22 February 2013

CARA MENCUCI BONEKA

Boneka adalah salah satu maianan yang sangat dekat dengan pemiliknya, saking dekatnya kadang-kadang sampai dibawa ke mana-mana, misalnya menjadi teman tidur, menjadi teman di saat bepergian jauh, dan lain-lain. Ada pula seseorang yang yang tidak dapat tidur tanpa ditemani oleh boneka kesayangannya.

Akibat seringnya boneka dijadikan mainan dan teman di saat tidur maka lama-lama bonekapun akan penuh dengan noda atau kotoran dan bau yang tidak sedap sehingga mengurangi keindahan boneka tersebut.

Kadang-kadang kita sangat malas sekali untuk mencuci boneka ini dengan alasan "sulit mencucinya" atau "sangat melelahkan karena mengelurkan banyak tenaga". sebenarnya mencuci boneka itu tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, kalau kita tahu caranya pastilah menyenagkan karena hasil yang didapatkan lebih bersih dan harum. Cara mencuci boneka hampir sama dengan cara mencuci pakaian biasa, yang membedakan adalah saat mencuci boneka maka air yang dibutuhkan lebih banyak jika dibandingkan dengan mencuci pakaian, karena selain bahan terluar boneka yang tebal juga terdapatnya bahan pengisi badan boneka yang terdiri dari kapas, majun, kain perca, dan lain-lain yang dapat menyerap air lebih banyak.

Kalau boneka kita bersih dan harum seperti baru maka kita jugalah yang senang, maka dari itu rawatlah boneka kita agar selalu tampak bersih salah satunya dengan mencucinya bila sudah terlihat kotor atau kumal. Untuk lebih jelas dalam hal mencuci boneka silahkan simak cara caranya di bawah ini:

Sebelum dilakukan pencucian hilangkanlah debu-debu yang melekat pada sela-sela bulu boneka dengan menepuk-nepuknya menggunakan sapulidi yang bersih dan kering sampai tidak ada lagi debu yang menempel, tanda-tanda debu pada boneka sudah terlepas semua adalah saat ditupuk-teput tidak ada debu yang terlepas dari badan boneka.
  1. Siapkanlah air di dalam mesin cuci lalu beri deterjen satu atau dua genggam dan diaduk hingga terlarut dengan air.
  2. Masukkan boneka yang telah bebas dari debu ke dalam mesin cuci, usahakan seluruh bagian boneka terendam air cucian, setelah itu diamkanlah boneka di dalam mesin cuci selama kurang lebih setengah jam, hal ini dimaksudkan agar deterjen dapat meresap ke ke seluruh bagian boneka dan melepaskan kotoran yang melekat.
  3. setelah direndam dalam  air deterjen maka tahapan selanjutnya adalah mencuci boneka, nyalakan mesin cuci dengan memutar tombol "wash" lalu biarkan mesin cuci beserja membersihkan noda-noda yang melekat pada boneka.
  4. Setelah mesin cuci berhenti berputar buanglah air bekas cucian lalu ganti dengan air baru yang masih bersih, kemudian ulangi lagi proses mencuci beberapa kali sampai boneka benar-benar bersih, jangan lupa untuk selalu mengganti air cucian dengan yang baru saat dilakukan pencucian ulang. Bila dengan satu kali proses pencucian boneka sudah bersih maka tidak perlu lagi dilakukan pengulangan proses mencuci.
  5. Bila boneka sudah terlihat bersih maka dapat dilanjutkan dengan memberi pewangi. Untuk menghilangkan bau pada boneka gunakanlah pewangi pakaian yang dicampur dengan air, rendamlah boneka ke dalam air yang telah diberi pewangi pakaian dan diamkan selama sepuluh menit. 
  6. Tahapan terakhir adalah proses pemerasan, bila boneka yang dicuci berukuran kecil dan dapat masuk ke dalam tabung pengering maka proses pemerasan dapat dilakukan oleh mesin pengering , masukkan boneka ke dalam tabung pengering lalu lakukan proses dengan memutar tombol "spin". Untuk boneka yang berukuran besar maka proses pemerasan dapat dilakukan di dalam lantai kamar mandi yaitu dengan cara menginjak-injak boneka dengan kaki.
  7. Bila boneka telah dispin maka siap untuk dijemur, Jemurlah boneka di tempat yang dapat terkena sinar matahari langsung agar boneka dapat kering secara sempurna, bila boneka tidak kering selama sehari maka lakukanlah penjemuran di hari-hari selanjutnya sampai boneka benar-benar kering.

Bagi anda yang tidak memiliki mesin cuci dapat mencuci boneka dengan cara manual yanitu dengan cara:
  1. Setelah boneka dibersihkan dari debu yang menempel maka tahapan pertama adalah dengan merendam dalam air deterjen, siapkanlah air dalam wadah seperti ember atau jolang yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran boneka, campurkan satu atau dua genggam deterjen ke dalam air lalu diaduk sampai rata.
  2. Masukkan boneka ke dalam wadah tadi sampai seluruh bagian boneka terendam air lalu diamkan selama tiga puluh menit, sama pada perendaman pada mesincuci tujuannya adalah agar kotoran atau noda pada boneka akan terlepas sehingga memudahkan dalam proses selanjutnya.
  3. Setelah direndam maka bersihkanlah boneka dengan menggunakan sikat halus secara hati-hati agar bulu-bulu pada boneka tidak terlepas. 
  4. Setelah boneka disikat bersih maka tahapan selanjutnya adalah membilas, rendamlah boneka dengan air bersih  selama beberapa menit lalu lakukan proses pembilasan, bila ukuran boneka tidak terlalau besar maka dapat dilakukan dengan meremas-remas badan boneka dengan jari tangan, untuk boneka yang berukuran besar caranya adalah dengan meletakkanlah boneka di atas lantai kamar mandi lalu diinjak-injak sampai air keluar dari badan boneka, lakukan proses ini sampai tidak ada lagi butiran buih dari boneka.
  5. Bila perlu beri pewangi pada boneka dengan cara merendam di dalam air yang telah dicampur pewangi lalu diperas sedikit.
  6. Jemurlah boneka di bawah sinar matahari langsung, bila boneka tidak kering dalam sehari maka dapat diulangi pada hari berikutnya sampai boneka kering. 

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic