TIPS MEMILIH TERMOS

Termos yang dalam bahasa inggrisnya adalah "Thermos" adalah suatu alat atau benda yang berfungsi untuk mempertahankan suhu makanan atau minuman yang ada di dalamnya dengan sistim tabung hampa udara tanpa menggunakan tenaga listrik. Pada mulanya termos digunakan untuk memperlambat penurunan suhu air panas tetapi dengan perkembangan jaman maka termos ini ada yang dapat dipakai untuk es dan nasi panas.

Selain dipakai di dalam rumah ternyata termos juda berguna saat kita akan mengadakan piknik atau berwisata ke suatu tempat dan memerlukan makanan atau minuman agar suhunya tetap misalnya: nasi, es, atau air panas.

Ada tiga jenis termos yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia menurut perbedaan kegunaannya yaitu termos untuk air panas, termos es, dan termos untuk nasi. untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-persatu:


Termos air panas

Jenis ini termasuk yang paling populer di kalangan masyarakat karena kemampuannya yang dapat
mempertahankan suhu air panas cukup lama yaitu sekitar 12jam, ini berlaku untuk jenis termos yang di dalamnya terbuat dari kaca hampa udara dengan tutup yang masih rapat.

Biasanya para ibu akan merebus air sampai mendidih terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam termos ini, termos berguna saat kita akan menyeduh air teh atau air kopi secara cepat tanpa harus menunggu untuk merebus air terlebih dahulu karena sudah disiapkan sebelumnya.

Tips memilih termos air panas:
  • Pilihlah termos yang di dalamnya menggunakan kaca/beling hampa udara.karena termos yang menggunakan kaca hampa udara akan dapat mempertahankan suhu air di dalam termos lebih lama dibandingkan dengan termos yang menggunakan bahan lain. 
  • Hindari membeli termos yang di dalamnya menggunakan bahan plastik atau logam karena bahan tersebut tidak dapat lama mempertahankan suhu air di dalamnya
  • jangan pula membeli termos yang terbuat dari 100% logam karena bahan logam akan menyerap suhu air panas sehingga suhu air di dalam akan cepat turun.
  • Pilihlah termos yang memiliki tutup di bagian dalam sangat rapat agar tidak ada uap panas yang keluardari dalam termos yang dapat mempercepat turunnya suhu air yang ada di dalam termos.


Termos es

Jenis termos ini berguna untuk menyimpan es atau benda-benda yang memerlukan suhu dingin seperti
peralatan medis/kesehatan. Dengan termos  ini suhu air atau es akan lebih lama tingkat suhunya karena tidak ada kontak dengan udara di sekitarnya.

Pada pemakaian bahan selain es biasanya barang tersebut akan dicampur dengan bongkahan es untuk membuat suhu di dalam termos sedingin es.

Tips memilih termos es
Pilihlah bentuk termos yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya bila kita akan menggunakan termos untuk menyimpan es batangan maka pilihlah yangv berukuran sedang dan di dalamnya terbuat dari kaca tabung hampa udara.

Termos nasi

Sesuai dengan namanya maka jenis termos ini khusus digunakan untuk menyimpan nasi, biasanya jenis
termos ini menggunakan media plastik atau alumunium dengan ukuran yang besar. kebanyakan termos nasi menggunakan bahan plastik atau alumunium di bagian dalamnya karena suhu nasi tidaklah sepanas suhu air mendidih dan biasanya penyimpanannyapun tidak terlalu lama sampa dipakai untuk bersantap.
Dalam penggunaan sehari-hari biasanya termos ini dipakai oleh warung-waruntg nasi, restoran, atau pada pesta-pesta.

Tips memilih termos 
  • Pilihlah yang terbuat dari bahan plastik yang aman untuk penggunaan pada makanan.
  • Pilihlah yang memiliki kontruksi kuat karena nantinya termos ini akan digunakan untuk membawa nasi yang berat.
  • Utamakan yang memiliki pegangan yang kuat untuk mengangkat termos, hal ini untuk memudahkan saat akan dipindahkan.

Post a Comment for "TIPS MEMILIH TERMOS"