15 May 2013

TIPS MEMBERSIHKAN NODA DI LANTAI

Kadang-kadang kita merasa kurang puas bila melihat lantai kita yang kotor oleh noda yang sulit dihilangkan dengan cara dipel seperti biasa, jadinya kita bingung bagaimana cara untuk menghilangkan noda-noda tersebut. 

Diantara noda-noda yang umum melekat di lantai rumah adalah sebegai berikut:
- noda bekas tetesan minyak goreng atau minyak pelumas
- noda bekas cat minyak atau cat tembok
- noda lilin
- noda permen karet.

Mungkin di pasaran telah banyak ditawarkan cairan pembersih yang dapat menghilangkan berbagai noda tersebut, tetapi tentunya kita harus membelinya dengan harga yang mungkin mahal, di sini Saya sekedar berbagi tentang pengalaman Saya sehari-hari dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari di sekitar lingkungan rumah agar tidak terlalu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya satu persatu di bawah ini.


Noda bekas tetesan minyak goreng atau minyak pelumas
  • Bila minyak tersebut adalah tumpahan dari wadah minyak sehingga jumlahnya cukup banyak sebaiknya dipindahkan dulu sebagian yang banyak tersebut dengan menggunakan spon/busa dengan cara menempatkannya di atas minyak yang adi lantai dan tunggu sampai minyak terserap ke dalam spon kemudian baru dapat dipindahkan ke wadah yang lain dengan cara memerasnya.
  • Setelah sebagian besar minyak telah dipindahkan ke wadah yang lain maka tahap selanjutnya adalah membersihkan minyak yang masih tersisa dengan digosok menggunakan kain lap yang kering, 
  • Setelah itu agar permukaan lantai benar-benar terbebas dari unsur minyak maka bersihkanlah dengan spon yang telah diberi air dan perasan jeruk nipis atau boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk nipis atau lemon, setelah itu biarkan lantai menjadi kering dengan sendirinya 

Noda bekas cat minyak dan cat tembok
Untuk membersihkan noda cat pada lantai sebaiknya kita harus tahu dulu jenis catnya, 

Bila yang menempel adalah noda cat tembok maka untuk membersihkannya adalah dengan cara:
Keriklah noda yang tebal dengan menggunakan plat atau lempeng seng/kaleng tipis (kape) atau dengan mata pis4u, setelah lapisan cat yang tebal tersebut terkelupas maka untuk membersihkan sisa noda yang masih menempel adalah dengan menggosoknya menggunakan kain pel yang lembab/basah dengan sedikit penekanan dan dilakukan berulang-ulang sampai noda benar-benar hilang dari permukaan lantai. 

Sedangkan untuk membersihkan noda cat minyak adalah dengan cara:
Menggosoknya dengan menggunakan kain yang telah diberi cairan pengencer cat misalnya dengan menggunakan tiner atau terpentin, setelah dibersihkan biasanya bau pengencer cat masih melekat pada lantai, untuk menghilangkannya cukup dipel dengan air yang telah dicampur dengan cairan pencuci piring atau sabun colek yang mengandung lemon atau jeruk nipis, setelah itu diamkan maka bau tersebut akan hilang tergantikan dengan wangi jeruk atau lemon.


Noda lilin

Biasanya noda lilin yang menempel di lantai terjedi ketika mati lampu/pemadaman aliran listrik, ketika kita membawa lilin di tempat gelap tanpa teras cairan lilin menetes ke lantai dan lama-lama mengeras. Untuk mengatasinya cukup dengan mengerik tetesan lilin dengan mata pis4u sampai habis, perhatian: jangan pernah memanaskan/membakar lilin yang menempel di lantai karena akan membuat lilin tersebut menipis dan melebar sehingga akan sulit untuk dibersihkan/dikerik.


Noda Permen karet

Noda dari permen karet yang menempel di lantai sangat menjengkelkan karena agak sulit untuk dibersihkan tetapi bila anda tahu triknya maka sebenarnya membersihkan noda permen karet itu tidaklah sulit. untuk noda permen karet yang sudah lama lebih mudah untuk dibersihkan karena biasanya sudah mengeras maka kita tinggal mencongkelnya dengan pis4u dapur yang kaku, setelah itu untuk membersihkan sisa-sisa permen karet yang masih melekat dapat menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam minyak tanah.

Untuk membersihkan noda permen karet yang masih baru(masih empuk/kenyal) yang pertama-tama harus dilakukan adalah dengan mendinginkannya dengan es, setelah dingin dan mengeras maka permen karet tersebut sudah dapat diangkat dengan mencungkilnya. untuk membersihkan sisa-sisa permen karet yang masih tertinggal cara menghilangkannya sama seperti di atas yaitu dengan menggunakan minyak tanah. 

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic