16 April 2013

TIPS MERAWAT TERMOS

Banyaknya termos yang bermasalah adalah salah satu dari kurangnya perawatan terhadap termos, para ibu rumah tangga sering mengeluh tentang beberapa kerusakan yang terjadi pada termosnya seperti: cepat turunnya air panas yang ada di dalam termos, pecahnya tabung kaca hampa udara yang ada di dalam termos, kotornya badan termos, dan terdapatnya kerak yang ada di dalam termos. Hal ini membuat Saya ingin berbagi sedikit tentang cara antisipasinya agar semua keluhan tadi tidak terjadi. untuk lebih jelasnya tentang cara merawat termos silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Termos air panas
  • Letakkanlah termos di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anank dan aman dari benturan atau tersenggol yang mengakibatkan terjatuhnya termos, karena di dalam termos terdapat kaca yang mudah pecah bila termos terbentur atau terjatuh pada benda keras.
  • Bersihkan dan keringkan bagian badan dan mulut termos yang berbentuk ulirdari basahan air, karena bagian tersebut sering terkena tumpahan air, apabila tidak segera dikeringkan maka bagian tersebut akan terlihat kotor oleh noda yang menempel sehingga kalau terlalu sering dibiarkan maka noda tersebut akan sulit untuk dibersihkan.
  • Saat menutup termos berhentilah memutar bila tutup sudah terasa kencang/berhenti tidak berputar, karena tutup yang selalu dipaksa untuk diputar dengan kencang akan mengakibatkan ulir tutup akan selek/dol sehingga akan sulit untuk ditutup kembali dengan rapat akibatnya air panas yang ada di dalam termos akan mudah turun suhunya(dingin), selain itu tutup yang dipaksa seperti itu akan sulit untuk dibuka. 
  • Jangan pernah memasukkan air es atau es ke dalam termos yang khusus untuk air panas karena akan mengakibatkan pecahnya tabung kaca hampa udara yang ada di dalam termos.
  • Biasanya termos yang sudah sering digunakan akan terdapat kerak pada bagian dinding bagian dalam, kerak ini terbentuk dari endapan mineral dari air panas lalu melekat pada dinding termos dan lama-lama akan menebal . hanya sedikit bagian kerak yang  terlepas sendiri dan keluar bersama air yang dikeluarkan, tentu saja kita tidak mau meminum air yang sudah bercampur kerak ini, untuk mengatasi kerak agar terlepas dari dinding termos adalah menggunakan jeruk nipis dan air panas, caranya adalah: siapkan dua atau tiga buah jeruknipis lalu peras dan ambil air perasan tersebut kemudian masukkan ke dalam termos, isi termos dengan air panas sampai penuh, lalu tutup dan diamkan selama dua atau tiga jam, setelah itu buka tutupnya dan keluarkan seluruh air yang ada di dalamnya, kerak akan keluar bersamaan dengan air tersebut, proses ini perlu dilakukan beberapa kali agar semua kerak dapat terkikis habis.

Termos es
  • Untuk jenis termos es  yang di bagian dalamnya terdapat tebung kaca hampa udara maka aturannya sama dengan termos air panas yaitu jagalah selalu agar termos tidak terbentur atau terjatuh pada benda keras yang dapat memecahkan tabung kacannya.
  • Bersihkan bagian luar termos dengan spon lembut yang diberi sedikit air, untuk bagian dalam bersihkan menggunakan kain lembut yangbbersih dan dapat menyerap air dengan baik karena termos ini sering basah setelah digunakan.
  • tutuplah termos es dengan wajar, janganlah memaksa memutar tutup yang sudah kencang, jadi berhentilah memutar tutup bila dirasa telah rapat.
  • hindari memasukkan bahan makanan atau minuman panas ke dalam termos es karena ada kemungkinan lapisan tabung hampa yang terbuat dari kaca/beling akan pecah/hancur.

Termos nasi
  • Untuk membersihkan badan dan tutup termos gunakanlah kain atau spon lembab yang diberi sedikit sabun pencuci piring yang beraroma jeruk atau lemon, lalu dibersihkan dengan lap yang kering dan bersih.
  • Bersihkan sisa-sisa nasi yang melekat di dinding termos dan tutup dengan spon lembab yang besih, usahakan gunakan spon khusus untuk membersihkan termos ini karena kalau spon tersebut digunakan untuk barang yang lain ada kemungkinan bau bahan lain tersebut akan menempel pada dinding termos yang akhirnya akan mengkontaminasi nasi kita.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.