti sejak tahun 1904. Kemajuan teknologi yang stabil dan pengembangan produk baru yang terus digali telah membuat termos memimpin industri selama hampir satu abad.

Termos diciptakan oleh Sir James dewar pada tahun 1892, beliau adalah seorang ilmuwan di Universitas Oxford, "termos" pertama kali diproduksi secara komersial pada tahun 1904, ketika peniup dua gelas Jerman  membentuk GmbH Thermos,   masyarakat mengadakan kontes nama untuk "guci hampa"(Vacuum flask), lalu penduduk Munich menamainya "termos" yang berasal dari bahasa Yunani yaitu "Therme" yang artinya "panas".

Pada tahun 1907 GmbH termos menjual hak merek dagang termos kepada tiga perusahaan independen yaitu: The American Thermos Bottle Company of Brooklyn, NY; Thermos Limited of Tottenham, England; Canadian Thermos Bottle Co. Ltd. of Montreal, Canada. Termos menjadi begitu populer dan dikenal setelah di bawa oleh beberapa banyak ekspedisi yang terkenal diantaranya yaitu:
  1. Letnan. E.H. "Perjalanan Shackleton ke Kutub Selatan",
  2. Robert E. Peary "Perjalanan ke Kutub Utara",
  3. Kolonel Roosevelt "Ekspedisi ke Mombassa dan ke jantung Kongo Afrika" bersama Richard Harding Davis. 
  4. Wright Bersaudara "pesawat dan Zeppelin"

Termos dipuji di seluruh dunia karena desain revolusionernya. Pada tahun 1909 termos memenangkan "Grand Prize Award" di Pameran Alaska Yukon Pasifik  dan dihormati untuk tujuh pameran lain di dunia.

Pada tahun 1911 Termos membuat terobosan teknologi dengan memproduksi mesin pertama pembuat kaca filler. Sampai saat ini termos terkenal dalam teknologi vakum kaca di dunia.

Pertumbuhan popularitas termos semakin membesar dengan diproduksinya mesin pembuat  kaca pengisi, . Pada tahun 1923 termos telah memperkenalkan 24 Nomor pint berukuran "Blue Bottle" dan termos nasi berukuran besar dengan nama "Jumbo Jug".

Sebuah jenis baru dari vakum-terisolasi berdinding ganda kaca Pyrex kapal ®  direkayasa pada tahun 1928 yang berkemampuan 24 galon.Ini menjadi sangat populer pada tahun 1928 dan 1929 untuk lemari es krim dan lemari ikan beku, sesaat sebelum munculnya pendinginan komersial.

Ketika Perang Dunia II pecah di Eropa pada tahun 1939  hampir semua persediaan termos di Inggris terbatas karena digunakan oleh tentara untuk perang tersebut. Sementara itu di AS perusahaan termos yang berperan dalam menyuplai kebutuhan termos untuk kebutuhan perang adalah "The American Termos" . Pada waktu itu lebih dari 98% produksi termos adalah untuk penggunaan militer dan laboratorium energi atom. Meskipun perang telah berakhir pada tahun 1945 kepopuleran termos semakin menjadi-jadi.

Pada 1957 botol vakum merek termos dikenal hampir secara universal untuk digunakan bersama dengan makanan dan minuman. Selain itu produk termos juga telah berguna untuk keperluan dunia ilmu pengetahuan, kedokteran dan industri. Mereka telah digunakan dalam berbagai instrumen pengukur daya listrik, laju pendakian di pesawat terbang, pendeteksi deposit minyak dan merekam cuaca. Dan telah digunakan untuk mengangkut ikan tropis langka, melestarikan dan transportasi plasma darah, serum, tulang, jaringan dan insulin.

Pada tahun 1966diperkenalkan botol termos pertama di dunia dengan nama stainless steel vakum. Produk ini akan merubah cara penyimpanan bahan makanan atau minuman baik dingin atau panas dis eluruh dunia.

Pada tahun 1971 produk termos telah diekspor ke lebih dari 100 negara.tahun 1985 adalah tahun sukses bagi termos dengan memperkenalkan teko kopi "The Coffee Butler". Vakum ini mengisolasi teko kaca dan meggebrak pasar waktu itu dan menjadi salah satu produk peralatan rumah tangga teratas di Amerika Utara.


Judul asli: our hystory
Telah disalin dan diterjemahkan dari http://www.thermos.com/history.aspx
Selengkapnya...SEJARAH TERMOS

23 April 2013

TIPS MERAWAT GELAS / CANGKIR KERAMIK

GAMBAR GELAS
Benda yang satu ini sudah menjadi salah satu alat pelengkap ketika kita makan, dengan segala kelebihannya bejana ini sedah sudah sejak lama dipercaya aman untuk dijadikan tempat minum, diantara kelebihan dari gelas adalah :
  • Mudah dibentuk ketika diproduksi.
  • mudah dibersihkan bila terkena noda.
  • sulit bereaksi dengan makanan atau minuman baik dalam keadaan panas ataupun dingin sehingga tidak merubah rasa makanan/minuman tersebut.
Selain memiliki kelebihan, ternyata gelas juga memiliki kekurangan, diantaranya yaitu:
  • Mudah pecah bila terjatuh atau terbentur benda keras 
  • Mudah pecah bila dituang air panas
  • Pecahannya berbahaya bila terkena kulit, karena tajamnya maka kulit atau daging kita akan terkoyak bila terkena pecahan gelas dan dapat mengakibatkan luka yang serius.
Dengan segala kelebihan dan kekurangan pada gelas tetaplah harus dirawat dan dijaga dengan baik agar saat kita memerlukannya maka gelas tersebut dalam keadaan siap pakai.

Gelas yang akan Saya jelaskan di sini adalah gelas di rumah yang biasa dipakai untuk minum sehari-hari., di bawah ini saya jelaskan tentang bagaimana cara atau tips untuk merawatnya;
  1. Saat pertama membeli gelas baru maka hal yang mesti dilakukan adalah merebus gelas di dalam air mendidih selama minimal satu jam, hal ini  bermanfaat untuk mencegah gelas pecah saat dituang air panas, untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel Saya yang berjudul "Tips mencegah gelas pecah saat dituang air panas"
  2. Setelah gelas direbus diamkan gelas sampai dingin dengan sendirinya kemudian simpann di tempat yang sudah anda sediakan misalnya di dalam rak piring atau di dalam Kitchen set.
  3. Saat kita membuat teh di dalam gelas baik itu teh tubruk atau teh celup, janganlah membiarkan serbuk teh tubruk atau kantung teh celup berada di dalam gelas dalam waktu yantg cukup lama, bila air teh yang ada di dalam gelas sudah tidak akan diminum lagi segeralah buang ampas atau teh celup beserta airnya, atau lebih bagus gelas tersebut langsung dicuci, bila tidak langsung dicucipun tidak apa-apa asalkan gelas tersebut telah terbebas dari ampas teh, teh celup, dan air tehnya. Bila kita mendiamkan serbuk teh atau teh celup berada lama di dalam gelas maka di dalam dinding gelas atau cangkir keramik akan menempel noda teh, bila noda tersebut sudah lama dan selalu ditimpah dengan noda teh secara terus menerus maka noda tersebut akan sulit untuk dihilangkan.
  4. Sama halnya dengan noda teh, ternyata noda bekas kopi juga bisa menempel pada gelas, gelas yang selalu dipakai untuk membuat air kopi dan ampas kopinya tidak segera dibersihkan maka di dalam dending gelas atau cangkir keramik akan terdapat noda bekas kopi yang sulit dibersihkan dengan sabun cuci piring biasa, maka dari itu bila air kopi di dalam gelas gelas sudah tidak diminum lagi segeralah gelas tersebut dicuci, bila anda tidak akan segera mencucinya maka anda dapat menyiram gelas dengan air biasa kemudian buang air beserta ampas kopi lalu rendam di dalam air bersih, jangan lupa untuk mencucinya lagi.
  5. Satu hal lagi yang dapat membuat noda pada gelas menjadi sulit dibersihkan adalah air di dalam gelas yang diminum oleh seseorang sambil m3r0k0k, as4p yang menempel pada b1b1r akan menempel pada dinding gelas bagian luar sehingga bila noda tersebut tidak segera dibersihkan maka akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dibersihkan dengan cara mencuci biasa.
  6. Bila anda memiliki gelas yang banyak dan gelas-gelas tersebut sering dipinjamkan ke tetangga, misalnya untuk pesta pernikahan atau pesta khitanan, maka untuk mencegah gelas tertukar dengan gelas milik orang lainberilah tanda pada bagian bawah gelas dengan menggunakan cat minyak.

Cara menghilangkan noda bekas teh, kopi, dan r0k0k:
  • Cobalah menggunaka bahan pembersih serbaguna, misalnya dengan baking soda. Campurkan baking soda dengan sedikit air lalu oleskan pada permukan yang bernoda kemudian gosok dengan spon kasar.
  • Dengan air perasan jeruk nipis yang digosokkan ke dalam permukaan gelas yang bernoda dengan bantuan kain lap.
  • Dengan abu gosok yang dicampur dengan cairan pencuci piring, gosokkan kedua bahan tersebut pada permukaan gelas yang bernoda.
  • Dengan merebus gelas dalam air yang telas dicampur cuka, garam, dan air perasan jeruk nipis, lalu gosok gelas dengan kain lap yang sudah bercampur  cairan tadi.
Selengkapnya...TIPS MERAWAT GELAS / CANGKIR KERAMIK

22 April 2013

CARA MEMAKAI DAN MERAWAT MESIN PENCUCI PIRING (DISHWASHER)

Alat yang satu ini kurang populer penggunaannya oleh masyarakat Indonesia keculai oleh kalangan tertentu saja, masyarakat kita lebih menyukai cara mencuci piring dengan cara-cara lama yaitu dengan menggunakan tangan secara langsung, padahal dengan menggunakan mesin pencuci piring otomatis maka banyak keuntungan yang didapat, diantaranya yaitu:
  • Hemat waktu, dengan menggunakan mesin cuci piring ini maka waktu yang diperlukan untuk membersihkan peralatan yang kotor lebih cepat bila dibandingkan dengan mencuci piring dengan menggunakan tangan secara langsung, saat semua peralatan sedang disuci dengan mesin maka kita dapat melakukan pekerjaan lain sambil menunggu mesin tersebut menyelesaikan tugasnya.
  • Hemat air, air yang diperlukan untuk mencuci peralatan  lebih sedikit karena air yang dialirkan menggunakan sistem semprot bertekanan, jadi tentu saja air yang digunakanpun menjadi lebih sedikit.
  • lebih higienis, karena tanpa campur tangan kita, dan saat peralatan dibersihkan tidak ada celah atau ruang yang terhubung ke luar jadi tidak terjadi kontaminasi dari udara luar.
  • Lebih bersih, air yang telah bercampur sabun pencuci piring akan disemprotkan dengan sebuah tekanan sehingga mengakibatkan terlepasnya kotoran yang melekat pada peralatan yang kotor.
  • Kotoran akan langsung dibuang/dialirkan ke saluran pembuangan.

Cara memakai mesin pencuci piring
  1. Buka tutup mesin pencuci piring, lalu letakkan semua peralatan pada rak yang tersedia sesuai dengan tempatnya masing-masing.
  2. Masukkan sabun cair khusus pencuci piring ke tempat yang tersedia.
  3. Masukkan rak ke dalam mesin pencuci piring.lalu tutuplah mesin cuci anda 
  4. Setelah mesin dinyalakan maka air akan disemprotkan di dalam mesin, dengan bantuan sebuah baling-baling maka air tersebut akan disemprotkan ke segala arah.
  5. Setelah proses mencuci selesai keluarkanlah semua peralatan dari dalam alat pencuci piring lalu simpanlah di tempat yang telah anda sediakan, misalnya di dalam kitchen set.

Tips merawat mesin pencuci piring:
  • Periksa bagian rak rak pencuci kalau-kalau ada kotoran yang melekat, apabila lada bersihkan dengan spon lalu bilas.
  • Hindari mencuci peralatan atau benda-benda yang mengandung minyak, asam, karat, cat.
  • Janganlah membuka tutup mesin cuci piring saat mesin sedang bekerja/digunakan.
  • Untuk peralatan yang tajam dan panjang seperti pisau, sebaiknya didiletakkan secara mendatar, dan bagian yang tajam menghadap ke atas atau kle bawah, hal ini berguna agar alat tersebut dapat bersih secara menyeluruh ke setiap bagiannya.

Tips memilih mesin pencuci piring

1. Cari tau jenis-jenis mesin cuci piring yang beredar di pasaran, 
  • Portable dishwasher, jenis ini mudah untuk dipindahkan  sesuai dengan keinginan karena alat ini dapat dipindah tempatkan.
  • Countertop dishwasher jenis ini memiliki ukuran kecil, cocok untuk dapur yang berukuran mungil. 
  • Built-in dishwasher, alat pencuci piring ini dipasang dengan cara permanen sehingga tidak dapat pindah tempat.
2. Sesuaikan jenis mesin cuci piring dengan kebutuhan kondisi keuangan anda, misalnya anda memilih jenis Counter Top Dishwasher yang berukuran kecil sehingga cocok untuk ditempatkan di dapur yang mungil seperti dapur anda.

3. Perhatikan bahan pembuat Mesin pencuci piring, misalnya  yang dibuat dengan bahan stainless dapat tahan terhadap air yang kadar alkalinya tinggi, hal tersebut mungkin saja sesuai dengan sumber air di rumah anda.

4. Bila anda memilih bahan plastik maka anda akan dengan mudah membersihkannya tetapi jenis ini tidak tahan terhadap kondisi air yang buruk.

5. Pilihlah ukuiran mesin cuci piring yang sesuai dengan ukuran dapur anda, misalnya untuk dapur yang berukuran kecil anda dapat memilih ukuran 14" atau untuk yang lebih luas dapat menggunakan ukuran 18".   
Selengkapnya...CARA MEMAKAI DAN MERAWAT MESIN PENCUCI PIRING (DISHWASHER)

21 April 2013

TIPS MERAWAT TEMPAT MENYIMPAN BERAS (RICE BOX)

Nasi adalah salah satu jenis makan pokok yang banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi berasal dari beras yang dimasak dengan air sebelum dapat dikonsumsi.

Kebanyakan orang zaman sekarang menyimpan persediaan berasnya dalam sebuah wadah besar yang berbentuk kotak yang terbuat dari kaleng atau lembaran logam besi, sedangkan bagian tutupnya terbuat dari plastik.

Nama Sarana penyimpan beras atau "rice box" yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah C0sm05, meskipun banyak merek lain yang ada di pasaran, tetapi merek inilah yang paling populer.

Meski semua perusahaan pembuat alat penyimpan nasi mengklaim kalau alat buatannya mampu menyimpan beras dengan aman seperti bebas jamur, anti kutu beras, atau tidak membuat beras berbau apak, tetapi tetap saja perlu perawatan yang benar dari kita sebagai pemiliknya, karena mungkin saja hal-hal seperti itu akan muncul pada persediaan beras kita.

Perwatan tetaplah harus dilakukan karena beras yang akan kita simpan ke dalam alat ini nantinya akan dimasak dan dimakan oleh kita, jadi kita harus menjaga beras kita agar selalu siap pakai sebelum dimasak

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara merawat tempat menyimpan beras alangkah baiknya bila kita mengetahui beberapa keluhan yang sering muncul pada beras yang disimpan pada alat/sarana penyimpan beras, inilah penjelasannya:
  • Beras menjadi bau apak dan berjamur.
  • terdapat kutu beras yang mengakibatkan hancurnya butiran beras dan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • banyaknya binatang kecil selain kutu beras yang bersarang seperti semut dan kecoa.
Untuk mencegah hal-hal tersebut ada beberapa hal yang perlu dilakukan, inilah beberapa tips tentang cara penggunaan atau merawat tempat menyimpan beras: 
  • Saat memiliki sarana penyimpan beras, pastikan seluruh bagian dibersihkan dari debu atau binatang-binatang kecil, untuk membersihkannya cukup dengan lap lembab yang diteruskan dengan lap kering.
  • Letakkan alat penyimpan beras di tempat yang bersih dan kering jauh dari aktifitas yang berhubungan dengan air, hal ini berguna untuk mencegah terjadinya karat pada badan alat bagian luar yang terbuat dari logam.
  • Bila anda meletakkannya di dekat dinding tembok maka sebaiknya berilah jarak antara dinding dengan badan alat kira-kira 5cm-10cm, hal ini berguna untuk menghindari terbentuknya udara lembab di sekitar badan alat yang dapat memicu tumbuhnya jamur.
  • Setiap akan memasukkan beras baru pastikan beras tersebut dalam keadaan baik (tidak berbau apak, bersih, terbebas dari jamur dan kutu)
  • Hampir semua jenis beras yang disimpan dalam tempat penyimpanan beras dapat bertahan dalam kondisi baik selama satu bulan, dan bila sudah melewati masa itu maka kualitas beras akan menurun, maka dari itu perhitungkan jumlah takaran beras yang dimasukkan ke dalam sarana penyimpan beras agar dapat habis dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga selama satu bulan. setelah beras habis maka dapat diisi kembali dengan beras yang baru.
  • Hindari memasukkan beras baru bila di dalam alat penyimpan beras masih ada sisa beras sebelumnya, mengapa demikian? baca ketarangan selanjutnya di bawah ini
  • Setelah beras yang berada di dalam tempat menyimpan beras sudah habis segeralah bersihkan bagian dalam alat dengan menggunakan kain lembab sampai tidak ada lagi sisa-sisa pecahan atau serbuk beras lalu lap lagi dengan kain kering dan diamkan beberapa saat dengan kondisi terbuka.
  • Bersihkan juga wadah untuk menakar beras dengan mencuci menggunakan air dan sabun sama seperti cara kita mencuci piring, setelah kering letakkan kembali di tempat semula.
  • Bersihkanlah bagian luar alat dengan menggunakan kain lembab yang diberi sedikit sabun pencuci piring.
  • Untuk mencegah tumbuhnya jamur, aturlah kondisi ruangan agar selalu dalam keadaan kering, bukalah pintu, jendela, beserta tirainya pada waktu siang hari agar udara di dalam ruangan tempat penyimpanan alat penyimpan beras menjadi kering (tidak lembab) dan terjadi sirkulasi udara yang baik.
  • Sesekali bukalah tutup alat ini untuk megurangi bau apak pada beras.

Beberapa cara mencegah dan mengusir kutu beras:
  • dijemur di bawah terik sinar matahari matahari
  • mencampur 10kg beras dengan 50gr daun jeruk purut yang ditumbuk halus.
  • memasukkan beberapa helai daun asam jawa bersih dan kering ke dalam tempat penyimpanan beras.
  • beberapa daun belimbing wuluh ditumbuk lalu dicampurkan ke dalam beras.
  • beberapa batang lada kering yang dicampurkan ke dalam beras,
  • meletakan satu sampai tiga batang cabe kering di atas beras.
     dari berbagai sumber
Selengkapnya...TIPS MERAWAT TEMPAT MENYIMPAN BERAS (RICE BOX)

20 April 2013

CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF SUARA PUTUS-PUTUS

Halo sobat semua ... sudah lama rasanya Saya tidak posting mengenai "cara memperbaiki" peralatan elektronik, kebetulan tadi siang Saya baru saja memperbaiki speaker aktif di rumah dengan keluhan/gejala suara yang dikeluarkan oleh speakernya terputus-putus. Untuk lebih memahami speaker aktif alangkah lebih baiknya bila anda membaca postingan Saya sebelumnya yaitu "Panduan Cara mudah Memperbaiki Speaker Aktif". Untuk keluhan seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:
  • Soket auudio yang terdapat pada sumber suara/source (seperti komputer, DVD player dan alat lainnya) longgar karena seringnya pemakaian.
  • Kabel Audio yang menghubungkan speaker dengan sumber suara ada yang putus tapi jarak kedua ujung yang putus tersebut sangat berdekatan.
  • Kabel yang menghubungkan speaker dengan rangkaian power amply solderannya terlepas.
  • Potensio volume berkarat.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara memperbaiki speaker aktif yang suaranya terputus-putus adalah:
  1. Cabutlah kabel penghubung speaker ke sumber (komputer atau DVD player) lalu
  2. Hubungkan kabel tersebut dengan sumber suara lain lalu nyalakan speaker, apabila suara speaker jadi normal maka kerusakan terjadi pada soket audio sebelumnya. Untuk hal ini maka soket audio tersebut harus diganti baru.
  3. Bila dengan dipindahkannya kabel audio ke sumber lain ternyata suara masih tersendat-sendat cobalah ganti kabel auidio tersebut dengan yang baru.
  4. Bila setelah kabel audio diganti dan suara masih tersendat-sendat maka tahap selanjutnya adalah memeriksa kabel yang menghubungkan rangkaian amply dengan speaker,
  5. Perhatikanlah kabel tersebut apakah terpasang kuat pada solderan/patrian, untuk memastikannya cobalah kabel tersebut digoyang-goyang.
  6. Komponen yang sering rusak pada speaker aktif adalah potensio volume, komponen ini sering rusak karena sering digunakan dengan cara diputar maka plat tembaga yang ada di dalam komponen ini menjadi tipis, naka plat tersebut berada pada keadaan terhubung dan tidak terhubung, untuk mengeceknya cobalah nyalakan speaker kemudian putar-putarlah volume, bila suara terputus-putus saat diputarnya potensio volume maka dapat dipastikan yang menjadi masalahnya adalah potensio tersebut. Untuk memperbaikinya cukup ditetesi dengan minyak pelumas atau minyak goreng yang bersih, apabila cara tersebut tidak manjur maka potensio harus diganti dengan yang baru.
  7. Apabial potensio tidak rusak maka hal terakhir yang perlu dicek adalah rangkaian power amply yang terdapat di dalam kotak speaker, untuk mengetahuinya maka speaker harus dibuka dulu lalu perhatikanlah semua perkabelan yang ada di dalam rangkain apakah terpasang dengan baik pada tempatnya? untuk mengetahui hal di atas cobalah mengoyang-goyangkan kabel yang terpasang pada solderan dengan hati-hati karena kalau tergesa-gesa maka kabel ini akn putus karena tertarik.
  8. Bila dengan cara di atas suara speaker tetap terputus-purus maka kemungkinan besar rangkaian amplynya yang rusak, gantilah rangkain amply dengan yang baru atau sejenis.
Demikianlah artikel Saya tentang cara memperbaiki speaker aktif yang suaranya terputus-putus, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda.
Selengkapnya...CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF SUARA PUTUS-PUTUS

19 April 2013

CARA MEMPERBAIKI TERMINAL ROLL LISTRIK

terminal stopkontak / terminal rol listrik
Semakin banyaknya peralatan elektronik yang kita miliki membuat kebutuhan akan stopkontak menjadi bertambah, tetapi kebutuhan tersebut tidak berimbang dengan jumlah stopkontak yang tersedia, sedangkan untuk memasang jalur listrik baru yang permanen sudah tidak memungkinkan.

Maka dari itulah banyak orang mencari alternatif lain yang lebih praktis tanpa harus memasang atau menyambung kabel, salah satunya adalah dengan membeli terminal roll kabel. Dengan alat ini kita tinggal menghubungkan stekernya ke stopkontak yang sudah ada di rumah, selanjutnya kabel roll tinggal ditarik sesuai kebutuhan dan dapat langsung digunakan.

Umumnya terdapat empat buah stopkontak yang terpasang pada kotak kabel roll ini dan sebuah lampu indikator yang akan menyala bila listrik sudah terhubung dari steker ke kabel.

Kerusakan yang sering terjadi pada terminal roll listrik
  1. Mati total, Listrik tidak mengalir ke terminal stopkontak pada kabel roll meskipun stekernya telah terpasang ke stopkontak, hal ini dapat dilihat dengan padamnya lampu indikator yang berada di dekat terminal kabel roll.
  2. Stopkontak pada terminal roll tidak bisa digunakan, tapi lampu indikator menyala,
  3. Listrik yang mengalir ke terminal roll listrik kadang-kadang mati kadang-kadang hidup, hal ini ditandai dengan menyala dan matinya lampu indikator secara bergantian.
Untuk lebih jelas mengenai cara memperbaiki terminal kabel roll yang rusak silahkan simak penjelasannya di bawah ini.


Mati total,
Listrik tidak mengalir ke terminal stopkontak pada kabel roll meskipun stekernya telah terpasang ke stopkontak, hal ini dapat dilihat dengan padamnya lampu indikator yang berada di dekat terminal kabel roll..

Cara memperbaiki;
    bagian dalam kotak terminal rol listrik
  1. Buka skrup yang ada pada terminal stopkontak lalu pisahkan/angkat penutup stopkontak.
  2. lihatlah seluruh bagian yang terdapat di dalam kotak kabel roll, apakah kedua kabel tersambung dengan baik ke terminal stopkontak? bila tersambung dengan baik maka kemungkinan jalur kabel dari terminal ke steker ada yang putus.
  3. Untuk mengetahui apakah kabel putus atau tidak, dapat diuji menggunakan tespen atau  AVO meter
Dengan tespen: 
    cara mengukur dengan tespen
  1. masukkan steker ke stopkontak, tekan sakelar pada terminal rol ke posisi "on"
  2. masukkan ujung tespen ke lubang pada terminal rol listrik, lakukan pengujian ini pada semua lubang.
  3. Bila tidak ada lubang yang dapat menyalakan tespen cobalah cabut steker kemudian masukkan lagi ke stopkontak dengan posisi steker dibalik(diputar 180derajat), 
  4. Ulangi mengukur terminal pada roll seperti sebelumnya(poin 2) , bila tespen masih tidak menyala maka dapat dipastikan kedua kabel putus di dalam, tetapi bila tespen dapat menyala pada salah satu luibang maka hanya satu kabel yang terputus di dalam.
R X 1 KDengan Avo meter :
    cara mengukur jari steker
  1. Cabut steker dari stopkontak
  2. Atur posisi sakelar pemilih pada avo meter pada skala R X 1 Kilo Ohm, 
  3. Tempelkan salah satu probe(stik pengukur) pada AVO meter ke salah satu jari steker sedangkan probe yang lain ke salah satu lubang stopkontak
  4. Kabel yang masih baik/tersambung akan ditunjukkan dengan bergeraknya jarum penunjuk pada AVO meter ke arah kanan dan diam di angka nol.
  5. sedangkan kabel yang terputus akan ditandai dengan tidak bergeraknya jarum penunjuk pada AVO meter.
  6. Ulangi urutan pengukuran kabel pada steker dan lubang stopkontak yang lainnya seperti di atas untuk mengetahui apakah kabel yang lain terputus juga atau tidak.

cara mengukur lubang terminal pada rol listrikCara mengetahui letak kabel yang terputus tanpa menggunakan tespen atau AVO meter:
Cara ini hanya dapat dilakukan pada kabel yang putus sebelah.
  1. Masukkan steker ke stopkontak 
  2. Nyalakan terminal rol listrik dengan merubah posisi saklar ke posisi "on"
  3. Mulailah menekuk-nekuk kabel mulai dari pangkal steker sampai ujung kabel yang terdekat dengan kotak terminal sambil
    letak jarum yang diam pada avo
    memperhatikan lampu indikator pada kotak terminal rol.
  4. Bila saat menekuk-nekuk kabel ternyata lampu menyala dan mati secara bergantian berarti di tempat kabel yang kita tekuk terdapat kabel putus yang tersambung oleh tekukan kita,
  5. Kupaslah pembungkus kabel lalu periksa kabel mana yang putus.
  6. Setelah ditemukan kabel mana yang putus maka sambunglah kabel yang putus tersebut dengan benar
  7. BIla letak kabel yang putus dekat dengan steker sehingga tidak memungkinkan untuk disambung maka pasanglah steker baru
    letak jarum avo pada angka nol
    pada ujung kabel. 
Bila cara di atas tidak berhasil maka anda dapat menggunakan cara "asal tebak" yaitu cara yang dilakukan dengan memotong kabel, cara ini dilakukan dengan cara berurut yaitu:
  1.  Potong kabel dengan panjang kira-kira 50cm dari steker,
  2. Ukur masing -masing kabel yang menuju kotak terminal roll menggunakan AVO meter dengan R X 1Kohm,
    cara menekuk kabel
  3. Tempelkan salah satu probe ke salah satu kabel sedangkan probe lainnya ke salah satu lubang pada terminal rol listrik, kabel yang baik adalah ditunjukkan dengan  bergeraknya jarum avo ke kanan, sedamgkan kabel yang putus ditunjukkan dengan tidak bergeraknya jarum avo.
  4. Bila pada pengujian di atas masih ada kabel yang putus maka lakukan pemotongan kedua yaitu dengan memotong kabel sepanjang 50cm dan ulangi pengujian pada poin 2 dan poin 3.
  5. lakukanlah pengujian di atas sampai tidak ditemukan lagi kabel
    kabel roll listrik yang sudah diganti stekernya
    yang putus, biasangan letak kabel yang putus adalah pada kabel yang terdekat dengan steker karena di bagian itulah kabel sering bergerak ditarik dan diulur sehingga kabel dapat putus di dalam.
  6. Bila anda tidak memiliki AVO meter untuk mengukur kabel maka pasanglah steker baru pada kabel yang dipotong lalu hubungkan steker baru tersebut pada stopkontak lalu lihat lampu indikator pada terminal rol listrik, bila terminal rol listrik menyala berarti kabel sudah betul, tapi bila lampu indikator mati maka lepaskan steker lalu potong lagi kabel sepanjang 50cm dan lakukan pengujian ulang. 

Stopkontak pada terminal roll tidak bisa digunakan, tapi lampu indikator menyala, dan Listrik yang mengalir ke terminal roll listrik kadang-kadang mati kadang-kadang hidup, hal ini ditandai dengan menyala dan matinya lampu indikator secara bergantian.

Cara memperbaiki:
    plat yang longgar
  1. Bukan sekrup pada bagian atas terminal kemudian angkat terminal lalu balikkan sehinghga terlihat bagian bawahnya.
  2. Periksa sambungan kabel dan plat penjepit jari steker.
  3. Bersihkan karat yang biasanya menempel pada plat tersebut menggunakan ampelas.
  4. lihat juga bentuk plat penjepit apakah plat penjepit mampu menjepit setiap steker yang masuk, bila plat terlihat longgar maka perbaiki dengan cara dijepit meggunakan tang.
  5. Bila anda tidak memiliki tang maka anda dapat meggunakan jari telunjuk dan jempol untuk menjepit plat agar kembali ke posisi semula sehingga mampu menjepit jari steker.
  6. Pasang kembali seluruh komponen lalu cobalah menghubungkan kabel roll listrik ke stopkontak lalu teslah salah satu stopkontak pada roll listrik dengan memasaukkan steker alat elektronik ke stopkontaknya, bila alat elektronik tersebut dapat menyala berarti perbaikan kita berhasil.

cara memperbaiki plat dengan jari


Selengkapnya...CARA MEMPERBAIKI TERMINAL ROLL LISTRIK

17 April 2013

TIPS MERAWAT ANAK KUNCI

Para pembaca yang budiman tentu tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, hampir setiap hari kita berhubungan dengan kunci rumah, setiap kita akan meninggalkan rumah atau pada malam hari kita pasti menggukanannya untuk mengunci pintu rumah.

Keberadaan kunci ini sangat penting karena dapat melindungi rumah dari gangguan yang berasal dari luar. beberapa masalah yang sering timbul pada kunci rumah adalah: berkarat, selek atau dol, patah, dan hilang. Agar kunci rumah kita dapat berfungsi dengan baik, tahan lama, dan tidak hilang maka harus dilakukan perawatan yang benar.

Di bawah ini Saya jelaskan beberapa tips merawat kunci rumah yang diambil berdasarkan pengalaman pribadi sehari-hari saat menggunakan kunci pintu rumah. Mudah-mudahan pengalaman Saya ini dapat berguna untuk para pembaca semua.

Tips merawat anak kunci
  • Saat pertama kali membeli kunci untuk pintu rumah biasanya kita akan diberi tiga buah anak kunci yang sama dan merupakan satu paket saat pembelian, untuk mencegah agar ketiga kunci tidak hilang maka simpanlah ketiga kunci tersebut secara terpisah, misalnya kunci pertama dipegang oleh kepala rumah tangga, kunci kedua dipegang oleh ibu, sedangkan kunci yang ketiga di disimpan di suatu tempat dan jangan dipakai dulu. Kunci yang ketiga ini berfungsi sebagai cadangan bila kedua anak kunci yang lain sudah rusak atau hilang.
  • Buatlah gantungan khusus untuk menyimpan kunci di dinding tembok bagian dalam rumah, hal ini berguna untuk memudahkan saat akan digunakan, usahakan peletakannya mudah dilihat tapi tidak dapat dijangkau oleh anak-anank.
  • Pasanglah selot dari dalam rumah untuk setiap pintu, selot ini berguna untuk mengunci pintu saat kita sedang berada di dalam, jika kita sedang berada di rumah gunakanlah selot tersebut untuk mengunci pintu dari dalam, (sekarang sudah tersedia kotak/daun pintu yang sudah terpasang dengan selot dalam tempat yang tidak terpisahkan), jadi kita tidak perlu menggunakan anak kunci saat berada di dalam rumah.dengan cara ini maka kunci kita akan awet karena lebih jarang digunakan.
  • Agar satu kunci tidak tertukar dengan kunci lainnya maka berilah nama pada setiap gantungan kunci , (misalnya:kunci ruang tamu, kunci dapur, kunci kamar mamah papah). Dengan cara ini maka diharapkan kita tidak akan keliru lagi memasukkan anak kunci ke lubang kunci.
  •  Berilah gantungan pada setiap anak kunci dengan ukuran sedang untuk memudahkan dalam pemggunaan, jangan mengunakan gantungan kunci yang terlalu besar karena akan mempersulit saat akan disimpan pada saku pakaian.
  • Jangan memaksa anak kunci yang sulit berputar saat digunakan untuk membuka atau menutup pintu karena akan mengakibatkan selek/dol anak kunci tersebut bahkan bisa mengakibatkan patahnya kunci. Bila pintu sulit untuk mengunci atau membuka pintu maka cobalah mengerak-gerakkan pintu ke atas atau ke bawah dengan mengangkat dan menurunkan daun pintu sambil memutar anak kunci, umumnya kejadian ini disebabkan oleh perubahan bentuk pintu menjadi sedikit melengkung akibat cuaca yang mengakibatkan tidak pasnya letak lubang pada kusen pintu dengan mata pengunci pada pintu.
  • Bila salah satu satu anak kunci patah atau hilang maka cepatlah membuat kunci cadangan untuk berjaga-jaga bila pada suatu saat ada anak kunci yang hilang lagi atau rusak.
  • Agar anak kunci lancar saat dimasukkan ke lubang kunci maka lumurilah anak kunci dengan minyak pelumas seperti: oli, atau minyak goreng, lalu masukkan ke lubang kunci dan cobalah diputar ke arah kiri dan kanan, hal ini berguna untuk mencegah karat pada anak kunci dan lubang kunci, lakukan kegiatan ini minimal seminggu sekali untuk menjaga kunci anda ada dalam kondisi siap pakai.
  • Hati-hatilah menyimpan kunci di sembarang tempat yang dapat mengundang orang lain untuk berbuat negatip dan hindarilah menitipkan kunci rumah kepada orang lain yang kurang dapat dipercaya, karena apa saja dapat terjadi bila kunci rumah berada di tangan orang lain.
Demikianlah posting saya mengenai tips merawat anak kunci pintu mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk pembaca semua.
Selengkapnya...TIPS MERAWAT ANAK KUNCI

16 April 2013

TIPS MERAWAT TERMOS

Banyaknya termos yang bermasalah adalah salah satu dari kurangnya perawatan terhadap termos, para ibu rumah tangga sering mengeluh tentang beberapa kerusakan yang terjadi pada termosnya seperti: cepat turunnya air panas yang ada di dalam termos, pecahnya tabung kaca hampa udara yang ada di dalam termos, kotornya badan termos, dan terdapatnya kerak yang ada di dalam termos. Hal ini membuat Saya ingin berbagi sedikit tentang cara antisipasinya agar semua keluhan tadi tidak terjadi. untuk lebih jelasnya tentang cara merawat termos silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Termos air panas
  • Letakkanlah termos di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anank dan aman dari benturan atau tersenggol yang mengakibatkan terjatuhnya termos, karena di dalam termos terdapat kaca yang mudah pecah bila termos terbentur atau terjatuh pada benda keras.
  • Bersihkan dan keringkan bagian badan dan mulut termos yang berbentuk ulirdari basahan air, karena bagian tersebut sering terkena tumpahan air, apabila tidak segera dikeringkan maka bagian tersebut akan terlihat kotor oleh noda yang menempel sehingga kalau terlalu sering dibiarkan maka noda tersebut akan sulit untuk dibersihkan.
  • Saat menutup termos berhentilah memutar bila tutup sudah terasa kencang/berhenti tidak berputar, karena tutup yang selalu dipaksa untuk diputar dengan kencang akan mengakibatkan ulir tutup akan selek/dol sehingga akan sulit untuk ditutup kembali dengan rapat akibatnya air panas yang ada di dalam termos akan mudah turun suhunya(dingin), selain itu tutup yang dipaksa seperti itu akan sulit untuk dibuka. 
  • Jangan pernah memasukkan air es atau es ke dalam termos yang khusus untuk air panas karena akan mengakibatkan pecahnya tabung kaca hampa udara yang ada di dalam termos.
  • Biasanya termos yang sudah sering digunakan akan terdapat kerak pada bagian dinding bagian dalam, kerak ini terbentuk dari endapan mineral dari air panas lalu melekat pada dinding termos dan lama-lama akan menebal . hanya sedikit bagian kerak yang  terlepas sendiri dan keluar bersama air yang dikeluarkan, tentu saja kita tidak mau meminum air yang sudah bercampur kerak ini, untuk mengatasi kerak agar terlepas dari dinding termos adalah menggunakan jeruk nipis dan air panas, caranya adalah: siapkan dua atau tiga buah jeruknipis lalu peras dan ambil air perasan tersebut kemudian masukkan ke dalam termos, isi termos dengan air panas sampai penuh, lalu tutup dan diamkan selama dua atau tiga jam, setelah itu buka tutupnya dan keluarkan seluruh air yang ada di dalamnya, kerak akan keluar bersamaan dengan air tersebut, proses ini perlu dilakukan beberapa kali agar semua kerak dapat terkikis habis.

Termos es
  • Untuk jenis termos es  yang di bagian dalamnya terdapat tebung kaca hampa udara maka aturannya sama dengan termos air panas yaitu jagalah selalu agar termos tidak terbentur atau terjatuh pada benda keras yang dapat memecahkan tabung kacannya.
  • Bersihkan bagian luar termos dengan spon lembut yang diberi sedikit air, untuk bagian dalam bersihkan menggunakan kain lembut yangbbersih dan dapat menyerap air dengan baik karena termos ini sering basah setelah digunakan.
  • tutuplah termos es dengan wajar, janganlah memaksa memutar tutup yang sudah kencang, jadi berhentilah memutar tutup bila dirasa telah rapat.
  • hindari memasukkan bahan makanan atau minuman panas ke dalam termos es karena ada kemungkinan lapisan tabung hampa yang terbuat dari kaca/beling akan pecah/hancur.

Termos nasi
  • Untuk membersihkan badan dan tutup termos gunakanlah kain atau spon lembab yang diberi sedikit sabun pencuci piring yang beraroma jeruk atau lemon, lalu dibersihkan dengan lap yang kering dan bersih.
  • Bersihkan sisa-sisa nasi yang melekat di dinding termos dan tutup dengan spon lembab yang besih, usahakan gunakan spon khusus untuk membersihkan termos ini karena kalau spon tersebut digunakan untuk barang yang lain ada kemungkinan bau bahan lain tersebut akan menempel pada dinding termos yang akhirnya akan mengkontaminasi nasi kita.
Selengkapnya...TIPS MERAWAT TERMOS

15 April 2013

TIPS MEMILIH TERMOS

Termos yang dalam bahasa inggrisnya adalah "Thermos" adalah suatu alat atau benda yang berfungsi untuk mempertahankan suhu makanan atau minuman yang ada di dalamnya dengan sistim tabung hampa udara tanpa menggunakan tenaga listrik. Pada mulanya termos digunakan untuk memperlambat penurunan suhu air panas tetapi dengan perkembangan jaman maka termos ini ada yang dapat dipakai untuk es dan nasi panas.

Selain dipakai di dalam rumah ternyata termos juda berguna saat kita akan mengadakan piknik atau berwisata ke suatu tempat dan memerlukan makanan atau minuman agar suhunya tetap misalnya: nasi, es, atau air panas.

Ada tiga jenis termos yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia menurut perbedaan kegunaannya yaitu termos untuk air panas, termos es, dan termos untuk nasi. untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-persatu:


Termos air panas

Jenis ini termasuk yang paling populer di kalangan masyarakat karena kemampuannya yang dapat
mempertahankan suhu air panas cukup lama yaitu sekitar 12jam, ini berlaku untuk jenis termos yang di dalamnya terbuat dari kaca hampa udara dengan tutup yang masih rapat.

Biasanya para ibu akan merebus air sampai mendidih terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam termos ini, termos berguna saat kita akan menyeduh air teh atau air kopi secara cepat tanpa harus menunggu untuk merebus air terlebih dahulu karena sudah disiapkan sebelumnya.

Tips memilih termos air panas:
  • Pilihlah termos yang di dalamnya menggunakan kaca/beling hampa udara.karena termos yang menggunakan kaca hampa udara akan dapat mempertahankan suhu air di dalam termos lebih lama dibandingkan dengan termos yang menggunakan bahan lain. 
  • Hindari membeli termos yang di dalamnya menggunakan bahan plastik atau logam karena bahan tersebut tidak dapat lama mempertahankan suhu air di dalamnya
  • jangan pula membeli termos yang terbuat dari 100% logam karena bahan logam akan menyerap suhu air panas sehingga suhu air di dalam akan cepat turun.
  • Pilihlah termos yang memiliki tutup di bagian dalam sangat rapat agar tidak ada uap panas yang keluardari dalam termos yang dapat mempercepat turunnya suhu air yang ada di dalam termos.


Termos es

Jenis termos ini berguna untuk menyimpan es atau benda-benda yang memerlukan suhu dingin seperti
peralatan medis/kesehatan. Dengan termos  ini suhu air atau es akan lebih lama tingkat suhunya karena tidak ada kontak dengan udara di sekitarnya.

Pada pemakaian bahan selain es biasanya barang tersebut akan dicampur dengan bongkahan es untuk membuat suhu di dalam termos sedingin es.

Tips memilih termos es
Pilihlah bentuk termos yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya bila kita akan menggunakan termos untuk menyimpan es batangan maka pilihlah yangv berukuran sedang dan di dalamnya terbuat dari kaca tabung hampa udara.

Termos nasi

Sesuai dengan namanya maka jenis termos ini khusus digunakan untuk menyimpan nasi, biasanya jenis
termos ini menggunakan media plastik atau alumunium dengan ukuran yang besar. kebanyakan termos nasi menggunakan bahan plastik atau alumunium di bagian dalamnya karena suhu nasi tidaklah sepanas suhu air mendidih dan biasanya penyimpanannyapun tidak terlalu lama sampa dipakai untuk bersantap.
Dalam penggunaan sehari-hari biasanya termos ini dipakai oleh warung-waruntg nasi, restoran, atau pada pesta-pesta.

Tips memilih termos 
  • Pilihlah yang terbuat dari bahan plastik yang aman untuk penggunaan pada makanan.
  • Pilihlah yang memiliki kontruksi kuat karena nantinya termos ini akan digunakan untuk membawa nasi yang berat.
  • Utamakan yang memiliki pegangan yang kuat untuk mengangkat termos, hal ini untuk memudahkan saat akan dipindahkan.
Selengkapnya...TIPS MEMILIH TERMOS

13 April 2013

CARA MENGHEMAT LISTRIK

Listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia, hampir seluruh barang atau kegiatan manusia menggunakan listrik untuk dapat bekerja dengan baik, namun semua keuntungan dari listrik yang kita gunakan sehari-hari tidak didapat secara gratis, saetiap bulan kita mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar tagihan listrik yang telah digunakan (ini berlaku untuk KWH jenis lama) atau kita harus membeli terlebih dahulu sejumlah pulsa listrik (token) agar listrik di rumah dapat tetap mengalir ke rumah kita.

Dari pemakaian listrik sehari-hari yang harus kita bayar ternyata tidak semua dapat digunakan secara maksimal, artinya kita mengeluarkan sejumlah uang untuk listrik yang tidak seluruhnya digunakan untuk keperluan, mungkin dari kita ada yang bertanya mengapa demikian? jawabannya adalah: karena beberapa alat elektronik yang kita nyalakan tidak kita gunakan atau manfaatkan secara optimal. Untuk itulah Saya menulis artikel ini untuk sekedar mengingatkan kepada kita agar mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membuat boros pemakaian listrik di rumah, di bawah ini Saya paparkan beberapa peralatan listrik yang tanpa kita sadari telah membuat boros pemakaian listrik di rumah serta bagaimana cara agar menjadi hemat.

Kulkas
Alat elektronik yang satu ini menempati urutan pertama karena hampir setiap waktu selalu terhubung ke listrik, mungkin alat ini akan mati bila terjadi pemadaman listrik atau saat sedang dibersihkan saja. Kulkas di rumah dapat menjadi sumber pemborosan listrik di rumah bila kita kurang memperhatikan beberapa aturan, sebagai contoh tombol pengatur suhu yang selalu dberada pada posisi maksimal, padahal isi di dalam freezer kosong atau hanya sedikit makanan atau minuman di dalamnya.

Sebaiknya tombol pengatur suhu ini jangan didiamkan saja tetapi aturlah sesuai dengan isi di dalamnya, bila tidak sedang membekukan sesuatu atau jumlah makanan atau minuman sedikit maka aturlah tombol pengatur suhu pada posisi minimum, tetapi bila kita sedang membekukan atau memasukkan bahan makanan yang memerlukan suhu sangat dingin maka aturlah tombol pengatur suhu pada posisi maksimal.

Dispenser air mineral
Hampir di setiap rumah terdapat alat elektronik ini yang mempunyai fungsi praktis, bila kita memerlukan air baik dingin ataupun panas tingggal mengambilnya melalui keran yang tersedia. Sekilas alat ini memang oraktis karena akan selalu menyediakan air panas atau dingin selama air di dalam botolnya masih ada, di dalam dispenser terdapat alat pemanas air yang bekerja bila dialiri arus listrik dan sebuah alat otomatis untuk menyalakan dan mematikan alat pemanas tersebut agar suhu air tetap stabil.

Sebaiknya dispenser dimatikan pada saat kita tidak memerlukannya  misalnya saat kita sedang meninggalkan rumah dalam jangka waktu cucup lama atau saat malam hari saat semua anggota keluarga sudah tidur, selanjutnya kita dapat menyalakannya kembali saat kita akan memerlukannya.

Pompa air listrik
Pompa air listrik yang saya maksud adalah pompa air yang menggunakan sakelatr otomatis yang dipasang pada badan mesin, mesin akan bekerja bila keran air kita buka untuk mengeluarkan air dan mesin akan mati bila keran air ditutup kembali.

Penggunaan alat otomatis pompa air ini sekilas memang sangat praktis tetapi tahukah anda saat kita membuka keran lalu mesin menyala maka KWH meter akan berputar lebih cepat beberapa saat lalu berjalan stabil kembali, hal tersebut menyedot listrik agak besar, dapat dibayangkan bila mesin pompa air kita mati dan hidup dengan sering maka tagihan listrik di rumah akan membengkak.

Sebenarnya ada cara lain untuk memasang sakelar otomatis pompa air, yaitu dengan memasaqng saklar pada bak penampungan/toren/tangki air. saklar ini bekerja dengan bantuan pelampung yang dipasang pada tangki air, jadi pompa air akan menyala bila air di dalam tangki sudah kosong dan akan mati secara otomatis bila air di dalam tangki sudah penuh, dengan cara ini maka frekuensi mati dan hidup mesin akan berkurang sehingga pemakain listrik akan berkurang.

Alat penanak nasi listrik
Alat ini sangat populer di kalangan inbu-ibu rumah tangga karena keguannya yang cukup praktis karena dapat memasak nasi sekaligus menghangatkannya, tetapi alat ini juga dapat menjadi penyebab borosnya pemakain listrik di rumah, hindarilah untuk tidak selalu membuat alat ini terhubung  ke listrik, sebaiknya cabutlah kabel penghubung ke listrik pada waktu malam hari di mana semua anggota keluarga sudah tertidur.

Lampu
Matikanlah penerangan yang tidak perlu, misalnya selalu mematikan lampu di ruangan yang tidak kita gunakan, hindari menyalakan lampu pada siang hari dan gunakan penerangan alami dari pantulan sinar matahari dari luar melalui jendela atau glassbox yang dipasang di dinding atau langit-langit rumah.

Televisi
Matikan TV bila tidak ditonton, bila kita menonton pada malam hari atur menu sleep pada TV anda, jadi TV akan mati sendiri pada waktu yang telah ditentukan, hal ini berguna bila kita tertidur saat menonton TV.

Demikianlah tulisan tentang cara menghemat listrik, mungkin masih ada beberapa alat elektronik lain yang dapat membuat membengkaknya pembayaran listrik yang tidak dijelaskan di sini.... mungkin pembaca mau menambahkan?
Selengkapnya...CARA MENGHEMAT LISTRIK

11 April 2013

TIPS MERAWAT BAK PENCUCI PIRING

Sering kita jumpai beberapa masalah muncul yang berhubungan dengan bak pencuci piring, diantaranya yaitu:
  • kondisi bak yang kotor penuh dengan noda bekas sabun yang membandel sehingga sulit untuk dibersihkan.
  • Saluran pembuangan yang tersumbat.
  • bak pencuci piring yang mengeluarkan bau tidak sedap.
Hal-hal seperti di atas adalah diakibatkan oleh kurangnya perawatan kita terhadap bak pencuci piring tersebut, bagaimana hidup kita akan sehat bila peralatan makan kita dicuci menggunakan bak pencuci yang tidak terawat yang mungkin saja terdapat banyak bakteri atau jamur penyebab penyakit.

Untuk menjaga bak pencuci piring agar selalu bersih, sehat terhindar dari penyakit dan tidak tersumbat maka di bawah ini saya rangkum beberapa tips merawatnya, silahkan disimak...
  • Pasanglah saringan tambahan pada saluran pembuangan yang terletak di bak pencuci agar kotoran tidak lolos dan masuk ke saluran pembuangan, pasanglah saringan yang berlubang kecil, minimal benda seukuran butiran nasi tidak dapat melewatinya.
  • Saat akan mencuci piring atau perabotan rumah tangga lain, pastikan selurunh peralatan tersebut terbebas dari sampah sisa makanan, jadi sebelum dibawa ke tempat pencucian , sampah dan kotoran sudah dipisahkan dan dibuang ke tempat sampah. Dengan begitu kita hanya akan membersihkan peralatan yang kotor dengan kotoran yang melekat pada peralatan tersebut, sedangkan kotoran yang besar atau sampah sebaiknya dibuang ke keranjang sampah. Hal ini berguna untuk memudahkan proses pencucian dan mencegah tersumbatnya saluran pembuangan dari bak pencuci piring.
  • setelah selesai melakukan proses mencuci piring bersihkanlah bak pencuci piring dari sisa-sisa sabun atau sisa makanan, jangan lupa untuk membersihkan saringan bak dengan yang ada di bagian tengah dengan menggunakan sikat kecil, setelah tidak ada lagi sisa makanan atau kotoran yang menempel lalu siramlah bak dengan air bersih, hal ini berguna untuk mencegah bak kotor oleh noda sabun dan sisa-sisa makanan, selain itu untuk mencegah kotoran yang masuk ke saluran pembuangan yang akan mengakibatkan tersumbatnya saluran pembuangan tersebut.
  • Lakukanlah pembersihan bak pencuci piring minimal sekali seminggu untuk membersihkan kotoran yang membandel, untuk lengkapnya silahkan baca artikel Saya yang berjudul "Tips membersihkan bak pencuci piring".
  • Untuk membersihkan saluran pembuangan yang kotor buatlah cairan pembersih sendiri dengan bahan-bahan sebagai berikut: siapkan air panas dalam wadah, kemudian masukkan boraks lalu siramkan ke saluran pembuangan yang kotor.
  • Untuk mencegah masuknya kecoa atau semut ke saringan tutuplah saluran pembuangan yang ada pada bak pencuci piring bila sedang tidak digunakan.
  • Untuk memperlancar aliran air pada saluran pembuangan maka saat memasang saluran tersebut posisinya harus benar-benar miring agak tajam, gunanya untuk mencegah terjadinya endapan kotoran yang dapat menyumbat saluran pembuangan, bila saluran pembuangan tersumbat maka untuk memperbaikinya kita harus membongkar saluran tersebut,  dan merubah tingkat kemiringan saluran tersebut agar air dapat mengalir dengan lancar ke pembuangan akhir. kalau sudah begini akan repot karena kita perlu biaya dan waktu untuk memperbaiki saluran tersebut, Saya pernah melakukannya di rumah, dan itu adalah pekerjaan yangv sangat melelahkan dan menyita waktu, oleh karena itu rawatlah bak pencuci piring anda dengan baik dan benar.
  • Untuk menjaga agar bak pencuci piring tetap bagus maka hindari penggunaan sikat kawat atau spon kasar untuk membersihkan bak pencuci piring yang terbuat dari bahan logam atau stainles steel, karena bahan tersebut dapat menggores lapisan anti karatnya sehingga bila lapisan anti karat sudah terkikis maka bak pencuci piring akan berkarat sehingga akan rapuh, bocor, dan hancur sehingga akan memperpendek usia bak pencuci piring kita. Kalau sudah begitu maka kita harus menggantinya dengan yang baru.
Selengkapnya...TIPS MERAWAT BAK PENCUCI PIRING

07 April 2013

RUMAH BERSIH, NYAMAN, SEHAT

Setiap keluarga pasti menginginkan rumah mereka selalu dalam keadaan bersih, karena dengan begitu akan membuat nyaman penghuni ataupun siapapun yang datang ke rumah kita. selain itu rumah yang bersih dapat membuat rumah kiita semakin sehat jauh dari penyakit .

Di bawah ini Saya coba uraikan beberapa tempat yang biasanya menjadi sarang penyakit berikut cara mengatasinya.


Ruang tamu dan ruang keluarga
Ruang tamu dan ruang keluarga adalah salah satu tempat yang sering digunakan untuk berbagai aktifitaas keluarga, beberapa barang yang terletak di sana adalah tempat berkembang biaknya sumber penyakit baik itu berupa tungau, jamur, ataupun debu. barang-barang apa saja yang dimaksud? mari kita bahas satu persatu:

Karpet
Meski di rumah kita terdapat kursi atau sofa yang empuk tetapi karpet selalu menjadi tempat yang nyaman untuk duduk-duduk, selonjoran, ataupun dipakai tempat bermain anak, namun ternyata tempat favorit ini menyimpan bahaya yang tersembunyi yang jarang kita sadari.

Karpet baru ataupun lama tetap dapat menyebabkan gangguan kesehatan, karpet yang baru dibeli biasanya mengeluarkan bau menyengat yang dikeluarkan oleh bahan pembuat karpet sehingga dapat mengganggu kesehatan pernapasan kita. Sedangkan karpet lama yang sudah sering dipakai akan menjadi sarang debu, tungau, ataupun jamur yang dapat memicu alergi.

Sebaiknya pilihlah karpet yang tipis untuk meminimalisir debu yang dapat terserap oleh karpet. Untuk mengurangi dampak negatip dari karpet maka ada beberapa hal yang oerlu diperhatikan , di antaranya yaitu:
  • Saat membeli karpet baru hendaknya jengan langsung diletakkan di lantai tapi letakanlah karpet tersebut di tempat lain yang jarang terjadi aktifitas, kemudian jemurlah dipanas matahari beberapa saat agar bau zat kimia pada karpet dapat berkurang. 
  • Bersihkanlah karpet sesering mungkin dengan penyedot debu terutama setelah dilakukan aktivitas di atas karpet
  • Cucilah karpet minimal sebulan sekali.
  • Gunakanlah penyedot debu berkualitas tinggi yang memiliki filter Hight Efficiency Particulate Air (HEPA) yang mampu menyerap 99,97% partikel berukuran 0,3mikron.
  • Apabial anda tidak ingin repot silahkan serahkan urusan pembersihan karpet ke jasa pembersih karpet profesional.
Sofa
Sofa atau kursi yang berbahan kain sangat rentan menjadi tempat berkembang biaknya tungau yang dapat menyebabkan alergi, untuk itu diperlukan beberapa cara agar kursi atau sofa kita terbebas dari tungau atau kutu tersebut seperti penjelasan di bawah ini:
  • Bersihkan sofa dari debu yang menempel minimal seminggu sekali dengan vacuum cleaner, lalu jemur diterik matahari agar tungau dan kutu mati tersengat panasnya sinar matahari.
  • Untuk anda yang sibuk, serahkan saja urusan pembersihan kursi dan sofa ke tangan profesional.
Untuk keterangan lebih lengkap silahkan baca juga: "Cara Membersihkan Noda Pada Sofa"
Tirai
Tirai yang dipasang pada jendela dan pintu sangat mudah terkena debu dan bahan lain yang melekat, hal tersebut dapat menjadi sumber pemicu alergi, cucilah tirai tersebut minimal satu bulan sekali atau cucilah bila tirai sudah terlihat kotor. sebaiknya pilihlah tirai yang terbuiat dari bahan yang mudah dibersihkan tetpi sulit untuk ditempeli debu.

Kamar tidur
Kamar tidur adalah salah satu tempat yang sangat berhubungan erat dengan pemiliknya, maka dari itu tata letak dan kebersihan kamar akan membuat nyaman penghuninya. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat nyaman kamar tidur, diantaranya yaitu:
  • Biasakan menggunakan sandal yang khusus dipakai di dalam kamar tidur, hal ini berguna untuk menjaga kebersihan kaki dan lantai.
  • untuk membuat ruangan terasa segar dan tidak lembab, maka dari itu sering-seringlah membuka jendela kamar beserta tirainya agar terjadi pertukaran udara segar dari luar ke dalam ruangan.
  • Bersihkan debu dan kotoran menggunakan vacuum cleaner atau lap basah.
  • Bersihkan juga tempat-tempat tersembunyi yang biasanya luput dari pembersihan harian seperti pada kolong tempat tidur, sudt-sudut ruangan, dan bagian batas lemari.
  • Gantilah seprei dan sarung bantal dan guling minimal seminggu sekali, dan jemurlah kasur atau bantal guling di terik matahari.

Dapur
Dapur adalah tempat dibuatnya makanan untuk seluruh anggota keluarga maka selayaknyalah tempat ini bersih higienis, tetapi tetap saja masih ada bagian dapur yang berpotensi memiliki bahaya bagi kesehatan penghuninya.
  • Hewan-hewan seperti kecoa, tikus, dan kutu banyak yang bersarang di dapur, maka dari itu rajin-rajinlah membersihkan dapur terutama sehabis masak, karena hewan-hewan ini hadir karena adanya makanan di dapur.
  • Bersihkanlah setiap sudut ruang dapur dengan pembersih yang mengandung bahan anti hama.
  • Tutuplah setiap lubang sekecil apapun yang berpotensi menjadi tempat keluar masuknya hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan semut dari luar rumah ke dalam ruangan.
  • Untuk membersihkan dapur gunakan air dan deterjen atau desinfektan untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur.
  • Bersihkan kulaks dengan teratur, untuk menghilangkan bau di dalam kulkas letakkanlah sekotak baking soda ke dalam lemari es atau freezer dan gantilah setiap dua bulan sekali. Lakukan pencucian kulkas minimal sekali sebulan dengan mengeluarkan seluruh isi kulkas berikut rak lalu bersihkan bagian dalam kulkas dengan campuran bahan-bahan seperti; 4liter air panas, 60ml baking soda, dan 15ml sabun cair. Lalu bilas menggunakan kain lap yang telah dicelupkan ke dalam air panas yang mengandung  cuka lalu dibilas dengan air biasa, bersihkan tray atau rak penampungan air dari tetesan freezer dengan menggunakan 60ml borax yang telah dicampur dengan air satu liter.

Kamar mandi
Kamar mandi adalah tempat untuk dilakukannya bersih-bersis seperti mencuci dan mandi. tetapi meski demikian tetap saja terdapat tempat-tempat tersembunyi yang menyimpan bahaya penyakit, diantaranya yaitu: tirai kamar mandi, dinding dan lantai.

Tirai kamar mandi
Tirai kamar mandi adalah salah satu yang sering menjadi tempat tumbuhnya jamur dan lumut karena bagian ini paling sering terkena air dan lembab. Untuk merawatnya adalah dengan cara mengeringkan tirai dengan cara melebarkannya agar sisa-sisa cipratan air dapat menetes dengan sendirinya.

Lantai dan dinding tembok
Hindari gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh spora jamur yang sering tumbuh pada lantai atau dinding kamar mandi,
  • Bersihkan lantai dan dinding kamar mandi dengan bahan desinfektan secara berkala.
  • lapisi tembok dengan cat yang mengandung bahan anti jamur, atau lapisi dinding kamar mandi dengan keramik.
  • Keringkan dinding kamar mandi setiap sehabis mandi atau mencuci, ini berguna untuk mencegah tumbuhnya jamur yang sering tumbuh di tempat-tempat lembab dan basah. 
Selengkapnya...RUMAH BERSIH, NYAMAN, SEHAT
 

Blog Statistic