11 May 2013

ALAT RUMAH TANGGA YANG MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK

Listrik sangatlah dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, telah banyak peralatan rumah tangga yang memanfaatkannya. Kali ini Saya akan memaparkan  beberapa peralatan rumah tangga yang memanfaatkan prinsip kerja motor listrik, sebelum kita membahas hal tersebut Saya akan menjelaskan dulu apa itu motor listrik dan bagaimana cara kerjanya.

Motor listrik adalah suatu benda  yang dapat merubah energi listrik menjadi energi gerak(putaran), proses terjadinya adalah sebagai berikut: listrik akan dialirkan ke lilitan yang berada di dalam dinding bagian dalam dan akan membentuk suatu medan magnet, sementara  itu lilitan (yang bersatu dengan poros/as) yang berada di tengah akan dialiri listrik juga sehingga menghasilkan medan magnet yang berkutub sama dengan medan magnet yang dihasilkan oleh lilitan yang berada pada dinding bagian dalam mesin, dengan bertemunya medan magnet yang berkutub sama maka kedua lilitan tersebutakan saling menolak/menjauh, maka yang terjadi adalah berputarnya poros/as beserta lilitan menempel padanya, begitulah cara kerja atau prinsip kerja sebuah motor listrik, selanjutnya mari kita bahas satu persatu peralatan apa saja yang menggunakan prinsip kerja motor listrik.


1. Mesin cuci  

Alat rumah tangga yang satu ini sudah umum digunakan di setiap rumah, motor listrik akan dihubungkan dengan vbelt ke gearbox untuk selanjutnya memutar pulsator agar dapat memutar pakaian yang sedang berada di dalam tabung pencuci, selain itu motor listrik dipakai juga bagian tabung pengering, pada bagian ini  poros/as motor listrik langsung terhubung dengan tabung pengering tanpa bantuan vbelt.


2. Kipas angin

Alat ini banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah panas, seperti Jakarta atau Surabaya, dan kota-kota yang dekat dengan kawasan pantai. Di dalam kipas angin terdapat sebuah motor listrik yang berperan untuk memutar baling-baling kipas, di sini as/poros pada motor listrik langsung terhubung dengan baling-baling yang berfungsi menggerakkan udara sehingga menjadi angin yang terhembus ke satu arah.


3. Pompa air listrik

As atau poros motor listrik pada mesin pompa air listrik yang berputar akan terhubung dengan roda gigi yang berfungsi menyedot/menarik air dari pipa penyedot dan sekaligus mengalirkan/mendorong air tersebut ke pipa pengeluaran.  As tersebut juga akan terhubung dengan kipas yang berfungsi mendinginkan motor.


4. Alat penghisap/penyedot debu (vacuum cleaner)

Motor listrik yang berada di dalam vacuum cleaner akan memutar baling-baling/kipas/blower yang akan menyedot partikel kecil seperti debu melalui selang fleksibel, kemudian partikel kecil tersebut akan melewati sebuah saringan /filter dan akan terperangkat/nyangkut pada filter tersebut, maka udara yang didorong oleh kipas akan dialirkan ke lubang pembuangan.


5. Blender

Ada yang lain pada penggunaan motopr listrik untuk blender, putaran motor dapat diatur dengan beberapa tombol sehingga putaran blender mempunyai variasi putaran yang berbeda mulai dari lambat-sedang-kencang. Selain itu ada juga tombol khusus yang berfungsi memutar motor pada kecepatan penuh, perbedaan kecepatan tersebut diatur oleh rangkain sederhana yang memanfatkan sifat dioda. Motor listrik yang berada pada bagian bawah badan blender akan memutar as yang terpasang pisau kecil yang akan berputar dan menghancurkan makanan atau buah-buahan yang ada di dalam gelas besar blender.


6. Mixer  

Mixer yang dimaksud di sini adalah alat yang biasa digunakan untuk membuat adonan kue atau telur. Di dalam mixer terdapat dua buah motur listrik yang berfungsi memutar dua buah pengaduk yang nantinya akan mencampur adonan yang ada di dalam suatu wadah. Sama halnya dengan blender, pada mixer terdapat pula pilihan putaran motor listrik yang yang memiliki perbedaan putaran motor mulai dari putaran pelan-sedang-cepat, dan ada pula tombol khusus yang digunakan untuk memutar pengaduk dengan kecepatan penuh.


7. Kulkas/lemari es

di bagian belakang kulkas terdapat motor listrik untuk membantu dalam proses pendinginan.


8. Air conditioner (AC)

Seperti halnya kulkas, pada bagian AC yang terpasang di luar bangunan terdapat sebuah motor listrik yang berfungsi dalam proses pendinginan.


9. Hair dryer

Alat yang satu ini lebih akrab dengan Ibu-ibu atau para wanita karena merekalah yang sering menggunakan hairdrier(pengering rambut) untuk kebutuhan rambut meraka. Motor listrik yang berputar di dalam hairdryer akan memutar kipas/baling-baling untuk menyalurkan udara dingin untuk menyalurkan udara dingin untuk melewati ruang panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas, dengan begitu udara yang sebelumya dingin akan berubah menjadi panas untuk kemudian di keluarkan ke lubang pengeluaran untuk digunakan mengeringkan rambut.

Pada umumnya terdapat dua pilihan putaran motor listrik, yaitu putaran lambat dan putaran kencang. pada putaran lambat udara yang keluar lebih sedikit sehingga udara yang dikeluarkan tidak terlalu panas. Sedangkan pada putaran cepat akan mengeluarkan panas yang lebih banyak sehingga udara yang keluarpun akan lumayan panas.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic