03 February 2013

CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF YANG TIDAK MENGELUARKAN SUARA

Untuk lebih memahami speaker aktif alangkah lebih baiknya bila anda membaca postingan Saya sebelumnya yaitu "Panduan Cara mudah Memperbaiki Speaker Aktif". Penyebab tidak keluarnya suara dari speaker aktif bisa bermacam-macam, diantaranya adalah: adanya salah satu kabel yang putus atau komponen elektronika yang sudah rusak dan perlu diganti. Untuk mengetahui penyebab dari tidak adanya suara dari speaker maka perlu dilakukan langkah-langkah pencarian sumber masalahnya karena dengan mengetahui masalahnya kita akan mudah untuk memperbaikinya.

  1. Untuk tahap awal yang akan di periksa adalah bagian power supply yaitu kombinasi beberapa komponen elektronika yang memberi asupan listrik ke semua komponen yang ada di dalam rangkaian speaker aktif. Nyalakan speaker aktif lalu lihat apakah lampu indikator menyala,  bila lampu indikator menyala berarti kemungkinan rangkaian power supply masih dalam keadaan bagus.
  2. Setelah listrik dapat masuk ke rangkaian maka bagian yang dipriksa setelah power supply adalah memeriksa kabel audio yaitu penghubung speaker akltif dengan sumbernya yaitu komputer atau DVD player, bila kabel penghubung output speaker aktif dengan sumber menggunakan kabel yang ujungnya menggunakan soket RCAdan jack stereo ukuran kecil maka cobalah ganti kabel tersebut dengan kabel lain tapi bila kabel penghubung tidak dapat dicabut dari sepeaker aktif maca bukalah kotak speaker lalu ganti kabel tersebut dengankabel yang sejenis, kalau speaker masih belum mengeluarkan suara maka pemeriksaan selanjutnya adalah pada kabel speaker.
  3. Untuk memeriksa kabel speaker kita harus mengurutnya dari mulai pangkal kabel yaitu yang menempel pada rangkaian sampai ujung kabel yang menempel pada speaker, karena mungkin saja ada kabel speker yang putus akibat terhimpit atau digigit tikus, bila ditemukan kabel yang putus segeralah disambung kembali. Bila pada kabel audio dan kabel speaker tidak ditemukan kabel yang putus maka kita lanjutkan pemeriksaaan ke dalam kotak speaker.
  4. Di dalam kotak speaker terdapat jalur kabel, periksalah setiap kabel apakah ada yang tidak terhubung atau putus, segeralah sambung setiap kabel yang putus dengan solder kemudian sambungan tersebut diisolasi, bila semua kabel yang ada di dalam kotak speaker terhubung dengan baik silakan periksa bagian tone control.
  5. Tone control adalah rangkaian elektronika yang terdapat di dalam kotak speaker yang terhubung dengan potensio volume- bass- treble, rangkaian inilah yang pertama kali  menerima sinyal audio dari sumber, sinyal audio akan masuk dan terhubung dengan potensio volume dan diatur besar kecilnya terlebih dahulu untuk kemudian diatur besaran bass dan treble agar menjadi enak didengar oleh telinga manusia, untuk menguji apakah rangkaian tone control masih baik atau tidak maka  lihatlah terlebih dahulu komponen yang menempel pada PCB, bila ada komponen yang terlihat seperti habis terbakar maka gantilah komponen tersebut dengan yang sesuai tapi bila secara fisik tidak ada komponen yang rudak maka cobalah menyalakan speaker aktif lalu putar semua potensio pada posisi jarum jam 12, putar-putarlah semua potensio, bila speaker aktif masih tidak mengeluarkan suara maka tahap akhir pemeriksaaan adalah bagian power amply.
  6. Power amply adalah rangkaian terakhir yang berfungsi menguatkan sinyal audio dari tone control untuk selanjutya sinyal tersebut di teruskan ke speaker, ciri-ciri rangkaian ini adalah ada bagian PCB yang terhubung langsung ke jalur kabel speaker. Perhatikanlah setiap komponen yang ada pada rangkaian ini, bila ada yang terbakar maka gantilah dengan komponen yang sesuai tapi bila tidak terlihat ada komponen yang rusak secara fisik maka harus dilakukan pemeriksann beberapa komponen dengan menggunakan AVO meter, pada rangkaian ini yang sering rusak adala  transistor atau IC,

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic