Home » , » Sejarah Panci Presto (Pressure Cooker)

Sejarah Panci Presto (Pressure Cooker)

gambar panci presto
Panci presto adalah suatu alat masak yang menggunakan sistim tekanan yang sangat besar oleh uap air yang dipanaskan di dalam panci yang tertutup rapat sehingga tekanan uap tidak dapat keluar dari panci, hal ini mengakibatkan uap tersebut akan terjebak di dalam panci.

Pada saat itulah uap panas akan mempengaruhi makanan di dalam panci sehingga cepat matang tanpa merusak teksturnya, selain itu uap panas dapat melunakkan duri atau tulang yang makanan ada di dalamnya. Pada tekanan 15 psi (103 kPa ) di atas tekanan atmosfer , air dalam pressure cooker dapat mencapai suhu hingga 121 ° C (250 ° F).

Untuk menjaga keselamatan maka pada bagian tutup panci biasanya dipasang alat untuk membuang uap air yang melebihi batas maksimal yang seharusnya, hal ini untuk menguirangi tekanan yang terlalu kuat yang dapat menghancurkan panci.

Pada tahun 1679, fisikawan Perancis yang bernama Denis Papin yang lebih dikenal untuk studi tentang uap menemukan digester uap dalam upaya untuk mengurangi waktu memasak makanan. digester ini kedap menggunakan tekanan uap untuk menaikkan titik didih air sehingga mengakibatkan masakakan lebih cepat matang. Pada tahun1681 Papin memperkenalkan penemuannya kepada Royal Society of London, tapi penemuannya dianggap sebagai studi ilmiah. Mereka memberinya izin untuk menjadi anggota masyarakat sesudahnya.

Pada tahun 1864, Georg Gutbrod dari Stuttgart mulai memproduksi kompor bertekanan yang terbuat dari kaleng besi.

Pada tahun 1919, Spanyol memberikannya hak paten untuk pressure cooker Jose Martínez Alix dari Zaragoza . Martínez menamakannya olla Expres ("mengungkapkan panci masak") di bawah nomor paten 71.143 di Boletín Oficial de la Propiedad Industri.

Pada tahun 1938, Alfred Vischler memperkenalkan penemuannya yaitu Fast Cooker Flex-Seal di New York City. Pressure cooker buatan Vischler adalah alat yang pertama yang dirancang untuk digunakan di rumah, dan keberhasilan tersebut menyebabkan persaingan di antara Amerika dan Eropa produsen. Pada tahun 1939 New York World Fair National Presto Industries yang dikenal sebagai "Nasional Pressure Cooker Company"  memperkenalkan pressure cooker sendiri. -sumber: Wikipedia-



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.