Home » , » CARA MEMPERBAIKI DISPENSER AIR MINERAL

CARA MEMPERBAIKI DISPENSER AIR MINERAL

Di jaman yang serba cepat ini banyak orang memilih alat elektronik yang dapat membantu meringankan pekerjaan di rumah, salah satunya adalah dengan dispenser air mineral, dengan adanya alat ini maka kita tidak perlu lagi merebus air untuk diminum, bahkan ada dispenser yang dapat memanaskan air yang suhunya dapat mencapai titik didih yang mendekati titiki didih air yang direbus memakai api dan ada pula yang dapat mendinginkan air mencapai suhu yang mendekati suhu di dalam kulkas.

Untuk mendapatkan kemudahan dan manfaat dari alat ini maka kita cukup memiliki alat dispensernya beserta botol air mineral yang baru berukuran besar maka airpun dapat dinikmati langsung darin keran, dengan pilihan panas, sedang, atau dingin.

Dengan berjalannya waktu maka dispenser yang kita miliki lama-lama akan mengalami kerusakan diantaranya yaitu:
  • Keran: air tidak keluar dari keran meskipun tuas keran sudah dibuka, air yang keluar dari kran sedikit, air yang keluar dari kran tidak dapat dihentikan meskipun tuas keran pada posisi tutup, Tuas keran patah.
  • Badan dispenser: Keluarnya air dari bawah dispenser, keluarnya air dari leher dispenser.

Cara memperbaiki:

1. Untuk memperbaiki kerusakan pada keran adalah dengan mengganti keran yang bermasalah dengan keran yang baru, namun saat membeli keran yang baru sebaiknya membawa contoh keran yang rusak karena terdapat bermacam-macam bentuk dan ukuran yang ada di pasaran, kalau ukuran keran yang baru berbeda dengan ukuran keran yang lama maka kemungkinan besar keran yang baru tersebut tidak akan terpasang dengan baik pada tempatnya.Untuk cara mengganti keran yang rusak dengan yang baru silahkan membaca artikel saya yang lain yang berjudul  "Merawat dispenser air mineral di rumah"
penutup belakang dispenser

2. Kebocoran pada badan dispenser, kebocoran biasanya terjadi pada saluran air yaitu selang air yang masuk ke mulut dispenser sampai ke selang-selang yang menyalurkannya ke tempat lain. selang-selang tersebut berada di dalam badan dispenser yang letaknya di bawah mulut dispenser dan di belakang keran, untuk mengetahuinya maka kita harus membuka penutup yang ada di bagian belakang dengan cara:

corong pada mulut dispenser
  1. Buka seluruh baud yang menempel pada penutup bagian belakang alat.
  2. Periksa seluruh selang penyalur air apakah ada yang yang meneteskan air atau tidak
  3. Kebocoran biasanya terjadi pada ujung tiap selang, kebocoran tersebut akibat kurang kencangnya sabuk pengikat selang(ripet) maka untuk mengantisipasinya adalah dengan mengencangkan sabuk pengencang tersebut dengan menarik ujung dari ripet, apabila ada selang yang berlubang maka harus menggantinya dengan selang yang baru yang banyak dijual di pasaran.
Untuk kebocoran yang terjadi pada mulut/leher dispensar biasanya diakibatkan oleh corong yang retak sehingga air merembes keluar.

Demikianlah artikel Saya tentang cara memperbaiki dispenser air mineral, semoga ada manfaatnya bagi anda.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.