CARA MERAWAT DAN MENCUCI JAKET KULIT

JAKET KULIT
Saran untuk dibaca: "Tips menghilangkan bau pada jaket kulit"

Jaket kulit  adalah jaket yang banyak disukai oleh pria ataupun wanita karena dengan memakai jaket jenis ini maka orang yang memakainya akan terlihat lebih gagah, keren, dan orang lain akan menyangka orang yang memakai jaket kulit adalah dari kalangan menengah ke atas, pantas saja demikian karena jaket kulit mempunyai harga yang sangat mahal.

Dengan memiliki jaket kesayangan dengan harga yang sangat mahal ini tentu saja kita tidak mau kehilangan kualitasnya, untuk itu diperlukan pengetahuan untuk merawatnya. Jaket kulit haruslah mendapat perhatian yang serius dalam hal perawatannya agar selalu awet, warna tidak memudar ataupun jamuran, tapi tenang saja di bawah ini akan Saya jelaskan cara merawatnya mulai dari pemakaian sehari-hari sampai cara mencucinya.

Penyimpanan
  • Simpanlah jaket kulit di tempat yang mempunyai suhu kamar yaitu tidak lembab/kering tapi pertukaran udara cukup
  • Saat menyimpan gunakanlah gantungan/hanger agar bentuk jaket tetap pada pada posisinya, janganlah menyimpan jaket kulit dengan cara melipatnya karena dapat mengakibatkan kerutan, akibatnya lama kelamaan kerutan tersebut akan menjadi keretakan pada kulit jaket.
  • Janganlah menyimpan jaket di dalam lemari pakaian, karena suhu di dalam lemari terlalu lembab untuk jaket kulit sehingga apabila terdapat jamur di lemar akan menyebar ke jaket kulit. 
  • Jangan menyimpan jaket kulit di tempat yang terkena sinar matahari langsung ataupun tidak lengsung karena hal ini kan mengakibatkan jaket kulit menjadi kaku sehingga akan menyebabkan keretakan pada jaket.

Pemakaian sehari-hari
  • Untuk menjaga kelenturan jaket maka olesilah jaket menggunakan lotion khusus untuk jaket kulit tapi bila tidak ada dapat menggunakan hand & body lotion, caranya adalah dengan mengusapkan lotion ke permukaan jaket menggunakan spon lembut atau kapas lembut, setelah itu diamkan beberapa menit agar lotion meresap kemudian ulangi mengusapkan lotion ke permukaan jaket kulit untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukanlah pemakaian lotion minimal dua minggu sekali.
  • Apabila suatu saat jaket anda basah karena kehujanan maka janganlah dijemur di bawah sinar matahari, karena hal itu akan mengakibatkan retaknya jaket dan warna jaket akan pudar, keringkanlah jaket dengan lap kering atau dengan lap khusus untuk motor yang mempunyai daya serap tinggi terhadap air, kemudian tiriskanlah jalet kulit di ruangan dengan menggantungnya menggunakan hanger/gantungan, dengan cara demikian maka jaket kulit anda akan kering secara alami.

Cara mengatasi kerusakan yang umum terjadi pada jaket kulit
  • Kulit jaket kusam, hal ini dapat diatasi dengan mewarnainya menggunakan cat khusus untuk jaket kulit, tapi bila anda takut gagal maka berikanlah ke orang yang ahli dalam mengecat jaket kulit agar dicat ulang, dengan cara ini maka jaket kulit anda dapat terlihat seperti barun kembali
  • jaket Retak retak, hal ini disebabkan oleh umur jaket yang sudah terlalu  lama atau kurangnya perawatan. untuk mencegah agar keretakan tidak meluas maka dapat diolesi dengan lotion, caranya adalah dengan  mengoleskan lotion ke permukaan jaket menggunakan spon atau kain lembut, pastikan lotion meresap ke sela-sela retakan jaket, dengan cara ini mudah-mudahan jaket kulit kesayangan anda akan lentur dan keretakan tidak menyebar, bila keretakan pada kulit terlihat parah maka anda dapat menyerpis ke tukang yang ahli dalam jaket kulit.
  • Resleting yang macet, bila resleting jaket anda macet maka cara mengantisipasainga adalah dengan menggoreskan lilin pada resleting kemudian cobalah untuk menggeser-gesernya ke atas dan ke bawah sampai resleting tidak macet lagi. Bila resleting tetap mengunci maka ccobalah tetesi kepala resletling dan jalur resleting dengan minyak kelapa sedikit saja.

Cara mencuci jaket kulit

Sebenarnya yang namanya jaket kulit tidak dianjurkan untuk dicuci, bila jaket terkena sedikit kotoran maka bersihkanlah dengan menggunakan kain yang lembab(tidak basah) kemudian gantung meggunakan hanger, tapi bila jaket terlihat kotor sekali dan bau maka perlu pencucian yang benar, cara mencucinya adalah dengan merendam di dalam air yang mengandung pewangi pakaian, lalu tiriskan dengan menggantungnya.


Hal-hal yang perlu dihindari dalam perawatan jaket kulit
  • Janganlah dicuci menggunakan deterjen atau pemutih pakaian karena akan mengakibatkan keretakan dan kusamnya jaket.
  • Jangan menyikat jaket kulit karena akan mengikis bagian terluar dari jaket
  • Jangan menyetrika karena akan merusak tekstur dan warna jaket
  • Hindari menyemprotkan parfum ke permukaan jaket kulit karena akan menyebabkan lembab sehingga akan mengundang jamur untuk tumbuh, bila anda seorang yang senang memakai parfum maka semprotkanlah hanya pada bagian dalam jaket yang bukan terbuat dari bahan kulit asli. 
  • Jangan disimpan di dalam lemari karena akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada jaket.
  • Jangan menggunakan semir sepatu untuk jaket kulit anda karena akan membuat kusam jaket.

2 comments for "CARA MERAWAT DAN MENCUCI JAKET KULIT"

  1. Makasih ta tipsnya sangat membantu...
    apalagi saat ini sedang hujan jadi bermanfaat sekali tipsnya...
    oya kalau tips untuk mencuci kaos kaki wanita ada juga gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lah... liat aja di kaoskakigrosir.com... di sana lengkap hi hi

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.