TIPS MEMILIH JAS HUJAN

Jas hujan adalah adalah salah satu perlengkapan yang mesti dimiliki oleh mereka yang sering melakukan kegiatan di luar rumah, terutama para pengendara sepeda motor. Saat musim hujan tiba keberadaan jas hujan sangatlah penting sekali karena dengan jas dapat dipakai untuk menahan terpaan air hujan agar pakaian atau barang bawaan kita tidak basah. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis jas hujan dapat diandalkan, oleh karena itu kita harus pandai-pandai pintar dalam memilih jas hujan. Berikut ini Saya rangkum beberapa tips memilih jas hujan berdasarkan pengalaman selama memiliki jas hujan.

Bahan pembuat jas hujan,
Pilihlah jas hujan dengan bahan yang mampu menahan air secara sempurna, misalnya yang terbuat dari plastik yang agak tebal dan lentur sehingga selain dapat menahan terpaan air hujan tetapi sulit untuk robek, hindarilah jas hujan dengan bahan yang terbuat dari kain atau yang terbuat dari dua lapisan yaitu bagian luar terbuat dari bahan kain dan bagian dalamnya dilapisi dengan sejenis karet tipis, bahan seperti ini lambat laun akan dapat ditembus oleh air karena lapisan karet yang terdapat di bagian dalam mudah terkelupas setelah beberapa kali pemakaian atau seringnya jas hujan dilipat.

Cara penyambungan  
Jas hujan yang baik adalah pada setiap sambungan antar tepinya direkatkan dengan cara dipress dengan proses pemanasan, dengan cara demikian maka tidak ada celah sedikitpun untuk air dapat masuk. Hindari membeli jas hujan yang sambungan setiap tepinya dengan cara dijahit dengan benang atau terdapat resleting di bagian depannya, karena air dapat masuk melalui celah pada jahitan dan resleting meski resleting tersebut telah ditutup.

Bentuk
  • Pilihlah jas hujan yang berbentuk baju dan celana yang terpisah, carilah yang pada bagian s3langkangan dan ketiak agak lebar, karena pada bagian tersebut sering terdapat pergerakan, bila bagian tersebut sempit/kaku maka jas hujan akan robek ketika bagian tangan atau kaki bergerak, jas hujan yang terdiri dari baju dan celana yang terpisah akan melindungi tubuh kita dari terpaan air hujan dari segala arah, selain itu juga akan mempermudah pergerakan kita saat mengendarai sepeda motor. 
  • Hindarilah memilih jas hujan yang berbentuk ponco/batman/kalong karena jenis tersebut hanya dapat melindungi sebagian tubuh kita dari terpaan air hujan, sedangkan bagian tubuh yang lainnya seperti tangan dan kaki tetap akan terkena basah, selain itu jas hujan jenis ini dapat membahayakan pemakai dan pengendara lain, saat dipakai bagian jas hujan yang berada di depan akan tertiup angin dari arah depan pengendara dan menutupi pandangan pemakainyasehingga pengemudi akan kehilangan pandangan dan sulit untuk mengendalikan laju sepeda motornya yang akhirnya dapat menyebabkan kecelakaan.
Warna
Pilihlah jas hujan dengan warna terang, karena warna terang akan membantu pengendara lain agar dapat melihat posisi kita, selain itu carilah jas hujan yang terdapat garis warna yang menyala bial disorot oleh lampu kendaraan lain, biasanya warna tersebut terdapat pada bagian punggung dan dada sehingga meskipun warna jas hujan kita gelap tetapi tetap dapat terlihat oleh pengendara lain karena terbantu oleh adanya garis berwarna cerah yang akan menyala saat terkena sorotan lampu.

Ukuran
Carilah jas hujan yang ukuran bagian lengan dan kakinya panjang dan mengkerut pada bagian pergelangan tangan dan kaki, hal ini berguna untuk meminimalisir masuknya air ke bagian tangan atau kaki.

Selain memilih jas hujan yang baik ternyata perawatan untuk jas hujan pun diperlukan uantuk membuat awet dan tahan lamanya jas hujan yang kita miliki. untuk lebih jelas mengenai perawatan jas hujan silahkan baca juga artikel saya yang berjudul "Tips merawat jas hujan, raincoat, dan ponco". 

Demikianlah tips memilih jas hujan dari saya , semoga ada manfaatnya bagin kita.    

Post a Comment for "TIPS MEMILIH JAS HUJAN"