19 March 2013

TIPS MERAWAT KARPET

Karpet adalah salah satu alas atau pelapis lantai yang berguna untuk membuat nyaman dan memperindah ruangan, biasanya berukuran besar yang disesuaikan dengan ukuran lantai sebuah ruangan. bahan pembuatannya adalah dari bahan sintestis namun ada pula yang terbuat dari bahan lainnya.

Karena dalam penggunaannya selalu diletakkan di lantai maka sebuah karpet mudah sekali kotor, berdebu, dan lembab yang mengakibatkan berkurangknya kualitas dari karpet itu sendiri. 

Bila karpet yang kita miliki kurang mendapat perawatan maka akan mengurangi keindahan dan kekuatan dari karpet, untuk itulah maka diperlukan perawatan yang benar untuk menanggulanginya. Di bawah ini saya jelaskan beberapa tipsnya yang saya dapat dari pengalaman selama memiliki karpet di rumah, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca artikelnya.

Merawat karpet plastik
  • Saat anda pertama kali memiliki karpet maka saat akan diletakkan di atas lantai pastikan seluruh permukaan lantai terbebas dari benda-benda yang akan mengganjal seperti batu-batu kecil atau benda lainnya. karena bila ada benda yang ada di bawah karpet maka benda tersebut akan mengganjal dan akan terasa mengganggu saat bersentuhan dengan bagian tubuh kita, selain itu lama-lama akan melubangi karpet yang semakin lama akan melebar.  
  • Rajin-rajinlah membersihkan karpet ini dengan kain lembab yang telah diberi cairan untuk pel lantai bila terdapat kotoran yang menempel. atau pellah lantai menimal sehari sekali untuk menjaga kebersihan karpet karena noda yang terlalu lama menempel akan sulit untuk dibersihkan.
  • Untuk menjaga agar karpet tidak lembab, angkatlah karpet dari lantai kemudian bersihkan bagian karpet yang selalu menempel dengan lantai dengan kain basah lalu lanjutkan dengan mengelapnya kering, bila perlu jemurlah di terik matahari untuk menghilangkan jamur yang menempel, jangan lupa untuk mengepel lantai bekas diletakkannya karpet.
  • Bila satu ruangan tidak cukup dengan satu lembar karpet plastik dan perlu dipasang karpet tambahan maka pada pertemuan dua karpet harus direkatkan dengan isolasi lakban yang transparan untuk menghindari tersandung kaki.
Merawat karpet kain/bulu
  • Bersihkanlah debu  pada karpet dengan menyedotnya menggunakan Vacuum cleaner atau dengan sapulidi dengan cara mmkul kedua sisi karpet secara bergantian minimal seminggu dua kali, atau disesuaikan dengan kondisi karpet apakah sudah terlihat banyak debu yang menempel atau belum.
  • Proses penghilangan debu dapat dilakukan di luar rumah untuk menjaga agar debu yang beterbangan tidak mengenai peralatan lain yang ada di dalam rumah.
  • janganlah meletakkan karpet kain terlalu lama berada di atas lantai karena akan menyebabkan bagian bawah karpet menjadi lembab sehingga akan menyebabkan mudah tumbuhnya jamur sehingga karpet menjadi kotor dan bau.
  • Untuk mencegah agar karpet tidak lembab dan tidak ditumbuhi jamur maka jemurlah karpet minimal seminggu sekali agar serat karpet selalu terjaga dalam keadaan kering, jangan lupa untuk membersihkan lantai bekas diletakkannya karpet kain.
  • Cucilah karpet minimal sebulan dua kali, anda dapat menitipkan proses pencucian ke tempat jasa pencucian(loundry) atau anda dapat mencuci karpet sendiri di rumah.
  • Bila karpet terkena cairan maka cepatlah ambil kain kering lalu tekankan pada permukaan karpet yang terkena cairan agar cairan tersebut dapat terserap ke dalam kain, bila pada saat itu matahari bersinar trang maka jemurlah bagian karpet yang basah tersebut sampai benar-benar kering, karena bila sebuah karpet terkena cairan dan didiamkan untuk beberapa lama maka akan terc1um bau yang tidak sedap.
  • Bila karpet anda terkena noda cepatlah dibersihkan, bila karpet terkena noda seperti noda kopi misalnya, maka cepatlah meletakkan kain kring di atasanya agar cairan dapat diserap, selanjutnya anda dapat membersihkannya dengan merendam di dalam cairan yang telah diberi deterjen lalu bersihkan nodanya dengan menggunakan sikat lemnbut secara perlahan agar tidak mengikis permukaan karpet.
  • Karpet bulu mudah sekali menyerap debu dan kotoran yang akan tembus ke bagian bawah karpet sampai tembus ke lantai, bila kita mengangkat karpet dari lantai yang lama tidak dibersihkan maka di bawah karpet akan terdapat debu-debu yang tersebar, hal ini menunjukkan bahwa meskipun bagian atas karpet terlihat bersih maka tetap saja di bagian bawahnya kotor oleh debu yang mampu lolos masuk ke serat-serat karpet.
  • Tamballah karpet yang bolong baik oleh gigitan tikus ataupun oleh benda tajam lainnya. 
Demikianlah uraian tentang tips merawat karpet, semoga ada manfaatnya bagi anda. 

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic