23 April 2013

TIPS MERAWAT GELAS / CANGKIR KERAMIK

GAMBAR GELAS
Benda yang satu ini sudah menjadi salah satu alat pelengkap ketika kita makan, dengan segala kelebihannya bejana ini sedah sudah sejak lama dipercaya aman untuk dijadikan tempat minum, diantara kelebihan dari gelas adalah :
  • Mudah dibentuk ketika diproduksi.
  • mudah dibersihkan bila terkena noda.
  • sulit bereaksi dengan makanan atau minuman baik dalam keadaan panas ataupun dingin sehingga tidak merubah rasa makanan/minuman tersebut.
Selain memiliki kelebihan, ternyata gelas juga memiliki kekurangan, diantaranya yaitu:
  • Mudah pecah bila terjatuh atau terbentur benda keras 
  • Mudah pecah bila dituang air panas
  • Pecahannya berbahaya bila terkena kulit, karena tajamnya maka kulit atau daging kita akan terkoyak bila terkena pecahan gelas dan dapat mengakibatkan luka yang serius.
Dengan segala kelebihan dan kekurangan pada gelas tetaplah harus dirawat dan dijaga dengan baik agar saat kita memerlukannya maka gelas tersebut dalam keadaan siap pakai.

Gelas yang akan Saya jelaskan di sini adalah gelas di rumah yang biasa dipakai untuk minum sehari-hari., di bawah ini saya jelaskan tentang bagaimana cara atau tips untuk merawatnya;
  1. Saat pertama membeli gelas baru maka hal yang mesti dilakukan adalah merebus gelas di dalam air mendidih selama minimal satu jam, hal ini  bermanfaat untuk mencegah gelas pecah saat dituang air panas, untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel Saya yang berjudul "Tips mencegah gelas pecah saat dituang air panas"
  2. Setelah gelas direbus diamkan gelas sampai dingin dengan sendirinya kemudian simpann di tempat yang sudah anda sediakan misalnya di dalam rak piring atau di dalam Kitchen set.
  3. Saat kita membuat teh di dalam gelas baik itu teh tubruk atau teh celup, janganlah membiarkan serbuk teh tubruk atau kantung teh celup berada di dalam gelas dalam waktu yantg cukup lama, bila air teh yang ada di dalam gelas sudah tidak akan diminum lagi segeralah buang ampas atau teh celup beserta airnya, atau lebih bagus gelas tersebut langsung dicuci, bila tidak langsung dicucipun tidak apa-apa asalkan gelas tersebut telah terbebas dari ampas teh, teh celup, dan air tehnya. Bila kita mendiamkan serbuk teh atau teh celup berada lama di dalam gelas maka di dalam dinding gelas atau cangkir keramik akan menempel noda teh, bila noda tersebut sudah lama dan selalu ditimpah dengan noda teh secara terus menerus maka noda tersebut akan sulit untuk dihilangkan.
  4. Sama halnya dengan noda teh, ternyata noda bekas kopi juga bisa menempel pada gelas, gelas yang selalu dipakai untuk membuat air kopi dan ampas kopinya tidak segera dibersihkan maka di dalam dending gelas atau cangkir keramik akan terdapat noda bekas kopi yang sulit dibersihkan dengan sabun cuci piring biasa, maka dari itu bila air kopi di dalam gelas gelas sudah tidak diminum lagi segeralah gelas tersebut dicuci, bila anda tidak akan segera mencucinya maka anda dapat menyiram gelas dengan air biasa kemudian buang air beserta ampas kopi lalu rendam di dalam air bersih, jangan lupa untuk mencucinya lagi.
  5. Satu hal lagi yang dapat membuat noda pada gelas menjadi sulit dibersihkan adalah air di dalam gelas yang diminum oleh seseorang sambil m3r0k0k, as4p yang menempel pada b1b1r akan menempel pada dinding gelas bagian luar sehingga bila noda tersebut tidak segera dibersihkan maka akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dibersihkan dengan cara mencuci biasa.
  6. Bila anda memiliki gelas yang banyak dan gelas-gelas tersebut sering dipinjamkan ke tetangga, misalnya untuk pesta pernikahan atau pesta khitanan, maka untuk mencegah gelas tertukar dengan gelas milik orang lainberilah tanda pada bagian bawah gelas dengan menggunakan cat minyak.

Cara menghilangkan noda bekas teh, kopi, dan r0k0k:
  • Cobalah menggunaka bahan pembersih serbaguna, misalnya dengan baking soda. Campurkan baking soda dengan sedikit air lalu oleskan pada permukan yang bernoda kemudian gosok dengan spon kasar.
  • Dengan air perasan jeruk nipis yang digosokkan ke dalam permukaan gelas yang bernoda dengan bantuan kain lap.
  • Dengan abu gosok yang dicampur dengan cairan pencuci piring, gosokkan kedua bahan tersebut pada permukaan gelas yang bernoda.
  • Dengan merebus gelas dalam air yang telas dicampur cuka, garam, dan air perasan jeruk nipis, lalu gosok gelas dengan kain lap yang sudah bercampur  cairan tadi.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.