CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF SUARA PUTUS-PUTUS

Halo sobat semua ... sudah lama rasanya Saya tidak posting mengenai "cara memperbaiki" peralatan elektronik, kebetulan tadi siang Saya baru saja memperbaiki speaker aktif di rumah dengan keluhan/gejala suara yang dikeluarkan oleh speakernya terputus-putus. Untuk lebih memahami speaker aktif alangkah lebih baiknya bila anda membaca postingan Saya sebelumnya yaitu "Panduan Cara mudah Memperbaiki Speaker Aktif". Untuk keluhan seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:
  • Soket auudio yang terdapat pada sumber suara/source (seperti komputer, DVD player dan alat lainnya) longgar karena seringnya pemakaian.
  • Kabel Audio yang menghubungkan speaker dengan sumber suara ada yang putus tapi jarak kedua ujung yang putus tersebut sangat berdekatan.
  • Kabel yang menghubungkan speaker dengan rangkaian power amply solderannya terlepas.
  • Potensio volume berkarat.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara memperbaiki speaker aktif yang suaranya terputus-putus adalah:
  1. Cabutlah kabel penghubung speaker ke sumber (komputer atau DVD player) lalu
  2. Hubungkan kabel tersebut dengan sumber suara lain lalu nyalakan speaker, apabila suara speaker jadi normal maka kerusakan terjadi pada soket audio sebelumnya. Untuk hal ini maka soket audio tersebut harus diganti baru.
  3. Bila dengan dipindahkannya kabel audio ke sumber lain ternyata suara masih tersendat-sendat cobalah ganti kabel auidio tersebut dengan yang baru.
  4. Bila setelah kabel audio diganti dan suara masih tersendat-sendat maka tahap selanjutnya adalah memeriksa kabel yang menghubungkan rangkaian amply dengan speaker,
  5. Perhatikanlah kabel tersebut apakah terpasang kuat pada solderan/patrian, untuk memastikannya cobalah kabel tersebut digoyang-goyang.
  6. Komponen yang sering rusak pada speaker aktif adalah potensio volume, komponen ini sering rusak karena sering digunakan dengan cara diputar maka plat tembaga yang ada di dalam komponen ini menjadi tipis, naka plat tersebut berada pada keadaan terhubung dan tidak terhubung, untuk mengeceknya cobalah nyalakan speaker kemudian putar-putarlah volume, bila suara terputus-putus saat diputarnya potensio volume maka dapat dipastikan yang menjadi masalahnya adalah potensio tersebut. Untuk memperbaikinya cukup ditetesi dengan minyak pelumas atau minyak goreng yang bersih, apabila cara tersebut tidak manjur maka potensio harus diganti dengan yang baru.
  7. Apabial potensio tidak rusak maka hal terakhir yang perlu dicek adalah rangkaian power amply yang terdapat di dalam kotak speaker, untuk mengetahuinya maka speaker harus dibuka dulu lalu perhatikanlah semua perkabelan yang ada di dalam rangkain apakah terpasang dengan baik pada tempatnya? untuk mengetahui hal di atas cobalah mengoyang-goyangkan kabel yang terpasang pada solderan dengan hati-hati karena kalau tergesa-gesa maka kabel ini akn putus karena tertarik.
  8. Bila dengan cara di atas suara speaker tetap terputus-purus maka kemungkinan besar rangkaian amplynya yang rusak, gantilah rangkain amply dengan yang baru atau sejenis.
Demikianlah artikel Saya tentang cara memperbaiki speaker aktif yang suaranya terputus-putus, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda.

7 comments for "CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF SUARA PUTUS-PUTUS"

  1. Replies
    1. yang dimaksud potensio volume tu yang diputer2 itu kan? yang ada jenisnya treble, bass, volume, dll. na itu yang dikasih minyak yang mananya ya? ato harus dari dalem kasinya?

      Delete
    2. ya betul, meneteskan minyaknya harus dari dalalam karena selah untuk meneteskan ada di bagian dalam.

      Delete
  2. gan, punya gue kok kadang putus kadang nggak/ tiba tiba mati hidup lagi....yang rusak kabelnya ato apanya.....

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.